Posted in ARTIKEL

PHOBIA


.
Saya bukan ahli psikologi … atau ahli ilmu kejiwaan …

Namun perkenankan saya sedikit menulis mengenai PHOBIA

Phobia … menurut pengertian yang saya pahami adalah suatu bentuk ketakutan yang (sering kali) berlebihan.  Ketakutan pada suatu hal, atau pada suatu situasi tertentu, atau bahkan benda, baik itu makhluk hidup maupun benda mati.

Rasa Takut atau Ketakutan itu sendiri sebetulnya adalah hal yang wajar, akan selalu ada pada setiap manusia.  Namun Phobia ini menjadi sesuatu yang tidak wajar, karena sering kali berlebihan.  Dan obyek ketakutannya itu sesuatu yang bisa jadi menurut pendapat umum, sebagian besar manusia, tidak seharusnya untuk ditakuti.  Kadang malah ada yang bersifat Irrasional.

Menurut pengamatan saya terhadap lingkungan sosial disekitar saya,  entah teman, handai taulan, atau kenalan-kenalan saya … Ada beberapa Phobia umum yang sering saya temui …  Dan TIGA yang terbesar adalah …

1. PHOBIA GELAP
Saya coba browsing … ini bahasa kerennya mungkin adalah Nyctophobia (sebetulnya ada beberapa istilah lainnya)(sekali lagi saya tekankan saya tidak tau mana yang benar)
Banyak teman-teman saya, yang jika menginap di hotel, akan jerit-jerit jika rekan sekamarnya mematikan Lampu.  Dia akan segera saja kelabakan jika berada di ruangan yang tiba-tiba gelap.  Bayangkan kalau mati lampu.

.
2. PHOBIA KETINGGIAN
Bahasa kerennya mungkin adalah … Acrophobia.  Ada pula yang menyebut Hyperphobia …(again,  saya tidak tau mana yang benar).  Ketakutan tipe ini juga sering saya temui.  Terutama jika travelling dengan menggunakan pesawat terbang.  Beberapa teman dan kenalan saya, ada yang mengaku sangat takut sekali ketinggian.   Saya tidak tau apakah ini juga berlaku bagi mereka yang takut berada di ketinggian yang lain, entah di gedung bertingkat yang tinggi atau jika sedang mendaki gunung.

.
3. PHOBIA KECOA
Ini yang paling banyak saya temui.  Sangat banyak bahkan.  Nggak laki-laki, nggak perempuan.  Mereka akan girap-girap.  Bahkan sampai naik ke atas meja jika melihat kecoa berkeliaran … Namun demikian sayang sekali … saya tidak berhasil menemukan apa istilah kerennya.  Heran juga … padahal ini paling banyak terjadi lho … (mungkin saya saja yang kurang rajin browsing)(atau biar gampang sebut saja Coro-Phobia … hahaha)

Sebetulnya selain ketiga PHOBIA tersebut, masih ada beberapa lagi yang pernah saya temui pada teman-sahabat dan handai taulan di sekitar saya.  Phobia pada Ruangan Sempit, Phobia pada Cermin, Phobia pada Laba-laba, Phobia pada Kerumunan dan Keramaian orang, Phobia pada Darah … Sampai yang paling aneh yang pernah saya temui adalah …

Phobia pada KARET GELANG !!! … (hah ada-ada saja)

SO …
Menurut pengalaman dan pengamatan Pembaca Sekalian …
Phobia apakah yang pernah anda temui ?
Yang paling Irrasional yang pernah anda tau ?

atau mungkin anda ingin sharing phobia anda sendiri ?
Be my guest !

.

Salam saya

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

64 thoughts on “PHOBIA

  1. Yang saya tau …
    Beberapa Blogger pernah menceritakan mengenai hal ini …
    Tentang Phobia masing-masing …

    (melirik … Imelda, Putri Rizkia dan Thia)

    🙂🙂🙂

  2. ha…ha….ha….ha…ha.ha..
    *tunjuk tangan tinggi tinggi..*
    sayahh sayah…saya fobia cermin…
    lebay sich,,
    tapi asli dah kalau lagi tidur trus di depannya ada cermin…
    pasti mata aku gak jauh jauh dari cermin,,berimajinasi kalau ada yang muncul…
    cewekk pake baju putih..rambutnya panjang…
    alhasil ya itu ,,pake si sarung buat nutupin cermin..
    kebayang gak tiap mau tidur kudu manjat-manjat meja rias dulu,,buat masangin itu sarung…
    yang menyebalkan adalah kalau itu hotel punya dua cermin..
    yang satu cermin di meja rias…yang satu lagi lemari gede yang ada cerminnya juga..
    alhasil aku tidur tutup kepala sama selimut..dan ngadep ke arah cermin rias yang udah ditutup ajah..😀😀😀

  3. Saya jelas gak phobia ama gelap. Kalo tidur justru saya lebih suka kalo lampu mati semua. Cuma kalo kondisinya abis nonton film setan, emang jd takut sendiri kalo lg di tempat gelap. Haha.

    Kalo ketinggian juga gak phobia. Naik pesawat gak pernah masalah. Paling kalo naik wahana2 di theme park yg tinggi2 suka berasa rada deg deg ser gimana gitu… Tp msh bisa dikontrol.

    Kecoa, laba2 apalagi. Gak phobia juga saya. Kmrn ini di kantor ada salah satu temen sampe teriak gara2 di bawah meja nya ada laba2. Banyak yang nyamperin tp gak ada yg berani. Akhirnya saya ambil tissue trus lgsg saya comot aja laba2nya. Heran deh gitu aja kok takut. :p mungkin kalo ketemu uler atau macan baru deh saya takut. Takut dimakan! Hahaha

    Saya punya sedikit phobia sama tempat sempit. Claustrophobia ya. Tp balik lagi gak parah sih. Kayak saya pernah terjebak di lift beberapa menit, juga gak kenapa2.
    Tp kalo saya harus tinggal di kamar yg sempit, apalagi kalo harus share ranjang berame2,waduh lgsg gak enak semua rasanya. Hahaha. Pdhl dulu kalo pergi keluar kota ama temen kan biar hemat suka pada sharing ranjang hotel ya. Misalnya 1 ranjang bertiga gitu. Nah itu saya gak bisa bgt dah! Jd sebelum pergi biasa saya yg paling ribet buat itung2 jatah ranjang. Muat gak. Kalo gak muat (1 ranjang harus max 2 org) mendingan saya bawa kasur lipet sendiri deh. :p

    Tp kalo tidurnya kruntelan ama anak istri sih gak kenapa2. Hahaha.

    Jd sebenernya claustrophobia atau gak ya itu? :p

  4. Ailurophobia kalo ga salah phobia sama kucing Om.. temen saya sendiri phobia sama unggas, jadi dia takut dengan ayam, burung, apapun yang berparuh deh, xixixi, kasian, padahal kan burung itu lucu… kalo saya ga punya phobia, tapi suka takut kalo ketemu dompet saya yang kosong Om, xixixi, itu apa dong namanya?😀

  5. Saya punya kawan tuh yg phobia sama karet gelang. Meski tampangnya garang, tapi begitu melihat karet gelang dia akan menjerit-jerit ketakutan.

    Menurut cerita dia, dulu sewaktu kecil, dia sering ditakut-takuti dg karet gelang. Seolah karet gelang itu ular yg siap mematuknya kapan saja. Akhirnya, alam bawah sadarnya merekam itu dg baiknya, sehingga jadihlah ia selalu ketakutan dg karet gelang..

    Saudara saya ada yg phobia sama kodok, Om.. Asal lihat kodok, pasti dia lomcat-loncat ketakutan..

    Kalau saya? Alhamdulillah yach… Gak punya phobia pada apapun..🙂

  6. ak agak claustrophobia alias takut kalau diruang sempit, saya suka panik dan agak sesak nafas kalau naik lift, masuk terowongan apalagi dalam mobil terus masuk basement.
    tapi disisi lain kalau liat laut atau kolam renang, juga suka gelisah, terlalu luas soalnya hhehhe gg konsisten ya ketakutannya😛

  7. pernah saya phobia ketinggian, langsung nggliyer dan mual.. tapi sejak mencoba flying fox dan tidak terjadi apa2, ya phobia itu ilang sendiri..:mrgreen:

    kedua, saya phobia dengan jarum dan darah.. mau cek golongan darah ga pernah jadi, tangan udah pucat dingin duluan.. pernah juga sampai pingsan😀 phobia darah dan jarum hilang waktu saya kena DBD dan harus cek trombosit tiap hari.. sekarang malah nggaya berani donor darah segala😆

    Nah, phobia yang engga biasa dialami teman saya terhadap penggaris besi, dia bisa langsung lari kencang sambil menangis, setelah saya tanya ternyata dia pernah dipukul dengan penggaris besi di kepalanya hingga berdarah..😥

  8. hehehe.. aku pernah share soal phobiaku sama mainan terutama boneka di blog *dan sukses diketawain abis2*. sama satu lagi yg belum pernah dishare kemana2, phobia semut. kalo semutnya masih seekor duaekor gpp tapi kalo semutnya bayak macam semut transmigrasi gtu baru deh lsg merinding *walo ga sampe teriak2*. ohya satu lagi, takut liat tv dalam keadaan mati, jadi walau ga ditonton tv tetep dinyalain walau dimute suaranya *buang2 listrik* hehheheh

    kalo tempat tinggi ga takut tapi emang sengaja menghindari karena hasrat ingin lompatnya kuat banget, ga tau kenapa. trus klo keramaian juga ga takut, cuma suka tiba2 pusing klo liat banyak orang *makanya jarang pergi2 konser*.

    btw, pa kabar om? sehat? its been long time ga main kesini.

    ohya, met idul fitri ya om *mumpung masih bulan syawal*, maap klo aku sering nyampah komen disini hehehhehhe..

  9. saya phobia cicak, pernah menulis juga sampai ponsel dibanting karena ada cicak😀
    dan yang parah suami saya juga jijik sama cicak lengkap sudah penderitaan saya om

  10. kalau saya takut kalau parkir naik motor apalagi kalau sendiri..di lantai basement.. apalagi kl pakai turun meliuk liuk segala jalannya…atap gedungnya kan rendah..serasa sempit dunia..plus suara berdengung2nya.. Ngeri..kl di mall misalnya pilih parkir motor di luar..

  11. Seorang teman saya mengalami phobia ketinggian.
    Aneh juga ya, tapi namanya phobia ya gak bisa disalahkan sih
    Ada enggak ya yang Phobia Loren ?

    Salam hangat dari Surabaya

  12. temenku ada tuh Mas, yg takut setengah mati sama karet gelang, baru liat aja udah merinding, apalagi kalau disodorin, bakalan pingsan dia .
    aku sendiri, agak2 gak nyaman dgn kegelapan, gak tau kenapa, kok ya mendadak jadi sesak nafas, apa ini juga bisa disebut fobia ya ?
    salam

  13. Dan sayangnya saya phobia pada hal tersebut di atas😦
    Kalo mati lampu pasti panik dan sesak napas, kalo berdiri di ketinggian trus liat bawah kaki langsung gemetar dan badan merinding semua. Kecoa? Oh, dalam keadaan apapun aku pasti lari klo ada kecoa, palagi kalo terbang-terbang hiks…hiks…

  14. yang 1 dan 3 itu adalah saya banget pah
    phobia lainnya adalah phobia air (misalnya takut liat kolam renang, laut, dll)
    trus ada juga phobia ayam jago yang masih hidup hahahhaa

  15. Sama dengan Bunda Lily.. saya phobia sekali dengan kegelapan. rasanya sesak nafas dan seperti mau mati gitu Om..
    Parahnya sih kalau malam-malam tiba-tiba kebangun dan mendadak gelap, bisa jejeritan sendiri.. makanya disebelah tempat tidur saya siapin senter, buat jaga-jaga kalau tiba-tiba lampu mati

  16. Agak phobia kecoa Om, tapi justru kalo ad kecoa bukannya lari, tapi akan saya kejar2 mau saya bunuh walopun dg berkeringat dingin dan takut banget, hihihihi….pokonya kalo udh kek gini suamiku suka takjub Om ngeliat istrinya yg ajaib inih😛

  17. kalo temen saya lucu lagi om…phobianya sama ayam hidup….terutama anak ayam….dulu waktu kecil kan suka beli anak ayam negeri tuchh….yg kecil2 yg suka di warnain…eh ndilalahh dia akan teriak kenceng2 sambil nangis kalo anak ayam itu mendekati dia…

    pernah juga saya lg main di rumahnya…tiba2 ada ayam masuk ke dapurnya…wuihhh asli bukannya itu ayam di usir dia malah teriak2 sekencengnya…….tp emang dia benar2 takut…kelihatan dr raut mukanya….

    tapi herannya..kalo sama ayam udah mateng dia doyan….atau klo kata orang sunda mah dokoh alias doyan banget hihihih……

  18. temenku si santi dari kecil phobia sama kacang tanah.. tadi malam, dirumahku anaknya yg kecil pingin makan kacang rebus, dia gak mau ngupasin.. hedeehhhh.

    klo aku, gak punya phobia apa². :coolbanget:

  19. Waktu jadi panitia OKKA di kampus dulu, ada 2 phobia aneh yang saya temui dari 2 mahasiswi baru.
    1 Orang mahasiswi yg takut makan nasi “terpaksa” pingsan karena dipaksa menelan nasi.
    1 mahasiswi lagi girap-girap ketika disuruh memegang korek api. Menurut cerita dia pernah terlibat kebakaran waktu kecil (ga jelas sih ceritanya). Waktu itu hanya bisa geleng2 kepala karena membayangkan bagaimana jika punya suami kelak. masa sih ga pernah masak?

    *Untung sekarang sudah pake kompor gas, jadi ga perlu lihat pentol korek api. Hihi…

  20. dulu pernah ada temen se-kost phobia kok karet gelang…terus dikerjain deh sama temen2 laen.

    pagi2 gelas susunya dikasih karet gelang banyaaaakkkk, dia langsung nangis2 dan sama temen2 dicuekin, sampe siang susunya ga diminum…

    biasa lah om, lagi ultah dia🙂

  21. kalau saya takut sama yg kaki seribu, ulat, bekicot telanjang … pokoknya yg serupa serupa merekalah … padahal khan hewannya kecil ya🙂

  22. Saya juga kurang paham masalah phobia2 ini, Om… hanya saja kadang saya curiganya seseorang yang takut pada sesuatu cuma karena pengen cari perhatian aja, hehe… *menuduh mode: on*
    Wallahua’lam…🙂

    1. Saya kadang juga berfikiran serupa Kak …

      ini sama juga dengan fenomena … menjadi Latah …
      atau tiba-tiba … seorang Lelaki jadi “melambai” … bicara bahasa “khas” tertentu …
      hanya karena ingin dianggap keren … ingin mengikuti trend …
      pengin dikatakan gaul … pingin terlihat seperti orang-orang kota … seperti artis
      🙂

      Tetapi saya percaya Phobia ini memang ada …
      Dan sebabnya bisa karena trauma atau sebab-sebab yang lain

      Salam saya Kak

  23. phobia kucing, phobia ular, rata2 temen dhe pada kena phobia itu om En.. sampe cuma liat posternya doang, atau gk sengaja liat di TV, mereka pasti langsung beraksi.. temen dhe aja sampe ada yang nangis ketika gk sengaja mendadak ada kucing di samping dia.. kalo kata bung Rhoma sih terlalu.. hehe

  24. Menanggapi komen Kakaakin dan Om NH… Phobia itu gak cuma cari perhatian kaaaak.. Om.. Huhuhuuuu….

    Sy bersyukur klo ada org bnyk disekitar sy jika seekor kecoak menampakkan diri.. Jd gak terlalu takut… krn pasti ada org lain yg ngusir kecoak itu…

    Tapi kalo kecoak disaat sendirian…. Ng… Ng….

    Anyway.. Kebanyakan org phobia justru sama makhluk kecil ya Om…
    Tapi bnyk jg yg aneh…
    Sy pernah liat di discovery, ada org phobia sama kacang rebus.. Hahaaa….

  25. kalo aku phobia sama kedalaman air,alkisah dulu waktu kecil diajakin renang,nekat nyemplung padahal ga bisa,kelelep deh trus phobia deh sampe skarang…
    sama satu lagi aku phobia sama serangga… bawaannya kepengen MEMBANTAI mereka semuwahhh… grrrrrrrr….

    salam kenal

  26. Ada teman lama saya yg phobia karet gelang ini pak…benar2 sampe lemes ketika dilempari benda itu… klo saya, ada rasa tak suka yang amat sangat -namun tak sampai pingsan / lemes / efek fisik lainnya – apa masuk kriteria phobia juga ya? bendanya adalah… saputangan!😦

  27. Selain coro phobia dan cicak pobhia, saya paling takut gelap, Om. Makanya kalo listrik padam tanpa pemberitahuan, saya stress banget. Lagi nyenyak-nyenyak tidurpun saya akan tetap terbangun kalo tiba-tiba listrik padam. Sering saya ngebayangin berada dalam kubur.

    Ya Tuhaaan…….😦

  28. si sulung nedia kena phobia sama cicak, ada teman SMA yang phobia sama kucing dan teman2nya pada jahil semua kucing dimasukin ke kelas dan kelasnya di tutup dari luar….hehehehe jahat banget tuh teman2nya ya om.

    Btw om phobia apaan?, kalau saya sih sedikit aja phobianya tapi suka berulang setiap bulannya khususnya mulai tanggal 20an….hahahahahha tahu khan ? jadi phobia tanggalan ….belum pernah ada lho??……..

  29. saya ga punya phobia Om,
    tapi pernah ngelihat anak kecil yang mungkin karena trauma, nangis-nangis dengan mata terpejam, nafasnya sesak, begitu tempat ngaji yang biasa di pendopo terbuka di pindah ke ruangan mushola yang sempit dan pintunya di tutup, kasian.

  30. Adikku dulu sangat takut (lebih tepatnya jijik) dengan karet gelang lho… hehehe. Lucu juga, bahkan aku seneng banget menggodanya dg memberinya karet gelang. Untungnya sekarang dia sudah tak lagi takut (jijik) dengan karet gelang🙂

  31. Saya phobia sama rambut-rambut yang berserakan di lantai atau masuk ke makanan/minuman…hiii, langsung merinding dan pengen ngebuang makanan atau minuman itu jauh-jauh…
    *eh, phobia kah ini*😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s