Diposkan pada BAHASA

NGGETHU


Lagi … ungkapan bahasa Jawa, yang punya berjuta makna.

What is ”Nggethu” ?

Nggethu itu adalah kombinasi dari … Memperhatikan secara penuh,  Fokus,  Konsentrasi, dan Persistensi.  Melakukan sesuatu secara bersungguh-sungguh.

Biasanya mimik muka prototype orang yang sedang nggethu adalah … Kening berkerut, mata memicing, mulut agak monyong sikit  … “mecucu” …

(hyak para Pembaca pasti kini sedang mempraktekkan ekspresi Nggethu itu …)(hehehe).

Saking bersungguh-sungguhnya … saking fokusnya … Orang yang sedang Nggethu itu kadang tidak mempedulikan lingkungan sekitar … (itu sebabnya kata ini kadang di artikan negatif)

Nggethu menyulam …
Nggethu main PS …
Nggethu ngoprek motor …
Nggethu ngerawat burung …
Nggethu membaca …
Nggethu nonton F1

And Yes …

Nggethu BB-an …

Yaaaa pokoknya gitu deh …

(BTW : tekhnik melafalkan ”nggethu” ini … yang benar adalah … ”T” nya dibunyikan seperti lafal ”T”nya orang Bali ….)

— 

(Nggethu moto-moto  patung-patung, sambil nyanyi ”Kupetik Bintang”) … (Lafal Bali *mode.on* …)

.

(I bet … pembaca sekarang pasti sedang komat kami melafalkan kalimat diatas … dengan logat Bali …. hayo ngaku aja… ) …

(See … ??? betulkan … ??)

.

.  

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

37 tanggapan untuk “NGGETHU

  1. wah, saya aja yang orang jogja gak pernah denger istilah ini lho Om… baru ini… bener…

    hm, baiklah menambah vocab saya 🙂

    btw, saya jadi ikutan nggetu lho…

  2. bisa aja om nh bikin perangkap

    pertama dijelasin
    sayapun larut dalam “NGGETU”

    eeeehh dibawahnya ditebak semua pembaca pasti lg nggetu???

    score 1 : 0

    kedua, nggetu dilafalkan dalam dialek bali
    sayapun dengan susah payah mengarahkan lidah makassar saya untuk emlafalkannya
    eeehh dibawahnya ditebak lagi???

    score 2 : 0

    hahaha…

    alhamdulillah vocab jawa jadi nambah
    jadi makin pede ngobrol pake bhs jawa
    tapi sesama teman jawa yg seumuran
    kalo sama om nh nggak berani ah

    pengalaman wkt ke solo muka jadi merah gara2 sok gaya ngomong jawa, nggak tahunya bukan pada tingkatannya
    teman saya pun langsung memberikan isyarat agar sy berhenti ngomong jawa

    sayapun jadi diam 1000 bahasa sambil keringat dingin
    hehehe

    kok malah jadi sharing gini sih?

    sori ya om
    jujur saya sangat tertarik dengan budaya dan bahasa jawa, jadi kalau ada sesuatu yang berbau jawa pasti saya NGGETU mneyimaknya

    yaaaah, nggetu lagi, kena lagi deh???

    score 3 : 0

    hahaha…

    salam hangat

  3. sejak pagi saya nggethu di depan laptop pak..
    pikiran suntuk, lambe mecucu dan komat-kamit saja
    lha.. nasib guskar dot com nggak bisa dibuka..

    hhhh…
    saya lanjutkan nggethu saya ya…

    salam nggethu!! 😛

  4. oh….nggetu toh… (hoho..itu mah gitu sil..)
    jadi tahu istilah baru nih..

    tapi, kalau dari makna nggetu yang om sebutkan diawal , kayaknya positif deh maknanya…
    “Memperhatikan secara penuh, Fokus, Konsentrasi, dan Persistensi. Melakukan sesuatu secara bersungguh-sungguh”

    mhm..negatifnya karena sibuk dengan nggetu nya sendiri ya om..??

  5. wah ini pasti krn Om lagi training.. trus ada yg nggethu mainin talipong bimbit!!!

    *nendang kaki afdhal*

    btw om.. kalo dalam basa jawa, lafal T orang bali tuh ditulis sebagai TH, jadinya yg bener nggethu bukan nggetu 🙂

    akan terlihat dengan jelas kalo ditulis dalam aksara jawa Om, ada ta ada tha

  6. Om Swatiastu..

    Pantesan maTa Tiang berkedip2.. sedang ngomongin logaT Bali nggih…

    Punapi keweh logat Baline? Lan melajah sareng2..
    1=besik
    2=dadua
    3=telu
    4=papat
    5=lima
    6=nenem
    7=pitu
    8=kutus
    9=sia
    10=dasa

    Inggih benjang malih ngelantur..

    Om Shanti..Shanti..Shanti.. Om..

    (*mampus lu..)

  7. Sukses membuat kita jadi pada NGGETHU baca postingannya.. klo bahasa HTML harus ada mode off-nya di bawah postingan lho…klo ngak jadi pada ngomong bali terus.. bler gati (nakal sekali) 😀

  8. Paling sebel kalo ngajak bicara orang yang lagi NGGETHU sama BB… benar-benar kayak ngomong sama orang autis…jawabnya sekedarnya aja.. “hmm?”… “oya?”…”masa sih”……hehehe

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s