Diposkan pada HEADLINE NEWS

CADDY


Profesi ini tiba-tiba saja mencuat.  Banyak orang membicarakan.  Banyak media membahasnya.  Caddy adalah orang yang membantu seorang pemain Golf … membawakan peralatan Golfnya … seperangkat kantung besar … berisi stick-stick wood dan steel … bola … handuk … juga mencatat score card.

 

Orang tuaku tinggal di Patal Senayan …

Tidak jauh dari rumahku ada Lapangan Golf : Senayan Golf Course …

Waktu aku kecil dan remaja dulu … banyak tetangga disekitar tempat aku tinggal yang berprofesi sebagai Caddy … sebut saja namanya Bang Udin, Leman, Bang Madih dan sebagainya …

Tidak jarang dari mereka yang sedikit-sedikit mengumpulkan modal dan kemudian membuka toko peralatan golf … entah yang “second” maupun yang baru …

Lihat saja di sepanjang jalan Patal Senayan, anda pasti akan mudah menemukan toko-toko ini.  Alat-alat golf ini biasanya mereka dapat dari para expatriate yang pulang kembali ke negaranya tetapi tidak membawa serta stick golfnya karena repot …

… So peralatan ini di lego dengan harga murah … untuk dijual kembali oleh Caddy tersebut kepada pegolf pemula yang membutuhkannya.   (Bahkan tidak jarang jika si Expat dekat dan senang dengan Caddynya … banyak caddy yang beruntung,  Seperangkat Stick itu diberikan begitu saja oleh pemiliknya secara gratis sebagai tanda mata atau hadiah …). 

Caddy juga tidak jarang menjadi sparing partner … lawan main si pemain golfnya …

Aku masih ingat bagaimana tetangga-tetangga ku itu … berlatih di pekarangan rumahnya putting memasukkan bola di hole tanah yang di gali …  Juga mengayun-ayun stick golf bekasnya.

Caddy kadang juga berfungsi sebagai konsultan lapangan sang pegolf  … karena mereka mengetahui benar seluk-beluk lika liku lapangan itu … dari Hole 1 sampai Hole 18 … Pakai stick nomer berapa … sudut memukul … arah angin … letak pohon dan sebagainya.  Mereka tahu betul situasi lapangannya … hawong mereka setiap hari ada disana …

 

Dan asal tau saja … yang pernah aku baca … banyak Pemain Golf tingkat Nasional di Negeri ini … yang memulai karirnya justru sebagai Caddy …  Jadi mereka berlatihnya adalah saat menjadi sparing partner, bermain bersama Bos-bos pegolf yang menyewa jasanya.

 

Namun kini …

Entah kapan mulainya … Entah siapa yang memulainya …

Caddy-caddy tersebut sudah ”agak” berubah … baik performa maupun fungsinya …

Caddy sudah tidak lagi sekedar membawakan stick golf, mencatat score, konsultan lapangan dan menjadi sparing partner bagi sang Pegolf …

Caddy-caddy profesional berkulit hitam, tegap, trampil dan cekatan macam Leman, Bang Udin dan kawan-kawan … dibanyak tempat sekarang sudah berganti wajah menjadi wanita nan cantik, putih, wangi … gemulai … semampai … bening … (dan aku tidak tau apa mereka bisa bermain golf atau tidak …)

 

Kebutuhan para pegolf sudah agak berubah rupanya …

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

37 tanggapan untuk “CADDY

  1. ada yg memulai menggeser posisi sebenarnya
    dan inilah yg menyebabkan kasus perselingkuhan bermunculan

    apalagi caddy kalo lihat saya
    tahu single kali ya Pak 😀

  2. Terinspirasi sama Rani ya Om? 😉

    Saya juga sempat heran waktu semalem nonton acara yg membahas topik yg sedang panas di tanah air di salah satu tipi swasta. Ada yg nyebut-2 Caddy Plus2.. wah ada plus-nya juga ya jadi caddy 😀

  3. aku heran om, belakangan liat caddy kok cantik cantik….kok bisa ya?? bisa ternyata. Karena Golf bukan cuma sarana olahraga saja ternyata..tapi juga tempat transaksi bisnis.

  4. Hehehe.. Caddy jadi profesi yang dibicarakan belakangan ini. Mungkin nggak hanya caddy, om.. masih banyak kok.. profesi yang dengan 2 pengertian itu..

  5. tujuan golf itu sendiri apa? kalau untuk olahraga dan penguasaan lapangan, caddy semacam Leman dan Bang Udin jelas lebih dibutuhkan.
    Salam kenal bang

  6. Setuju sama Puak, Om.. Banyak profesi yang bisa alih-fungsi… Keluar dari jobdesc-nya lalu cari penghasilan tambahan…
    *komentar dari orang yang barusan denger cerita soal panti pijet refleksi yang ngasih ‘fasilitas tambahan’!*
    Dunia makin edan, Om….

  7. ya pergeseran ini adalah karena efek dari emansipasi wanita dimana bahwa wanita bisa bekerja dimana saja dengan kondisi dan tempat manapun…..

    tapi terkadang kita lupa bahwa ada beberapa tempat yang “rawan” terjadinya perselingkuhan dan pelecehan

    selain itu juga karena kemilau harta sangat berperan

  8. Om Jaman sekarang emang banyak sekali profesi yg multifungsi ya, dari golf, billiar, sales, ampe asisten…bisa positif maupun negatif…Dunia om….

  9. Kan buat mengalihkan perhatian rekan bisnis Om, biar dealingnya cepat n tanda tangan gak pake mikir ribet, coz lagi ditemenin sama Mb’ Caddy yang pinter ng-entertain ..
    hhaaa …

  10. aku dulu magang di golf om, jadi ya sedikit tahu caddy dari situ. emang cuuuantik cantik, seksi, putih, wangi, n…………banyak yang kemayu (kalo dari pengamatanku).

  11. ooooh caddynya ganti nama jadi candy ya?
    hehehe

    Mas, yang aku tertarik ingin tahu juga tentang Umbrella Girl tuh. Nanti mau tanya Mas Nug tuh apa sih fungsinya dia di race begitu? Bukannya adem dipayungi malah jadi panas gimana dong hehehehe.

    Berikutnya ttg SPG dong mas ;))
    (atau backing vokal juga boleh deh )

    EM

    EM

  12. hah… perempuan… semaju apapun zamannya, tetap saja jadi jajahan pria… kok mau2nya sih perempuan dijadikan umpan bagi segala kepentingan pria..?
    miris melihatnya…

    satu lagi, agaknya petuah nenek moyang kita sudah mulai dilupakan: “gara2 nila setitik, rusak susu sebelangan”

    salam saya pak

  13. hehehe…gara-gara Rani, temen2 dikantor ku yang hobi golf pada di wanti-wanti ama isterinya..
    Isteri: “Awas ya kalo macam-macam sama caddy golfnya” Teman: “Caddy di tempat saya maen golf pada ngga pake BH lho, mam…”
    Isteri (makin blingsatan): “Apa kamu bilang????”
    Teman: “Lha iyalah pada ngga pake BH, wong caddynya cowok semua!!!”
    wakakaka…….

  14. Hehehe…saya juga baru tahu setelah ribut2 caddy ini…kupikir tadinya yang jadi caddy adalah yang tenaganya kuat…lha pegang tangkai golf satu aja berat je.

  15. tidak semau cddy bgtu..ksian sm yang bnr2 m’ngedy di lapangan…apalg klo udh ngadepin plyer yg hdung blang,galak..tip tak berarti yang ada bathin dan hlang hrga diri..tlong tinjau kmbli profesi ini scra positif..bwt rani yang sbar ya pstinya jg tabah..ini cobaan..true caddy

  16. Lagi banyak yang membicarakan Caddy,
    jadi inget ‘caddy’ yang lain yaitu si Caddy (nama anjing kesayangan keluarga kami) yang mati karena udah tua tahun lalu… hiks…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s