Posted in ARTIKEL

KALENDER


.

Kalender atau tanggalan.  Sebuah benda yang sederhana namun penting.  Tidak lengkap rasanya, sebuah meja kerja atau rumah jika tidak dilengkapi dengan tanggalan.  Karena fungsinya yang penting itulah maka banyak Perusahaan / Institusi / Sekolah yang mencetak sendiri kalendernya.  Kalender ini bisa sekaligus berfungsi sebagai media komunikasi pemasarannya.  Media beriklannya. 

Biasanya, agar kalender tersebut nampak indah dan tidak hanya berupa jajaran angka-angka saja yang membosankan, mereka mendesign kalender tesebut sedemikian rupa dengan menambahkan design grafis tertentu.  Bisa berupa gambar, foto dan sebagainya.  Sehingga kalender tersebut bisa terlihat menjadi lebih bagus.

Nah, talking about gambar yang ada di kalender sebuah perusahaan / institusi, pernahkah anda memperhatikannya ?.  Gambar apa saja yang biasanya ada di Kalender tersebut ?.  (terutama kalender yang dipasang di dinding ?)

Menurut pengamatan saya, ada beberapa jenis design Gambar yang biasa terlihat di kalender promosi sebuah perusahaan :
.

1. DISPLAY PRODUK :
Jelas, ini gambar yang paling sering dipasang di Kalender.  Entah produk mobil, motor, alat elektronik dan sebagainya.  Bukan saja produk nyata, produk berupa service / layanan pun banyak ditampilkan dan diilustrasikan dalam Kalender.  Produk perbankan, asuransi, jasa travel, jasa penerbangan dan sebagainya. Dalam hal kalender sekolah, gambar yang ditayangkan biasanya adalah kegiatan di sekolah / universitas tersebut plus juga fasilitas-fasilitas sekolah / kampus mereka yang perlu dipromosikan (perpustakaan, ruang kuliah, ruang laboratorium dsb).

.
2. PEMANDANGAN ALAM :
Banyak pula kalender yang memuat gambar pemandangan alam.  Berikut Flora dan Faunanya.  Ini biasanya lebih murah ongkos cetaknya.  Karena perusahaan hanya memilih dan membeli stock gambar yang ada, lalu tinggal cetak nama perusahaannya beres.  Ini biasanya kalender yang bermerek Toko Emas, Toko Bangunan, Toko Kelontong, Rumah Makan atau toko-toko lainnya.

.
3. MODEL :
Dari model yang berpakaian lengkap, maupun model yang berpakaian ”tidak begitu lengkap”.  Ini juga biasanya sudah tersedia stock-stock foto yang siap dicetak untuk dijadikan kalender promosi sebuah perusahaan.

Banyak pula yang menggabungkannya dengan tipe nomer satu (Display Produk).  Jadi ada gambar Model sambil memegang, memakai, mengenakan, menggunakan produk keluaran perusahaan tersebut.  (Saya rasa ini yang paling banyak ditemui)

So demikianlah …
Pada hakikatnya fungsi kalender sebagai media komunikasi pemasaran atau promosi dari suatu produk tidak bisa dianggap remeh.  Penggunaan kalender sebagai media komunikasi itu ada banyak keunggulannya.

Media ini relatif murah, bisa menampilkan keterangan produk dan juga alamat contact perusahaan dengan detil.  Dan yang lebih penting lagi adalah masa tayang effektifnya bisa satu tahun penuh !!! (Full exposure sodara-sodara).

Nah sekarang,
Lihatlah ke kalender yang ada di dinding kantor / rumah anda …
Ada gambar apa disana ? dari produsen produk apa ?

 

.

.

(Model kalender meja sebuah perusahaan. tepatnya di lembaran bulan July 2011)
(sesungguhnya inilah inti dari postingan ini …)(huahahaha)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

37 thoughts on “KALENDER

      1. terpaksa liat kalender meja, abis gak ada kalender dinding di sini.. semua karyawan punya kalender masing2..😀

        tapi secara umum saya lebih suka kalender yg objek gambarnya itu pemandangan alam..sawah, gunung, sungai, etc..

        *maaf Om.. jadi banyak gini komennya*

  1. kalau kita dirumah sukanya yang angkanya besar, putih polos tidak ada gambar apapun om:), biasanya saya beli menjelang akhir tahun di toko buku yang tenar itu loh

  2. Aku ingat kalender di rumahku dulu gambarnya desain interior rumah-rumah di Amerika, trus gambarnya Om Sophan Sophian sama Tante Widyawati waktu muda, sekarang sih gambar Bank, dan budaya dan pemandangan Indonesia pemberian kantor hubby

  3. satu lagi Om… kalender untuk sarana kampanye .. berhubung di Jogja bentar lagi ada pilkada wah… saya sempat dapet kalender yang secara implisit alias terselubung berisi kampanye… karena belum juga dpt kalender lain.. terpaksa deh saya pasang di rumah.. tp saya tutup gambarnya… hehehe… bgitu dapet kalender lain dari BNI (yg gambarnya pemandangan2) saya copot deh kalender kampanye itu…

  4. Dirumah kami dua guru lajang yang cantik ini, kalender yg ketempel di sterofoam di ruang belajar yaitu satu2nya kalender yg kita punya om. Selembar kertas ukuran folio berprint kalender akademik! Yoi! Lengkap dgn jadwal pelajaran.
    Kalo di rumah ibu, juga satu2nya yaitu poster kalendernya salah satu calon gubernur selanjutnya.Yang kita semua sama2 gak gitu ngeh itu si bakal calon teh siapa?

  5. jadi ingat zaman masih ngantor dulu. dulu tiap tahun bagian grafis dapat tugas bikin kalender. yg menarik adalah ketika suatu kali si tukang grafis ini salah masukin tanggal. jadi ada tanggal yg angkanya sama dalam 1 bulan.😛

  6. Yang terakhir saya dapat kaleder dengan gambar wajah sendiri ketika ikut diklat di sebuah lembaga. Tukang fotonya mengambil gambar masing-masing peserta diklat kemudian pada acara penutupan diberikan kalender dengan foto diri sendiri sebagai salah satu kenang-kenangan dalam diklat tsb

  7. Dibaah sana ada kalender kiriman dari Pusat Polisi Militer dan gak ada produk apapun kecuali kegiatan polisi militer

    Di atas sini ada kalender muslim juga tak ada produk yang dijual oom

    Salam hangat dari Surabaya

  8. Mana lembaran kalender meja bulan Juli 2011 sebuah perusahaan itu, Om? Penasaran, seperti apa gayanya… apakah masih eleykhan dengan gaya sedakepnya? hahaha…😀

    Om, beberapa tahun belakangan, saya yang mengurusi kalender kampus yang di Curup; mulai mendesain sampai mencetaknya. Oleh karenanya, saya punya otoritas mutlak dong untuk memuat foto saya di salah satu halamannya… hahaha… eleykhan kan Om…?😀

  9. pingin ikutan liat kalender yg bulan juli 2011 dong Mas Enha🙂
    mestinya dgn gaya eylekhant nya yaaaa……..

    dirumahku juga kalendernya ada gambar produk, gambar pesawat dan airportnya …hahahha…. ( khan dpt gratisan gituh Mas)😀😀
    salam

  10. kalo di kantor gak pernah punya kalender saya om. ngeliatnya dari microsoft outlook aja.😀

    kalo di rumah yah paling kalender2 yang dikirimin agen asuransi. yang berupa magnet, nempel di kulkas.😀

    saya gak pernah suka ama kalender yang nempel di dinding. dulu sih kadang masih pake kalender meja kalo dapet dari kantor. tapi sejak disini gak pernah dapet kalender, jadi ya itu pake yang magnet aja.😀

  11. *curiga kalimat terakhir*
    huahahhahahahaha…
    as always: cara narsis yang eylekhaan sekali oom🙂

    oh iya gambar kalender rumah lagi produk bank gitu, terus kalo di rumah kontrakan di Jogja: gak punya kalender *sigh*

  12. bener tuh Om, klo aQ mah di kantor, kalnder smwnya mau yg dinding dan meja smwnya kalnder yg nmr 1 ituh.. display produk.. smw kalnder dr klien.. hahahaha, tp kaldner yg d rmhQ..ooo jgn di tanya, brhbung smw org rmh narsis, jd klnder rmh foto2 klwrga dunk.. wkwkwkwk

  13. Kalenderku yang tiap hari dirobek Oom, jadi kalau lupa ngrobek ya tanggalnya itu2 terus, hahhaha… *ini jaman kapan yhaaaaaaaa…*

    bener banget Oom, kalender sebagai media beriklan, terbukti dengan hari gini kantor udah kebanjiran pesanan kalender dari klien…. boseeeeeeeeennnnn… ngerjain tulisan basa basi di tiap halaman n ngecek jajaran angka.. hehehhe…

    salam sayang Oom…

  14. kalender di rumah pemberian dari klien Om, isinya produk2 tentunya. kalender di meja kerja dari bank, yaa…penampilannya cuma begitu2 aja hihihi… tapi karena kantorku punya working calendar sendiri, jadi si kalender itu yg sering dilihat..

  15. Di kantor kami, kalender favorit adalah kalender yg angkanya besar2 di tempel di dinding, kertas putih, gada gambar, angka semua biar gampang….

    banyak kalender keren lainnya tp tetep kalender yg satu itu yg favorit
    biasanya dari rekanan percetakan🙂

  16. dikostku gg ada kalender sama sekali😦 kadang jadi suka bingung tanggal klo udah kebanyakan tidur😛
    tapi ak seneng kalender yang dirumah, modelnya pegang hape, jadi suka ngeliatan sambil ngebayangin hape ini bagus gg ya😀

  17. Kantor saya dulu tiap tahun dapat job bikin kalender dr perusahaan besar om….biasanya pertengahan tahun dah mulai sibuk…..trnyata ribet yach bikin kalender, harus bolak balik ke direksi untuk memastikan designya udah ok apa belum….

    hiks di meja kerja saya ngga ada kelender th 2011 nech om….jadi kadang saya suka lupa hari….untung ada hape yang mengingatkan skrang tgl berapa….

  18. halo semuaa😀
    lama nih kagak nimbrung disini, sekedar info & promo, kita masih buka ruang toko online gratis. Ditambah lagi space banner untuk promo produk/ jasa anda melalui website kami di http://www.hajarabis.com

    sukses selalu!!

    saya juga secara pribadi lebih prefer yang pemandangan alam sih🙂

  19. Aku paling ngeh melihat kalender yang ada gambar model cewek yang menampilkan gambar BuPaTi dan SekWilDa nya. Dikira saya tidak punya apa😈

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  20. Kalau di kantor saya kalendernya rata-rata dari bank, soalnya mitra kerjanya kan bank sama kantor pemerintah, yang sering bagi2 kalender ya bank..
    di rumah juga kalendernya dari bank, soalnya dulu dikasih waktu magang di kantor pusat😀

  21. Karena saya sebenarnya memiliki bibit narsis yang cukup akut, maka saya sempat membuat kalender sendiri, tentu saja Sabila sebagai korban* ( baca = model ) nya. Jadi, selain lebih hemat juga salah satu cara mengungkapkan perasaan bahwa saya menyayangi putri tunggal saya. Dan kalau mengingat salah satu dialog dengan Genduk, kalender buatan sendiri memberikan peluang untuk memberikan warna merah sebanyak yang kita mau, artinya banyak hari libur yang bisa kacau bila diakurkan dengan kalender nasional. Hahahah…..ide terakhir hanya ada di dialog Pa’e dan Genduk saja. Jangan ditiru dengan atau tanpa bimbingan ahlinya.🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s