O TANO BATAK


.

Tanah Batak terkenal sebagai gudangnya penyanyi-penyanyi kenamaan.  Tanah Batak juga terkenal sebagai pusatnya pencipta-pencipta lagu terkenal.

Ciri khas masyarakat Batak yang to the point … spontan, terbuka … apa adanya …  Membuat mereka sebagian besar menjadi orang yang tidak malu-malu mencurahkan isi hatinya dan mengeluarkan suaranya.  Dan ini adalah modal utama seseorang untuk menjadi penyanyi yang baik. 

Penyanyi-penyanyi dari Tanah Batak mempunyai ciri khas suara yang keras dengan power yang mantap dan Artikulasi yang jelas.

Namun demikian …
Disamping ciri khas yang spontan dan suara yang bertenaga …
Tanah Batak juga menyajikan sejuta kelembutan dan kesyahduan …

Salah satunya adalah tercermin melalui beberapa lagu-lagu daerahnya.  Yang tentu saja diciptakan oleh putra-putri daerah Batak.  Dan salah satu dari sekian banyak lagu Batak yang lembut tersebut adalah … O TANO BATAK

Saya suka sekali lagu ini …
Saya belajar lagu ini pertama kali ketika saya kuliah di Bogor dulu.  Tahun 80-an akhir.  Saya diajari oleh seorang  Teman sesama Mahasiswa yang memang berasal dari Sumatera Utara.  Waktu itu kita ada pagelaran dalam rangka hari sumpah pemuda … dan salah satu lagu yang diperdengarkan adalah O Tano Batak ini … Langsung saat itu saya jatuh cinta dengan lagu tersebut. 

Saya tidak tau arti harfiah … kata per kata dari syair lagu ini …
Namun dari jalinan melodinya … Yang saya rasakan adalah … Lagu ini penuh nada-nada kerinduan yang dibalut kebanggaan akan tanah kelahiran.  Menurut beberapa catatan yang saya cari di Google … Lagu ini diciptakan oleh S Dis.

Dan inilah lagu tersebut …
Saya persembahkan untuk seluruh teman-teman semua …
Terutama yang berasal dari Sumatera Utara.
Mohon dimaafkan jika sekiranya ada nada-nada yang kurang pas … dan tidak sesuai dengan lagu aslinya.

As usual …
This is not for commercials

O TANO BATAK by nh18

.

.

.

55 thoughts on “O TANO BATAK

  1. Wihiiii…. satu lagi postingan keren yang bisa dibuka hari ini… hehehe…
    Pa kabar, Om NH?
    Sip… sip… sore-sore sehabis hujan gini mendengarkan alunan merdu karya Om NH, pasti ajib… ^_^

  2. Saya kalo dengar lagu ini pasti langsung kangen kampung.. meskipun saya orang Batak gadungan, xixixi.. lahirnya di kampung orang..

    Kalo lagu ini diputar, biasanya pada berdiri dan menyanyi dengan penuh perasaan Om..

  3. Hmmm…saya sendiri sebenarnya orang batak om, cuma durhaka..wkakakkakaka…sudah men-jawakan diri! kenal lagu ini pas kuliah juga, latian nyanyi di paduan suara kampus kita, agriaswara itu lho…wkakkakakak… Ah, kangen saat2 itu…🙂

  4. Hueheheee….
    Saya paling suka kalau sudah mudik. Soalnya pasti akan sering dengar orang batak menyanyi. Suara mereka khas, apalagi kalau yang nyanyi orang Toba. Luar biasa! Saya akan bilang, gile suaranya batak bener! Di La Piazza wkt itu ada grup band akustik gitu, dari awal mereka bernyanyi (lagu barat) saya sudah tahu ini pasti orang batak. Hanya orbat yang punya suara se-khas itu🙂.

    Papi saya juga suaranya bagus, tp tidak terlalu ‘batak’. Saya menduga latar belakang bernyanyi juga mempengaruhi karakter vokal. Spt mgkn waktu remaja sering nyanyi di gereja atau nyanyi vokal grup dgn teman2, itu jelas beda dgn vokal yang sering berlatih dari karaoke. Abang saya juga suaranya bagus Om, tapi tidak ada ‘batak’-2 nya hahahaa..mgkn karena udah campuran :p.

    Kalau saya…..? Suara saya jelek kalau nyanyi hahahhaa….

  5. kok aku merinding ya…….

    O.. tanoo batakkkk haholongankuuuuuuu

    walau bukan batak toba.. tapi aku tau betul lagu itu….

    Walau lagunya O tano Batak.. tapi merasakan lagu itu adalah Lagu berjudul O..tanah Indonesiaku

    1. Benar Bu Lely …
      Saya yang orang Jawa saja merinding kok mendengarkan lagu ini dinyanyikan dengan penuh perasaan oleh Teman-teman saya yang dari Batak …

      Salam saya Bu

  6. Alhamdulillah saya sudah nyambangi sahabat-sahat di Tano Batak oom
    Saya mengenal dan pernah menyanyikan lagu Batak misalnya Situmorang, alusia, Tilo-Tilo
    terima kasih sajian khasnya

    salam hangat dari Surabaya

  7. yg pintar nyanyi biasanya dari tapanuli Utara krn mungkin biasa paduan suara di gereja, aku dari TapSel langsung aja ngaku nggak bisa nyanyi daripada ditodong pakde karaoke di kopdar 2014 he..he…

    o Tano Batak haholonganku, oh Tanah Batak kecintaanku

    akupun selalu berkaca2 kalau mendengar ini
    walaupun lahir dan besar di rantau orang, pulang ke kampung sudah lebih dari 15 tahun lalu

    o Tano Batak andigan sahat, oh tanah Batak kapan lagi bisa kujumpai

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s