Diposkan pada ARTIKEL, RENUNGAN

MASJID


.

Lebih tepatnya adalah tentang nama-nama Masjid/Mushola.

Apakah nama Masjid/Mushola/Langgar yang sering anda dengar ?

 

Trainer ingin bercerita sedikit mengenai beberapa nama masjid yang sering saya Temui dan saya dengar …

Yang pertama adalah AL GHIFARI (artinya kalau tidak salah Pemaaf (?))

Masjid Al Ghifari adalah nama masjid  di kompleks perumahan kami sekarang.   

Dan yang indahnya … Dulu pun waktu saya masih menjadi mahasiswa dan indekost di Bogor … Masjid yang biasa kami gunakan untuk Sholat Jum’at adalah kebetulan juga bernama AL GHIFARI.  Terletak di Jalan Gunung Gede, eks kampus Fakultas Peternakan.

 

Ada lagi nama Masjid … AL FALAH .. yang berarti Kemenangan.  Juga Mushola AT TAQWA … ketakwaan.  (Bang Heri Azwan pasti tau dimana ini)

Atau nama masjid nan indah AN NAJWA di lingkungan sahabat saya Uda Vizon.  Ini kalau tidak salah juga berarti Kemenangan / Kebebasan (betul ya Uda ?)

Lalu … ada juga nama yang agak panjang BAITURRAHMAN … yang kurang lebih berarti Rumah Kasih Sayang.  Di beberapa tempat ada yang menulis Baitul Rahman.  (saya bukan ahlinya jadi saya tidak tau mana penulisan yang benar)(Ada yang bisa bantu ?)

Banyak Pula Masjid yang namanya “disesuaikan” dengan lokasi dari masjid tersebut … Contohnya Masjid / Mushola yang berada di kompleks Kantor Kejaksaan / Pengadilan … biasanya di beri nama  AL ADIL … yang berarti Maha Adil.  Atau AL HAKIM … Maha Bijaksana.

Banyak pula yang mengabadikan nama tokoh Islam … seperti Masjid Arif Rahman Hakim misalnya …

Ya sodara …

Jika saya perhatikan lebih lanjut … Nama Masjid / Musholla itu paling sering mengambil inspirasi nama dari 99 Nama Sifat ALLAH atau ASMAUL HUSNA.

 

Namun … Apapun penamaan Masjid tersebut …

Dibaliknya pasti terkandung suatu harapan.  Harapan bahwa Rumah ALLAH ini bisa membawa berkah, manfaat dan kebaikan bagi masyarakat di sekitarnya.  Sebagai Tempat sentral, pusat untuk melakukan dan mengamalkan Ibadah Vertikal dan Ibadah Horizontal yang diperintahkan oleh ALLAH

Dan kita sebagai umat Muslim … diperintahkan untuk selalu … senantiasa memakmurkan MASJID ini … semampu kita … sebisa kita …

.

So …

Apakah nama Masjid / Mushola di dekat tempat tinggal anda ?  dan apakah kita tau apa artinya ? Dan kalau kita sudah tau artinya … mari kita memakmurkannya …!!!

 

(sebuah renungan untuk diri sendiri)

(sebuah ajakan untuk diri sendiri)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

20 tanggapan untuk “MASJID

  1. Mohon maaf lahir dan batin ya om, kalau ada comment yang tak berkenan. Musholla dekat rumah namanya Al-Amanah…artinya ga yakin…pembawa amanah? atau yg bisa dipercaya

  2. Diatas tanah ku berdiri kokoh sebuah masjid, namanya Darussalam. Tahu artinya? Tempat yang damai. Kenapa diberi nama ini, diharapkan masjid tersebut bisa menyatukan beragam aliran yang ada dalam islam untuk kembali kepada sunnah rassul dan kitabullah. Meskipun kadang eggo manusia itu tetap keras. Dan mereka yang tidak memiliki faham yang sama saling menyalahkan. Padahal tujuan masjid itu dibangun bukan untuk ajang pertengkaran faham ini faham itu. sudah itu aja..
    Regard dari om cakep…teteeeeep

  3. Di tempat saya Al Hidayah, jelaslah artinya apa. Lain dari lain adalah Masjid Mercy, nah jarang kaaan. Itu cuma rekaan, heheh… Masjid di film seri TV Kanada judulnya Little Mosque on the prairie

  4. Menurut kaedah trannsliterasi, penulisan Baiturrahman yang benar adalah Bait ar-Rahman, sama juga dengan Darussalam, seharusnya Dar as-Salam. Hanya saja, karena penulisan kalimat Arab di masyarakat kita lebih disesuaikan dengan bunyinya, maka terjadilah seperti Baiturrahman, Darussalam, Darul Falah tersebut. Gak jadi soal sih. Hanya, kalau dalam disertasiku ditemukan seperti itu, bakal dicoret habis-habisan sama pembimbing, hehehe…. 😀

    Oya, dulu ketika tinggal di Pekanbaru, di komplek tempat kami tinggal, kami dirikan sebuah mushalla kecil yang kami beri nama Al-Jamaah, yang artinya kebersamaan. Karena saking sukanya dengan nama tersebut, maka gang tempat kami tinggal pun diberi nama Gang Bersama… gak kreatif amat ya, haha… 😀

  5. om..mohon maaf lahir batin. mudah-mudahan nggak telat…
    paling sering denger itu mushola atau masid al-ikhlas…ada juga nama orang, tapi apa iya tokoh islam, namanya masjid haji mohammad soeharto 😀

  6. Yang jelas, bagi saya, masjid menjadi salah satu benang merah dalam memahami sejarah muslim. Terutama dari sisi arsitekturalnya, yang ternyata banyak mengajarkan toleransi.

    Baca juga kajian tentang beberapa arsitektur masjid yang dibangun di zaman keemasan muslim:

    Kubbah al Sakhrah dan Masjid al-Aqsha.
    http://kalipaksi.wordpress.com/2009/03/09/salah-kaprah-foto-masjidil-aqsha/

    Masjid Al-Azhar di sini:
    http://kalipaksi.wordpress.com/2007/08/22/masjid-al-azhar-dibangun-oleh-syiah-digunakan-oleh-sunni/

    Masjid Nabawi di sini:
    http://kalipaksi.wordpress.com/2007/08/30/kisah-masjid-nabawi-bertiang-pohon-kurma-beratap-pelepah/

    Masjid Ibnu Tulun di sini:
    http://kalipaksi.wordpress.com/2009/03/08/arsitektur-masjid-ibnu-tulun-mesir/

    Masjid Qayrawan, Tunisia di sini:
    http://kalipaksi.wordpress.com/2009/03/08/arsitektur-masjid-qayrawan-tunisia/

    Masjid Cordoba di sini:
    http://kalipaksi.wordpress.com/2007/08/21/masjid-cordoba-disempurnakan-dua-abad

  7. Hem kalau di kota kelahiranku namanya Masjid Agung, artinya : Yang Maha Agung (bener nggak Om). He masjidnya paling tua di kota Palembang Om.

    Ayah saya malah pernah punya fotonya yang diambil sekitar thn 1865-an. Kalau pas mudik lebaran biasanya kita sekeluarga akan sholat di masjid ini 🙂

    Best regard,
    Bintang

  8. Di dekat kantor saya ada masjid Muadz Azazid (sumpeh deh susah nyebutnya kalo lagi buru-buru).

    But, hopelessly gak tahu tuh artinya apaan. Konon sih itu masjid dibikin sama engkongnya walikota yang namanya ya itu dia “Muadz Azazid”, dan konyolnya itu masjid dibangun cuma buat bikin aula pernikahan anaknya (kok gak banget ya tujuannya)

    Wah, bener nggaknya saya kurang tahu dah! namanya juga cerita dari mulut ke mulut (bau naga donk!). Tapi masjidnya bagus dan sekarang udah lumayan makmur alias rame plus banyak acaranya.

    nb: tu masjid ada di bekasi di deket kecamatan Jatiasih. Kalo ada yang tahu cerita betulan dibalik berdirinya tu masjid boleh deh sharing, biar saya gak salah info lagi. Tar dikira mencemarkan nama baik lagi!

    http://www.noboru26.wordpress.com

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s