Posted in INSPIRING PERSON, NGEBLOG

SENTILAN NECKY EFFENDY


Riri-4-tahun-BlogCamp


Dalam rangka ulang tahun ke 4 Blog Camp Group, Pak De Cholik sang komandan menggagas suatu acara yang disebut Blog Review – Saling Berhadapan.  Para peserta harus mencari pasangan dan masing-masing saling mereview blog pasangannya.  Saya pingin ikutan …

Perkenalkan pasangan saya adalah Pak Necky Effendy

.
Mengapa Necky Effendy ?

Saya dan pak Neck, demikian saya memanggil beliau, punya banyak kesamaan.  Anak kami jumlahnya sama, masing-masing dikaruniai tiga orang anak.  Dan lucunya, semua anak-anak kami tersebut bersekolah (dan pernah bersekolah) di yayasan perguruan yang sama.  Tempat tinggal kami juga relatif berdekatan satu sama lain.  Saya di Cireundeu, Pak Neck di Pondok Ranji.

Bukan itu saja … kami pun dulu berasal dari SMA Negeri yang sama.  Sebuah SMA “besar” (dan terkenal) di selatan Jakarta.  Meskipun berbeda angkatan, tetapi tetap saja ada banyak kenangan-kenangan serupa yang mengikat kedekatan kami.  Tempat nongkrong misalnya, atau kegiatan ekskul misalnya.  Dulu kami sama-sama aktif di Vokal Group.  Bedanya … kalau saya hanya level “class meeting” saja.  Kalau pak Neck sepertinya adalah tim inti Vokal Group sekolah kami di jamannya.  And I tell you … tidak sembarang orang bisa masuk tim elit tersebut.  Cuma orang-orang tertentu yang bisa masuk ke sana.  Mereka-mereka yang fasih menyebutkan repertoir lagu vokal group klasik semacam “New York Afternoon”  dari Mondo Kane. (hahaha)(abis ini pasti pada brosing yu cup deh …)

.

Sekarang mari kita tengok Blog Pak Neck.

Alamatnya ada disini : http://sentilan.blogspot.com
Untuk memudahkan, seperti biasa akan saya bagi pembahasan singkat saya ini menjadi TIGA hal.  Yaitu tentang Cosmetic, Character dan Content.

.

COSMETIC
Saya mau tanya … blog mana yang gambar headernya adalah hasil karya anaknya sendiri ?
Saya rasa agak jarang (atau boleh dikatakan tidak ada) blog yang saya kenal, yang headernya dibuat oleh anaknya.  Blog milik Pak Neck headernya adalah hasil karya putri sulungnya, Nedia
Nedia memang senang dengan hal-hal yang berbau design grafis dan yang sejenisnya.  Kelihatannya ini sangat sederhana.  Namun saya melihatnya lebih dari itu.  Ini adalah wujud penghargaan dan kebanggaan Pak Neck pada karya-karya Putri kesayangannya ini.  Dan waktu saya baca blog Nedia, di sana Nedia pernah menulis bahwa Ayahnya adalah inspirasinya (Sungguh manis bukan ?).

Lay out blog Pak Neck juga sederhana.  Namun memenuhi unsur-unsur dasar sebuah blog yang lengkap.  Ada Search, ada Blog Roll, ada Arsip Post dan ada Popular Post. Halaman yang ada pun lengkap.  Termasuk halaman perkenalan yang memuat informasi yang cukup detil tentang penulis blog yang bersangkutan.  Agar para pembaca bisa mengenal lebih dekat siapa Necky Effendy.
(bukan tipe yang membingungkan seperti … “Saya hanya seorang makhluk hidup yang mencoba menorehkan asa, mengolah rasa … yang didasari oleh semangat untuk mencari jati diri dalam nuansa kata-kata nan lara merona …”  (haiyaaaa … even jenis kelaminnya pun kita ndak tau nih …).

.

CHARACTER
Karakter yang sangat menonjol dari gaya bahasa Pak Neck adalah … Straight Forward.  Langsung … tidak pakai tedeng aling-aling.  Kalimat-kalimat yang diusungnya pun efektif … tidak bertele-tele.  Mungkin ini sedikit banyak dipengaruhi pula dari pengalaman beliau yang sempat bermukim di negeri Paman Sam.  Terbiasa blak-blakan.  Cenderung frontal.  Saya bisa merasakan bahwa Pak Neck adalah seorang pribadi sederhana yang mempunyai prinsip teguh, dan beliau selalu mempunyai argumen yang valid dalam menyampaikan opini, gagasan dan pendapatnya.  Namun demikian … dibalik ketajaman kata-katanya … tersimpan pula kelembutan dan kehalusan pribadi dari Pak Neck … Ada banyak postingan Pak Neck yang sangat menyentuh.  Salah satunya adalah yang satu ini.  Berjudul : SOSOK AYAH.  Ini adalah postingan Pak Neck yang paling saya suka.

.

CONTENT
Sesuai dengan nama blog beliau yang bertajuk “SENTILAN”,  isi blog Pak Neck memang banyak membahas situasi sehari-hari yang terjadi di sekitar kita.  Disertai “sentilan-sentilan” yang berupa kritik dan inputan kepada pihak yang berwenang.  Ada banyak sekali tulisan yang berkaitan dengan penggunaan Kereta Api.  Perlu dicatat disini … Pak Neck memberikan input dan kritik bukan sekedar sebagai pengamat yang hanya melihat dari luar.  Beliau adalah pelaku.  Beliau tau betul kondisi di lapangan, karena Pak Neck memang pernah menjadi “roker”.  Rombongan kereta.  Pak Neck cukup aktif di milis yang anggotanya terdiri dari para pengguna kereta.  Pak Neck bahkan pernah ditunjuk menjadi salah satu wakil untuk menyalurkan aspirasi para pengguna kereta api tersebut.

Hal lain yang juga sering ditulis oleh Pak Neck adalah … Keluarga.  Tentang tingkah polah ke tiga putra-putrinya, cerita tentang istri tercintanya, tentang liburan sekolah, tempat wisata dan lain sebagainya.  Terasa sekali kehangatan keluarga mereka.

Saya lupa bagaimana saya menemukan blog Pak Necky ini.  Awalnya saya mengira bahwa ini semua bermula dari key word searching nama sekolah anak-anak kami.  Namun menurut informasi dari Pak Neck, ternyata Pak Neck menemukan blog saya ini dari “Indonesian Matters 100”.  Dari situlah perkenalan maya melalui blog dimulai.  Perkenalan di blog lantas berlanjut dengan beberapa kopi darat yang pernah kami lakukan.  Kami pernah ngobrol nongkrong di emperan kelas sekolah saat ambil Rapor anak-anak kami, Dua kali kopdar bersama blogger-blogger lain di Foodcourt Pasar Raya.  Dan ngobrol intim di kendaraan saya, dalam perjalanan pulang dari Pasar Raya Blok M ke Kampung Utan daerah dekat rumah pak Neck.

goestoschool
kopdar di emperan kelas … ambil rapor anak-anak kita

Saya sama sekali tidak menyesal menemukan blog yang satu ini, dan mengenal Pak Neck secara pribadi.  Ada banyak hal saya pelajari dari Pak Neck dan Blognya. 

Tetap menyentil Pak Neck !

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

52 thoughts on “SENTILAN NECKY EFFENDY

  1. ciee yang punya foto mesra ama pasangannya.. #bisa menambah poin penilaian😛

    yang aku ingat om Neck itu punya darah minang.. beliau termasuk penulis blog yang konsisten dan keren.

    sukses kontesnya ya Om..!
    btw, aku udah nebak klo pasangan om nh adlh om neck..😛

  2. ternyata memang banyak kesamaan antara Mas eNHa dengan Mas Necky ini, selain sama2 satu alumni di sebuah SMAN di Kebayoran Baru yang memang TOP BGT, juga sama2 tinggal di daerah Tang- sel ya… (sok tau inih si bunda) hehehe…

    satu lagi kesamaan nya , yaitu kedua blog ini menjadi blog yang wajib bewe utk saya, walaupun sekarang ini kegiatan bewe tersebut agak tersendat krn alasan kesehatan ( cari pembenaran ini kayaknya, padahal memang kumat malasnya…hahahaha… )😀

    semoga sukses ya Mas eNHa di perhelatan BlogCamp ini

    salam

    wuidih, ternyata panjang banget ya komenku …. hihhihihi…..

  3. blognya Mas Necky termasuk yang rajin saya sambangi, apalagi mas Neckynya juga rajin ke tempat saya hehehe …

    serba banyak kesamaan gitu ya om😀 cuma lucunya malah ketemu di dumay dulu baru tau klo satu sekolah dan lain-lain sebagainya itu😀

    semoga berjaya di kontesnya pakde ya om

  4. Om, saya sering melihat sliweran Pak Neck saat Bewe, tapi saya belum pernah berkunjung ke Blognya.

    Jadi, saya ke Blognya dulu. Penasana sama headernya.🙂
    Sukses ngontesnya ya, Om.

  5. ciyee..mesraa banget potonya co cuuiiitt..
    termyata pasangannya ga melambaaay ya😛 #kabooorr
    ga seperti di poster2 mencari jodoh kemareen Om :p

    Aku tuh paling seneng kalo dah baca sentilan si abang di kereta pencinta KRL deh😛

    Pokoknya Cucok deh pasangan ini..
    Sukses ya Om.. BAng Necky?

    Kapan Kita kopdar di emperan Mall Bang ? belom sempet aja ketemuu ya

  6. Ouw.. ternyata pilihan Om Nh jatuh ke Bang Necky.. Salah seorang yang saya tebak ketika Om posting gambar provokasi di FB beberapa waktu lalu..🙂

    Sepertinya, saya kenal dengan Bang Necky karena dimakelari oleh Om Nh deh..

    Bang Necky salah seorang blogger yang konsisten bicara soal layanan publik terutama berkaitan dengan KRL. Saya malah banyak tahu tentang moda transportasi yang satu itu, justru dari blog beliau.

    Sukses ya Om buat ngontesnya..

    Btw, kopdar pertama saya dengan Bang Necky di Pasaraya dulu itu, apakah juga kopdar pertama Om dengan beliau?

  7. untuk kali pertama, saya mengenal sosok bang neck [boleh kan ikutan manggil beliau “bang”], dr mbaca review Om Nh ini. dan istilah rocker, kali pertama juga saya baca di dunia blogging ya dr tulisan Om Nh ini. kalau di off line, awalnya tahu ya dr teman yg mmg user moda KRL. Dan alhamdulillah saya sdh pernah sekal mnikmati bejubelnya naik KRL

  8. Teropong 3C penerawang blog Pak Necky sang sahabat kental
    Kegiatan ngeblog yang menyatukan sahabat dengan perekat aneka kesamaan bahkan saat pengambilan rapor ananda nih Dhimas.
    Selamat menyemarakkan GA Komandan Blogcamp, salam

  9. Huwahhh…lengkap Om ripiunya, saya masih dalam proses penjajakan nih dg pasangan saya😀

    Kalau tidak salah ingat saya ‘kenal’ Mas Neck dari Om🙂 Tapi sudah lama tidak ke sana, akhir-akhir ini memang jarang bisa bewe *haiyah curcol* qiqiqiq

    Gudlak ngontesnya ya Om😉

  10. Om Trainer, keren banget nih postingan blog review berhadapan dengan Pak Necky. Keren abis. Smg menang dalam kontesnya pakde ya. Sekarang bunda mau jalan-jalan ke rumah online-nya pasangan Om Trainer, kebetulan rumah aslinya, pasti, setiap hari kalo bunda mau Yoga, ngelewatin tuh. Malahan dulu adik bunda tinggal di Pondok Ranji, dekat mesjidnya. Yuuuk…

  11. Gak tau entah kenapa tiba2 saya sudah terdampar disini di urutan ke-50… woww emang artikel oom Trainer ini so cetaaar membahana…lapaknya ruame buangett,,smoga sukses deh oom..slaaam hangat dari Kudus ya oom ^_^

  12. idenya blog camp keren nih… review blog yang pasangan begin… tapi memang pak neck ini tulisannya keren banget.. oh ternyata headernya karya anaknya… hebat.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s