ENDING VAN OYEN


.

Pada umumnya … dan memang seharusnya … jika kita membaca sebuah tulisan … itu pasti dari atas ke bawah.  Dari pembukaan … isi … lalu penutup.  Dari halaman pertama sampai ke halaman terakhir.  Mau speed reading atau slow reading … tetap saja sama … scanning dari awal ke akhir.  Hal ini pun biasanya saya lakukan ketika blog walking dan membaca tulisan para sahabat …

Namun ada satu anomali … satu-satunya anomali bahkan … dimana saya tidak melakukan cara membaca umum tersebut diatas. 

Saya tidak melakukan hukum baca dari atas ke bawah tersebut … jika … dan hanya jika … sedang berkunjung ke blognya OYEN MAROYEN … alias Lestari Admojo.

.

Lalu bagaimana saya membacanya ?
Saya membaca Blog Oyen itu … langsung ke paragraf terakhir.  Ke Ending nya dulu … baru kemudian membaca dari awal.
.

Mengapa demikian ?
Sebab … inti dari postingan Oyen itu adanya selalu di paragraf bagian akhir. 
Sepintas jika orang belum mengenalnya … tulisan Oyen ini akan terkesan main-main … geje … dan yang sejenisnya.  Ditambah lagi dialog imajiner bergaya betawi yang asal njeplak dan sekenanya.  Semakin membuat orang mempunyai kesan kuat bahwa
“aaahhh tulisan apa sih ini … nggak jelas banget ???”
.

Namun demikian …
Saya harus mengkoreksi anggapan tersebut.  Anggapan anda tersebut salah.  Tulisan Oyen itu sesungguhnya sangat bermakna.  Memang gaya bahasa Oyen terkesan seenak udelnya … dialog imajinernya pun seolah dangkal dan tidak bermakna … namun ketahuilah duhai pembaca … Oyen selalu memberikan hikmah-hikmah cerita di balik tulisannya.  Hikmah pelajaran yang walaupun simple tetapi tidak bisa dianggap dangkal dan remeh artinya.  Hikmah yang patut untuk kita renungkan bersama.  Dan hikmah tersebut selalu dia cantumkan di bagian Ending … di paragraf akhir dari tulisannya.  Itu sebabnya jika saya berkunjung ke Blog Oyen Jengkol … Baca paragraf akhirnya dulu … Endingnya dulu … baru kemudian menikmati paparan khas kampung jengkol itu dari awal.

Adalah suatu kebetulan yang manis … Kok ndilalahnya … kami ini satu almamater … walaupun beda jurusan (… dan angkatan tentu).  Saya jurusan Agrobisnis, Oyen itu jurusan Pemuliaan Tanaman.  Saya angkatan 19 … dia angkatan 38 (beda sembilan belas tahun bouw …).  hehehe

Ketahuilah sodara-sodara sekalian …
Saya menulis ini … bukan karena saya satu almamater dengan Lestari Admojo …
Saya menulis ini … karena … saya ingin para pembaca bisa menangkap hikmah dari tulisan si Oyen Mama Fira ini …

Dan …

Saya menulis ini … karena … saya sudah kadung janji pada Oyen … bahwa saya akan ikut Kuis Give awaynya … 🙂 🙂 🙂

(Lelaki itu yang dipegang janjinya bukan … ?)

(ciye ciye ciye … khalant banget da ah …  ???)
(sambil kedip-kedipin Munaroh … ama Jenab …)

Salam saya

N-HULK

 “peserta kuisnye Mpok Oyen”

.

Note :
(kenapa signaturenya N Hulk ? … please see TULISAN INI …)

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

34 tanggapan untuk “ENDING VAN OYEN”

  1. Tulisan Oyen emang Khas dengan gaya bahasa nya
    Meskipun sempet hiatus lamaa, dan sekarang balik lagii.
    Tetep Oyeen si jengkool..

    Hahaa..ngakak guling2 lihat signaturenya N Hulk, Pakde.!
    Haiyyah..bisa aja si Oyen..

  2. hwaaa, udah selesai pulak opanya fira ini bikin tulisan kontes KJ.
    untung aku kali ini gak usah ikutan, karn aku bertugas jagain dd fira selama umminya sibuk jadi juri.. 😛

    sukses ya om.. #kayaknya sarimbit dapet niyh..

  3. Darimanapun mulai membacanya , intinya “membaca dengan teliti karena dibalik sebuah tulisan tentu ada makna atau pelajaran yang dapat dipetik “.
    Hanya mereka yang punya aji”Sedakep mantep” dan “Ngguyu Laka-Lakak” lah yang bisa mengambil makna dari sebuah rambut yang ada di tumpukan jerami ( halah..halah…gemagus)

    Yang lebih penting jangan sampai berkomentar ” Tumben di kontes Oyen tak ada permintaan untuk meletakkan link “, ha ha ha ha ha…gak nyemak blas.
    Bukankah sudah ditutup kontes Oyen Oom ? ha ha ha..psywar

    Salam hangat dari Surabaya

    1. xixixixi… musti wingi pakde ngarep “mugo2 om NH ndaftare pas kontese wes ditutup… hag…hag…hag… *ituh superhore 2 kagak ikutan, kalah sebelon tanding…hag..hag…hag

  4. IYA BENAR KLO BACA TU HRUS TUNTAS DARI AWAL PE AHIR ATO SBLIKNYA DARI AHIR PE AWAL JADI TAHU ISI YANG DITULIS OYEN MAROYEN
    SAYA SUKA GAMBAR BINARAGAWANNYA

  5. terimakasih atas partisisapi sahabat dalam hajatan kampong jengkol, semoga lolos audisi di final dan bisa dapet dukungan cememes sebanyak-banyaknya… uda dicatet di blognote ame munaroh dan uda dikalungin tanda peserta ama Jenab…

    *uang pendaptaran entar ditransfer yeeee ke bank jengkol, kalo kagak diskualifikasi 😛

  6. wah, jadi dapat pencerahan nih dari om enha~
    intinya, tetep harus baca tulisannya sampai habis, baru bisa nilai si penulis itu~ 😉
    sukses kontesnya om~

  7. Saya tau Kampung Jengkol ketika sama-sama jadi peserta K3W nya Pakdhe Cholik tahun lalu. Setelah itu hiatus lama kyknya ya Om.. Kemarin gara-gara mbaca postingan Mba Chocovanila tentang Kampung Jengkol, saya kesana lagi dan ngeliat tayangan Superhero itu, Om.. hahahaha.. Ngakak deh. Om ganteng juga jadi Hulk. Pakdhe cocok jadi Arnold jadi-jadian..hahahah.. Kampung Jengkol emang lain dari yang lain.

    Gudlak ya, Om… Semoga dapet sarimbit buat hari raya… 🙂

  8. setiap orang memang memiliki karakter menulis sendiri2 ya Om 🙂
    semakin sering kita membaca tulisan2nya semakin pahamlah kita karakter penulisannya..

  9. Jadi…intinya ada di akhir tulisan Oyen ya pak? eh..baru tahu ternyata Oyen adik kelas juga ( yang jaraknya juga jauuuh..hehe…)
    N Hulk? Hm… 🙂

  10. kalau saya baca dari pertamanya pak trainer … batawinye itu lhoooooo… kalau dibaca dari awal, aye sampe ngakak sendiri

    eh eh.. ternyata ikutan giveway nya mpok oyennnn dari kampung jengkol yeeee 🙂 nyang pasti bukan dari kampung perapatan gaplek :))

    Lelaki itu dipegang hatinyeee pak, biar ndak lari kemane-mane :))

    sukses dan salam hangat ga pakae kedip kedip 🙂

  11. Mampir ke blognya OYEN, emang Oyen orangnya ya kayak gitu. ORIGINAL (kagak ada duanya di dunia).
    Om google kan sampe bingung menterjemahkannya.
    Ha… Ha… Ha…

  12. Baru ngerti soal N-HULK, hahaha… Oyen itu bener-bener deh… 😀

    Berhubung saya baru tahu kuis jengkol itu hari ini, dan sepertinya hari ini juga berakhirnya, maka dengan senang hati saya hanya akan jadi pengamat saja.. Semoga sukses dalam kuis jengkol-nya Oyen ya Om.. 😀

    Anyway, meski saya tidak terlalu aktif ke blognya Oyen, tapi memang harus saya akui kalau tulisannya Oyen sangat khas, dan sepertinya baru Oyen deh yang kayak gitu.. 🙂

  13. Selamat meramaikan perhelatan hari jengkolnya NakOyen Dhimas. Gaya postingan KJ memang beda, bikin teman sedesa ikut bangga. Salam

any comments sodara-sodara ?