Posted in TRAINER KECIL

MAIN KARET YUUUKK …?


 

Maap mood saya sedang senang memposting mengenai permainan jaman dulu …

To begin with …
Mohon para pembaca melihat gambar dibawah ini …

Ada yang bisa mengingat-ingat …
Ini tentang permainan apa ?

Yess Indeed … Ini adalah permainan Loncat Tali Karet

Karet gelang dijalin sampai panjang … dan jalinan tersebut dijadikan seutas tali elastis.
Tali elastis tersebut digunakan untuk bermain oleh anak-anak.  Sebetulnya ada banyak jenis permainan yang bisa dimainkan dengan menggunakan Tali jalinan Karet gelang ini.  Namun yang paling terkenal adalah … Main Loncat Tali Karet ini …

Tali elastis di pegang oleh dua orang yang relatif sama tinggi …
Dibentangkan dengan ketinggian – ketinggian tertentu …
Dimulai dari ketinggian yang paling rendah … yaitu se dengkul … (ada juga sih yang semata kaki … tetapi sepertinya ini jarang digunakan karena terlalu mudah …)

Lalu rentangan Tali tersebut diloncati … oleh para peserta permainan ini …
Ketinggiannya pun akan dinaikkan setahap demi setahap … Istilah ketinggiannya pun macam-macam : ada sedengkul, lalu sepipis, lalu sepinggang dan seterusnya … (BTW ada tahapan ketinggian yang ketinggalan nggak ya …??)(please check)(karena sepertinya tiap daerah berbeda-beda istilahnya …)

Bukan itu saja …
Caranya meloncatinya pun (seingat saya ) bervariasi … Ada yang boleh kena karetnya … ada yang harus tidak menyentuh … (tali goyang … ulang …)
Ada yang loncat biasa … ada pula yang pakai tekhnik dipegang dengan tangan sedemikian rupa baru diloncati … dan klimaksnya adalah … KOPROL … sodara-sodara … (remember ???)

Ketinggian maksimal adalah … Tali di regangkan … di pegang oleh dua orang di masing-masing sisi … dengan satu tangan yang diangkat setinggi mungkin … Bahkan sampai … JINJIT … (pokoknya diusahakan setinggi mungkin … !!!). 

Dan ini ada istilah khas nya …

Nah pertanyaannya adalah …
APA NAMA ISTILAH KETINGGIAN MAKSIMAL DARI TALI TERSEBUT ???
(Ada yang tau ???)

(Trainer iseng banget da ah … !!!)
(nanya yang enggak-enggak )

(And you know what … the momment of truth dari permainan ini adalah … justru saat melihat teman-teman saya KOPROL … berusaha menjangkau ketinggian maksimal ini …)
(sebab … kadang-kadang suka ada bonus … “pelangi” disana …)(huahahaha)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

60 thoughts on “MAIN KARET YUUUKK …?

        1. ya nih PakDhe…………….
          kenapa sih? senengnya kok mengibar2kan masalah gigi terus siy……………… 😛
          tapi kenapa ngilu sih kalau bicara soal gigi geligi ,Mas Enha?
          ( jiyyah…pura2 nanya?) hahaha………:D😀
          salam

  1. saya maen lompat tali sampe kelas 2 SMP om cakep..
    pas udah SMA rasanya agak aneh maen beginian selain fisik yang sudah sangat susah dibuat lompat setinggi tangga orang dewasa..

    Jadi kangen sama temen SD namanya Rino, cowok.. Tapiiiii jago banget maen lompat tali.. biar kata kita udah megang talinya yang paling tinggi, tetep bisa dilompatin sama dia

    Di tempatku, istilah MERDEKA sangat erat kaitannya dengan maenan lompat tali ini..🙂

  2. seingat saya dulu, ukuran paling atas itu disebut dengan “sak-gèntèr”🙂
    nah, ini kenakalan anak laki2 jika menyaksikan teman cewek main tali. klo sdh sampai se-dada, deg2n….. krn temen cewek tsb akan menyingsingkan rok-nya spy bebas melompat.

  3. Paling tinggi jengkal bukan ?
    Duuuuuuuulu banget (waktu masih kecil), bisa tuh loncat sejengkal, nggak pakai koprol, malu lah, kan anak perempuan, biar pakai celana pendek pun😀
    Kalau loncat tali ini masih banyak dimainin anak2 sekarang.

    1. Ahhhaaa …
      saya baru ingat …
      diatas tinggi ubun-ubun itu ada … Sejengkal …
      Baru setelah sejengkal … ada yang lebih tinggi lagi …
      nah itulah yang ditanyakan …
      apa istilahnya ?
      🙂

  4. Kkakakkakakka…. namanya “merdeka” kalau gak “anjungan”… Kalau maen begini paling tinggi bisanya cuma sampe telinga, setelah itu jadi anak bawang pake “gunting”, cuma diangkat terus lewat😆 , ntar temen yang cewek yang menyelesaikan…wkakakakaka…sampe meroda gt om, tangan dibawah diangkat, kakinya nyangkut atas, baru deh lewat yang namaya “merdeka itu…wkakakakakak…terus teriak2 “merdeka, merdeka..!!!!”

  5. dulu waktu masih SD, saya juga sering main lompat karet Om…
    Dan yang paling tinggi setelah Kepala, kami menyebutnya ‘Merdeka’Klo sudah bisa melewati Merdeka, skor kita menjadi 1 : 0

    Owh.. jadi pengen main lompat karet nih…

  6. Iya, paling tinggi itu namanya Merdeka.
    saya tidak pernah bisa mencapainya T_T
    kawan-kawan sampe ledekin. Katanya, “kamu memang belum merdeka”
    hmmm…

    Jadi kangen patok lele😀

  7. kalo ditempatku istilah dr paling bawah:
    1. sedengkul
    2. semanuk
    3. sewudel (bukan sepinggang)
    4. sedada
    5. segulu (gulu = leher) –> tdk ada seketek
    6. semulut –> kadang ada kadang tidak, tergantung daerahnya
    7. sekuping (kuping = telinga) –> tidak ada sehidung
    8. sesirah (sirah=kepala –> seubun ubun)
    9. sak merdeka … sama dg teman2 yg lain

    kadang aku geli klo liat temen2 wanita main ini, udah repot-repot lompat abis itu repot-repot nutup rok nya… lha mbok yao kalo niat main tuh jangan pake rok doang.. :-p

    salam,

  8. gilingan..
    inyiak postingan nya selalu seru dah..
    tahu gak bagian yang aku gak bisa yang mana..
    yang bagian loncat pipis..pasti selalu kena..
    ha…ha….ha…ha..
    trus kalo yang paling seru..
    pas loncat itu…angkat rok tinggi-tinggi..
    tapi kan kita pake celana setreet.. (*tahu gak ini celana apa…
    jadi tetap aja CD nya gak keliatan😛😛
    ada lagi nyiak yang mainin tuch namanya..
    Tak kodok…
    karet diputer melingkar sepinggang..
    masa kcil itu selalu seru ya..
    kayanya sekarang udah sedikit deh anak kecil yang maini ini

    pertanyaannya dalah.
    kenapa mainan cewek mulu sich..gak ada mainan cowok
    ha..ha.ha.

  9. Kalau saya nyebutnya se-merdeka
    Setelah itu dilanjutkan se-merdeka jinjit
    Dulu saya memang punya kaki panjang untuk menjangkau lompat tali karet se-merdeka jinjit, sekarang sangat diragukan kemampuan saya itu.

  10. semerdeka jinjit Om…
    dan masih inget banget demi bisa sampe semerdeka jinjit itu belajar koprol >.<
    dan nggak bisa-bisa… tapi kalo yang bagian megangin lebih kecil/aku lebih tinggi walau dikit kebanyakan bisa…

    ah… jadi pengen maen lagi…

    ayoooo Om maen… *tarik2 sarung Om NH sambil jejingkrakan*

  11. setinggi itu disebut MERDEKA. Setelah sampai merdeka lanjut dengan loncat variasi disebut yeye dst.. *kelanjutannya lupa namanya. Seru main tali karet ini Om… kan biasanya main per kelompok, ada simboknya dan ada anak bawang. Anak bawang kebagian yang rendah-rendah, kalau udah sepinggang, anak-anak yang lebih gede yang ambil alih, kalau udah sekuping simboknya deh yang bertanggungjawab, sambil merendahkan karet supaya anak-anak bawang bisa ikut loncat hehehe…

  12. The Momment of Truth…MERDEKA. Waduuh udah dijawab sama narablog lain di atas. Jadi berasa copi paste ya? Hehehehe.

    Saya ingat, terakhir memainkan permainan ini saat kelas 1 SMP. Hahahaha. Berasa aneh. Soalnya waktu itu udah agak gede, masih main beginian.
    Kalau sekarang ya gak main juga, lha wong udah dewasa. Hehehehehe.

    Oh ya perkenalkan, saya blog baru “commoncyber.net”. Site yg bakal mengulas segala ttg software, earn money from internet, serta hot news dr dunia maya. Sitenya support dua bahasa, inggris dan Indonesia. Kalau ada waktu, yuk kapan-kapan mampir. Jalinan persahabatan. ^__^

  13. Wah, ini dl jaman kecil trmasuk pmainan favorit. Ad ktinggian sekilan (sjngkal tngn diatas kepala),kl yg plng tinggi lupa istlhanya. Yg lucu jg kl yg main lbh dr 3, dimana yg mlompat biasanya tuk yg tinggi2, bs menyebrangkan teman-temene. Dgn cr pas mlmpt mmgang tali karet, pas dah tlompati,karet dimasukan ke baju ato (rok) skenanya,direntangkan gt, nah temen2e bs deh ikut nyebrang,nylusup dibwh tali yg direntangkan plompat

  14. sama dgn jumialely, aku ada semata kaki, baru dengkul, ……. sekepala baru merdeka.
    Ada temanku yang bisa bener-bener “terbang” tidak kena meskipun sudah sekepala loh. Anaknya emang lebih tinggi dr yang pegang dan ancang2 nya dari jauh.
    Kalau semerdeka memang kena karetnya kan gpp hihihi.

    Aku? ya cuma bisa sepinggang hahaha. Wong penakut. Jagonya cuma main bekel.
    EM

  15. Sejengkal dan yang paling tinggi emang merdeka om,,
    biasanya lompatnya, tangan duanya ditanah, kakinya dua2nya yang naik keatas untuk melompatinya, ancang2 kayak mau bersalto,,

  16. di daerahku, kalimantan, abis sekepala biasanya se-kilan (5 jari di atas kepala) trs 2 kilan, sejengkal, trs lupa deh apaan hehehe..
    koprol apaan sih om? gayanya kaya gimana tuh? meroda maksudnya? kok canggih bgt ya anak2 sd bisa meroda..aq sampe smp aja gak isa..hahaha

  17. Ini adalah permainan yang dulu sempat Put lakukan, pak…Seru…!! loncat2nya…maksudnya..he..he…

    Yang paling seru adalah bagian melipat2 karet dengan kaki kemudian melepaskannya dengan melompat..he..he..

    Kalo pak NH…sampai bagian yang koprol2 juga, gak, pak ? he..he..😉

  18. Tunggu om, seingat saya.. dulu.. urutannya begini :
    1. Se-tumit (tali diinjak) dan ahh.. ini cuma pemanasan aja..😀
    2. Se-dengkul (engga boleh kena tali.. tali harus tetap tenang..)
    3. Se-kantil (yg ini jg ga boleh kena..)
    4. Se-puser ( diusahakan sangat, tidak kena )
    5. Se-dada ( Nah, kalo yang ini boleh kena…. )
    6. Se-leher ( di tempat saya dulu ga ada se-ketek om..)
    7. Se-kuping ( tali dicantelin di telinga )
    8. Se-kepala ( ditempelkan ke ubun2..)
    9. Se-jengkal ( dari ubun2, satu tangan menambah jarak sejengkal dan tali ditempelkan pada kelingkingnya..)
    dan terakhir, adalah tahapan yang suliiit sekali dilalui kalau tidak dengan koprol…
    sayangnya waktu itu lebih banyak “jambon kembang2” pada saat mencapai se-merdeka.,, Om…… gya ha ha ha…

  19. saya gak suka main karet
    saya hanya suka nongkrongin yang lagi main karet
    *pasti bubar deh tuh anak2 cewek, kalo si adal badung datang nonton*
    krn selain gangguin n “nonton” itu…si adal badung pasti nungguin mereka selesai untuk minta karetnya..nah karet-karet gelang itu dipake oleh si adal badung untuk main Qiu-Qiu hehehehhe

  20. Hahahaha…bikin keinget sama mainan jaman SD dulu niiihhhh…

    Kalo di tempat ku (Manado), istilahnya kayak gini, pak…
    1. Selutut (gak boleh kena)
    2. Sepantat (gak boleh kena)
    3. Sepuser (gak boleh kena)
    4. Sedada (boleh kena)
    5. Seleher (boleh kena)
    6. Setelinga (jelas boleh kena)
    7. Sekepala (kalo gak kena, hebat banget😀😀 )
    8. Sejengkal di atas kepala (boleh kena dunks!!)
    9. MERDEKA!!! (kalo ini boleh pake bantuan tangan, boleh koprol, boleh juga kalo hebat banget lompat tanpa bantuan apapun…hehe)

    biasanya, kalo cewek maen ini pasti pake hot pants lah pak….anak kecil juga tau aturan itu, kalo gak, sampe keliatan sama maminya..hohohoho…bisa langsung kena jewer saat itu juga di depan teman2…hihi…

    1. nahhhhh…eneh nyang bener….

      MERDEKAAAAA…..

      xixixixi… tapi Oyen selalunya cuman sampe se kuping ato kepala, seringnya megang karetnyaaaaaa… huwaaaaa….😦

  21. Ping-balik: ceritakitadulu

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s