Jika Jawaban anda … YA …
– Tanda tangani langsung
– Tanyakan kapan saya bisa mulai bekerja / next stepnya apa ?
– Ucapkan terima kasih dan berjanjilah untuk memberikan yang terbaik …
Jika Jawaban anda … RAGU – RAGU …
– minta waktu, dan …
– penuhi janji tenggat waktu tersebut
– Segera putuskan … !!!
Jika Jawaban and … TIDAK …
– Ask permission untuk tetap menyimpan alamat / nomer telfon perusahaan tersebut.
– Sampaikan maaf, terima kasih dan penghargaan telah diberikan pengalaman untuk ikut seleksi di perusahaan tersebut (BTW … Belagu amat si luh … !!!)
Other Manner on some situation…
Jika anda memutuskan untuk tidak meneruskan proses seleksi ditengah jalan
– Ucapkan Terima kasih
– Anda boleh menerangkan kepada mereka apa alasan anda
Jika anda sedang menjalani proses serupa di perusahaan lain …
– Katakan sejujurnya kepada interviewer
– Terangkan pula sudah sampai tahap mana seleksi tersebut …
In Spit Decision …
– Bingung memilih … perusahaan A atau B
– Segera Tetapkan !!!
– Once pilihan sudah dijatuhkan, please konsekuen dengan pilihan anda
Jangan “rakus”, Jika anda “plin-plan”-“gambling”-”opportunis” akibatnya akan tidak baik bagi nama baik anda …
HR Perusahaan A bisa saja menelfon rekan HR di perusahaan B dan mengadukan manners yang tidak baik ini …
jadi inget kemaren, harus menentukan pilihan YA atau TIDAK.
dan akhirnya memilih TIDAK, 😥