Posted in TRAVELLING

EXTENDED ID CARD


Jika kita mengikuti sebuah konferensi, pertemuan, seminar atau perhelatan lainnya yang melibatkan banyak sekali peserta, biasanya kita diberikan sebuah ID Card oleh panitia.

ID card tersebut berupa kalung pita (atau biasa disebut lanyard) yang di ujungnya ada secarik kertas karton yang berisi nama, dan organisasi tempat kita bekerja.  Kadang ada pula yang dilengkapi dengan pas foto.  Hal ini tentu untuk memudahkan panitia untuk mengidentifikasi siapa saja peserta yang ikut dalam konferensi tersebut.

Dulu saya sering sekali mengikuti konferensi.  Paling tidak setahun dua kali saya pasti diundang untuk hadir dalam pertemuan tahunan departemen marketing dan review tahunan perusahaan.  Tempatnya bisa dimana saja, entah di dalam maupun di luar negeri.   Konferensi ini juga sekaligus menjadi ajang untuk wisata, waktu untuk refreshing para karyawan.

Tentu saja untuk memudahkan panitia kita semua dibagikan ID Card.  Nah saya perhatikan, empat lima tahun terakhir, panitia melakukan terobosan-terobosan menarik yang berkaitan dengan pembuatan ID Card ini.  Panitia dengan kreatifnya menambah fungsi ID Card tersebut dengan fungsi-fungsi yang lain.  An Extended ID Card.  ID Card yang fungsinya bukan untuk identitas saja, tetapi bisa juga ditambahkan fungsi yang lain.

Kalung ID Card yang diberikan kepada kita, berbentuk tumpukan atau kumpulan kartu yang diikat menjadi satu.  Halaman pertama paling depan tentu saja adalah ID Card itu sendiri. Memuat nama kita plus departemen atau organisasi tempat kita bernaung kadang disertai pula dengan foto.  Mari kita lihat gambar sederhana berikut …

ID Card

Kartu kedua dan selanjutnya sangat menarik untuk disimak. Ada berbagai macam informasi yang mereka sertakan disana. Berikut adalah hal-hal / informasi yang biasa mereka cantumkan di kartu-kartu yang menyertai ID Card kita.

  1. Daftar acara konferensi
  2. Rooming List : daftar peserta berikut nomer kamar menginapnya
  3. Tata tertib dan ketentuan akomodasi hotel
  4. Daftar tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota tempat kita mengadakan konferensi
  5. Daftar tempat kuliner yang bisa kita cicipi di kota tempat kita mengadakan konferensi
  6. Daftar tempat membeli oleh-oleh dan cindera mata khas setempat
  7. Peta kota
  8. Nomer telpon taxi lokal dan nomer telpon penting setempat
  9. Jadwal antar jemput ke/dari Airport atau terminal … dsb-dsb

Dulu biasanya panitia mengeluarkan buku panduan untuk memuat informasi tersebut. Kini mereka tidak lagi membuatnya.  Panitia mengganti buku panduan tersebut, dengan mencetak kartu-kartu dan menjalinnya menjadi satu di dalam lanyard kalung ID Card para peserta.  Semakin banyak info yang mereka sertakan … akan semakin tebal ID Card yang akan dibagikan kepada peserta.

.

Mengapa mereka melakukan hal seperti ini ?

Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, panitia selalu saja direpotkan dengan pertanyaan-pertanyaan para peserta konferensi.  Ada saja yang ditanyakan, pertanyaan remeh-temeh. Padahal semua informasinya sudah ada di buku panduan.  Mereka biasanya malas membaca atau membawa. Menyebalkan bukan ?

Nah … dengan dikalungkannya ID Card berikut informasi-informasi yang dibutuhkan, para peserta jadi tidak bisa lagi semena-mena merepotkan panitia.  Kalung ID Card (berikut kartu-kartu info lain yang menyertainya) adalah hal wajib yang harus selalu dikenakan selama konferensi berlangsung.  Mereka sudah bisa melihat sendiri informasi yang mereka butuhkan di kalung ID Card masing-masing.  Panitia tinggal bilang : “… lihat di kalung !” (rasain luh …)

Jadi …

Jika anda jadi panitia konferensi. Ingin tugas anda ringan dan tidak direpotkan oleh telpon krang-kring dari para peserta ? Pertanyaan remeh-temeh yang bikin bete ? Bikin aja ID Card yang sudah ditambah fungsi-fungsinya ini … An Extended ID Card.

Dijamin anda akan tersenyum senang !

Dan andapun bisa ikut menikmati wisata di tempat konferensi tersebut tanpa diganggu telpon nggak penting dari para peserta yang cuma pengen nanya tempat beli sandal jogger dimana … (hahaha)

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

53 thoughts on “EXTENDED ID CARD

  1. haha, keren juga ide nya,
    untuk panitia, bisa nggak nambahin pusing karena pertanyaan2 peserta yg nggak kenal sama kota tempat konferensi
    untuk peserta, jadi nggak ribet kudu nanya2 atau googling dulu, udah terteran dgn jelas di ID masing2😀

    Salam,
    sinemaisme
    sinemaisme.blogspot.com

  2. Ooo.. bagus juga ya idenya. Pas banget semua info itu ditaruh bersamaan dengan id card, karena biasanya id card itu lebih diperhatiin keberadaannya karena khawatir kalo hilang.

  3. Kalimat penutup itu langsung bikin ngakak Om,
    jawaban panitia,”tinggal keluar kamar, tanya resepsionis hotel”,, IDCard penyelamat semua pihak berarti nih Om.

  4. Ide cemerlang.
    Dengan membuat ID kayak gini biaya pembuatan buku panduan bisa dihilangkan
    Butuuuul sekali, peserta kadang aras-arasen membaca bukun panduan..”Enakan tanya saja lebih cepat,” kata mereka.
    “Boleh ikut kontesnya, Pakde?” itu contohnya ha ha ha ha
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

  5. keren idenya, om…
    aku termasuk yg suka banget koleksi ID card dari banyak event, kalau bisa dapet yg model extended gini lumayan juga. cuma kalau ilang pas lagi training, manyuuun…hahahahaaa

  6. terus terang saya baru ngerti loh Om.
    inovasi dalam pelaksanaan acara / konferensi. Bisa dicontoh tuh kalo pas kantor bikin acara serupa. Jadi panitia gak perlu kasih penjelasan yang udah ada di kartu2 yang dikalungin.🙂

  7. tipikal orang kita itu malas baca…hehehe
    saya juga waktu jualan online ditanya2 foto produk dan penjelasan ini itu seperti harga. Saya suruh liat di website saya malah nggak mau (berhubung gambarnya banyak) . hehehe

  8. wah ini baru benar2 ide yang sangat brilliant sekali, dengan ini kita tidak usah repot2 bertanya dengan panitia yang memiliki berbagai macam kesibukan , tinggal lihat di kalung kita sendiri hehehe🙂

  9. Beberapa kali diundang acara yang pake nginep-nginepan, aku belum pernah dapet yang extended id card nih Om…masih terpisah antara id & buku panduannya…

    Tapi emang lebih praktis kalo kayak gini yah Om🙂

  10. setiap kunjungan presiden ke sini kita punya extended ID card nih om, komplit dengan nomor telp penting dan juga selayang pandang info tentang kota, plus daftar resto et souvenir, tempat yang paling sering dicari hehehe🙂

  11. Ide bagus itu,om. Selama ini memang kalau ada acara seminar dan sejenisnya gitu memang jadi ribet bolak balik ngecek jadwal, ruangan,dll…giliran tanya sama panitia, malah panitianya mesti cari lagi teman sesama panitianya lagi yang mengurusi hal tersebut..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s