Posted in TRAVELLING

TABEL KONVERSI


Ketika saya masih bekerja di sebuah perusahaan multi-nasional dulu, saya sering ditugaskan oleh manajemen untuk melakukan perjalanan dinas.  Baik perjalanan dinas dalam negeri maupun ke luar negeri.  Dan ketika diinstruksikan seperti itu, sebagai karyawan yang bertanggung jawab saya pun selalu melakukan persiapan sebaik-baiknya agar perjalanan saya bisa nyaman, dan urusan pekerjaanpun bisa lancar adanya.

Khusus ketika melakukan perjalanan dinas keluar negeri, persiapan yang harus saya lakukan relatif lebih banyak jika dibandingkan dengan perjalanan dinas di dalam negeri.  Salah satu persiapan tambahan yang lumayan ribet selain pengurusan dokumen keimigrasian adalah urusan penukaran mata uang.

Saya tau betul kelemahan saya.  Kelemahan saya adalah … saya (amat) lambat kalau disuruh berhitung.  Apalagi berhitung nilai mata uang.  Mengkonversi nilai mata uang, dari mata uang kita ke mata uang negara tertentu, demikian pula sebaliknya dari mata uang negara tertentu ke rupiah.  Mencongak pula.  Pening lah awak.

Oleh sebab itu, supaya saya tidak salah hitung dan “kebablasan” dalam membelanjakan uang di negeri orang, maka saya perlu berhati-hati.  Jika ingin membeli sesuatu, saya selalu awali dengan mengkonversi nilai mata uang negara yang bersangkutan ke dalam mata uang rupiah terlebih dahulu.  Misalnya saja di Hong Kong. Mata uang yang berlaku disana adalah Dollar Hong Kong.  Anggap saja kursnya 1 $ HK = Rp. 1.570.  Jika harga paket makan siang di kedai cepat saji itu 19 $HK, maka harga itu setara dengan sekitar Rp. 30.000 .  Bila masih saya anggap wajar, maka saya pun lantas membelinya.  Demikian seterusnya.  Saya selalu membandingkan dengan harga barang sejenis yang ada di Indonesia.

Melihat kelemahan saya dalam berhitung, ditambah lagi saya paling tidak telaten untuk pencat-pencet gadget yang ada software aplikasi konversi mata uangnya.  Dan saya juga agak kerepotan jika mesti pencat-pencet kalkulator dulu (dasar om-om manja dan pemalas). Maka saya berinisiatif untuk membuat semacam “kertas contekan” yang berisi tabel konversi. Terbuat dari kertas A 4.  Isinya adalah contekan konversi mata uang.  Di ketik rapi.  

Kira-kira bentuk dokumen awalnya seperti ini …

konfersiKertas tersebut akan saya lipat-lipat menjadi kecil.  Sehingga Pas di kantong, pas di genggaman.  Mirip contekan sudah lah … Hahaha …

Di dalam komputer saya sudah tersedia templatenya, yang saya buat dengan memakai program excel sederhana.  Tinggal memasukkan mata uang negara yang akan kita tuju dan nilai konversinya.  Sret, dalam hitungan tak sampai se detik tabel konversi sudah jadi.   Siap diprint.  Siap digunakan.  Cerdas bukan ?

Sampai sekarang kalau bepergian keluar negeri saya selalu menggunakan tabel konversi manual ini. Mau beli apa-apa saya selalu ngelirik ganteng ke kertas contekan keramat ini …  

Ini terlihat lebih eiylekhan, dari pada musti pencat-pencet kalkulator.  Gaya mesti nomor satu dwoonngg.  Luar negeri jeh.

Kere tapi nggak mau kelihatan miskinnya (hahaha)

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

39 thoughts on “TABEL KONVERSI

  1. Hehe… saya belum pernah sih jalan2 yg beda mata uangnya… jd belum kebagian pusing Oom.

    Tp jadi tips yg bagus nih buat saya kalau kebetulan jalan-jalan😀

    Danke Oom…

    1. Coba saja deh nanti … kalau jalan-jalan ke negara lain …
      pasti akan merasakan repotnya …
      karena jujur … suka napsu kalo liat harganya kok murah bener … $ 30 …
      Padahal itu setara dengan 360.000 rupiah … hahaha

    1. yang repot itu awalnya aja Om … ketika bikin template …
      setelah itu … tinggal ganti kurs doang … sreettt jadi deh …
      hahaha
      (niat juga sih …)(abis dari pada jebol kantong …)

  2. waah idenya oke oom
    jangankan di luar negri, di negri sendiri aja aku sering panik kalai ngitung2 depan abang2nya
    apalagi kalau dia minta uang pecahan lain supaya dia gampang kasih kembalian, bisa tiba2 blank akunya

  3. Waaah berarti saya lebih norak dong om. Cuma baca blog teman aja. Misalnya dia nulis makan di KL itu RM10 termasuk wajar. Ya udah nyari seputaran itu aja harganya, dapetnya ya gitu2 aja makanannya hahahaaa. Gak kreatif.

    1. Sama Mak …
      Kalau masalah makanan saya paling konservatif …
      temen saya bilang … percuma ke luar negeri / traveling ke daerah lain kalau nggak nyobain kuliner setempat …
      kalau saya … nasi goreng lagi … nasi goreng lagi … (paling ayam tepung dan hamburger … hahaha)

  4. ahahahah.. si Om mah kepikiran aja bikin kepek’an kayak gini.. Kalo aku biasanya diitung bulet aja Om. cari yang gampang itungnya.. walau tetep sih sama juga kalo udah disuruh ngitung banyak bengongnya.. hahaha

  5. kalo saya, dapat uang sangu berapa, tinggal bagi aja di hongkongnya berapa hari.. semisal dikasih 500 usd, lima hari di hongkong, ya udah dihitung aja budget sehari itu 100 usd.. ga boleh kurang, kalo lebih bisa nabung hari terakhir buat beli oleholeh.. idenya boleh juga tuh om dipake.. ntar dicontek ya idenya..

  6. He3 O NH memang kreatif…..sampai buat kertas contekan segala🙂

    Tapi sekarang lebih gampang om, tinggal download aplikasinya (klo saya download “All Currency Converter”) di play store (untuk android) terus tinggal pakai deh🙂

  7. hahaha… ide yg brilliant Om…. berhubung saya juga suka pening dan grodi kalau urusan hitung menghitung, malah sepertinya saya kalah cepat jika harus adu hitung dgn Farras, maka ide Om sepertinya harus saya contek, tapi kalau kebetulan saya ke luar negeri Om…. hehehe…..

  8. ahahah perlu ditiru nih gaya om! Gak lucu dong pas mau belanja, trus depan penjual bengong karena bingung mau konversi mata uang wkwkkwkw

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s