Diposkan pada INSPIRING PERSON, TRAINER ABG, TRAINER KECIL

JABATAN ABADI


 

Ini Apa maksudnya … ???

Begini … Dulu … ketika kita sekolah atau kuliah, pasti ada teman-teman yang menjadi pengurus kelas.  Ada Ketua kelas, Sekretaris, Bendahara dan sebagainya.  Entah itu dipilih oleh Guru atau dipilih voting secara demokratis oleh seluruh teman sekelas.

 

Lalu mengapa aku namakan Jabatan Abadi.  Karena sepanjang Trainer ini sekolah dan juga  Kuliah … ada dua orang yang sempat aku catat mempunyai predikat dan memangku jabatan abadi sepanjang tahun … sepanjang masa.  (maaf … agak lebay)

 

Sosok #1 : namanya Ng Hui Ling …

Seorang wanita.  Temanku sewaktu SD dan juga SMP (1975-1979)… kami semua satu angkatan, 35 an siswa … relatif mempunyai SD dan SMP yang sama, di yayasan yang sama, dilokasi yang sama.  Hui Ling selalu memangku jabatan sebagai Sekretaris kelas.

 

Why ???

Karena tulisannya bagus dan sanggup menulis dengan cepat sekali.  (Padahal pakai tangan kiri lho …)(hehehhe … ya Hui Ling itu kidal).  Dulu sering sekali dia menulis catatan di papan tulis … disuruh oleh pak Guru … Masih Pakai Kapur Tulis putih itu …

 

Dan mau tau tingkahnya … ??? kadang jika dia tidak puas dengan hasil tulisannya di papan tulis … dia menghapus … kemudian menulis lagi … Kurang rapi … hapus lagi … dan tulis lagi.   Tetapi meskipun begitu … aku tetap ketinggalan terus jika mencatat … arrggghh. Trainer kecil dulu lamban menulis …  Dan yang lebih hebat lagi … dia masih juga sempat mencatat pelajaran itu … di buku catatannya sendiri … (aaarrgghhh cepet bener ini anak nulisnya). Cekatan sekali … bak kancil betina …

Itu lah Hui Ling … Sekretaris Abadi … jaman aku SD dan SMP

 

Sosok #2 : namanya Ismiyatun

Juga seorang wanita.  Berjilbab.  Ini teman sekelasku jaman aku kuliah di Bogor (1983-1987).  Jabatan Mbak Ismi adalah … Bendahara Abadi … (ya … setiap tahun terpilih sebagai Bendahara Kelas).  (Sampai kami lulus).  Bukan hanya bendahara kelas … tetapi juga jika ada perayaan, kegiatan kampus dan yang sejenisnya … Mbak Ismi selalu menjadi pilihan nomer satu kami, untuk menduduki kursi Bendahara.

 

Orangnya rapi … cermat … pandai berhitung … tegas tapi ramah … (terutama dalam menagih iuran).   Mbak Ismi jauh dari kesan seorang Debt kolektor yang cerewet, kejam dan jutek … dia sama sekali bukan tipe seperti itu … Tapi justru karena sikap baik, tegas dan ramahnya itulah yang membuat kami semakin hormat pada dia.  Dia pun tau bagaimana menyikapi keragaman kami sekelas … yang berasal dari berbagai kalangan dan strata sosial ekonomi itu.  (juga beragam isi kantong tentunya)

 

Dan satu lagi … yang membuat kami mempercayakan Jabatan berat ini pada dia.  Dia orangnya ”Amanah” … Jujur … selalu menjaga dana publik ini dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

Itulah orang-orang yang pernah aku kenal … dan selalu menjadi andalan kami sekelas untuk memangku JABATAN masing-masing.  Sebuah JABATAN ABADI, karena keistimewaannya masing-masing … !!!

 

Mereka dipilih … sama sekali bukan atas kehendak mereka … Mereka dipilih atas kehendak teman-teman seluruh kelas … karena kemampuannya …

 

Dan mereka melakukannya dengan sukarela dan penuh tanggung jawab …

Untuk kita semua … para teman-temannya.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

27 tanggapan untuk “JABATAN ABADI

  1. Ah, andai Ng Hui Ling dan Ismiyatun membaca atulisan ini, kira-kira apa yang tersirat di benaknya ya… Barangkali bibirnya tersungging senyum haru.

    Lalu, kira-kira jabatan abadi apa yang Pak NH jabat sepanjang masa, Pak NH? 😀

    nh18 to Mas Dan
    I hope so Mas Dan …
    Kadang kita suka lupa pada jasa mereka
    Aku ? Jabatan Abadiku ?
    Mmm ndak ada …
    Tapi yang sering sih …
    Seksi Acara, Seksi Kesenian atau …
    Dokumentasi …
    (hahaha)

  2. Kalo It’smevandekray gimana Om? (nama agak nyerempet dikit seh karena depannya is me). hua hua hua….
    Jabatan abadi cocoknya diberikan kepada sorang owner perusahaan. Bukan begitu bukan? (Bukaaaaaaaaaaaaaaaaan).
    Jabatan terlama saya adalah Announcer…lumayan 15 Tahun. baru tahun ini Off nyablak…(Penyiar juga Jabatan tooooh)…lihat deh KTP guwe Om…..

    nh18 to Pak De Van Dekray
    huahahaha …
    Mbak Ismi nanti marah lho Pak …

  3. memang bnyk orang punya
    keahlian khusus di bidang tertentu
    sehingga wajar diberi kprcayaan memegang jabatan abadi
    kl jabatan abadi sprt itu sih wajar2 saja
    asal jangan sprti Fidel Castro, Marcos, Harto,
    dll, yang tak pernah ingin berhenti dari jabatannya 😉

    nh18 to Bro Agus
    Hehehe
    Nooo comments …
    (desi.ratna.sari.com)

  4. Truss jabatan abadi yg punya blog apa nih??

    nh18 to Kucing
    Who ? Me ?
    mmm aku mah ganti-ganti
    Tapi yang sering adalah …
    Seksi Acara, Seksi Kesenian atau Seksi Dokumentasi
    (baik dokumentasi resmi maupun yang tidak )
    🙂

  5. Wah, jabatan abadiku tukang bikin ketawa ha…ha…ha… biarpun garing tetep aja ketawa ha…ha…ha… soale kalo pada gak ketawa gak enak ma akunya ha…ha…ha… hush!!! Mingkem!

    nh18 to choco …
    udah keliatan dari blognya bu …
    udah keliatan bener …
    Ini aku bilangnya …
    The Cheer Leaders of the Class

  6. Aku selalu jadi Ketua Kelas! 🙂
    Tapi juru tulis juga..

    Ketua kelas karena aku paling ditakutin *setan kali! hihihi* sama seluruh temen-temen satu kelas.
    Juru tulis seperti Hui Ling karena tulisanku indah menawan hati!

    huehehe… gubrak gubrak deh! 😀

    nh18 to Lala …
    Huahahah …
    Iya La …
    Aku ber – gubrak ria …

  7. Huhauhauhau..sama tuh yessy kayak Lala…selalu jadi ketua kelas…kenapa ya?

    bukan karena bijaksana dan tegasnya pasti..
    mungkin karena galaknya…iya tuh Om..karena galaknya! huahuahauhua

    nh18 to Yessy …
    Yessy ? Galak ?
    Ah keknya enggak deh …
    Judes … iya …
    (maap.yes)

  8. wew masih inget aja pak sama temen SD hehehe

    ebat euy 🙂 , masih kontek2 kan gak?

    nh18 to septa smile ..
    masih …
    baru aja kemaren kita reunian
    (and yes …
    itu reuni pertama setelah 30 tahun)

  9. sama spt si Kucai laskar pelangi y pak. Yg selalu jd ketua kelas. 🙂

    jd inget jmn SMP, kalo ada tgs kelompok mk sy yg didaulat tuk menulis hasilnya. Alasan teman2, coz tulisan sy yg paling ‘mendingan’ dibanding temen laki2 yg lain. Argghhh… Pasrah.

    nh18 to yodama
    hahaha
    terimalah nasibmu nak …

  10. Untuk milih wakil rakyat..bisa ga ya kita milih karena kita tau bagaimana kualitas mereka..bukan seperti sekarang ini di tiap tiang, pohon, pagar tembok, baliho..terpampang berbagai gambar yang menawarkan diri untuk dipilih…tanpa kita tau bagaimana kualitas mereka..
    Bang Trainer…ada sara mesti milih siapa pas 9 april nanti? karena terus terang aku sama sekali ga tau mesti milih siapa, walau tau milih partai mana..(karena udah cinta buta ama PKS )

    nh18 to dewi
    Cara ?
    Mmmm … ikuti kata hati
    udah itu aja
    (aku juga bingung mau milih sapa …
    hawong ndak kenal semua)

  11. pak..bukan mo nyama-2 in mbak’Ismi loh..
    aku kok dr SMP-SMA-Mhsw-IRT…masih loh Pak..

    (sekarang aku bendahara RW di link perumahan…xixixi…)

    nh18 to ibu emma
    sudah keliatan dari sini bu …
    aku tau pasti ibu ini orangnya amanah dan bisa diandalkan …
    (trainer.sok.tau)(tapi banyak benernya …)(hahahaha)

  12. hihihi.. iya ya.. bener, ada beberapa orang yang (entah ikhlas atau nggak) kerap memangku jabatan abadi.. saya sih beda-beda, sengaja, enak toh mencoba hal-hal baru? ^^

    salam kenal oom.. =)

    nh18 to azka
    salam kenal juga
    makasih sudah datang kesini

  13. kata guru mengaji saya jabatan abadi itu “almarhum dan almarhumah” karena setelah itu tiada lagi jabatan 🙂

    bener gak kang?

    nh18 to Rindu
    Bener … bener banget
    Ah De’ apa kabar ?

  14. Saya salut sama Ng Hui Ling, sekretaris kelas, karena pernah jadi sekretaris sekali saja. Catatan pribadi saya selalu terbengkalai Om. Apakah dia masih saudara dari suaminya Maya Sutoro – Ng ya Om??…. 🙂 Thanks

    nh18 to mbak yulism
    hehehe
    keknya bukan deh ..
    tapi nggak tau juga …

  15. hmmm, jadi memang benar ya ada jabatan abadi
    jd inget temen saya yg gelarnya perkap abadi
    gara2 di kepanitiaan apapun, dia hampir selalu terposisi sebagai sie perlengkapan 😆

    nh18 to wenny
    ya … begitulah Wen ..
    Apa kabar Wen ?

  16. aku?
    sekretaris la yau (padahal paling benci kerjaan sekretaris.
    Kalo acara pentas seni, seksi lampu (lighting…cieee)
    EM

    nh18 to EM
    hahahaha …
    sekretaris merangkap koordinartor bidang umum ya EM
    (sepertinya kamu bisa melakukan semua pekerjaan …
    wonder woman kan ?)
    Hihihihi

  17. aku?
    kayaknya sama dg ikkyu_san; sekretaris!
    gara2 kemampuan mengetikku di atas rata2 teman2 selama di pesantren, jadilah setiap ada kegiatan, jabatan abadi sekretaris itu selalu dilekatkan pada diriku… karena keseringan, aku pernah bermimpi; mudah2an aku bisa jadi sekjen pbb, gak ada hubungannya kan? hehehe… 🙂

    salam pak, nice vacation ya…!

    nh18 to Uda Vizon
    Ya uda ..
    Alhamdulillah …
    Uda jadi sekretaris … hhmm asik juga tuh …
    Sek Jen ..?? Why Not …??

  18. bisa jadi jabatan abadi gituh, karena dipercaya kali..

    btw, untungnya masih jaman dulu.. jadinya ga kena masa periode maksimal 2 kali.. 😀

    nh18 to Kang Billy
    Waktu jabatan “seumur hidup”
    lagi nge trend kang …
    hihihihii

  19. Sekarang kira-kira Ibu Ng Hui Ling dan Ibu Ismiyatun profesinya apa Pak?

    nh18 to Yoyo …
    Mmm …
    Huiling di bursa mata uang.
    Kalau Mbak Ismi … aku tidak tau …

    Salam saya Yo

  20. seandainya saja para petinggi negara yang keukeuh sumekeuh ga mau lengser sifat dan sikapnya seperti 2 teman om diatas, pasti rakyat dengan suka rela tetap mendukung dan tidak melengserkan mreka…..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s