YOGYAKARTA


(sebetulnya ejaan yang benar itu … Jogyakarta. Yogjakarta atau Jogjakarta ya ?)

29 April 2011

Anak saya Si Tengah berangkat ke Yogyakarta.
Seluruh murid kelas 9 Madrasah Tsanawiyah tempat anak saya bersekolah … hari ini akan pergi berwisata.

Jadi ceritanya, setelah dari hari Senin sampai Kamis lalu mereka Ujian Nasional.  Maka hari Jumát ini mereka akan refreshing berwisata ke Yogyakarta.  Menggunakan Bus.

Pagi tadi jam 5.45 saya mengantar dia ke lapangan di depan sekolah.  Sudah ada banyak bus – bus besar.  Sudah banyak pula teman-teman si Tengah yang bercengkrama disana.  Terlihat sekali gurat-gurat kegembiraan di wajah mereka.  Maklum saja … 2-3 bulan terakhir ini mereka “digeber” full dengan berbagai macam Ujian … dan persiapannya.  Kini setelah semua ujian itu selesai … saatnya bagi mereka untuk sejenak melupakan kepenatan itu.  Relax.

Saya jadi ingat puluhan tahun yang lalu … tepatnya tahun 1978 

Jaman ketika saya masih SMP … Kelas Tiga SMP … di umuran yang sama persis dengan si Tengah saat ini …
Kelas kami juga mengadakan Darmawisata …
And believe it or not … tujuannya juga sama YOGYAKARTA … (hahahah)

Bukan itu saja … Object yang akan dikunjungi … pun … Kurang lebih sama …
Trilogi wisata Yogya … : Keraton Yogya … Pantai … dan Candi

Bedanya …
dulu saya mengunjungi Pantai Samas … Si Tengah akan mengunjungi Pantai Kukup
dulu saya mengunjungi Candi Prambanan dan Mendut … Si Tengah akan mengunjungi Borobudur
dulu tidak ada acara belanjanya … sekarang disediakan waktu khusus untuk belanja di Malioboro … !!!

(Hahahaha)

Eniwei …
Have Fun ya Bim …
Control yourself …

and …

Take Care will ‘ya … !!!


 

116 thoughts on “YOGYAKARTA

  1. Sama om aku juga waktu ke Yogya pas SMP kelas 3 habis EBTaNAS,ya itu yang di kunjungi tetep..
    senengnya ya,,pengen lagi deh piknik bareng..
    tapi bareng blogger2 qiqiqi..

    Yah Bimo,ttd ya,ingat2 pesen ayah..!!

  2. dek bimo, nginep di hotel manna?
    terrruusss di sangu in duit berappa oom?
    kira-kira bisa nraktir aku gak yah?
    uahahahahhahahahahaha
    *clingak-clinguk nyari kawan yang bisa diajak malak anaknya oomm*
    😀

      1. setauku sih yg bener malah ngayogyakarta om, karena kalo yogyakarta doank artinya malah kebalikan dari arti sesungguhnya *info sepotong2*

        *bisik2 ma ais* yuk ku temenin is malaknya.. hehehehehhe..

  3. yang bener YOGYAKARTA, Om…
    Jogjakarta itu ejaan lama di mana ‘j’ dibaca ‘y’..
    Sepertinya lho Om…

    Met liburan ke Jogja ya Bim.. Nikmati Jogja dan segala yang ada di dalamnya… Kalau belanja di malioboro jangan lupa nawar ya dik… Hehehe…

    Sy belum pernah ‘piknik’ ke Jogja Om..
    Waktu SD pikniknya ke Banyumas, SMP ke Jakarta, dan SMA ke Bali.. Sebenernya waktu TK tujuan wisatanya ke Jogja, ke kebun binatang Gembira Loka, tapi karna tabungannya gk cukup jadi sy nggak ikut. Hiks.. Tapi akhirnya tergantikan, kuliah di Jogja 4,5th, dan malah mbablas dapat kerja di Jogja pula.. Jadi bisa ‘piknik’ ke Jogja tiap hari,,hehe,,,

  4. hehe.. selamat datang di Jogja ya…
    bedanya kalo saya Om.. saya malah tinggal di jogja terus.. belum pernah tinggal di kota lain.. kalopun ke kota lain adanya jalan2 aja…🙂

    wah.. jadi punya ide cerita ttg Jogja nih..🙂

  5. Jogja… tuing-tuing.. pastinya sudah diberitahu jangan mau dianter beli oleh2 khas Jogja sama tukang becak kan, pak? Kasian kalo bayar terlalu mahal. kalo udah kerja sih.. kasian juga. Hehe…
    Semoga si tengah enjoy pikniknya & sampai di rumah membawa oleh-oleh banyak. Jadi bisa dibagi-bagi ke kami para blogger.

  6. Selamat datang di Jogja Dik bimo..

    saya waktu SD juga wisatanya ke jogja.. hehe.. trs beli oleh oleh salak dan ternyata sepet hehe..padahal sangunya cuman cukup tuk beli salak…😀

    di desa saya malah nyebutnya yujo untuk bilang yogyakarta

  7. “BALI WAE NANG JOGJA”
    Begitulah seloroh orang Jogja.
    Bukan bermaksud mengatakan kalau Pulau bali ada disana tapi sekedar bilang “Pulang Aja ke Jogja…
    Ingat Jogja ingat Mbak Anna😀

  8. malioboro tuh mesti tuh. biar borong borong semua barang nya. kalo ke yogya ngak malioboro kata nya ngak lengkap. walaupun saya belum pernah ke malioboro

  9. Hmmm enaknya kalau tinggal di pulau Jawa ya, pilihan daerah wisatanya banyak. Saya dulu di Medan hanya bisa ke Danau Toba or Berastagi hahahaa….

  10. wah om settingnya baru nih..atau ini justru setting lama ya om…
    saya juga dulu jaman sd ke yogya ama temen2 sekolah,,,ke candi prambanan dan borobudur, dan pantainya parangtritis…ada wisata di malioboro juga..saya suka jogja,,,

  11. Sama On, kelas 3 SMP darmawisatanya ke Yogya, dan belum pernah kesana lagi sejak itu *mikir itu berapa lama.

    Hati2 ya Bim, jangan lupa oleh2 untuk Ayah (dan teman2 bloggernya) hehehehe

  12. Sama Om, kelas 3 SMP darmawisatanya ke Yogya, dan belum pernah kesana lagi sejak itu *mikir itu berapa lama.

    Hati2 ya Bim, jangan lupa oleh2 untuk Ayah (dan teman2 bloggernya) hehehehe

  13. Oh iya Om…
    Nambah dikit…
    Kalau beli oleh2, Si Tengah jangan boleh beli yang ditoko.
    Yang ditoko itu muahal, harganya bisa 2 kali lipat.
    Mendingan beli saat di Malioboro, didepan pasar.
    Rasa dan enaknya sama, tapi hatga pasar.
    Kalau yg ditoko menang kemasan dowang.
    Syaratnya satu, asal pinter milih plus pinter nawar.
    Kalau yg toko kan harga pas

    1. hahaha …
      mudah-mudahan dia sudah diberi tahu oleh tur guidenya …
      tapi kalaupun tidak … ya tidak apa-apa
      hitung-hitung buat tambahan uang saku para pekerja disana
      🙂

  14. Kenapa yach rasanya hampir semua sekolah pasti berdarmawisata ke yogyakarta, apa karena dekat dan lebih ekonomis ???
    Saya juga pernah darmawisata ke Yogyakarta waktu SMA kelas 3 dan tujuan favorit yang tak terlewatkan pastinya Keraton, Borobudur, parang tritis dan Malioboro, tapi saya ada tambahannya mengunjungi Museum Jogja kembali & AKABRI AU jadi kita bisa ngeceng-ngeceng dech anak taruna AU lumayan buat cuci mata…hehehe…

  15. Om.. sayangnya selama sekolah, saya ga pernah darma wisata ke Yogja.. pengen banget bisa ke Borobudur belum pernah kesana sih..
    Dulu SMPnya pergi Bandung, SMA ke Bali, kalaupun ke Yogja harus dalam rangka sendirian.. andai saja bisa kopdar ke Magelang ke Borobudur hehe..

  16. Ternyata sejarah itu bisa berulang kembali ya Om. Dulu Si Om yang berwisata ke Yogya, sekarang (setelah belasan tahun atau bahkan puluhan tkemudian)disusul oleh Si Tengah Bimo…..

  17. Tahun 1978 saat sampean ke Yogya keadaan pasar kembang (sarkem) seperi apa pak ???
    **investigsi mendadak kepingin tahu saja😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. Keadaan Pasar Kembang ?
      Ya banyak kembang pak …
      Ada yang mahal ada yang murah
      Ada yang masih kuncup ada yang sudah layu
      Ada yang harum ada yang tidak
      🙂

  18. hampir semua orang yang sudah punya anak mengalami kenangan manis berdarmawisata dari sekolah,sungguh masa2 yang indah,himbauan buat para orang tua berilah kesempatan pada anak kita untuk merasakan hal yang sama

  19. senengnya darmawisata bersama teman sekolah.
    Seumur-umur saya sekolah dari SD,SMP dan STM kok gak pernah ada acara jalan2 rombongan ya oom.

    Apa karena jaman saya itu memang susah cari uang yaaa ?? Kalau waktu SMP memang ada rame2 G30S sih, jadi ya takut kalau pergi.

    Salam hangat dari Surabaya

  20. Salam Takzim
    Izin memperkuat tali silaturahim, agar tak kendor apalagi putus. Banyak khasanah yang didapat semakin hangat terasa, jadi kepengen ke Jogja lagi oom
    Salam Takzim Batavusqu

  21. Wah asiknya ke Jogja, dulu saya kelas 6 SD jalan2nya ke dufan, 3 SMP jalan2nya ke puncak trus kelas 3 SMA malah ngga ada jalan2 hiks hiks hiks…😦

    Tapi pernah sih ke jogja, sama kelg tp udah lama bgt. Mudah2an kapan2 bs ke jogja lagi:mrgreen:

  22. kenapa Jogja begitu difavoritkan sebagai tempat wisata para siswa ya?
    kayaknya hampir rata deh pada ke sana semua
    atau gara2 panggilan Ratu Pantai Selatan? *sok mistik* hahahaha

  23. ke jOgya sama temen2 kuliah, seru banget naik turun bus ke borobudur, bering harjo, Malioboro, istana Sultan, nginapnya di penginapan murah meriah itu, berkesaaaaan sekali, pulang-pulang bokek…he..he…

  24. uuuh jadi ingeet karyawisata saya di jogja juga pas sma Om, penuh intrik2 dan romantisme dan alay-isme ala anak sma! kikikikikik:mrgreen:

    ga ngintil sama si Tengah Om? hoho!

  25. assalamu’alaikum..?
    Wah hebat acara refreshing memang sanagt perlu sekali….
    satu yang pentingd idperhatikan oleh pemndu wisata lebih-lebih saat diPantai.
    kebetulan saya sedang ada diJogja ejak dua tahun terakhir…
    jadi ada kejadian yang kurang enak didengar, akibat kelalaian pemandu..
    pasalnya banyak anak-anak yang mandi dilaut dan kurang terkontrol.
    semoga tidak dad lagi kejadian yang memilukan yang dapat menelan korban…

    1. Betul Mas …
      waktu dia berangkat kemarin … pesan saya cuma satu
      hati-hati main di pantai … jangan sok-sokan
      kelihatannya air nya tenang … tetapi seringkali arus dibawahnya sangat kuat
      terima kasih mas

  26. ke Jogja? aaaarrrrggghhh!!! pengen…
    dulu waktu SMA pilihan darmawisata ke Jogja dan Bandung. saya pilih Bandung karena kalau ke Jogja sih, sejak SD sudah sering ke sana hehehe.

  27. Wah …. Bim ke Jogja ya Om? Suruh mampir dong ke rumah saya🙂

    Tentang penulisan Yogyakarta, mana yang benar, resminya Yogyakarta Om. Tapi secara tak resmi sering ditulis Jogja. Dulu, waktu maih pakai ejaan lama, Djogdja …🙂

  28. Oom, template nya baru kah… nice..
    1978… wah ortu saya baru married😀
    Jogja memang menyenangkan menurutku…
    Mudah2an si Tengah bener2 refreshing disana…🙂

  29. Whua…
    Jakarta – Yogya naik bis ya?? jauh juga ya…
    ehm…kenapa gak naik kereta aja yaaa…
    *emak emak suka mabok darat*
    Mungkin ribet ngatur ngatur nya kali yaaaa…

    Aku gak kepikiran kalo Kayla dan Fathir nanti ada acara darmawisata kayak gitu deh Om…bakalan parno abis deh kayaknya…ijinin jangan yak?..hihihi…

    Hati hati yaaaaaa:)

  30. wah sepertinya ada kesepakatan tidak tertulis nih….saat 3 smp saya juga rombongan…tapi naik kereta api….sampe penginapan aja dibagi 4 tempat saking banyaknya yg ikut. Yang paling saya inget adalah hari pertama sampai pas sekaten….acara hari pertama kacau karena sekaten bikin romobongan tercerai berai…. Alhamdulillah bisa ketemu satu persatu dan akhirnya bisa selamat sampai di penginapan…padahal udah panik berat :-O

  31. Dari tadi saya nungguin kata-kata yang betul…hehe, ternyata nggak ada ya😉
    Saya juga suka bingung, disingkatnya Jogja, Yogja atau Jogya atau bahkan Yogya?😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s