Posted in ARTIKEL, BAHASA, PERASAANKU HARI INI

SNEEZE


.

Alias Bersin.

Ada juga yang menyebut Gebres, Wahing, Bangkis, Acim, Hatchih dan sebagainya …

Ini adalah reaksi natural jika kita sedang terserang flu … atau kalau hidung kita mencium sesuatu bau yang khas seperti bubuk lada dan bubuk-bubuk sejenis yang berbau merangsang lainnya.

Namun kali ini … Saya tidak akan membahas bagaimana reaksi bersin itu terjadi … ?

Saya hanya ingin menulis … bahwa … Bersin itu adalah sesuatu yang harus di ekspresikan secara nyata. 
Bahkan kalau perlu … jika kita sedang sendirian … tidak ada orang disekitar kita … Bersin itu akan kita maksimalkan … kita pwol kan dengan suara yang keras … Biar enak … biar marem … biar puas.  (kadang pake dilagukan pula … HHaaaaattt …. CChheeeiiiinnngggg …. )(Hayeee).

Memang … Kita harus lihat-lihat dulu situasi dan tempatnya, untuk berlaku bersin dengan cara heboh ini … Apakah tempatnya memungkinkan atau tidak ?.  Karena bersin itu bisa menularkan penyakit kepada orang disekitar kita.  Jika sedang meeting atau diruang boss … lalu kebelet bersin … Saya lebih memilih untuk lari ke kamar mandi … supaya saya bisa mengekspresikan bersin saya dengan lebih mantap disana … tidak ditahan-tahan … !

Mengapa demikian … ???
Sebab … Bersin yang ditahan-tahan itu sangat menyiksa sukma sekali deh … sodara-sodara … (hahaha)
(menulis lebay itu memang niqmat ternyata).

Bukan saja bersin yang ditahan … bersin yang tidak jadi pun … tak kalah menyiksanya sodara …

Pernahkan anda ingin bersin … sudah siap ancang-ancang untuk bersin …  mulut sudah menganga … kepala sudah ditengadahkan … tetapi … lalu entah mengapa … rasa itu sekonyong-konyong justru hilang … bersinnya nggak jadi … !!!  Serasa hampa bukan ? (again … lebay is niqmat ternyata)

Pernahkah anda mengalaminya … ???   Mau bersin tapi nggak jadi  ???
Waaahhhh itu rasanya menjengkelkan sekali bukan ??? … sangat tidak afdhol … rasanya “mancal” … membuat penasaran … serba ndak enak … tidak tuntas … nggantung … (selesai sebelum sampai klimax) … dan seterusnya … Hehehe

Lalu bagaimana solusinya … ???
Agar rasa Bersin yang tidak jadi itu … menjadi … jadi kembali … jadi terasa kembali …
Bagaimana caranya merangsang bersin yang tidak jadi itu agar menjadi … jadi …  (halah piye to ki … Trainer mbulet iki).

Saya lihat ada beberapa cara menanggulanginya … (yup, beberapa means … TIGA)

Cara 1 : Kucek hidung
Saya beberapa kali melihat orang yang mengucek-ucek hidungnya … merangsang syaraf-syaraf di indra penciumannya itu … dengan maksud agar rasa bersin itu muncul kembali.  Namun biasanya … cara ini jarang berhasil.

Cara 2 : Diam Konsentrasi
Ada juga yang mencoba untuk hanya diam sesaat … seraya berkonsentrasi penuh … (ritual memanggil bersin).
Coba iseng anda perhatikan bagaimana EKSPRESI KHAS nya orang yang sedang konsentrasi … mencoba membangkitkan kembali keinginan bersinnya yang tiba-tiba raib entah kemana itu. 

Itu kalau di foto … wajahnya akan sangat misterius-misterius gemanaa getoh … (mulutnya menganga satu centi… matanya memicing … merem-merem gemana getoh … mringis-mringis gemanaaa getoh … pokoknya idih banget deh ekspresinya)(hahaha).
Cara yang kedua ini … juga jarang yang berhasil.  Bersin itu biasanya malah tidak muncul sama sekali …

Cara 3 : Tatap Sinar
Dan cara yang paling banyak dilakukan adalah … Mereka memalingkan muka … mendongak … ke arah sinar matahari … Agar Hasrat Rasa Bersin itu bisa tereksekusi … lalu meledak dengan maremnya …

Terus terang saya pribadi sering mencoba cara yang ke tiga ini … dan hasilnya lumayan banyak yang sukses.  Relatif Efektif.  Artinya … setelah saya memalingkan muka ke arah sinar mata hari … menengadah … kemungkinannya hampir 80 % pasti … Bersin itu bisa meledak kembali dengan sukses …

Kenapa kok bisa begitu ?
Saya juga kurang tau … !

So …
Bagaimana dengan pengalaman anda sekalian ?
Bagaimana perilaku anda dalam mengejawantahkan kebersinan anda …?
Pernahkah ingin bersin … tapi tidak jadi ?
Lalu apa yang anda perbuat ???

(ini adalah cabang ilmu … Hatchimology or Gebresonomy)
(Halah-halah-halah)

Salam saya

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

36 thoughts on “SNEEZE

  1. Tapi bersin yang berulang2 itu capek lho oom, apalagi bagi yg alergi, hawa dingin pagi hari itu menyiksa sekaleee, bangkis 1 seri itu bisa 10 kali. Pencegahannya ya tarik selimut aja lageee..,

    1. ini yang saya alami tiap pagi..😦
      saking berserinya itu bisa 10x lebih, akhirnya ga sempet narik nafas dan malah asmanya kambuh….😦

      Sungguh tersiksa….

      Dan lebih tersiksa lagi kalau suami selalu ngingetin buat nutup mulut pas bersin…mana sempet nutup mulut kalo 10x bersin berturut-turut ga pake tanda-tanda…

      *ngg..malah curcol…

  2. Kalau saya, ngucek2 hidung, kalau nggak jadi bersin, sampai hidung merah, tetap nggak bisa bersin.
    Pernah kejadian, waktu ketemuan sama teman lama, maksud hati menahan bersin saat jabat tangan, eh pas cipika cipiki malah bersin.
    Malu banget😀

  3. waaah aku mah, di keluargaku di jkt bersin adalah MUSIC weitjeh. Karena kita ber4 + mama tukang bersin krn alergian. dan rumah kami besar jadi mau sekeras apapun OK beibeh.

    TAPI, sejak aku menikah, eng ing eng… suamiku sering KAGET kalau aku bersin😀. Jadi biasanya kalau dia ada ya aku tahan deh, tutup dengan handuk. Kalau ngga ada baru BEBAS hihihi. Tapi pernah aku bersin dan tidak lama dia masuk rumah, katanya, “Bersin kamu kedengaran sampai luar loh” hihihi

    kalau tertahan? cara ketiga a.k.a liat lampu. Musti diselidiki nih pengaruh cahaya terhadap bersin tertahan yah hihihi

    EM

  4. alhamdulillah saya nggak pernah bersin tertahan. tapi suami
    yg kalo bersin ga pernah sekali, tapi berturut bisa sampe 5~6 kali
    sekali waktu, sampe red face. hehe
    kali ini bxk lebayx yah pak trainer.
    salam hangat,🙂

  5. sering tuh aku bersin gak jadi,
    rasanya mangkel gituh Mas Enha😦
    biasanya aku ngucek2 hidung, dan seringnya gagal, pingin juga deh sesekali coba menatap matahari langsung , biar makjoss bersinnya😀
    kalau malam bersin nya gak jadi, gimana ya ? mungkin madep lampu aja kalee………😀😀 😛
    salam

  6. Kalo saya, Om, cara merangsang bersin yg tak jadi dengan cara menarik-narik ke bawah kulit di bawah mata saya. Bisa mata kiri atau kanan. Tarik aja ke bawah beberapa kali, pelan aja. Nanti akan terasa geli di hidung, dan bersin sendiri.😀

  7. hahahaha…setuju sekali om…sama caranya dg ku..
    **
    bersinnya dengan doa lho ya…dan dibalas bagi yg mendengar..kmdian balas lagi oleh si pembersin,😀

  8. huaaatchiiiiimmm…
    maaf oom nebeng bersin. heheheheh.
    bener oom, tips yang ketiga yang paling sering aku jalanin. menatap ke sinar, dan huaaatchiiiim…
    biasanya berhasil.

    eh tapi mamah sama Bapak ku pernah ribut lucu gara-gara bersin. Bapak bersin di sebelah mamah yang lagi terima telpon,
    mamah marah: appa sih bapak kok bersin terus, deket-deket lagi
    berhubung Bapak lagi sensi, Bapak bilang: apa sih mamah, orang bersin kok ngomel-ngomel ajah. orang bersin kok gak boleh.

    dan aku sama kakak ku cuman lirik-lirikan sambil nahan ketawa.

  9. tambahin satu lagi Om,
    bersin = kabecihen (bhs Karo)
    hehehe

    bersin karena flu, blom tentu setaon sekali
    tapi bersin karena nggoreng sambel ya sering hehehe
    nah biar ga bersin, pencet aja idungnya,
    pasti ga bersin, ato klo pun bersin ga banter2 hehehe

  10. Dengan bersih akan ada ribuan virus dan kuman yang akan dikeluarkan dari tubuh. Bagi yang mengeluarkan merupakan anugrah ternyaman namun bagi yang terkeda dampak air bersin tadi akan merupkan suatu musibah😆

    Salam hangat serta jabat erat selau dari Tabanan

  11. ..saya mesti pakai yang nomer 3… kalau gak sinar matahari langsung.. ternyata lampu juga manjur..hehe..

    oiya tetangga saya dulu ada yang bersin terdengarnya “rinso” haduh ..gimana tuh ya

  12. Huahahaha…. si Om ini adaaa aja yang jadi tulisan. segala bersin lah dibahas… andaikan saya mengadakan event post of the month, saya pasti pilih tulisan ini sebagai juaranya.. mantap surantap weiceh😀

    Bersin gak jadi?
    Wah itu bisa menjadi siksaan dunia akherat, Om. Serasa ada ratusan tawon mengerubungi kepala… (komen lebay enak juga ya?)

    Solusinya?
    Ya, yang nomer tiga… nDangak ke lampu atau matahari, konsentrasi, dan…. haaaaatchiiiii…. diakhiri dengan “hah”🙂

    1. Om, tadi komen lebay, sekarang rada serius dikit..🙂

      Bersin adalah sebuah nikmat yang harus kita syukuri. Karena, melalui bersin itu kita mengeluarkan segala penyakit dari dalam tubuh. Tidak jadi bersin saja sudah merupakan siksaan luar biasa, apalagi jika tak bisa bersin sama sekali…

      Oleh karenanya, Nabi Muhammad mengajarkan kita untuk bersyukur setelah bersin itu dengan membaca “Alhamdulillah”.

      Tidak hanya sampai di situ.
      Orang yang mendengarkan kita bersin dan membaca “alhamdulillah”, hendaklah membalas dengan ucapan “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu), dan kita balas lagi dengan ucapan “yahdikumullah wa yushlihu balakum” (semoga Allah memberimu hidayahNya dan memudahkan segala kesusahanmu).

      Ini hal yang simpel memang, tapi ternyata dampaknya luar biasa…🙂

  13. haha..iya om…bentar ya om..*hatchiiii…kenapa ya tiba2 ada air..hihi..

    metode konsentrasi itu yg sering saya lakukan om…tapi kalo metode matahari itu asyik juga kayanya..ada sinar2 gmn gt..terus tb2 ada hujan..hihi…^^
    salam saya om…

  14. he…he…he..he.
    kalau kata mama aku kalao bersin kaya kucing muntah…

    tapi bener banget kalau bersinnya ditahan-tahan..
    jatohnya malah gak enak.idungnya gatel dan jadinya merah..

  15. Aku suka gaya lebay ala Om NH. Coz lebay is my style juga kalo nulis..hahaha.. Niqmat kan Om?

    Kalo bersin gagal, saya biasanya ngorek-ngorek hidung, Om. Pasti bersin lagi, berkali-kali dan kuenceeeng..! Pwwwuaaaassss banget rasanya! Bahagia lahir bathin.🙂

  16. Wakakaka,…. saya ko’ baca postingan ini ngikik terus ya. Postingan kreatif dengan thema unik ‘Sneeze’ yang ngga terfikirkan bagaimana ekspresi sebenarnya😀

  17. Kalau di hawa dingin, pagi-pagi saya bersin melulu. Untungnya…lha untung, sekarang orang biasa melihat orang menggunakan masker….kalau hidung tertutup baru bersinnya berhenti.

    Bersin yang nggak jadi tapi ngganjel (ehh artinya apa ya?)…bikin kesel, biasanya saya kasih minyak kampak atau vicks di ujung hidung untuk mendorong bersin..ahh leganya.

  18. Saya menyebutnya wahing… Wahing yg gagal terasa hampa?? Betool….ga enak banget bersin yg ga jadi itu, hehe… Etapi saya juga ga berani bersin terlalu keras, pernah terjadi akibatnya kuping berdenging..katanya itu bahaya (entah betul tidaknya..) jadi bersin seperlunya dan…ditutup tentu saja!

  19. Tuhan Yang Maha Kuasa bukan hanya sekedar menciptakan makhluk-NYA terus dibiarkan begitu aja, tetapi DIA memberi juga perlengkapannya antara lain dengan memberi plugin pengaman.
    Jika kita alergi atau mau pilek maka plugin bersin yang bekerja.

    Wahingisme sudah ada sebelum ada faham animisme maupun kanibalisme.
    Jika saya gagal wahing maka sesuai ajaran orang pintar jaman dulu adalah dengan memandang matahari.
    Yang menjadi masalah adalah jika wahing gagal malam hari. Solusinya adalah melihat orang cantik, dijamin akan wahing dengan sukses.

    Bagaimana jika dirumah tidak ada yang cantik. ya anggap saja wanita yang ada dirumah cantik semua.

    Kalau wahing di rumah saya losss akbar saja…keras..sampai si nuri juga mahir menirukan wahing saya.

    Salam wahing dari Surabaya.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s