BERGIDIK


.

Ini bukan istilah dalam Bahasa Jawa.
Dan saya tidak tau apakah ini Bahasa Indonesia Baku atau tidak ?
Saya pun tidak tau bagaimana penulisan yang benar … BEGIDIK atau BERGIDIK ?

So What is Bergidik ?
Bergidik adalah kombinasi antara perasaan … ngeri … geli … miris … jijik dan yang sejenisnya …  Dan biasanya ini akan dilanjutkan dengan ekspresi Body Language khas … menggerakkan kepala … leher dan bahu sedemikian rupa.

Saya mau cerita beberapa situasi yang membuat saya BERGIDIK …
(Seperti biasa beberapa itu berarti … TIGA)

Situasi 1 :
Di sebuah kios / depo atau gudang distribusi Air Mineral Galonan dan juga GAS Elpiji.
Baik itu Gas yang Biru Besar 14 kiloan maupun yang Hijau Kecil 3 kiloan.  Namanya juga gudang penyimpanan.  Pasti ada banyak tumpukan galon dan tabung disana.  Bercampur antara Tabung-tabung yang kosong maupun persediaan Tabung Gas yang utuh berisi penuh.  Siap untuk dijual.
Pernah Trainer melihat beberapa karyawan delivery depo/kios tersebut nongkrong di Gudang tersebut.  Ngobrol, bercanda … sambil … merokok sodara-sodara …. Aarrrgghhh dodol … Kontan trainer BERGIDIK … bulu romanya berdiri … tak berani dekat-dekat.  Sehingga biasanya cepat-cepat saya selesaikan urusan di Toko dan Depo tersebut.  Lalu ngacir … kabuuuurr sejauh-jauhnya.

.
Situasi 2 :

Di stasiun pengisian bahan bakar.  Pom Bensin.  Trainer merapatkan mobilnya kesana … mau mengisi bahan bakar …
Tetapi terlihat di pompa sebelah … ada seseorang customer yang dengan tenangnya SMS-an.  Atau telpon-telponan dengan menggunakan HP nya … (baik yang HP biasa maupun yang Gepeng Pipih Lebar bersarung warna warni itu).  Saya biasanya tidak tahan untuk berkata … “Maap Pak … Bu … Mas … Mbak … di Pom Bensin tidak boleh mengaktifkan HP”.   Reaksinya mereka pun bermacam-macam.  Ada yang bilang oh sorry, langsung mematikan.  Tetapi banyak pula yang diam … menatap saya … Mungkin tatapan itu berarti … “Apa urusan lo, ngelarang-ngelarang gua  ??”
Sungguh kalau melihat situasi ini … saya BERGIDIK sodara-sodara … Dan biasanya jika saya ingin mengisi 100 ribu rupiah … akan saya bilang setengahnya … beli bensin 50 ribu rupiah saja … agar saya bisa cepat-cepat minggat dari tempat itu …

.
Situasi 3.

Ini sebetulnya “cemen” banget.  Mungkin Saya hanya dihantui oleh perasaan saya sendiri.
Anda pernah lihat tukang Balon Gas tidak ?  Biasanya mereka membawa sepeda dan diboncengannya ada Tabung Gas Besar … yang berguna untuk meniup balon-balon gas warna-warni itu.  Tukang Balon ini biasanya menjamur banyak … saat-saat ada penerimaan siswa baru atau kalau ada perayaan-perayaan tertentu.

Heran … entah mengapa … saya tidak pernah mau dekat-dekat Tukang balon gas … Tiba-tiba saja saya BERGIDIK kalau melihat tukang Balon Gas … kembali Bulu kuduk saya kontan berdiri … meremang.  Pori-pori kulit pun langsung bereaksi … (anda tau maksud saya bukan ?). 

So … Jadi begitulah sodara-sodara
Beberapa situasi yang sanggup membuat saya BERGIDIK … merinding … bulu roma berdiri … kadang disertai pula dengan keringat keluar dari tangan dahi dan telapak kaki saya.  Seketika.


Seperti biasa saya akan bertanya pada para Pembaca sekalian ?
Apakah anda pernah BERGIDIK ?
Biasanya pada situasi apakah anda mengalami hal tersebut ?
Boleh sharing ?

.

.

.

.

58 thoughts on “BERGIDIK

  1. Bergidik kadang juga merupakan ekspresi Jijik
    Namun herannya … Saya tidak pernah BERGIDIK jika melihat sesuatu yang menjijikkan…

    (*urat jijik saya sudah putus mungkin*)

    1. Bergidik itu sama enggak sih sama merinding? Atau merinding merupakan bagian dari bergidik.

      Oh iya, Om. Mengenai kebocoran gas LPG 3kg yg kemudian meledak, saya pernah baca kalau gas bocor tersebut tersulut oleh orang lain yg sedang merokok yg kebetulan dekat rumah yg bocor LPG-nya. Dan kemudian meledaklah.

      Kalau saya bergidik/merinding kalau lihat yg jijik & yg ngeri2 atau berita2 sadis.

      Salam dari Tangerang

  2. kalau ada orang yang punya kuku panjang terus nggaruk – nggaruk ke baju, atau ke meja. terus rasanya ngilu, ampe tutup kuping dan kabur dari situ secepat mungkin.

    itu bergidik juga gak oom?
    hhehehehe.. malah nanya..

  3. Kalau melihat tukang balon yang menjajakan balon terbangnya dengan merokok aku juga takut pak. Karena pernah merasakan trauma dengan balon gas yang sengaja diledakan😦
    Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

  4. gi·dik a, ber·gi·dik a 1 geli; 2 ngeri;
    meng·gi·dik·kan v membuat sesuatu menjadi bergidik: berita pembunuhan yg sadis itu ~ bulu roma (KBBI -Daring)

    Aku bergidik kalau mendengar bunyi sirine pemadam kebakaran dekat dan banyak, berarti ada kebakaran dekat rumah. Trauma karena sering terjadi kebakaran di pasar kecil belakang rumah di Jakarta. Dan aku perhatikan Riku juga takut sekali kalau aku ajak lihat ke beranda untuk mengetahui di mana kebakaran terjadi. Kalau Kai sih malah pengen lihat.

    EM

  5. Yup…
    Kita sama Om…
    Tabung besar yang punya Tukang Balon itu paling menakutkan…
    Knapa?
    Karena nggak teruji kelayakannya
    Rata2 mereka pakai tabung bekas yang entah kualitasnya serendah apa.
    Masih teringat saat ada acara ulang taun apa gitu, mereka manggil tukang balon gas itu, lalu boom!!!!
    Persis Bom…
    Yang terkontrol aja bikin bergidik, apalagi yang sama sekali nggak tersentuh kayak tukang balon itu.

    NB:
    Tabung tukang balon penuh ikatan karet bekas ban, slangnya juga penuh balutan…

    1. Persis Pak Mars …
      Itu ban-ban karet di lingkerin … di ubet-ubet sekenanya …
      ada karung goninya pula …
      takut saya ngeliatnya …
      kadang ada yang ngepul-ngepul gitu
      (bergidik)

  6. saya lupa kapan terakhir bergidik, Om. kalau ngeri atau jijik sering, tapi gak sampe merinding bulu kuduk.

    saya bergidik kalau mikir ngelantur. misalnya gimana kalau orang korengan banyak kayak kulit nenas. wis sing gak karuan pokoknya😛

  7. iya bener Mas, kalau ngelihat tabung gas ,aku paling ngeri deh…..
    krn sewaktu anakku msh SD, pernah lihat kejadian si tukang balon gas nya meledak…………😦
    sampai sekarang jadi parno gitu jadinya.
    salam

  8. bergidik merupakan kata bentukan yang berasal dari bentuk dasar gidik. lema tersebut adalah bahasa baku berdasarkan KBBI. (berdasarkan KBBI edisi ketiga milik saya. edisi terbaru masih belum punya).😉

    istri saya sampai sekarang masih bergidik dan ogah untuk memasang dan melepas karburator (bener gak nih tulisane) gas pada kompor gas, om. pas saya tanya kenapa, dia jawab takut aja…🙂

      1. hahahaha…. iya… regulator…. hahahaha…. kemekelen aku baca komenku sendiri…. sampek guling2… jadi malu sendiri nih…

        tak ingatnya om, biar gak salah lagi… regulator regulator regulator regulator…

  9. kasus yang hampir sama pak, ngeri kalau liat penjual bensin eceran yang dengan santainya melayani pembeli sambil merokok, pernah saya menegur tapi dia punya alasan ‘ nda perlu takut, saya nda buang abu di tangki kok ‘ atau juga pernah liat di bengkel motor kaki lima, sang montir dengan santainya bongkar-bongkar motor sambil merokok tanpa khawatir ada bensin yang bocor.

    1. Bener banget Abi …
      Mereka tidak sadar bahwa uap bensin itu mungkin saja menyebabkan percikan api. Montir Bengkel juga sering begitu …
      Tapi terus terang kalau melihat montir bekerja sambil ngerokok saya tidak takut dan bergidik … Tukang bensin eceran yang merokok … naah itu saya begidik beneran

      Salam saya Abi

  10. apa ya? biasanya lebih pada klo ngeliat orang nggaruk meja ato tembok.. wihh langsung dah sontak tanpa perintah bulu kuduk langsung berdiri..

    ntah klo ngiliat yang bergentanyangan gitu.. bakal berdiri pula nggak ya?? ato malah selebihnya?? wkwkwkwkk

  11. saya langsung bergidik kalo liat hewan-hewan kecil bergerombol, kayak semut, rayap, lalet, nyamuk, ngerumunin sesuatu entah apa itu,, hiiiiiiiiiiiiiiii… *langsung berdiri bulu romaku Oom*

    salam sayang

  12. bergidik? pernah..bahkan tiap kali menonton berita yang menanyangkan keajaiban2 atau hal-hal aneh yang terjadi, seperti bergesernya tiang mesjid yg di jawa itu,,, tiba2 saja bergidik..😀

  13. Saya paling bergidik kalau lihat truk yang ngangkut barang ga kira-kira.
    gimana ga bergidikcoba? kalau kita tepat berada dibelakang truk itu pas lagi nanjak. saking bergidiknya, motor sayapun ikut geter-geter.

  14. Saya paling bergidik kalau lihat truk yang ngangkut barang ga kira-kira.
    gimana ga bergidik coba? kalau kita tepat berada dibelakang truk itu pas lagi nanjak. saking bergidiknya, motor sayapun ikut geter-geter.

  15. Aku paling bergidik kalo ngeliat binatang mengerikan, Om, kayak kelabang, kecoa, uler, kaki seribu, dlll…. hiiiiiyyyyy…… langsung merinding dan ngabur…..

  16. bergidik saat liat orang dengan gesitnya bercengkrama dengan potongan bambu… kebayang kalo niatnya pengen mengusap bambu, malah mengiris jari! Crusssshhhh!

    cerita lain, ada orang yang duduk2 di tumpukan potongan bambu, ternyata tumpukan bambu rubuh, dan pantat orang itu jatuh bergesekan mulus diatas bambu…. silahkan om bayangin sendiri…

    T_T aku jadi bergidik sendiri!

  17. Saya suka bergidik, pada saat lihat orang orang naik dan bergerombol diatap kereta pada sore hari saat jam pulang kerja. Ngeri aj ngebayanginnya kalo tiba tiba ada yang narik tuas rem darurat.

  18. Jadi igat lagunya Hesti Kos Endang ” Bergidik bulu romakuuuuuuuuuuuuuuu…”

    Sekarang-sekarang inijusteru saya sering bergidik oom, pasalnya si Bella cucu yg sekarang di Surabaya suka nglayap kemana-mana dan tanganya nglithis.
    Namanya balita, kalau lari kan seperti ngak ada remnya padahal dirumah banyak benda-benda yang pathing srongot dan tajam misalnya pinggiran meja,dll.
    Tangannya juga suka ambil ini-itu, buka ini itu, menuang air panas dari dispenser dan lain-lainnya. Bergidik jika membayangkan tangannya kena air panas.

    Makanya kami sekarang dalam status siaga.

    Salam hangat dari Surabaya

  19. saya Om bergidik kalo liat orang nyari burung pake senapan angin disekitar perumahan ditengah anak-anak kecil yang lagi main…trus anak-anak yang main pake benda2 tajam kayak kawat, lidi kalo ketusuk mata! Paling bergidik kalo naik angkot yg sopirnya habis ngoplo

  20. Bergidik…
    Saya selalu bergidik kalo melewati sarang laba-laba besar di dekat rumah saya, atau dimanapun itu setiap kali lihat sarang laba2 dan laba2nya yang besar. Hiiiiiii saya memang takut ama laba2….😐 Kalo ada laba2nya di pohon, antara kabel listrik dan telepon di atas, atau di mana aja, saya selalu menghindarinya. Pasti!😐

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s