TENGENG


(Cara pengucapannya persis seperti mengucapkan : Cengeng)

Ada yang tau artinya Tengeng ?

Sepertinya ini ungkapan dari Jawa.  Saya tidak tau istilah dalam bahasa Indonesianya apa.
Tengeng artinya adalah suatu kondisi tertentu dimana … jika kita berdiri sempurna … kepala kita tidak bisa tegak lurus … Kepala kita itu akan miring … Entah miring ke kiri … atau miring kekanan …

Dan itu rasanya sakit sangat …

Something Wrong dengan Otot-otot di Leher kita …
Entah kaku entah apa … yang jelas, … nggak enak aja …!!!
Kepala kalau dipakai menoleh sedikit saja … rasanya akan sakit sekali … digerakkan kekiri dan kananpun sakit … Tersiksa sekali sodara.

Sehingga kalau ada seseorang yang memanggil dari belakang … kita tidak bisa hanya menolehkan kepala saja … Kita harus menolehkan kepala berikut Badan – badannya sekalian … (Mirip Tank Atret …)

Penyebabnya ?
Pada umumnya adalah karena … Salah Bantal … Salah posisi tidur …
Ini katanya lho ya … saya tidak tau secara medis apa penyebab dari situasi ini …

Solusi Praktisnya ?
Kalau Tengeng kita itu miring ke kiri … berarti nanti malam kita harus tidur dengan cara miring  ke arah kiri juga … Bantal menempel dengan kuping kiri … (Kalau bisa ganjal bantalnya agak tinggi …)

Sebaliknya jika Tengeng kita itu miring ke kanan … berarti kita harus tidur dengan cara miring ke kanan … Dengan ganjal bantal yang tinggi pula …

Plus tidak lupa tempelkan … KOYO tentu saja

Ribet nggak sih ?

Ya pokoknya gitu deh … !

So … Sodara-sodara …
Ada yang bisa menjelaskan secara lebih Ilmiah nggak …?
atau …
Ada yang pernah sakit Tengeng juga ?
Boleh Cerita ?

 

 

85 thoughts on “TENGENG

  1. saya pesen koyo nya aja Oom,,, gak tau kenapa kepala rasanya agak tengeng juga nih,,
    bukan salah bantal, tapi salah saya yang tak meletakkan kepala pas di bantal,, *halah, komen panjang banget tapi gak ada intinya,, * heheheh,,,😛

  2. Yah si koyo muncul lagi..

    Teng-geng? Saya belum pernah tengeng.. tapi hampir tengeng pernah.. begitu bangun, kepala sakit susah dikembalikan ke posisi awal.. tapi lama2 dipaksa bisa juga.. penyebab ilmiahnya? Ehhm.. blum tau juga, apa ya?

  3. Ouw, itu tengeng. Taunya salah bantal aja. Dan katanya bantalnya musti dijemur tuh..
    Mungkin karena bantalnya sudah terlalu lembap kali ya jadi kurang membel…
    Gak tau ada cara gitu. Taunya, dipaksa aja sambil dikasih balsem.

    Eh, Om NH gak lagi salah bantal alias tengeng, kan?

  4. Selain tidur dengan arah sebaliknya, kalau terkena tengeng saya suka mengompresnya dengan air hangat pada leher yg sakit.
    Cara ini relatif efektif. Insya Allah urat yang kaku bisa lemas kembali

  5. Saya juga sering begitu, Om😀
    Keseringan sih karena gerakan saya yang tiba-tiba atau terlalu memaksakan otot meregang, mirip gerakan waktu mau nyontek pas ulangan gitu, Om… hehe, jadinya nyeri banget…

    1. Ya …
      mungkin ini penyebab utamanya
      Langsung Blas saat tidur
      tanpa sempat menyusun Bantal dengan semestinya
      karena keburu ngantuk duluan

      salam saya Mood

  6. Saya pernah beberapa kali mengalaminya pak NH, lalu ada teman memberi tahu cara mengobatinya, tp sedikit jorok, yaitu menggosok leher yg sakit dgn air ludah kt pd saat bangun tdr, yg blm dibuang/dkumur. Demi, maka sy lakukan walau aromanya tak sdap. Ternyata mujarab. Entah kalau thd org lain, sy tdk tau pasti. Tp dr segi medis dan ilmiah sy ga tau pasti. Mgkn ada zat yg dhasil kan pd saat kt tdr.
    Bgtu lah cerita saya yg luasnya =panjang * lebar ini pak trainer.
    Salam saya

  7. lho kok persis kaya yg kuderita sejak 3 hari yg lalu bang…
    wah bener menderita sekali.., gak bisa nengok kaya robot jadinya…
    saya hajar terus pakai balsem …sekarang dah mendingan bang…hehe…

    salam.

    1. Ya Pak Cahyo …
      Entah mengapa akhir akhir ini saya suka tengeng
      tidak parah sih
      cuma ya itu kesiksa banget
      dan balsem adalah salah satu solusinya …(selain KOYO tentu)
      heheehe

      Salam saya Pak Cahyo

  8. Saya juga pernah tengeng Oom, beberapa kali. Saya gosok pakai counterpain beberapa kali, terasa hangat lalu hilang. Namun ada yang sampai beberapa hari masih terasa, namanya tengkleng ha ha ha.
    Ada yang bilang bahwa tengeng itu disebabkan karena bantalnya dingin, tapi tentu ada penjelasan ilmiahnya.
    Salam hangat dari Surabaya

  9. kalau posisi kepala tidak berubah, lalu kena angin jahat tuh jadi teng-geng (kalo aku bilangnya tenggeng) . Dan so pasti pake koyo cabe aja hihihi
    Soalnya kalau parah ngga bisa naik sepeda…bahaya ngga bisa lihat belakang. (Lupa pakein kaca spion sepedanya)

    EM

    1. Terima kasih ucapannya …

      BTW …
      Hayoo … postingan saya ini bercerita tentang apa hayo ?
      hehehe …
      Yang jelas kunci pria untuk menjadi dambaan wanita adalah … Menyimak !!!

    1. Ya …
      Mandi air anget … kalau bisa pakai shower yang pancaran airnya keras …
      terus diarahkan ke leher atau pundak …
      aaaarrggghhh itu enak bener weiceh …

      salam saya Bu Devi

    1. Ya …
      Banyak yang bilang begitu …
      Bantalnya di Jemur …
      Sehingga nanti kalau dipakai … lebih empuk … dan hangat …
      ini turut membantu pemulihan tengeng itu tadi …

      Salam saya Ina

  10. Tengeng emang nyebelin Om… kalau nggak salah, penyebabnya otot yang jadi kaku/kram karena peredaran darah nggak lancar akibat terlalu lama “kegencet” saat tidur dalam posisi yang sama tanpa bergerak..

    Aku share ya Om…
    Aku pernah dikasih tau temenku, kalau lagi tengeng, diurut aja dengan minyak telon/tawon, nah, YANG DIURUT BUKAN BAGIAN YANG SAKIT.
    urut pelan-pelan bagian pundak di sisi yang tengeng, urut ke arah luar. urut sampai tidak terlalu kaku, selingi dengan mengompres leher dengan botol berisi air hangat. Setelah itu diurut lagi, emang nggak bisa langsung sembuh total saat itu juga… tapi paling nggak mengurangi nyerinya dulu, cukup ampuh tuh… aku pernah nyoba, besoknya udah sembuh..

  11. Om,
    Mami saya pernah kena nih, beberapa belas tahun lalu, waktu saya masih SMP kayaknya. Entah salah bantal atau gimana, tapi kita memang tidak pakai tidur lagi atau tempel koyok. Tapi karena sakitnya minta ampun dan tak bisa bergerak kemana-2, sore itu juga kita ke dokter ahli syaraf. Jadi pengobatannya ya begitu sih….
    Bercerita ini saya jadi sedih Om, soalnya jadi ingat… sejak pindah ke Medan mami saya jadi sering sakit…. sakit ini sakit itu, lalu kena tulah orang juga… sampai sekarang masih ada beberapa penyakit yang harus terus berobat jalan… hiks….

  12. indah pernah loh om..tengengen tapi bukan karna salah bantal…tapi karna nengok kecepeten..hihihi😆
    misal neh…ada yang manggil “oi ndah..!!!”
    nah..indahnya redleks nengok tuh..cepet banget tanpa aba aba… trus tau tau.. KLEK….adaawww..
    sakit bgt….. dan ga bisa balik lagi…uhuhuhuhu……

    dan itu lebih dari sekali loh…😆
    dasar indah..😳

  13. Om, kalo tengeng,.. bantalnya dijemur.. kan jadi anget tuh.. nah, lepas itu bantalnya dipake tidur.. bagian tengeng ditempelin bantal yang anget sambil membaca al Fatihah 3 kali.. Cepet sembuh Om,,..

  14. kalau tdk salah nama medisnya adalah tortikols spasmodik. saya jg sring mngalaminya, tapi setelah saya browsing artikel trnyaata tekniknya manjur banget

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s