Posted in PERTUNJUKAN HARI INI

ARCHITECTURE 101


.
Saya tau … saya tau …
Seseorang disana pasti sedang tertawa cekikikan … macam mak lampir menyeringai penuh kemenangan … hah …
Ya … Architecture 101 adalah judul film Korea !!!

.

28 July 2012
Sedikit flashback, cerita minggu lalu. 
Hari sabtu pagi itu … saya terbang dari HK, pulang ke Indonesia.  Menggunakan armada pesawat maskapai penerbangan berbasis di HK yang berwarna hijau tua itu.  Perjalanan rencananya akan ditempuh dalam waktu 4 jam lebih.  Hampir 5 jam.  Karena saya lelah …  tadi bangun pagi dini hari … makan sahur … mandi … langsung berangkat ke airport … maka begitu saya duduk di kursi pesawat, saya langsung merem … Tidur !!! 

Entah berapa lama saya tertidur …  Ada mungkin dua jam lebih.  Saat saya terbangun … iseng saya buka televisi di depan saya.  Ada film berjudul Architecture 101.  Aaahhh nonton aaahhh … 

Ini film Korea.  Jalan ceritanya bagus … runtut.  Dan memiliki tekhnik editing yang baik.  Mengapa saya katakan demikian ?   Sebab … film ini bermain dengan dua plot yang berbeda … Plot masa lalu … dan plot masa kini. 

Ya … bisa diprediksi … ini adalah cinta lama bersemi kembali … Sebuah cerita yang klise … !!! mudah ditebak !!!.
Namun demikian … harus saya akui … sutradara film ini berhasil merangkai detil-detil dan frahmen-frahmen cerita dengan sangat halus dan indah … (Not to mention beberapa kata-kata dan kalimat sederhana namun bernas yang juga muncul terucap disana-sini oleh para pemerannya).

Cerita berawal dari kelas Arsitektur.  Tempat dimana dua orang tokoh ini dipertemukan.  Tokoh utama laki-laki memang kuliah di jurusan Arsitektur (dan akhirnya menjadi arsitek).  Sementara yang wanita adalah seorang mahasiswa yang mengambil matakuliah Arsitektur sebagai pilihan minor saja.   Singkat kata mereka saling tertarik satu sama lain …  namun sayangnya cerita cinta tidak berlanjut … Yang cowok kemanaaa … yang cewek kemana … !!!

Sampai akhirnya lima belas tahun kemudian … mereka ditakdirkan bertemu kembali.  Sang Wanita diceritakan hendak membangun sebuah rumah … dan wanita tersebut memilih si tokoh lelaki ini sebagai arsitek perancang rumahnya.  Dan CLBK pun terjadi … !!!

Yaaa … kira-kira begitulah kisahnya … sangat Klise bukan ???

Namun seperti biasa … sekali lagi … kekuatan film korea itu bukan pada jalan ceritanya semata … namun terletak pada bagaimana mereka menggambarkan setiap detil alur kisah tersebut dengan manis di layar.  Setingannya juga bukan setingan Gedung Super Duper mewah … lux … (yang justru lebih mirip showroom toko furniture itu …) … juga bukan setingan gubuk “maksa” yang sengaja dilumuri dengan oli supaya kelihatan kumuh … (tapi keliatan banget cet barunya … nggak wajar).

Setingan Film ini  … proppertinya … suasananya … sangat alami … biasa saja …
Just like our next door neighbourhood … 
Seperti suasana di RT sebelah … !!!
Sangat wajar !!!  Keren !!!  Indah !!!

Namun sayang …
Film belum selesai … Nona Pramugari sudah was – wes – wos mengumumkan bahwa pesawat sebentar lagi mendarat di Bandara Soekarno Hatta … Seluruh penumpang diharap mempersiapkan diri …

Dan tentu saja … Film yang sedang asik-asiknya saya nikmati … secara semena-mena dan secara sepihak … dimatikan oleh Pak Pilot … !!!
(aaarrgghhhh …)(Bisa saya tungtut pak pilot itu … )
(halah-halah-halah … kok kayak reformasi cap HI yang kebablasen itu toh om …om ???) 🙂🙂🙂

Sungguh tak enak sodara-sodara …

Sungguh kenikmatan yang terganggu …

(saya nggak enak mau menulis bahasa latinnya ….)(qiqiqiqi)
(BTW … ada yang tau bahasa latinnya …? Situasi seperti ini ?)

Salam saya

.

.

(yang jelas … situasi ini kalau dalam bahasa Jawa disebut “MANCAL”)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

64 thoughts on “ARCHITECTURE 101

  1. Ayooo, tungtut saja pak pilotnya,Om.😆
    Idah belum pernah nonton. walaupun hanya cerita CLBK, tapi kalau aktor2 korea yang memainkan sudh pasti bikin hati ini maksyuus. .😆

    1. hahaha …
      wajah pemeran cowoknya sih … biasa aja … malah cupu … nggak keren … !!!
      (kalo pemeran-pemeran wanitanya …? naahhh itu … bening punya … !!!)

  2. Ikut cekikikan jugaa..
    Halagh..halagh..si Om ketularan Virus nya Korea si Bibi..

    Ga tamaat nontonnya ?? Kenapa ga demo sama PAk Pilotnya??
    PAsti ga akan bisa tiduuur tuuh..!

  3. ckckck…sungguh aku merasa prihatin pada nasib Om…
    nanggung seperti ituh sungguh sangat gak enak banget…

    Itu lah makanya kalo lagi nonton drama korea yang ber belas episode…
    biasanya si blog suka aku cuekin dulu untuk sementara *seperti sekarang inih*…hihihi…

    Suka penasaraaaaan….

  4. wahhhh ….. gimana ya rasanya?
    saya ini disodori berkeping2 winter sonata aja baru nyobain 1 cd kok nyerah ya
    gak bikin saya anteng … huaaa …. padahal teman sudah niat banget nularin kedemenannya sm film korea hehehe

    salut deh om bisa menikmati😀

  5. Wihi dulu aku pernah nonton film india inflight di garuda pas ke sby, eh belum rampung dong filmnya padahal kocak banget, trus pas pulang ke jkt-nya diteruske meneh huehehe…

    Om suka korea juga tho… huehehe…

    1. langsung brosing …
      cari akhir ceritanya …
      tapi masih penasaran … kalo ndak lihat filmnya langsung …
      kurang afdol …

      salam saya Bunda Ly

  6. cirikhas drama korea memang begitu, om.. halus. cerita percintaannya pun dibuat sangat halus, jadi kita gak begitu kuatir klo ditonton remaja.

    bahasa latin yang terakhir itu,
    pilotnya pasti tau… wkwkkkk

    #pilotnya kasih aba2 dulu sebelum film diputus, pake bahasa latin yang itu. =))

  7. timpuk om pilotnya. timpuk ! saya juga pernah seperti itu waktu perjalanan ke Medan. lagi enak2 nonton, sebentar lagi habis, tau2 pesawat mau mendarat. dafuq.

  8. film Korea yg ketiga atau keempat nih oom ?

    saran buat airlines … Please jangan putar film Korea lagi, cukuplah si bibi aja yg nyandu, jangan nambah satu blogger lagi yg rela nggak posting demi tamatin film Korea ituuh ….

  9. Sebelum membuka link yang oM berikan saya sudah menduga, siapa gerangan seseorang yang sedang tertawa cekikikan, yang katanya macam mak lampir menyeringai penuh kemenangan apalagi klo ngomongin segala sesuatu tentang Korea.
    Pas saya buka …… he3x benar kan si Bibi Titi Teliti……🙂

  10. mulai teracun Korea, selain pengaruh bibi teliti mungkin karena ‘yang tersayang’nya Om, masa2 K_Pop🙂
    bahasa latinnya hanya Om dan pilotnya yang tau deh🙂

  11. om bisa ikut lombat blog tour to korea nih….. biar bisa seperti mba erry…. hehehhe

    kali kali cerita ini bisa membawa om ke korea…. setelah hongkong langsung korea..

  12. Hehehe…itulah nggak enaknya nonton di pesawat, belum selesai sudah sampai.
    Saya pernah juga, pas tengah-tengah film lagi seru…filmnya rusak.
    Sekarang mendingan mendengarkan musik saja kalau lagi penerbangan…sambil tidur.

  13. Hahahahaaa kalo dibanjarmasin nanggung ky gitu istilahnya “takang” om😀 setuju sm mas arman ah kynya musti pinjem dvd nya ke mbak erry deh kan desye juragannya drama korea ihihihii
    Btw…sering banget sih om kalo lg terbang disuguhin film korea, gk ada jenis film yg lain apah??

  14. kayaknya situasi ini lebih pas dibilang Kentang Oom,, Kena Tanggung, ups,, hhahaha,,, ah,, pokoknya nonton gak tuntas apalagi gratisan begini memang menyesakkan hati ya Oom.. sabar,, mbak Erry pasti punya DVDnya, hihihi

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s