KISTA ATEROMA


.

Ini tentang anak Sulung saya …

Ketika dia duduk di bangku Madrasah Aliyah kelas 12 (atau kelas 3 SMU), tukang cukur langganannya pernah berkata pada Sulung, saat dia potong rambut :

Mas … ini apaan nih … Kok ada benjolan di leher nih ?

Penemuan tukang cukur tersebut langsung dilaporkan pada kami.  Ya ternyata memang di bagian belakang leher si Sulung, tepatnya di tengkuknya … memang ada benjolan kecil.  Kami pikir ini mungkin bisul atau jerawat nih.  Si sulung berkata … benjolan ini tidak begitu mengganggu.  Tidak pusing, tidak perih, tidak sakit.  Hanya kadang kalau tidur saja suka sedikit mengganjal.

Kami diamkan saja waktu itu …

Namun, lama kelamaan … kami melihat kok benjolan ini semakin hari semakin membesar.  Ketika kami raba besarnya hampir sebesar kelereng.  Kami kuatir …  (mulai parno sodara-sodara).  Akhirnya minggu lalu si Sulung memeriksakan benjolan tersebut ke dokter.  Mulanya ke dokter umum, lalu dirujuk ke dokter spesialis bedah.

Dan dari dokter spesialis bedah inilah kami mendapat dua patah kata … hasil diagnosis penyakit yang diderita si Sulung.  Yaitu KISTA ATEROMA

.. dan ini Tidak Berbahaya … (Alhamdulillah … kami lega mendengarnya).  Jujur … terus terang saja … di fikiran kami sempat berseliweran nama-nama penyakit yang menciutkan hati awam kami.  Anda tau maksud saya kan ?

Tapi sekali lagi Puji Syukur, penyakit ini … menurut dokter … umum terjadi.  Bahkan beliau pun menganalogikan  … bahwa Ini hukumnya “Sunat”.  Artinya dioperasi bagus.  Nggak dioperasi juga tidak apa-apa.

Tentu saja kami memutuskan untuk dioperasi saja … biar tuntas.

.

Selasa, 13 Agustus 2013
Si Tyo dioperasi.  Jam 15.00 masuk kamar operasi.  Sekitar jam 20.00 dia sudah boleh pulang.  Walaupun dia dibius total, namun kata Dokternya ini hanya operasi kecil saja.  Sehingga boleh pulang, tak perlu rawat inap.  Istilahnya … One Day Care.

Saya sempat ditunjukkan oleh dokter, bentuk Kista Ateroma yang telah diangkat dari tengkuk Mas Tyo …

Ini penampakannya … (mohon maaf bila ada sementara pembaca yang menjadi tidak nyaman karenanya)

Kista Ateroma

Setelah saya brosang-brosing kiri kanan … maka saya dapat info yang kurang lebih menerangkan bahwa, Kista Ateroma adalah benjolan yang berbentuk bulat, berdinding/berkapsul tipis.  Benjolan ini disebabkan karena penyumbatan pada muara kelenjar di bawah permukaan kulit kita.  (saya kurang begitu jelas … apakah ini kelenjar sebasea, keringat atau kelenjar yang lainnya)
(mungkin ada pembaca yang mengetahuinya … ?)

Tak putus-putusnya kami bersyukur bahwa benjolan yang ada di tengkuk Si Sulung bukan merupakan penyakit yang berbahaya.  Dan operasi pengangkatannya pun bisa dilakukan dengan lancar.  Saat ini Mas Tyo sudah beraktifitas kembali seperti biasa, sibuk menjadi panitia pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru di kampusnya.  Walaupun tengkuknya masih diperban tebal … karena ada empat jahitan disana, yang menunggu pemulihan.

.

So pelajarannya adalah …

Jika ada benjolan di permukaan kulit.  Segeralah berkonsultasi ke dokter yang ahli.
Agar segera diketahui apa penyakitnya dan tindakan apa yang harus dilakukan …

Semoga kita semua selalu diberi nikmat sehat …

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

60 thoughts on “KISTA ATEROMA

  1. Ketika masih ditengkuk, benjolan itu kalau dipencet lunak atau tetap bundeer, Om?
    (kalau teman saya dulu di pergelangan tangan, tapi lunak gitu, Om. Kista juga katanya).

    Syukurlah, karena tidak berbahaya. . .

  2. Syokur Alhamdulillah nanda sehat.
    Om, hal yang sama juga menimpa isteri saya. Saya tak tahu nama medisnya, kami hanya menyebutnya gondok.
    Itu ada di leher isteri saya. Mertua saya bialng:”Nggak apa-apa kok, saya juga dulu begitu”
    Sama dengan nanda, gondok itu makin lama makin membesar. Saya ingin benjolan di leher itu di operasi. Rupanya Ipung takut. Setiap saya ingatkan agar operasi dia selalu mbrabak, mau nangis. Itu terjadi ketika saya dinas di Palembang.

    Sampai akhirnya saya pindah ke Surabaya. Benjolan itu juga semakin membesar walaupun belum terlalu menyolok.
    Finallly, Komandan mengambil keputusan. Operasi harus dilaksanakan.Takut atau tidak takut harus dilibas. Operasi yang saya kasih nama :”Red Rose operation” itu dilakukan di sebuah rumah sakit di Jl. Raya Darmo.
    Alhamdulillah operasi berjalan lancar walaupun komandan tegang juga ha ha ha ha.

    Begitu Ipung siuman, saya lakukan test perdana yaitu uji suara :” Alo mom”, eh dia menjawab dengan suara normal :”Halo jugaaa”
    Sip, pita suara aman. Ini yang juga ditakutkan lho..

    Matur nuwun, maaf komennya kedawan.

    Salam hangat dari Surabaya

  3. Alhamdulillah sudah diambil tindakan ya, Om..Senang membacanya si sulung langsung bisa pulang setelah operasi. Walau tak ditulis secara eksplisit saya bisa membayangkan Om dan Ibu kuatir mendapati benjolan itu🙂

  4. Wah..sepertinya sama dengan benjolan di punggung suami saya. Beliau sudah pernah ke dokter dan karena dibilang tidak apa-apa, maka tidak dioperasi. Tapi akhir-akhir ini suami saya mulai mempertimbangkan untuk operasi karena kalau pengen garuk-garuk punggung jadi ga bebas karena ada benjolan tersebut….(heheheh..alasan yang mutu…kalau saya sendiri inginnya ya segera dioperasi).

    Terima kasih infonya Bang…buat bahan saya memotivasi suami biar segera dibersihkan.

    1. Iya Bu …
      Dokter bilang sih tidak apa-apa …
      tapi kalau saya supaya tidak mengganggu ya dibuang saja …

      semoga berhasil memotivasi ya Bu Dewi …

  5. alhamdulillah Mas Tyo udah selesai operasi ya pah
    pengen komen sama tulisan yang ini:

    “So pelajarannya adalah …

    Jika ada benjolan di permukaan kulit. Segeralah berkonsultasi ke dokter yang ahli.
    Agar segera diketahui apa penyakitnya dan tindakan apa yang harus dilakukan …”

    Benjolan kaya idung gitu gimana pah? *kemudian kabooooor*

    salam saya Pah :p

  6. Kista ateroma bisa tumbuh di lutut apa ngga ya Om, soalnya Fauzan ada benjolan di lututnya. Lunak dan katanya ngga sakit. Sudah lama sekali dan belum saya periksakan ke dokter.
    Duh, jadi parno …

  7. Kalau dileher biasanya kelenjar getah bening, kalau di tenggorokan itu kelenjar air liur / tiroid , terjadi benjolan seperti itu karena adanya pertumbuhan kelenjar yg abnormal, kami jual obat untk luka bekas operasianya biar cepet kering , dan bisa mencegah pertumbuhan kelenjar yg abnormal Rp. 175000 bisa dikirim dulu , SMS ke 081222902338/082235607838

    1. terima kasih infonya …
      BTW … no HP nya saya tayangkan juga ya …
      (sehingga segala resiko sebagai akibat dari ditayangkannya nomer tersebut sepenuhnya berada dipihak anda ya, terima kasih)

  8. Semoga Mas Tyo benar-benar pulih ya om pasca operasinya. Dileher saya juga ada benjolan kecil hanya sebesar jagung, krn tidak mengganggu dan tdk sakit juga ya dibiarkan saja. Cuma klo dipikirin jadi ya serem juga, makanya biarkan sajalah😀 .

  9. Memang harus tetap hati-hati…..lebih cepat diketahui hasilnya lebih baik, karena hati lebih tenang.
    Syukurlah benjolannya bukan penyakit yang gawat ya…semoga Tyo sudah sehat kembali.

  10. alhamdullillah , pu juga ikut bahagia operasi mas tyo lancar. Itu benjolannya seperti benjolan kelenjar getah bening ga om, karena azkiya ketika badannya tidak sehat suka muncul benjolan di leher belakang, tp ketika knds uda ok bisanya benjolan hilang. salam pu om…

  11. Alhamdulillah.. udah diambil tindakan n mas Tyo sehat2 aja. Ibu mertua saya jg ada nih Om, di bagian punggung atas, setiap kali benjolan itu nongol, saya takut, ngeri gitu ngeliatnya. Tapi sama Fatih, anak saya malah dipegang-pegang.
    Trus Ibu blum brani di eksekusi benjolan sebesar bakso itu. Padahal udah saya sarankan untuk ke rumah sakit.

  12. saya juga ada benjolan dulu di kepala. makin lama makin besar tapi pertumbuhann nya lama. seperti tahi lalat. Saran dokter sich di oprasi aja. Pas di oprasi kaga kerasa apa2 karena udah di bius, cuma saya masih bisa merasakan alat2 dokter motong benjolan di kepala saya…kres..kres..kresss…..
    Bekas jahitannya musti cepat2 di buka dan dibuang supaya nggak masuk kedalam daging bekas oprasi karena daging bekas oprasi, luka nya bakal nutup rapat lagi. Saya waktu itu ketelatan buka jahitannya gara2 sibuk kerja di Jakarta. Tapi sekarang udah di buka jahitannya dan benjolan nya sudah hilang.
    ww w.karsamudika,com
    ht tp://kunyitasammaniserika.blogspot.com/

    1. Saya tidak mendengar ada informasi tersebut dari Dokter …
      Yang saya dengar hanyalah bahwa … bekas benjolan tersebut kadang kala akan berisi cairan, dan itu normal.
      Begitu Mas …

  13. Alhamdulillah cepat dioperasi, tapi setelah peristiwa Bunda yang dioperasi beberapa bulan lalu entah kenapa kata operasi menjadi sedikit menakutkan buat Hani, Om….

    Om Hani malah jahat tuh suka nakut-nakutin kalau ponakannya bilang ada benjolan dikit saja bilang “harus operasi”

    Semoga luka bekas jahitan Mas Tyo cepet pulih,..

  14. Alamdulillah tidak berbahaya, operasi berjalan lancar, dan Mas Tyo udh bs beraktifitas lagi.

    Setuju bgt kl ada benjolan mendingan segera ke dokter, tapi kadang kita suka gak sadar, Om. Pengalaman pribadi, pas ke dokter kena teguran. Katanya kok bisa gak sadar kalo py benjolan sudah membesar hehe

  15. Saya juga mengalami seperti ini Om…
    Dan tiap kali potong rambut berasa nggak nyaman karena tukang potongnya selalu melambat ketika sampai pada area benjolan itu.
    Saya juga sempat konsultasi ke dokter, dan jawabannya pun mengatakan tidak berbahaya.
    Tapi namanya benjolan nggak pada tempatnya pastinya ya nggak enak kalau dibiarkan berlama2 karena meski lambat tapi membesar.
    Dan tanpa rencana, pas kebetulan ngantar anak saya yang berobat ke mantri (bukan dokter tapi dia pengalaman mendampingi dokter bedah), saya bilang kalau benjolan saya diambil aja.
    Dan nggak sampai 10 menit, 3 benjolan itu diambilnya.
    Prosesnya cepet sekali. Dibedah terus diangkat pakai semacam pinset.
    Isinya mirip jerawat, putih2 gitu. Dan paginya sudah rata seperti sedia kala dan hebatnya lagi bekas operasinya hampir2 nggak membekas.

  16. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan, memang tidak boleh dianggap sepele ya Om. Sebab, kita tidak memiliki pengetahuan cukup untuk itu. Takutnya, hal-hal yang kita anggap kecil, malah bisa berakibat besar. Mencari tahu tentang segala sesuatu itu memang perlu ya Om, agar kita tidak tersalah dalam bersikap..

    Saya turut senang jika Mas Tyo sudah bisa beraktifitas kembali. Jadi teringat deh kesibukan senior ketika menjadi panitia penerimaan mahasiswa baru.. Bangga-bangga gimanaaaa gitu, hehe..

    Salam saya buat Mas Tyo ya Om..

  17. Alhamdulillah ternyata lancar operasinya, langsung konsul ke dokter adalah langkah terbaik karena pada sebagian kasus justru benjolannya dipotong sendiri karena dianggap ukurannya kecil, ternyata malah berakibat fatal dan berubah menjadi tumor. Sukses untuk Mas Tyo🙂

  18. Kadang kita meremehkan hal kecil tapi ternyata berbahaya ya om. Orang awam menyangka bisul padahal kanker. Perlu segera diperiksa ke ahlinya untuk memastikan. Terima kasih sudah berbagi, om.

  19. Teman Rinda pernah juga yang kena benjolan di tengkuk. Sakit demam tinggi berhari-hari karena benjolan itu. Katanya ada hubungannya dengan kelenjar endokrin. Tapi Alhamdulillah nggak sampai operasi. Semoga kita semua senantiasa sehat wal afiat, jangan ada lagi sakit di atantara kita😀

  20. Alhamdulillah Mas Tyo gapapa, sy juga punya benjolan sejak tahun 2009 Om, sempat paranoid sih, alhamdulillah setiap cek up kata dokter tidak apa2

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s