Posted in PERASAANKU HARI INI

KECAP DAN KERUPUK


Ini mengenai kehadiran si berisik gegap gempita Mr. Kerupuk. 

Dan si Hitam Manis Mrs. Kecap.

Jaman dulu …

Jaman dimana hanya ada satu-satunya saluran TV yaitu TVRI.

Aku selalu melihat di tayangan acara-acara televisi itu…

Untuk menggambarkan keluarga miskin, kurang gizi dan tidak mampu secara ekonomi.

Pasti cara penggambarannya adalah …

Ada adegan … Keluarga miskin tersebut makan nasi hanya pakai kerupuk dan kecap …

Selalu begitu …

Namun kini …

Ada sebuah iklan KECAP …

Yang justru menggambarkan ritual perlambang keluarga miskin jaman dulu itu …

Tapi dengan situasi yang kebalikannya … yaitu makanan orang kaya .. bergizi pula

Digambarkan seorang anak kecil usia SD …

Dari keluarga yang berada …

Bertubuh bersih dan chubby …

Makan dengan lahapnya …

Hanya dengan Nasi … dan Kerupuk …

Tentu dengan ditaburi produk Kecap yang diiklankan itu  …

Hah …

Kerupuk dan Kecap sekarang naik derajat sodara-sodara …

Bukan sarana untuk menggambarkan ”kemiskinan” lagi sekarang …

Kerupuk dan Kecap … sekarang merupakan Perlambang Keluarga Mampu … Sehat dan bergizi …

Hahahaha …

(aku yakin … creative director dari Iklan tersebut pasti berasal dari generasi matrix  masa kini lulusan luar negeri …)(yang tidak pernah menonton tayangan TVRI tahun 70 an …)

 

(dan kalaupun nanti iklan ini makin tinggi ratingnya … biasanya akan ada reaksi dari pihak yang ahli … yang bunyinya … Iklan ini mengajarkan Anak untuk tidak makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

27 thoughts on “KECAP DAN KERUPUK

  1. hihihihi ….ada toh iklan gitu? Yang terbyaang di aku iklan minyak goreng, anaknya yang ndut makan paha ayam renyah.

    aku pikir mau cerita soal mas nostalgia makan nasi sama kerupuk dan kecap… makanan kebangsaan waktu kecil (bukan berarti keluarga miskin loh). Sama seperti aku nostalgia makan sepiring bertiga/berempat hehhehe

    BUT, sekarang kerupuk kan juga mahal ya?

    EM

    nh18 to EM
    Hahaha …
    Nostalgia ???
    Sedikit … cuma kalo aku dulu yang agak mahalan dikit
    bukan kerupuk … tapi Emping …
    yang seonsnya lebih mahal dari kerupuk🙂

  2. hahahaha🙂 ide nulisnya nich hebat banget😀 aku juga keinget banget jaman dulu kecil waktu ngga doyan makan itu selalu dechh asal ada krupuk n kecap aja urusan makan dah pasti lancar😀

    “(dan kalaupun nanti iklan ini makin tinggi ratingnya … biasanya akan ada reaksi dari pihak yang ahli … yang bunyinya … Iklan ini mengajarkan Anak untuk tidak makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna)”

    hehe bener om, apa lagi anak sekarang tuchh uhhh apa yang ada di iklan pasti ditiru dech. kayak anaknya tetanggaku juga gitu. tiap hari makannya krupuk n kecap

    nh18 to retie
    nggak usah jauh-jauh …
    keluargaku juga hobi kerupuk dan kecap Tie’ …
    hehehhe

  3. aih… mata kritisnya tajam amat bapak satu ini… sampai segitunya memperhatikan iklan itu…🙂

    tapi, saya dulu gak suka kecap, terlalu manis untuk lidah saya. saya mulai menyukai kecap setelah beberapa tahun tinggal di jawa…

    boleh juga tim kreatif itu, bisa menaikkan gengsi kerupuk, kira2 tempe juga bisa gak ya? hehe…😀

  4. Hahahaha….saya jadi ketawa (walau belum melihat iklannya)
    Dulu….saat kiriman uang telat, makan nasi hanya dengan krupuk dan sambel kecap, terasa nikmat sekali….hehehe

  5. Mau ngomentarin header barunya aja ah.. uhuy..

    Siipp om.. suka ma headernya, jadi lebih personal..

    nh18 to unidede
    personal ??? … ini nggak sama dengan narcis kan ?
    hehehe

  6. Liat anak itu makan kerupuk, aku yang gak gitu fanatik sama kerupuk langsung nyobain makan kerupuk pake kecap ..

    Tapi kok rasanya gak seenak seperti yang ditampilkan anak itu yaa ..
    Apa karena buat aku lauk minimalis macam itu sudah biasa .. ?
    dalam kasusku, kerupuknya diganti sama ikan asin.

  7. Benar pak… Melihat iklan tersebut sontak saya teringat siaran TVRI dulu ketika masih kecil… Kalau ga salah dulu ceritanya si anak kecil itu jadi ga bisa melihat (buta) di sore hari karena kekurangan vitamin A (habis ga ada gizi, cuma makan nasi ama kecap)… Benar-benar contoh menu makanan yang tidak boleh ditiru… Hehehe…

  8. Baru tahu saiya kalau ada iklan kayak gitu🙂

    Emang ironis sih iklannya, tapi saya sendiri suka banget makan kecap+kerupuk:mrgreen:

    Kriuk-kriuk, manis..

  9. BTW, seberapa besar usahaku untuk memberi anak2ku 4 sehat 5 sempurna…ternyata favorit mereka tetep krupuk dan kecap…hiks….sedih deh..

    Tapiiii…aku bisa ngerti kenapa mereka suka sekali ama kecap…karena emang enak siy…
    jadina…KFC dah..(Kecap Fans Club…)

  10. kecapnya dicampur potongan cabe rawit Om.. lebih maknyuus..😀

    nh18 to Kang Duddy
    Nah kalo kecap-caberawit-bawang goreng …
    itu enaknya di cocol Tahu pak …
    wwwaahhhh ngooonah pisan euy …

  11. Yah…kalo iklan kan emang ngga ada yang menunjukkan 4 sehat 5 sempurna om. Coba…iklan makanan ringan anak2, sehatnya dimana? iklan fastfood juga kan ngga ada sehat2nya… Yah, kalo dijadiin salah satu alternatif cara nikmat menggunakan kecap bolehlah… Kritis banget Om…

  12. Kerupuk..aku sukaaa banget😉

    Kecap? ..mm…enggak…rasanya aneh! manis manis gak jelas😛

    Hay Om..chatting lagi di facebook donnnn😉

  13. Om NH, aku juga penggemar krupuk lo, dari kecil waktu masih di kampung di palembang dulu, hambar rasanya kalo makan tanpa ada bunyi kriuk kriuk dari krupuk palembang yg terkenal itu eunaaak itu (pasti belum nyobain ya?),hehe. kalo sekarang krn di Cirebon jadi makan sama krupuk udang deh.

  14. krupuk dan kecap? mantabs om gurih2 manis.

    mengenai iklan, kalo aku kurang sreg om soalnya banyak ditiru ma anak2 kecil, kan bahaya om. masak cuman makan krupuk ma kecap, kalo lama2 cuman digado kecapnya doang gimana ya?

  15. Ooom… saya ndak suka kerupuk
    tapi semenjak menikah yang namanya kerupuk selalu ada di meja.
    karena suamiku yg org jawa susah makan kalo gak ada kerupuk.
    Mungkin lain kali ada iklan tentang kerupuk dan suku hehehehhe, gak cuma anak kecil aja

  16. ahh gak setuju om…
    maksud iklan itu Kerupuk dan Kecap bukan merupakan Perlambang Keluarga Mampu, tapi merupakan perlambangan keluarga NGIRIT

    :: ambil remote, ganti siaran Be-A Man::: huuh

    nh18 to Adal …
    Hahaha
    Be A Man … (jilid 2)
    Hah … aku punya draft tulisan mengenai itu …
    tapi ekeh masi gak pede untuk mostingnya weiceh

  17. saya nggak suka kecap.
    kerupuk juga nggak terlalu.
    saya sukanya cabe, om.
    saya makan cabe pake nasi, bukan sebaliknya.
    makan pake cabe doang cukup. wew!
    kalau cabe sedang mahal, baru berasa jadi orang kaya karena menunya langka. hehe…

    tapi om trainer memang jeli banget deh.
    segala kecap sama kerupuk dibahas, dari sudut yang menarik pula.

  18. iklan sekarang kadang menyesatkan……………gitulah biar laku……..!
    kerupuk aku doyan sih……tapi kecap doyan sih di olesi ke tomat.

  19. krupuk dan kecap disukai bukan masalah gizinya, tapi masalah kenikmatannya. Jadi kurang tepat juga kalo makanan ini menjadi simbol makanan masyarakat kurang mampu, krn dalam kenyataannya di keluarga menengah ke atas, juga menyediakan kedua makanan ini di meja makan

  20. kerupuk makanan mahal om di aussie, 1 biji kerupuk aci harganya 50 cent (Rp 3500 krang lebih)….kerupuk udah satu plastik kecil saiprit… $1 … mhallllllllll

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s