SPT TAHUNAN


Kemarin, sengaja saya mengambil izin satu hari.  Ada keperluan Penting …!. 
Keperluan apa ? …
menyerahkan SPT tahunan Pajak Orang pribadi ke kantor pajak.  Menyerahkan Form 1770 S, copy form 1721-A1 dan lampiran lainnya.  Batas 31 Maret 2008.
 Tahun ini kami harus mengurus sendiri … tidak seperti tahun-tahun yang lalu.

Didalam kepala saya … terbayang suasana yang hiruk pikuk, antrian panjang, sodok menyodok, semrawut, bosen menunggu lama, gerah, teriakan satpam, petugas yang lelet, melayani sambil merokok, lengkap dengan kopi dan camilan kacang kulit di mejanya (yang kotor dan berantakan).  Sehingga aku siap mental dengan mengenakan pakaian casual yang menyerap keringat, sarapan yang cukup, latih urat sabar … plus izin satu hari tadi … siap dengan segala kondisi skenario terparah yang akan aku hadapi hari ini. Ternyata Saya salah besar sodara-sodara.  Salah besaaarr … !!!

Setelah ngedrop anak-anak di sekolah, ngedrop istri di Pool Taxi … aku langsung menuju ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Cabang SERPONG di BSD Tangerang. 

Saya sampai di kantor itu sekitar jam 8 kurang… sudah banyak orang disana … aku langsung disambut ramah oleh petugas dimeja pendaftaran.  Saya diberi nomer 111.  (Hah bakalan lama nih). 

Setelah pendaftaran adalah tahap pemeriksaan kelengkapan dokumen … ada banyak meja verifikasi … sehingga membuat antrian itu cepat sekali bergerak.  Aku liat ada beberapa bapak berdasi yang mengawasi seluruh jalannya aktifitas itu sambil memberi petunjuk satu dua pada para petugas dan juga berbincang dengan para wajib pajak.  Ah nyaman sekali.  Memang sih hanya dinaungi tenda penganten yang dipasang di halaman KPP namun bagi saya itu tidak masalah … asal antrian bisa berjalan dengan cepat…. Saya hanya menunggu sekitar 10 menitan disana sebelum nomer saya dipanggil.  Pemeriksaan dokumen pun cepat … hanya 5 menit … Si Mas Petugas yang melayani tidak sok serem namun juga tidak cengangas-cengenges.  Efektif sekali. 

Selesai dari pemeriksaan berkas, saya diarahkan ke loket penyerahan berkas.  Antri lagi … namun kali ini di dalam gedung … nyaman ber AC plus nomer antrian elektronik layaknya di Bank.  Saya dapat 115.  Juga ada banyak loket disini … sehingga antrian bisa bergerak cepat dari satu nomer ke nomer berikutnya.  Saya menunggu sambil nonton video info di TV flat-screen besar. 

Tidak lama kemudian nomer saya dipanggil … ibu petugas yang melayani pun cukup “bening” dan wangi … dan yang terpenting cepat dan cekatan … tidak judes namun juga tidak kecentilan … (BTW HP nya 9500 bouw …)(keren … seperti ganjel pintu). 

Yang jelas, above all …  TIDAK ADA itu yang namanya … petugas lelet, dengan meja penuh camilan kacang kulit, gorengan, kopi, maupun asbak penuh puntung rokok … (seperti gambaran prototype meja pelayanan publik “plat merah” lainnya …). 

Akhirnya jam 9 an saya sudah melenggang keluar …
Hmmm … KPP Pratama Serpong … !!! Saya puas dengan pelayanannya … Catet..!!!
 

(yang jelas hari masih pagi … keperluan penting sudah selesai, jadi lah saya salah tingkah seharian kemarin …)(mau masuk kantor ? sungkan karena tidak memakai seragam kantor dan sudah terlanjur izin pula…)(nanti dinilai tidak konsisten …???) (Ya sudah aku pulang saja …)(Tidur). J 

(Judulnya … Trainer (mencoba) Bijak … (dari dulu udah) bayar Pajak)

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

27 tanggapan untuk “SPT TAHUNAN”

  1. pak… emang istrinya berafa…? kok di drop di pool taxi..??

    nh18 to muti …
    ya satu lah … dia pagi itu kerja dan arahnya berbeda
    dengan kantor KPP itu
    hehehe … 🙂

  2. Inilah salah satu hasil dari modernisasi DJP yang masih dan akan dilakukan. Kita tunggu instansi-instansi pemerintah lain untuk berbenah. Sudah saatnya kantor-kantor pemerintah menjadi pelayan publik. Semoga.

    nh18 to pakWahyudi ..
    Amin pak …
    Salam saya pak …
    Terima kasih sudah mau datang ketempat saya …
    (*segera meluncur silaturahmi ke tempat doeytea*)

  3. Tuh.. kan tetep aja yg diperhatikan “yang Bening dan Wangi..”
    hehehe.. saya sangat maklum. karena Bapak kita ini punya Bisnis
    kereta api… ( Trainer , mnrt kamus TRain = Kereta Api )
    hayo ngaku… 🙂

    semoga pelayanan SIM juga diperbaiki Pak ya..
    *sim c saya mati baru 8 bulan*
    *Sim A belum pernah punya.. 😆

    nh18 to mas Joko …
    hihihi … itu tidak sengaja mas …
    ya semoga saja SAMSAT juga bisa lebih baik …

  4. Kalo cuma atu cukup lempar aja…… ga perlu do drop kaya sebus aja….
    *he…he…. maaf just kidding… lagi pusing ngurusin SPL*

    nh18 to muti ..
    Sepit les …
    (baca : speechless)

  5. Semoga karyawan kantor pelayanan pajak bisa membuat image yang semakin positif sehingga makin banyak wajib pajak yang sadar akan kewajibannya.

    Saya sendiri melaporkan SPT sejak tahun 1984, dengan segala suka dukanya, yang saya lihat makin lama makin baik, makin lancar, dan para karyawan dengan rela hati mau diajak diskusi jika kita masih bingung cara mengisinya.

    nh18 to edratna …
    Amin …
    Terima kasih ibu telah datang ke sini …
    Salam saya

  6. @teh muti
    ssttt teh muti, sebenernya abis ngedrop istrinya di pool taksi, Om Nh langsung ke swimming pool sama ….. :mrgreen:
    *weks, gosips*
    *diselepet pake karet sama Om Nh*

    nh18 to menik dan muti
    Addooohhh ibu – ibu ini …
    Kok badung sekali deh weiceh …
    hehehe 🙂

  7. bang…, liat tuh bunda menik.
    di mana-mana gosiiip mulu.
    dijitak aja bang… 😈

    nh18 to RhyzQ …
    Takut gua … dijitak balik nanti …
    Sama bodyguardnya … 🙂

  8. aku kan mau kasi komen. tunggu… tungguuu…
    *cari kata yang tepat n’ bijaksana-bijaksini*

    nh18 to Rhyz ..
    (dudukmanis)
    (menunggu.mode.on)
    Kalo pake bahasa PS2 nya lagi …”loading”

  9. wah sirik banget ya…. beda sama pelayanan kantor pajak pasar rebo Jakarta Timur ….. maklum kelas pasar kali ya… hahahaha

    nh18 to progo …
    Heheh ah ente bisa aje nih …

  10. ga dimana-mana Rhyzq ngajak brantem tu Om…
    Jitakin dong !
    *nyiapin karet buat ngjepret Rhyzq*
    *mluncur ke blog dia-nya*

    nh18 to menik ..
    Sudah biarkan saja …
    Asal ndak mecahin gelas sama vas bunga aja …
    Hai Rhyz … pis ah

  11. jadi mas tidur dari jam 9 pagi, bangunnya jam berapa tuh????

    nh18 to chatoer …
    Bangun jam 12.00 … untuk makan – sholat …
    lalu … tidur lagi …
    Ahhhh … niqmaaat

  12. wah… beda sama saya nih, Mas. Waktu itu saya nganterin Mbakyu buat lapor SPT, eh adanya bete surete karena di-pingpong ama petugas. Padahal sebelum berangkat sudah telepon, memastikan dimana kantor pajaknya. Dibilangin di A. Sampai di A, diperiksa kelengkapan dokumen….. dapat nomor 298…. eh setelah menunggu lama…. masnya bilang, bukan di sini tempat pelaporan pajaknya. Katanya di B. Misuh-misuh dikit. Sampai di B…. diperiksa kelengkapannya…. nunggu lama… dapet nomor 299 *heran, kok urut ya? hehe*… ehhh… nyampai di meja, dibilangin kalau tempat lapor pajaknya di C. HALAH. Edun tenan.
    Mbakyu udah ngomel ngomel ga jelas, saya cuman kebagian mungutin berkas pajaknya yang Mbak lempar gitu aja saking mangkelnya 🙂
    Untung… sampai di C.. ga disuruh pindah lagi ke tempat lain. Kalau iya, bisa makin mangkel sumangkel deh… hehehe…
    Emang sih, bayangan puntung rokok, kacang, dan suasana seperti ‘layaknya’ kantor pelayanan publik yang lain jelas tidak terasa di sana, tapi ya itu tadi… kok ya saya dan Mbakyu saya apes…. 🙂
    Jadi… bersyukurlah dirimu, Mas, bisa bengong2 dari pagi, sementara saya, dari pukul 8 baru bisa sampai rumah pukul setengah empat sore… hualaaaahh… cuapeeekkk…
    *lha, jadi curhat 🙂 *

    nh18 to lala …
    iya ya … ternyata belum semua lancar …
    masih ada banyak pingpong kiri kanan …
    tapi ya sutra lah … mudah-mudahan semakin baik
    ditahun yang akan datang

  13. Jadi judul yang sebenernya SPT Tahunan atawa trainer bijak neh?
    *binun*

    nh18 to Umi Nina …
    Judul sebenernya Pelayanan KPP Serpong ..
    (Lha ? tambah bingung deh)
    🙂

  14. saya belum punya NPWP Pribadi Pak, tapi kemaren juga tetep sibuk ngurusin SPT2nya para petinggi… huhuhuhuhu

    nh18 to chiC …
    hehehe …

  15. ikut komen…ikut komen…
    nah itulah gambaran direkotrat kami…
    bukan seburuk image di publik…

    tapi kami sadar, kami masih belajar menjadi direktorat plat merah yang baik…
    nah, anda-anda inilah kritikus dan pemberi sarannya…

    nh18 to mahadewa …
    siap pak …
    yang jelas kalo saya sih … hanya menceritakan apa yang saya
    rasakan dan saya alami …
    tidak ditambah … tidak dikurangi …

  16. ikutan koment jg ach…

    saat ini memang DJP (bajak: pajak) sedang berbenah diri, khususnya terhadap pelayanan kepada wajib pajak, karena selaku pelayan masyarakat sudah sepantasnya dan sewajarnyalah kami melayani masyarakat sebaik mungkin dan dengan hati yang ikhlas….

    nh18 to donald …
    DitJen Pajak berbenah …
    Wah asik nih …
    Yang jelas hasilnya mulai kelihatan sedikit-sedikit ya pak ..
    salam saya …

  17. jadi terharu bacanya.. ada hasilnya juga training-training yang diadain selama ini. mungkin om trainer bisa kirim proposal bikin training untuk benahi kita. mohon kritikannya terus. karena beberapa temen udah agak “loyo” karena udah berusaha bener tapi orang tetep apatis (bahkan cenderung represif).
    *maap dah lama gak kemari, sibuk pindahan*

    nh18 to nindityo …
    pak … tetap semangat pak …
    pelan-pelan aku yakin kok mereka akan tidak skeptis …
    Yang jelas aku disini hanya menceritakan apa yang aku alami
    dan apa yang aku rasakan …
    Salam saya !!!

  18. KPP Serpong di BSD ebelah mana ih pak, aku juga mau nyetor SPT tahunan nih.

    nh18 to yudhi
    Kalau Mas Yudhi pernah ngurus perpanjangan
    STNK untuk daerah Tangerang dan yang sejenisnya …
    Naaahhh … gedungnya ada di sebelah kiri
    sebelum kantor Sam Sat …

any comments sodara-sodara ?