Diposkan pada TRAINING

THE BUSYMAN/WOMEN


Ini adalah tentang perilaku Trainee yang rada “nyleneh” dan mengganggu.Banyak orang bilang ini adalah “disfunctional” behaviour … perilaku yang menyimpang.  Saya lebih suka menyebut … Trainee yang bertingkah …  

The busyman/woman … sesuai namanya … perilakunya ketika mengikuti Training adalah  terlihat sangat sibuk sekali …

Telfon sana-sini … entah apa yang dibicarakan …Mondar-mandir Keluar – masuk kelas … entah apa yang dikerjakan …

Di kelas pun tidak pernah tenang … kadang SMS, buka lap top, menulis, membaca hal lain yang bukan bahan Traning … dan sebagainya …  Pokoknya “petakilan” sibuk gak karuan … Yang tentu saja mengganggu … mengganggu Trainer maupun Trainee lainnya …. 

Hal ini semakin menjengkelkan jika ternyata saya berhadapan dengan karyawan baru (“brondong”) first entry … (yang baru 2-3 bulan bergabung dengan perusahaan kami) … Ah rasanya kalau tidak ingat bahwa saya Trainer … ingin rasanya saya menjitak kepala mereka dan … berujar … “Heh … Anak baru !!! … “jangan sok sibuk deh … belagu amat sih luh … emang siape si luh … sibuk amat …” … Hahahhaa … Tapi Alhamdulillah kata-kata ini tidak sampai terlontar … (dan jangan sampai terlontar …) 

Biasanya mereka berlaku seperti ini hanya ingin pengakuan saja … pengakuan dari trainer dan juga sesama trainee lain bahwa … dia itu sedang banyak pekerjaannya … seolah-olah terlihat sangat penting … layaknya seorang Business Man / Woman … (aku nyebutnya … lagi norak-noraknya jadi Karyawan perusahaan besar) 

How do I handle Him / Her …?

Waktu break … mereka akan saya ajak bicara 4 mata dan menanyakan … “Apakah ada tugas yang urgent yang harus dilakukan …”“Apakah perlu untuk ybs izin untuk tidak mengikuti training ini … supaya tidak setengah-setengah … “Semua opsi aku tawarkan kepada dia … sebagaimana layaknya seorang trainee dewasa.(aku minta komitmennya sebagai karyawan yang bertanggung jawab, untuk berperilaku profesional sebagai mana layaknya …”) Biasanya kalau sudah di”begini”kan ybs akan merasa sendiri …Dan kalau ternyata memang ada yang urgent untuk diselesaikan … aku pasti bebaskan ybs untuk tidak mengikuti training sama sekali … (dari pada setengah-setengah). 

Aku juga melakukan cross check kepada atasannya “apakah benar ada tugas urgent yang sedang di handel oleh ybs … (btw banyak atasan mereka yang juga bekas Trainee saya dulu, hehehe … jadi saya dengan mudahnya bisa minta informasi dari mereka …)

Dan jika trainee tsb menipu sekedar agar dapat izin tidak ikut training dengan alasan ada pekerjaan urgent (tapi kenyataannya tidak ada ) … maka jangan harap … bulan depan Trainee tersebut masih bekerja di perusahaan ini lagi …  (ini sudah penipuan namanya …)(sama sekali tidak profesional …)(so lebih baik di cabut dari awal … sebelum menjadi kurap yang menjalar kemana-mana)

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

3 tanggapan untuk “THE BUSYMAN/WOMEN

  1. Hal seperti itu sudah biasa mas.
    Kalo memang mengganggu, ya tinggal kasih SP aja.

    nh18 to rajarental …
    Hmmm … ya … begitulah …
    Tapi yang jelas saya sebagai trainer tidak bisa menjatuhkan SP … yang berhak adalah atasannya …
    Thank’s Mas …
    Salam

  2. mas, makanya dept training nggak bisa sendirian… seleksi harus dari recruitment …. . Tapi kalau lolos,
    sebelum training … persiapan pra trainingnya juga harus ada …. kayak komitment dan kejelasan benefit dan objective training ….
    trus saat awal pelaksanaan training … buat aturan main ….. misal HP di non aktifkan atau ..apa deh yang bisa bikin mereka fokus…
    hehehe… sorry mas… itu yang aku ingat dulu waktu belajar di training & development ….
    selebihnya…. jitak aja …hahahaha

    nh18 to progo …
    Ya begitulah chuy …
    serba salah kita … hehehe …
    Tenk kyu pren

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s