Posted in HEADLINE NEWS, Si Tengah

MONAS


.

Apakah anda pernah melihat Monas ?
Apakah anda pernah masuk ke dalam Monas ?
Apakah anda pernah naik sampai ke Pelataran Atas Lidah Apinya ?

Saya sering melihat Monas.  Tetapi baru sekali masuk kesana …

Saya lupa tahunnya … Namun yang saya ingat … waktu itu saya mengantar si Tengah yang sedang melakukan Studi wisata Sekolahnya … mengunjungi obyek – obyek wisata pendidikan di Jakarta dan sekitarnya … Termasuk Monas … Monumen Nasional.

Kalau bukan karena mengantar Si Tengah Studi Wisata …
Mungkin sampai saat ini saya belum pernah masuk ke sana …

Jika anda berkesempatan ke Jakarta …
Atau jika anda penduduk Jakarta …
Ada baiknya, anda sempatkan diri untuk masuk ke dalam Monas …

Terus terang saya merinding ketika sampai di tempat penyimpanan Naskah Proklamasi dan Bendera Pusaka yang asli.
Bukannya mau sok nasionalis atau bagaimana … ? … Yang jelas dada saya bergemuruh saat itu … (entah rasa apa itu namanya … )

Apakah Trainer pernah naik sampai ke pelataran atas lidah apinya ?
Belum …
Saya belum sempat kesana ? Ke tempat yang tingginya 115 m dari permukaan tanah itu …

Lho Kenapa ? …
Sebab saya takut ketinggian … nanti malah pipis dicelana di atas sana … kan celaka saya …

Ingat Monas … Ingat Lambang Kota JAKARTA

DIRGAHAYU KOTA JAKARTA
SELAMAT MERAYAKAN ULANG-TAHUN YANG KE 483

22 Juni 1527 – 22 Juni 2010

Note : …
Penetapan hari jadi Jakarta tanggal
22 Juni adalah berdasarkan tragedi penaklukan pelabuhan Sunda Kalapa oleh Fatahillah pada tahun 1527 dan mengganti nama kota tersebut menjadi Jayakarta yang berarti “kota kemenangan”. (sumber Wikipedia)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

83 thoughts on “MONAS

  1. Jadi, mas masuk ke museum di bawah monas, tidak naik ke atas monas. Kalau saya sudah dua-duanya, dan berkali-kali untuk mengantar tamu jepang. Dan… naik lift yang agak bau pesing dengan deg-degan takut macet berhenti tengah jalan.

    Anyway, museum itu gelap tapi mendukung pemahaman sejarah kita. Berkat saya antar ke museum itu, temanku yang orang Jepang jadi meneliti tentang penulisan sejarah Asteng di buku teks pelajaran Jepang. Karena dia shock mengetahui bahwa Jepang pernah menjajah Indonesia dan banyak orang Indonesia mengalami penyiksaan. Bukan salah anak-anak Jepang tidak tahu kenyataan itu, jika dalam buku pelajaran di Jepang ditulis, “Indonesia merdeka dari Belanda tahun 1949″…. (bayangkan betapa kesalnya aku baca itu!)

    Dirgahayu kota Jakarta, kota kelahiranku!

    EM

    1. ooo…fakta ini tercatat di buku pelajaran jepang ya? Waktu ADB membuat laporan special evaluation study tentang pendekatan multisektor di Indonesia, juga mencantumkan data ini di latar belakang laporannya dan headquarter ADB di Manila jadi heboh berat karena executive director Indonesia protes keras tentang kesalahan data ini.

      ckckckck….thanks infonya Bu EM.

    2. dalam buku pelajaran di Jepang ditulis, “Indonesia merdeka dari Belanda tahun 1949″…. (bayangkan betapa kesalnya aku baca itu!)

      Oooh… baru tau! Ternyata gak cuma di Indo aja yang buku pelajarannya gak transparan yah… *inget pelajaran PSPB, dll.*

    3. @EM
      Betul EM …
      saya urung naik keatas … karena antri panjang ..
      dan liftnya kecil …

      @Bu Henny dan Bu Dewi …
      mengenai sejarah ? … iya kok bisa begitu ya …
      semoga bisa diluruskan

      salam saya

  2. Samaaaa.

    Saya bahkan masuk ke dalam saja belom.
    Kalo lewat sering banget.
    Masuk ke pelatarannya juga beberapa kali. Terakhir kemaren saat nganter jalan-jalan blogger dari Surabaya dan Yogyakarta yang fotonya barusaja Om Komentari.

    Tapi belom pernah ke dalam dan naik ke atas.

    Oiya, ikutan ngucapin selamat ah buat Kota Jakarta. Semoga nggak tambah macet.

    1. Sekali-sekali masuk kesana Mbak Is …
      Dan mendengarkan rekaman naskah proklamasi di bacakan oleh Bung Karno
      merinding lho Mbak Is …

      salam saya

  3. Di atas bisa neropong Jakarta dari atas, yang kelihatan Jakarta agak2 putih gitu karena polusi..

    ke mangkuk monasnya juga bisa, ada di lantai 2, tapi ga ada apa2 di sana..

    yang paling asik memang di museumnya, karena di situ ada diorama Imdonesia dari jaman pra sejarah sampai sekarang..

  4. sudah hampir 6 tahun hidup di Jakarta belum pernah masuk Monas. hehehehe, cuman sampe pelatarannya doang.
    22 Juni itu harinya Mamak sama Bapak saya juga…hehehe

  5. liftnya agak kecil ya,jadi harus bersabar untuk naik turun agak ngantri.

    dari atas terlihat jelas semua penjuru kota jakarta,apalagi dulu jaman masih sedikit gedung bertingkat kali ya om??😛

  6. Kalau jaman sekarang Monas tidak sekeren dulu…

    Entah sengaja atau tidak, Monas sudah dibuat minder sama saingannya…
    Gedung2 yang dibangun jauh lebih tinggi dari Monas.

    Makanya Monas jadi sering malu-malu, tapi ngga sampe pipis di celana sih…

  7. cuman liat dari jauh Om..
    hehe.. waktu itu cuma sekedar lewat aja.

    kalo bundo belum naik ke jam gadang,
    saya sebagai warga jogja sudah pernah megang foto tugu jogja…🙂

    1. hehe salah ketik Om..
      maksudnya udah megang tugu jogja.. dan berfoto di tugu itu…

      soalnya ada yang bilang, kalo belm megang / menyentuh tugu Jogja, belum dianggap orang jogja.. heheh

  8. Masuk Monas duluuu waktyu kecil hahaha
    masih inget deh tiupan2 anginnya yg nakal.

    Btw oom… pernah masuk ke gedung proklamasi yg di jl Proklamasi?
    disitu dadaku bergemuruh juga oom🙂
    *magis

  9. Pakabar Om?
    Bertahun-tahun tinggal di Jakarta saya malah belum pernah ke monas yang sempat (atau masih?) jadi landmarknya Jakarta. Bukan cuma monas Om… ke Taman Mini saya juga belum pernah… *malu*

    Btw, blog nya ‘new look’ ya Om… hehehe, ketauan saya dah lama gak mampir🙂

  10. Dirgahayu kota Jakarta ke 483🙂
    moga kemacetan bisa berkurang..🙂
    saya belum pernah masuk ke dlm monasnya Oom, kalo poto2 di luaran pernah.. *eh*

  11. Saya udah pernah naik (beberapa kali) keatas sana Om… Kalo ikut rombongan tur dari kampung, ya pasti sampai ke puncaknya lah, Om…
    Mungkin ada yang bilang “belum ke Jakarta, kalo belum ke Monas”:mrgreen:
    Met Ultah Jakarta😀

  12. -saya pernah ke monas
    bahkan 4x seminggu saya jalan muterin monas pada track dipinggirnya 3-4x (sekitar 1 jam), waktu mencari nafkah di merdeka barat 13.
    -saya pernah gladi parade dan defile di Monas menjelang 17 Agustus 1995.
    -masuk monas juga penah, melihat naskah Proklamasi dan mendengarkan rekaman suara Bung Karno
    -nyumet api monas memang belum-saya jujur kok Oom

    -juga belum pernah ketemu Mona yang canti kitu Oom..sungguh belum pernah Oom

    Salam hangat dari Surabaya yang juga punya tugu Pahlawan.

    1. Saya yakin Pak De pernah kesana …
      Wah malah dinas di sekitar sana pula nih …

      Mengenai Mona ? … saya juga belum kenal Pak De …
      mari kita kenalan sama-sama
      hehehe

      salam saya Pak De

  13. aku pernah niat ke monas, eh akhirnya malah ke museum yang di sebrang monas
    trus abis itu makan deh di tukang2 makanan yang di halaman monas
    tapi ga pernah sampe ke monasnya😀

    1. JIaaahhh …

      Tapi emang bener sih …
      waktu nganter si Tengah itu …
      saya juga sempat makan dipinggir jalan … di abang-abang itu …
      abis kesian sih …
      (mungkin sekarang mereka udah pada di gusur kali …)

      salam saya Jul

  14. kalo di Monas, Oom takut ketinggian, saya takut ketinggalan rombongan, habis kalo hari libur lidah Monas tuh bejubel bgt penggemarnya.. heheeh… piknik bareng yuk Oom…🙂

  15. Jadi inget,pertama kali ke MOnas, nemenin teman sma yg lagi liburan ke Jakarta, terus minta dianterin temen yang emang dariorok tinggal di Jakarta…

    Taaaarrrraaaaaa….ternyata orang seperti si Om ini banyak banget lo…tinggal di Jakarta tp belumpernah ke Monas,

    Sttt..macam saya ini, orang Jateng tapi belom pernah ke Borobudur🙂

    1. Hahahah …
      Saya bukan orang Jawa Tengah …
      Tapi saya sudah beberapa kali ke Borobudur lho …

      (bangga sangat)

      hehehe

      Salam saya Bu …
      (BTW … Syafa gimana bu kabarnya ?)

  16. sya pernah liat teks asli proklamasinya ma burung garuda yang gedhe banget om, waktu pintu pengaman untuk teks proklamasinya terbuka juga terdengar suara bung Karno yang mengumandangkan ya kalo ga salah..emang bener2 bikin terharu dan bangga. Pas naik lift ke atas sempet deg2an juga, coz tinggi bener, abis tu sempet ngbrol sama bapak penjaga liftnya, saya tanya beliau setiap hari bisa turun naik lift berapa kali? apa ndak pusing pak?
    hehe..salut bener sama beliau..

    1. Saya tersenyum membaca pengalaman Intan di Lift …
      saya tidak bisa membayangkan petugas lift tersebut … sehari bolak balik naik turun apa ndak mual ya …

      salam saya Intan …

  17. bagi fety, dari tiga pertanyaan di atas, hanya pertanyaan pertama yang mempunyai jawaban YA:)
    menyedihkan. Mesti jadi agenda nih klo ke Jakarta.

  18. Saya masuk ke Monas waktu kelas 6 SD dulu,pak. Sama, dalam rangka study tour. Sampai di puncaknya,lho. Terus rame-rame bikin kapal-kapalan dari kertas, selanjutnya wuuss.. Sebuah kenangan yang indah.

  19. Dirgahayu Jakarta….
    Biar bukan kelahiran Jakarta, saya sudah 31 tahun tinggal di Jakarta, dan KTP Jakarta.
    Sayangnya belum sempat naik Monas sampai ke Puncak…seingatku baru ke piringnya….habis setiap kali banyak yang antri, dan kalau lihat banyak orang, langsung tekanan darah rendahnya kumat…terus pusing. Jadi akhirnya cuma suami dan anak-anak saat mereka masih kecil.

  20. kalo masuk, pernah Om.. terkesima juga memang melihat dokumentasi perjuangan bangsa ini di dalam sana… tapi klo naik sampai puncaknya, saya juga belom pernah… sama Om..takut ketinggian.. hehhee…

  21. Aku belum pernah masukke Monas Om…
    kalau mudik ke Jogja dan naik kereta di Gambir, aku nunggu kereta sambil ngeliatin Monas yang bermandi sinar laser. dulu mikirnya, kapan-kapan deh ke Monas…yaah…blm kesampaian udah pindah…😦

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s