MAYA VERSUS NYATA


.

Saya lupa, perasaan saya dulu pernah bercerita mengenai hal ini.  Tapi saya cari-cari postingan tersebut kok nggak ketemu ya.  Memeriksa Seribu Empat Ratus Enam Puluh Enam tulisan bukan hal yang mudah ternyata.  Dari pada nungging mencari mendingan saya tulis kembali.

Ini tentang perilaku seseorang di alam MAYA … dan juga di alam NYATA.

Ada yang pendiam-pasif … ada yang rame-aktif !!!

Ada yang pendiam di alam maya … tapi di alam nyata senang ngobrol.
Sebaliknya ada yang aktif di alam maya … tapi pas kopdar ketemu secara langsung … malah diem.
Ada yang rame baik maya maupun nyata.
Ada pula yang pendiam baik di alam maya maupun alam nyata.

Perilaku manusia di alam MAYA dan di alam NYATA itu pada hakikatnya dapat dibagi menjadi empat kelompok.  Direpresentasikan oleh ke empat kuadran diatas.  Saya beri warna berbeda-beda untuk memudahkan pengelompokan

Untuk memudahkan pembahasan, mari kita lihat diagram di bawah ini.

Maya vs. Nyata
On Line vs Off Line Behaviour’s Gridline

 

.

Kuadran 1 : MERAH
Kuadran MERAH adalah mereka-mereka yang rame di alam Maya.  Misalnya : sering posting di Blog, atau aktif blog walking, aktif berkomentar di FB, atau berkicau nge Tweet kemana-mana, Instagram tiap menit dan sebagainya … pendek kata aktif di alam Maya.  Dan ternyata … keaktifan yang sama kita jumpai jika kita bertemu dengan yang bersangkutan secara NYATA.  Ketika kopdar ngobrolnya enak, mengalir, talkative, pandai berkomunikasi secara verbal.

Contoh yang paling mudah adalah Pak De kita tercinta, Bapak Abdul Cholik.  Beliau ini aktif di alam Maya, rame dan grapyak.  Dan ketika kita bertemu pun hal yang sama juga kita dapatkan.  Enak diajak ngobrol dan hangat.  Menyenangkan.

.

Kuadran 2 : BIRU
Kalau yang ini adalah kelompok mereka yang kalau di alam MAYA sangat aktif, berisik.  Komen sana-sini, ngetwit sana sini up date status setiap waktu.  Tapi ketika kita ketemu langsung … Ternyata orangnya dieeeemmmm sajah … hahaha.  Ngumpet di pojokan.  Senyam-senyum … cengar-cengir.  Boleh dibilang … ini Macan Layar doang lah … hanya berani ngomong banyak kalau di alam Maya saja.  Di alam Nyata … ??? Mojok cyinnn …

Contohnya siapa ??? saya tidak tau … !!! Anda kah ??? (hahaha)

.

Kuadran 3 : HIJAU
Kelompok orang yang ini kebalikan dari orang yang di kelompok BIRU.  Kelompok Hijau ini kalau di alam maya, kalem.  Biasa-biasa aja.  Nyetatus seperlunya.  Komen seperlunya.  Nge tweet juga asal inget saja.  Nggak begitu penting ya nggak bicara di alam Maya.

Tapiiiiiii … ketika bertemu … ahhhhaaaaa … Kita seperti mendengarkan radio sodara-sodara,  Ngoceh kesana kemari.  Ngobrol topik apa saja dia samber dengan bersemangat … hahaha.  Sebut saja dia … Macan Kopdar !!!

Contohnya siapa ??? saya juga tidak tau … !!! Anda kah ??? (hahaha)

.

Kuadran 4 : PUTIH
Sudah bisa ditebak … ini orang yang konsisten pendiam … baik di alam Maya maupun di alam Nyata.  Jika tidak penting-penting benar, biasanya dia tidak menulis sesuatu di alam maya.  Demikian juga ketika bertemu secara nyata, yang bersangkutan juga sangat cool.  Tidak bicara kalau tidak perlu.  But … Don’t get me wrong … Ini bukan berarti mereka tidak menyenangkan … jutek dan sebagainya lho.  Mereka ini juga adalah teman yang sangat menyenangkan.  Cuma memang minin bicara … dan minim menulis saja.

Contohnya siapa ??? kalau ini mungkin contoh yang paling pas adalah … Saya … nh18 !!!  🙂

.

So …

Mari kita blak-blakan …

Menurut anda … anda masuk kelompok yang mana ???  Merah ? Biru ? Hijau ? atau Putih ?

(remember … tidak ada yang lebih bagus … tidak ada yang lebih buruk)
(Ini adalah perilaku manusia … manusia itu punya kecenderungan sifat yang bermacam-macam)
(baik di alam maya maupun di alam nyata)(… atau kombinasi keduanya …)

Salam saya

.71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

79 tanggapan untuk “MAYA VERSUS NYATA”

  1. iyaa perasaan dulu pernah baca om postingan kaya gene juga..
    kalo aku masuk ke biruu
    hmm..aku kan pemalyuu Om :p
    tapi tergantung yang di ajak kopdar, kalo dah kenal deket baru rame mengalir begitu saja, kalo bloggernya baru kenal aku lebih baik diam di pojokan, senyum2 ajah 😀

    1. Seperti yang saya katakan …
      ini tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk antara satu kuadran dengan kuadran lainnya …
      bukan berarti merah lebih baik dari pada putih dan seterusnya …
      Ini hanya potret kecenderungan perilaku manusia
      Tips saya cuma satu … Jadilah diri sendiri ! Jujur pada diri sendiri !

      Salam saya

  2. Karena sudah dijadikan tersangka maka saya sebaiknya mengaku, Saya memang pas berada di kotak merah. Saya pernah mencoba jaim ketika kopdar. ternyata hanya bertahan 3 menit. Urakan saya muncul begitu saja ha ha ha ha.

    Bawaan memang sukar dirubah, Om. Jika ada hal-hal yang lucu saya nggak bisa ngempet…… langsung ngakak deh.

    Adik , mertua,ipar dan sahabat2,anakbuah saya sudah tahu lagak lagu saya. Kalau saya diam langsung mereka berkomentar:”Tumben alim”. Saya pernah dengar anak buah bilang:”Ada apa ya Direktur kok murung? Biasanya rame” ha ha ha ha

    Salam hangat dari Surabaya

  3. Saya sudah posting ini kok om. Syukur deh om mau ngebahas
    Kalau saya tidak putih-putih amat sangat, takutnya kesucian #halah
    Kalau hitem takutnya dugel (dunia gelap) urakan #pret

    saya merasa masih labil dan masih mencari jati diri, Bisa dibilang saya Cenderung kearah burem-burem(abu-abu),.takut jawaban saya nanti mblakrak.
    itu yang menurut ngakunya saya sekarang ini disamping jarang kopdar

    Salam gethuk lindri

    ini postingan saya waktu itu: http://www.blogermie.com/2013/10/review-serius-mode-jubi-jujur-berbagi.html

    1. Mmm …
      ini tidak ada hubungannya dengan baik atau buruk lho … bukan masalah jujur atau tidak jujur …
      ini cuma memotret kecenderungan perilaku manusia …
      ada yang konsisten rame antara Maya dan Nyata
      ada yang konsisten pendiam antara Maya dan Nyata
      ada yang pendiam di Maya … tapi rame di nyata’
      ada yang rame di Maya … tapi aslinya pendiam di nyata …

      Begitu Her

    1. Bukan Dah …
      bukan postingan yang itu …
      hehe

      Jadi kuadran merah nih ?
      Ok … nanti kita buktikan ya …
      kalau saya jalan-jalan ke Banjarnegara … hehehe

  4. Sepertinya saya ‘agak’ ke arah hijau
    Jarang nyetatus, jarang komen di status juga, apalagi ngewit
    Saya tulis ‘agak’ karena kalau kopdar pun awalnya saya pasti diem dulu lihat lawan bicara bagaimana, kalau cocok…eladalah kalah deh radio wkwk

  5. Ooooom…
    kalo aku masuk kategori mana yaaah?

    emang gak ada kategori yang musim musim an gitu yah Om…
    kategori angin anginan lah…hihihi…*maksa bikin kategori sendiri*
    Sepertinya aku termsuk yang moody gituh, dan gak konsisten juga kali yah …

    Kalo lagi semangat, bisa cerewet di fesbuk, twitter, rajin posting dan rajin BW…
    Tapi kalo lagi males, suka menghilang aja gituh..hihihi…*lirik remote dipidi*

    Tapi kalo di dunia nyata mah…ya gitu deh…hihihi…*apasih*

  6. Wah pak kalau saya masuk merah kali. Di Nyata saya sibuk sekali, lalu kesibukan saya itu saya publish ke blog saya. Akibatnya saya kehabisan tenaga he he eh … Padahal didunia maya saya ya kepingin curhat, ngobrol, say hello sama teman2 anggota warung blogger. Akibatnya saya tahu sekali tentang Mas Lozz, Kang Sofyan, Mas Bro, Pak Nh18, tapi mau menyapa minder he he he ….Waktu Mas Lozz ke Jkrt yang lalu saja saya sebenarnya ingin menemui tapi gak berani,,,, walaaah….

    1. kalau itu mungkin merah … ke biru-biruan … hahaha
      di alam maya aktif menyapa … nyetatus …
      di alam nyata mau nyapa / mau ketemu tapi tidak berani …

  7. Perasaan (mungkin cuma perasaanku) aku bisa aktif di dua dunia (bukan dunia lain).. 😀
    tulisan yg mengandung kata “kuadran” ada di artikel:
    1. Forgot and Forgive
    2. Mampu VS Mau
    3. Like It, Say It…
    4. apalagi ya.. (lali aku) 😀 😀

      1. Kategorinya ngga ada yang cocok buat aku tho, Om.. ?
        Aku kan blak-blakan dimana saja baik di darat, laut dan udara.. 😀 😀

        1. iya … tadi sebelum saya nulis postingan ini juga nyari dengan kata :
          kuadran … quadrant … quadran … dsb …
          tetap saja yang saya cari nggak ada

  8. Aku yg mana ya Om? *garuk2 kepala* 😀 kynya sih yg ijo tp kalo ketemu dialam nyata mah gk aktif2 banget juga sih, trgantung topik pembicaraan kali ya hihihi kalo aku gk mudeng ya gk nyahut maklum lah pengetahuan cetek hahahaha.

  9. Kalo saya sama om, di dunia maya dan dunia nyata

    Tapi yah itu “kebangetan” 😀

    Maksudnya kalo lagi diem, diemnya kebangetan , tapi kalo lagi rame ya ramenya lebih kebangetan lagi *xixixi*

  10. asli om udah pernah lho….hehehehe no problem lah kalau lupa itu khan sangat manusiawi sekali.
    seperti halnya om enha…….lebih condong ke putih kali yaa… (Ga ada yg boleh protes khan??) karena saya lebih banyak diam dan pasif deh…..sebagai pengamat lah…

  11. mmhh kalu menilai diri sendiri kayanya rancu ya.. mending yang nilai orang lain aja.. ku lebih cenderung biru-merah-ijo tergantung orangnya juga.. kalu ketemu temen maya yang rame, ikutan rame, kalu ketemu yang diam ya ikutan diam.. walupun dia rame ato diam di maya..

  12. wah aku merah kali ya? Soalnya suka warna merah sih **OOT**
    tapi biasanya kalau kopdar aku tidak begitu cerewet kok 😀
    Tapi ngga tau tuh penilaian orang bagaimana tentang aku.

  13. Ehh iya, Om, saya juga pernah baca tulisan seperti ini dulu tapi lupa kapan. Sama seperti om saya juga malas klo buka postingan lama yg sebanyak 1400-an ini… 😀
    Hmm.. dari ke keempat warna kayaknya saya pas di warna putih. Saya kan pendiam orangnya hihi..
    pendiam dari hongkong!

  14. Kayanya dulu pernah baca postingan Om ini, saat Hani baru-baru kenal blog-nya Om…
    hampir bareng-bareng yang Om posting lagu yang nada minang gitu deh….

    Kira-kira Hani bukan pendiam, cukup itu saja Om.

    He he he

  15. Saya inget om, itu tulisan yant ke 736.. Coba cek.. Hehehe..

    Keknya saya masuk kuadran biru dan hijau nih.. Labil pergaulanisasi.. Hehehe…

  16. Saya kalau kopdar dengan yang terlalu alim kok malah sungkan ya
    Mau urakan takutnya irama nggak sama
    kalau ikut alim kan kopdar jadi hambar
    Kopdar dengan yang bukan ahli makan juga serba kikuk
    Bolak-balik nawari tetap saja si dia jaga perut,mulut dan berat badan ha ha ha ha

  17. Kalo saya cuma komentar di beberapa blog, itupun tidak aktif. Tapi ada satu blog yang terus saya komentar disana, yaitu blog uda Ded. Blog om trainer, posting baru tetap saya baca tapi komentar kadang-kadang aja. Kalo kopdar awalnya pasti saya jaim bin pemalu, tapi kalo udah ngobrol seru deh, hehe…Jadi mungkin saya termasuk setengah kudran putih & hijau.

  18. Iya Om, aku ingat dulu pernah baca postingan Om yang membahas hal serupa, dan (sepertinya) dulu aku menjawab kuadran biru, mgkn masih sama ya sekarang jg hihihihi

  19. wah jadi ingat dulu pernah kasi materi dengan diagram gitu tapi bukan tentang blogger… hehhe… kalo sekarang sepertinya aku di kuadran biru Om…. 😀 ( gak pernah kopdaran soalnya )… mudah2an om NH masih ingat ama DELIA ya…. ^_^ … salam Om

      1. wah…. ternyata masih ingat ya Om…
        lia juga ingat waktu om mau ke Kuala lumpur untuk suatu acara tapi lia nya dah balik kebatam sehingga gak jadi kopar…
        hikss hiksss udah 3 tahun berlalu.. mudah2an bisa aktif lagi ngeblognya.. amin…

        salam…..

  20. Om NH…biru….
    Aktif di maya, pasif di nyata.
    Ehh tapi menegur duluan ya…padahal suka tanya-tanya EM seperti apa wajah om NH (duluuuu…saat profil pic nya belum ada).

any comments sodara-sodara ?