Posted in NGEBLOG

AWAL NGEBLOG


.

Judulnya kurang bagus nih.
Yang jelas sebetulnya saya hanya ingin bercerita mengenai masa awal-awal saya Ngeblog.

Darimana saya tau aktifitas Blogging ?
Bagaimana saya memulai aktifitas ini ?

Begini …
Waktu itu tahun 2007.  Menteri yang membawahi masalah Komunikasi dan Informatika adalah Bapak Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA.  Dilantik 9 Mei 2007.

Diawal-awal masa jabatannya, beliau (seingat saya) ingin menerbitkan peraturan atau Undang-undang yang mengatur masalah media komunikasi elektronik dan IT.  (Masih ingat heboh UU ITE itu kan ??).  Dan salah satu yang disebut-sebut beliau adalah tentang BLOG.

Saya melongo ? Ndak ngerti babar blas …
Blog ? … apa sih blog itu … kok sampai-sampai Menteri Komunikasi dan Informatika heboh menyebut-nyebut hal ini.  Jika menteri sudah menyebut hal ini maka bisa dipastikan memang media ini tengah merebak di tahun 2007 itu.  (atau mungkin jauh sebelumnya).

Mulailah saya mencari tahu mengenai Apa itu Blog ?
Seperti biasa … dimulai dari Gugling dong … dengan kata kunci Blog atau Blogging tentu.
Dan disana saya menemukan banyak sekali tulisan-tulisan.  Oooohhh rupanya Blog adalah semacam website yang ditulis oleh perseorangan atau pihak-pihak tertentu.  Semacam Catatan Elektronik.  Yang dituliskan pun bisa macam-macam. 

Dan akhirnya pada tahun 2007 an akhir, dari Gugling jugalah saya bisa menemukan bahwa sebetulnya kita yang orang awam IT ini … bisa membuat blog secara gratisan.  Mulailah Saya mengenal “BLOGSPOT”.  Saya tergerak untuk mencoba membuat Blog di Blogspot dan menulis beberapa postingan kecil disana (sambil latihan ceritanya).  Ini terjadi di Bulan November 2007 kalau tidak salah.

Namun seiring dengan berkembangnya waktu.  Saya menemukan lagi blog gratisan yang lain yaitu “WORDPRESS”.  Saya bikinlah blog di WordPress.  Coba sana-coba sini.  Sempat membuat Blog yang berisi tulisan sekenanya tentang Musik dan Film.  Namun kurang sreg.

Akhirnya saya buatlah THE ORDINARYTRAINER WRITES ini.  Awal tahun 2008.
Pada awalnya blog ini saya buat untuk memuat tulisan yang bertemakan Rekruitment dan Training.  Dua bidang yang sedikit saya kuasai.  Tiga bulan pertama saya menulis … saya sudah berhasil memposting sebanyak … 134 tulisan. (lumayan banyak ya ?).

Lalu saya berfikir … mosok cuma gini-gini aja …
Kok jarang yang berkomentar … kok sepi-sepi saja.  Nggak asik nih …
Akhirnya dari baca sana sini … saya baru sadar bahwa jika ingin Blognya ramai dikunjungi … tidak cukup hanya menulis postingan saja.  Sebagai Blogger Pemula, saya juga harus aktif untuk blog walking dan berkomentar di blog-blog tetangga …

Akhirnya dari situlah … isi postingan saya berkembang.  Saya tidak hanya menulis tentang bidang pekerjaan saya … tetapi juga menulis hal-hal lain … misalnya keluarga … hal-hal umum – nostalgia … Bahkan sampai ke hal yang remeh temeh … sepele …

Saya mulai menemukan keasyikan seninya NgeBlog … Teman semakin banyak … kunjungan ke Blog saya pun sedikit demi sedikit semakin meningkat … Alhamdulillah berlanjut sampai saat ini.

So jadi begitulah …
Talking about Blogging …
Saya harus berterima kasih pada Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA  (mantan menteri Komunikasi dan Informatika).  Jika bukan karena beliau … mungkin saya belum menjadi Nara Blog seperti saat ini …

Nah …
Boleh saya bertanya pada Sodara-sodara sekalian ?
Darimana anda mengenal Blog ?
Boleh cerita masa awal-awal anda Nge Blog dulu ?
Apa yang mendorong anda untuk Nge Blog ?

,

,

,

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

46 thoughts on “AWAL NGEBLOG

  1. Yah ternyata gak pertamax, tapi menungu dimoderasi.

    Saya mengenal nge-blog awal kali dari teman saya. Dia bawa buku merah tebal bertuliskan GO BLOG.
    saya baca-baca bentaran. Praktekin . Jadilah sebua blog. Waktu itu blog asal2an. Pengunjungnya pun tak ada.

    1 tahun vacuum blog sekarang hadir kembali dg CC dan CB.

  2. Salam Sahabat Common Cyber
    *****************************

    Nah, kalau Common Cyber ini dibangun dg tujuan cari rezeki pak. Share info gratisan sekalian mungkin nanti dialihkan PTR sama PTC, jadi raup dollar pak. Biar nanti saat kuliah ndag susah2 membenai orang tua lebih dalam.

    Muga2 sebelum kuliah CC sudah bisa menhasilkan dollar. Amin

  3. Taunya pertama kali banget dari teman chat, cowo ( Juni 2003) yang suka nulis puisi dan minta aku tulis komentar, tapi untuk itu musti membuat akun di blogspot. Hanya tulis komentar sekali saja, belum buat blog. Kemudian menjadi akrab dgn seorang janda di bld yang menuliskan kisahnya di blogspot, sampai akhirnya ikutan menulis di blogspot th April 2005 (dengan mematikan fungsi komen). I should thank her! Maret th 2008, membuat domain pribadi dan memakai wordpress untuk Twilight Express yang sekarang (belum 3 th nih). Tamu pertamanya ya mas trainer yang kukenal di forum 80-an😉

    Dari chatter ke blogger deh…..

    EM

  4. pertama dari friendster Om… disana kan ada fasilitas blognya…
    tapi koq ndak enak, yg bisa comment cuman orang yg udah ada di friendlist dan temen yg di friendlist saya sepertinya kebanyakan ndak suka baca -_-”
    nah dari sana kenal blogspot🙂

  5. pertama kali ngeblog tuh nulis di friendster. iseng2 doang.
    trus bener2 serius (maksudnya rajin) ngeblog tuh di multiply pas andrew lahir (th 2005). jadi ceritanya buat nulis tentang andrew gitu.
    eh trus dikasih liat dari temen kalo ada 1 blog yang cerita tentang keseharian dan menarik banget. jadi suka ama blog itu. dan akhirnya jadi ikut2an bikin blog di wordpress th 2007.🙂

  6. Saya mengenal blog dari friendster oom. Ada famili yang punya blog di media tsb yang cerita ttg anaknya. Lalu saya membuat juga blog di Fs tersebut, judulnya Raja Kecil yang cerita ttg diriku sendiri yang anak tunggal ini.
    Saya heran, kok gak ada yang komen. Saya baru ngeh bahwa ada kegiatan blogwalking segala. Kirain setelah mempublish artikel terus berbondong-bondong diserbu penggemar ha ha ha.

    Blog pertama yang agak serius saya buat adalah BintangSatu yg sekarang PR 4. Pernah collapse menjadi PR 0, lalu saya nyatakan demisioner..eh ternyata setelah mati 3 bulan PRnya malah naik. Aneh kan.

    Lalu saya gagah-gagahan beli domain dan menjadi BlogCamp yg sekarang ini. Berturut-turut saya lalu membuat blog :

    1. Bhirawa (modar gara-gara lupa memperpanjang domain)
    2. Anoraga – khusus leadership dan motivation
    3. Bening – agak bergaya Kultum
    4. Plesiran – blog yang menampung tulisan teman-teman yg mempromosikan wisata daerahnya-penulisnya dapat buku gratis oom
    5. J’BLOG – opini saya ttg berbagai hal.
    6. Andhok- artikel food and resto
    7. Tembang Setaman – Kumpulan lirik lagu

    Demikian promosi dari saya.
    kapan ngisi artikel ttg pariwisata oom ? Saya tunggu ya

    salam hangat dari Surabaya

  7. tahun 2006 di friendster .. belum serius banget…
    tahun 2009 di blogspot… mulai serius ngeblog
    tahun 2010 bikin dot com..

    dibanding temen2 yg lain.. masih anak baru neh…🙂

  8. Setelah belajar menulis di Kolom Kita yang diasuh Zeverina…saya mengikuti ,a href=”http://yudhistira31.wordpress.com/”>Mba Devi untuk bikin blog.

    Awalnya hanya memindah apa yang sudah saya tulis di Kolom Kita selanjutnya malah lebih banyak curhat di blog sendiri. Curhatnya juga dengan aturan bahwa yang saya tulis harus bisa jadi reminder untuk saya sendiri.

    Jadi buat saya, ucapan terima kasihnya adalah buat Zeverina dengan Kolom Kita dan Mba Devi..

  9. Berbicara tentang awal mula ngeblog, maka saya tidak bisa melupakan dua penulis oase iman di eramuslim.com. Mereka adalah Bahtiar Hs ( penulis buku Jejak-jejak Surga Sang Nabi dan 20 Tahun Mencari Keadilan ) dan Bayu Gawtama ( aktifis ACT ), yang seringkali mencantumkan sebuah link berakhiran multiply.com di setiap akhir tulisan. Selain mengagumi tulisan mereka, alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk menjalin silaturahmi melalui chat di YM.
    Pernah satu ketika, dengan segala keawaman yang ada pada saya waktu itu, saya bertanya pada pada pak Bayu apakah beliau mengenal atau bahkan bekerja satu perushaaan dengan pak Bahtiar. Pertanyaan ini saya ajukan hanya karena saya mereka sama-sama mencantumkan multiply.com di akhir tulisan. Saat itu saya mengira multiply.com adalah nama perusahaan tempat mereka bekerja. Gubrak! jujur, bila inget kejadian ini, saya masih sering senyum2 sendiri.
    Alhamdulillah, melalui tangan dingin pak Bahtiar, lahirlah blog pertama saya di multiply ( waktu itu saya menggunakan id anakkebumen.multiply.com namun setelah abisabila.mutliply.com lahir, blog pertama saya tutup ). Yang menarik, pak Bahtiar membimbing saya membuat blog di multiply benar-benar step by step, dan semua dilakukan melalui layar chat di YM.
    Adapun kalau sekarang saya memiliki pengetahuan yang agak lumayan tentang blog, maka kedua sahabat maya inilah yang pertama kali ku ingat, selanjutnya anda semua.
    Satu keinginan saya yang belum tercapai berkaitan dengan dunia bloging adalah memiliki domain abisabila.com. Mungkinkah ini kan tercapai, insya Allah satu saat nanti jika memang sudah layak untuk itu.
    ( maaf, komennya terlalu panjang Pak )

  10. Awal saya mengenal blog, pd saat saya tak kunjung hamil sering cari artikel ttg kehamilan di mbah gugel dan kadang suka mampir juga di blog orang lain, entah siapa saya lupa sehingga terfikir nanti mau buat blog juga.
    Karena gaptek sempet tanya juga sama temen2 gimana cara buat template dsb, Alhamdulillah blog saya udh 3th lebih dan semuanya menceritakan ttg Nayla, makanya blog saya beri nama diary bunda & nayla, krn bunda tidak mau ada moment terpenting antara bunda & nayla terlupakan begitu saja, sehingga kalo nay sudah besar bisa membacanya bagaimana lucunya nay wkt kecil🙂

  11. dari facebook..teman-temanku pada punya blog di facebook, aku ikut-ikutan bikin akhirnya keterusan sampai sekarang dan klonningannya jadi banyak…he..he..tapi setiap blog yg aku punya, memiliki spesifikasi yg ber-beda-beda. dari ngeblog juga aku punya banyak teman baru. Termasuk Om NH18.

  12. orang yang ngompor2i saya ngeblog itu temen kerja saya, om… awalnya saya ditantang, “kerja di dunia perbukuan kok gak pernah nulis..”
    setelah itu saya pun ditantang bikin blog, dan masdeewee adalah jawaban tantangan tersebut. kemudian seiring perjalanan, saya mulai bereksperimen bikin blog lain. 1 berada di blogspot, saya khususkan untuk tema Islam, tapi akhirnya vakum (bahkan sekarang saya sudah lupa alamat blognya apa). 1 lagi di WP dengan tema pembahasan sastra yang “berat dicerna”, dan lagi2 vakum (dan lupa alamat blognya lagi…)😛
    akhirnya, saya pun memutuskan konsen di masdeewee aja sampai sekarang

  13. kalau saya tahun 2008 pak, terlambat jauh karena seblumnya saya hanya seorang kuli bangunan…

    nah 2008 itu saya masuk kuliah, di kampus ada internet gratis dan dibuatin sama temen…akhirnya terbiasa

  14. awalnya saya hanyalah blogwalker tampa memiliki media blog. hanya sebagai komentator saja selama beberapa tahun. Saya kira Om trainer sudah tahu nama inisial saya ketika menjadi komentator dulu sebelum memiliki blog

  15. mirip mandor tempe akhirnya pingin punya blog sendiri dan langsung self hosting karena enak punya email account atas nama sendiri, lebih keren kalo buat nglamar kerjaan daripada pake public email…heee…

  16. Awalnya…..Pengen bikin sesuatu yang baru om….

    hobynya sih BW tadinya….ke blog HS, pengasuhan anak, n resep (emak-emak sangat)

    lama2 pengen juga dokumentasiin cerita buat anak cucu…..🙂

    eh malah banyak temen juga…komplit deh….kegiatan yg menyenangkan

  17. 1997? serius opa udah ngeblog taun segitu? udah ada blogspot taun segitu?😯

    saya aja taun 2003 masih pake geocities, belum kenal blogspot taun segitu😆

    1. eh lupa cerita, kenal blog gara-gara apa ya? pokoknya pengen nulis.. tapi males yg panjang-panjang. Sama temen dikenalin blog. Awal-awal isinya curhat, itu pun saya kunci, yang bisa baca cuma saya.

      Jaman awal-awal FS ada fasilitas blog, pindah ke FS, baru deh pindah ke wp.:mrgreen:

    2. Mohon Maaf ChiC… ada kesalahan mengetik yang betul adalah 2007
      Masa Bapak M Nuh jadi menteri Komunikasi dan Informatika itu adalah : 9 Mei 2007 – 22 Oct 2009
      Saya baru mulai ngeblog itu tahun 2007 akhir … (sekitar November-Desember gitu deh)
      Cuma mulai banyak denger-denger Blog ya sejak Pak Muhammad Nuh itu menjabat menjadi Menteri

      Terima kasih banyak atas koreksinya ya ChiC

      Salam saya

  18. Awal ngeblog?
    Setelah pensiun dari pegawai BUMN, bingung mau ngapain ya…..saat itu kerjaan hanya di salah satu anak perusahaan yang tak harus kerja tiap hari. Jadilah menulis, dan menulisnya cuma cerita masa kecil. Lama-lama suami komentar, lha ilmumu dikemanakan, kasihan perusahaan sudah menyekolahkan kemana-mana kok nggak dibagi..jadilah mulai menulis masalah manajemen, terutama hal-hal yang saya dapat dari pertanyaan2 saat mengajar.

    Saya awalnya hanya BW ke blog anakku, dan temannya ya teman-teman anakku…mulai serius setelah ikutan PB 07 dan jadi fasilitator bersama Lita (banana talk)…ehh ternyata ngeblog bisa jadi obat stres…nggak percaya? Belakangan malah sulit menyediakan waktu untuk BW….dan yang datang ke blogku kebanyakan teman dekat atau para fresh graduate yang sedang ingin melamar kerja, karena ada bahasan tentang manajemen dan keuangan.

  19. Saya buat blog gara-gara punya jejaring sosial yang namanya friendster Om.. waktu itu ada fasilitas blognya. Baru deh cari tau apa itu?

    Setelah punya akses internet tak terbatas di kantor, mulai berpikir untuk membuat di blogspot, dan itulah blog saya yang sekarang ini

  20. hahaha awal ngeblog lupa tahunnya, sebelum kanvas maya pernah punya blog pertama di blogspot.. kautsar-lip.blogspot.com isinya hanya copas-an informasi aja, macam macam.. setelah lama vakum hingga sekarang bikin lagi, blog lamanya gak pernah tersentuh hehehe.. kenal blog dari info di internet aja, dan motivasinya dlu bikin blog.. cuma ingin tau hehehe, klo yang blog sekarang, awalnya pengen bikin catatan berdia dengan seseorang tp DIA nya malah gak muncul2 jadi ya nulis sendiri akhirnya hehehe *malang nian* wkwkwkwk

    oy om.. dah jadi.. bisa ditengok hehehe

  21. Awal ngeblog di friendster, waktu sekolah -kuliah sukanya coret2 gak jelas di kertas apa aja, sampe tulisannya pada ilang, baru dirapiin di blog friendster iru, tapi setelah itu vacum, sok sibuk dan balik lagi coret2 gak jelas.. baru kemaren2 aja bikin di blogdetik, gratisan abis, cuma modal ide buat ngisinya aja, hehe.. Alhamdulillah masih eksis sampe sekarang, heheh.. *sok eksis ya Om* hihi…

    salam sayang Oom

  22. pertama tau blog,tau sendiri,baca2 artikel dari mbah google,dan dari suamiku donk,kira2 tahun 2008 akhir,masih pemula yah..hehhe..
    Awal ngeblog,om Enha dah Baca postingan ku kan hahah..

    Ihh Om Enha kita kompak deh,dasar ponakan dan c om sehati xixixi..*ngaku2 ponakan*
    Ponakan dari Hongkong qiqiiq…!!!

  23. Pertama kali ikut-ikutan bikin page di… ummm… apa tu namanya ya, Om, angelfire kalo ga salah? Tapi ga pernah diisi, hehe… Baru mulai nulis di blog friendster, lalu buka di multiply, lalu buka di blogspot, terakhir wordpress😀
    Sekarang yang aktif cuma blogspot dan wordpress.
    Salam dari Cirebon… ^_^

  24. kebalikan dari saya ya om, awal mulanya pakai wordpress dan sewa hosting krn hostingnya dodol pindah deh keblogspot supaya ga repot. Om udah ahli di blogspot dong? ada yg mau ditanyain nih sedkiiiiit kok,udah utak utik belum nemu juga soalnya

  25. awal ngeblog di friendster dengan nulis yang abal-abal. Lanjut ke multiply masih abal-abal juga. Lanjut ke blogspot, tetep nggak jelas. Baru lanjut ke wordpress, agak jelas dikit😆
    yang serius nulis baru yang pas domain sendiri😀

  26. awal ngeblog?
    setelah pensiun, mula2 bikin di blogspot, akhirnya terlantar dan migrasi ke WP gratisan, baru kenal BW justru ketika ada yg komen di blogspot dulu itu…hehehe………
    awal2 isinya hanya cuma ttg isu2 sosial aja, lama2 berkembang jadi gado2………….😀😀
    salam

  27. Awal ngeblog Juni 2009… *bayi sangaaaattt…
    gara-gara pindah ke Sulawesi ini Om… kesepian.. dulu di Kalimantan msh ada-lah kegiatan sosial bareng ibu-ibu 2-3x seminggu can cukup menguras tenaga. *halah…

    Trus, kenalan sama Facebook. Ketemu temen di situ, dia usul, Mbok kamu bikin blog aja.. waktu itu blm kepengen Om, karena kukira, blog itu kepunyaan orang media/wartawan/reporter atau penulis.. eh ternyata orang awam pun bisa.

    Lalu sering liat suamiku sering senyum2 sendiri di depan laptop… ealahhh.. ternyata dia bikin blog dan senyam senyum itu dari hasil komentar/BW-nya dengan teman-teman mayanya.
    Trus, ikutan baca blog suami, apa sih yang dia tulis kok bisa segitu semangatnya? pas udah baca, kupikir… ooh… blog bisa berisi pengalaman pribadi dan cerita2 keseharian toh?
    Ya udah, aku minta diajarin bikin blog, milih WP, lalu nulis lah aku di situ smp skrg ga ganti2, the one and only…
    Awal-awalnya gak pede di publish, BW ke mana-mana juga sbg silent reader aja…eh, temen pun cuma satu si suami (hihi..) disusul si Daenk… abis itu diomelin Om karena aku nggak ninggalin link di blog Om hihihi… Waktu itu belum paham kalau masih dalam status log in, link-ku nggak muncul…
    gitu deh Om…

  28. KEPING HIDUP lahir saat menyusun puzzle gambar – eh tenyata susah juga ya karena kepingannya banyak sekali tapi kalau sudah jadi indah.. he he persis seperti hidup tergantung kita bagaimana menyusunnya – itu awal nama blog itu lahir

    CORETAN MUSIK dan FILM adalah blog saya yang ngak pernah saya tengokin.. sama ternyata dengan pak NH nih.. he he.. btw sahabat blogger pada nonton Phil Collins waktu ke Jakarta ngak? baca disini ya he he.. http://musikdanfilm.wordpress.com/2010/02/10/phil-collins-both-sides-tour-1995-ancol/

    and…

    kenal pak NH karena ngomentarin postingan beliau ketika pesan nasi goreng dan sudah nunggu lama eh diserobot pula ha ha.. Pertanyaannya berapa lama saya bertahan untuk terus ngeBLOG.. ha ha. Thanks pak NH saya bisa menulis sekilas blog saya di sini..😀

  29. Saya tau blog dari kakak saya, 2009 daftar WP dan Blogspot, isinya tentang keseharian dan puisi. Bulan lalu buat WP lagi tentang pekerjaan, dengan niat yang baik untuk berbagi pengalaman.
    Blogwalking (meskipun jarang) untuk mencari ide tulisan dan semoga bisa jadi menambah teman.
    Sekian.

  30. Boleh ikutan nimbrung ya :
    > awalnya mengenal blog, saat browsing mencari tugas kuliah di internet, tahun 2008
    > sekitar bulan Juli tahun 2009 mulai ngeblog di WP gratisan
    > selanjutnya tujuan ngeblog ingin berbagi bersama

    Terimakasih telah berkenan berbagi.
    SALAM hangat dari Kendari. 8)

  31. kalo awal ngeblog saya awalnya gara-gara teman pak… mereka sibuk ngomongin blog, saya jadi tertarik tapi pengen buat gak sempat-sempat, akhirnya baru buat bulan kemaren pak he.. ^.^

  32. oala begitu toh, kalau aku pak semuanya mengalir seperti air tanpa saya sadari sudah berada didepan mata. padahal saya tidak ada basic tentang IT sama sekali loh. Dunia offline ku loh cuma bergelut dengan oli, gemuk, bensin, kampas rem dan semua yang berbau dekil tapi kalau urusan menulis koq sepertinya seneng saja. Malah saya mengajak teman2 yang aku kenal di tempat kerja yang rata2 pernah mengenyam bangku kuliah, malah aku dianggap seperti orang asing yang masuk kumpulan orang baek. Hm…… payah😦
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s