Posted in ARTIKEL, NGEBLOG

THE POST OF JULY


.

Seperti diketahui bersama … saya setiap bulan mencoba berikhtiar untuk memilih postingan berkesan … hasil karya para teman – sahabat semua.  Saya sebut sebagai THE POST OF …  Tidak terasa bulan Juli sudah hampir berakhir.  Tiba saatnya saya untuk memilih Postingan Pilihan untuk bulan ini.

Kriteria berkesan ini tentu sangat Subyektif sekali … menurut pengamatan pribadi saya saja.  Menurut saya … Postingan berkesan adalah postingan yang simple … touchy … inspiring … kadang surprising … lucu … dan sebagainya …

Perkenankan saya memilih satu postingan yang saya tetapkan sebagai THE POST OF JULY versi the ordinarytrainer.

Postingan tersebut berjudul : BUANG HP MU DAN KEMBALI KE DUNIA NYATA !

Ditulis oleh : Fadhilatul Muharram Abdullah.  Atau lebih dikenal dengan sebutan Dhila.  Pemilik blog : The Power of Words (http://dhila13.wordpress.com/)

(gambar diambil dari blognya dhila13)
(dhila memang tidak menayangkan foto diri di Blognya)(setau saya lho)

Saya belum pernah bertemu dengan Dhila.  Padahal Dhila itu dulu kuliah di kampus dekat rumah saya.  Dan cerita kita itu nyambung gara-gara dia sering menceritakan lingkungan disekitar tempat kuliahnya dulu … Which is saya sangat familier sekali.

Pertanyaan selanjutnya adalah …
Mengapa Postingan dhila tersebut saya jadikan The Post of July ?

Karena saya mempunyai concern dan keprihatinan yang sama dengan apa yang dituliskan Dhila.  Di postingan tersebut kurang lebih Dhila bercerita mengenai pengalamannya sendiri … tentang serba serbi penggunaan HP, terutama yang pipih lebar itu … .  Bagaimana banyak orang yang sekarang sudah tidak peduli lagi dengan lingkungan sekitarnya gara-gara sibuk uplek dengan gadget kesayangannya itu.

Saya ambil langsung dari kata-katanya Dhila …

Ya begitulah teman, saat ini seringkali kita mengabaikan apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Kita terlalu sibuk apa yang terjadi dengan gadget kita. Padahal apa yang ada disana seringkali hanya merupakan sampah yang membuat kita terdampar di tempat yang tidak menyenangkan….

Lalu kemudian simak pula kata-kata yang ini :

Banyak orang menjadi egois dan lebih peduli dengan popularitasnya, khususnya dengan aktivitas mereka di dunia maya. Sementara di dunia nyata mereka menjadi orang yang anti-sosial

Memang betul kata Dhila … banyak orang menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya bahkan tidak peduli pada keselamatan dirinya sendiri … Bayangkan mau nyebrang juga masih sibuk nggratil dengan gadgetnya.  Padahal yang dibaca atau yang ditulis itu paling juga cuma hal-hal remeh-temeh … status lebay binti galau … anekdot jayus yang sok cool dan sok lucu itu … dan sebagainya …

Lihat pula bagaimana arus lalulintas di jalan raya … atau arus pejalan kaki di Mall atau Dept Store menjadi terhambat hanya gara-gara ada oknum sok sibuk yang berjalan lambat sambil uplek gadgetnya.  Belum lagi  ada satu keluarga datang ke restoran … duduk … dan masing-masing sibuk dengan gadgetnya … Nggak ngobrol sama sekali … (kok bisa ya …???)
*benar kata orang gadget itu seolah … “mendekatkan yang jauh … menjauhkan yang dekat”

Saya hanya berharap …
Euphoria gadget talipong bimbit pipih lebar berselaput warna-warni ini akan segera berakhir …
Sehingga kita semua bisa kembali berinteraksi secara nyata dengan lebih baik …
Dengan saling peduli … saling berkomunikasi … dengan wajar …
Sebagaimana layaknya makhluk sosial …

(karena kita bukan makhluk Gadget)

Salam saya

 

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

26 thoughts on “THE POST OF JULY

  1. *nyengir*
    Merasa tersindir,, tapi emang bener juga,,
    Kadang kita lebih sibuk sama mainan di tangan daripada orang di depan,,
    Sampai ada beberapa temen-temen yang bilang
    Gak ada pacar sehari fine fine aja,, tapi gak ada bb sehari aja,, rasanya gak punya tangan

  2. fenomena dr kemodernan ‘talipong bimbit’, ya, pak? ntar kl IPAD sudah spt kacang goreng.. semua orang akan beralih k jenis gadget yg satu itu…..

    kutipan dila itu… sangat nyentil banget,pak…. dan put sgt suka dgn kesimpulan yg pak NH tulis….” “menjauhkan yg dekat…….”

  3. terima kasih sudah diingatkan om, harus berani tutup telinga dan mata sesaat agar tidak selalu lihat hp😀
    OM maaf namanya saya tulis di postingan

  4. dan ujung-ujungnya semakin individualistislah masyarakat sekarang ini, inilah dampak negatif kemajuan teknologi yang harus dihadapi, dan mau gak mau kita harus menerima dan berada didalamnya, karena kemajuan teknologi tidak bisa dicegah, tapi semua kembali kepada individunya……..

  5. Itulah makanya Nyai Raki menangis sedih karena anak-menantu dan cucunya yang mudik lebaran malah sibuk dengan benda ajaib itu.Padahal Nya Raki sangat merindukan mereka. Mereka seperti orang asing dirumah Nyai Raki.

    Salam hangat dari Surabya

  6. jadi merenung, dan ternyata saya bisa juga jauh2 dari gadget😀
    tapi 2thn yg lalu, ga bisa pisah sedetikpun xixixi

    iya tuh, menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh …. parah😀

  7. Belakangan ini saya seringkali menunda untuk membalas sms yang masuk ke hape saya jika saya sedang ngobrol dengan orang lain (saya tidak punya telepon bimbit yang ‘pipih lebar’ itu). Kasihan orang lain jika kita abaikan…

  8. suka sama pilihan post of july nya oom,
    dan yup langsung meluncur ke ‘rumahnya’ dhilla,
    aku udah lama gak maen ke sana
    (ke sini juga *nyengir*)

    sejak ditegur ortu tahun lalu, aku mulai mengurangi intensitas ‘bermain’ dengan HP, paling susah tapi sebenarnya mudah: meninggalkan HP di kamar saat makan malam di rumah ortu atau pas kumpul keluarga. hoiii megang HP bisa tiap hari. makan malam dan kumpul keluarga jarang looohhh… *ngomelin diri sendiri*

    btw, keknya ada yang habis kopdar sore tadi 😀

  9. wwakakakaka…sepertinya yg kita lihat seperti memiliki dunia sendiri ya om…jadi orang ****s (sengaja di sensor biar ga disalahin orang) ….

  10. Untungnya saya ngga punya “gadget talipong bimbit pipih lebar berselaput warna-warni”. tapi kadang kalo di rumah saya suka sibuk balas sms order-an, dan anak2 kadang terbaikan hohohoh……abis kalo smsnya ngga cepat di respon, order-an bisa melayang hehehe….

  11. Hehehe..untung saya gak maniak2 amat sama benda satu itu.. ngga sampe ketergantungan, masih dalam kadar normal lah😀

  12. *knock…knock…* permisi oom😀

    saya juga suka gemes kalo lagi ketemuan orang tapi dianya malah sibuk maenan hp. bukan sekali2 doang…tapi selama kita ketemu. apa gunanya ketemuan coba…udah aja chatting, hihihihihihihihi.

  13. wow, baru nyadar klo postingan saya jadi postingan bulan juli-nya om NH. maafkan saya om krn jarang bgt blogwalking hehhe….

    salam untuk keluarga ya om… mohon maaf lahir bathin.😉

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s