Posted in VOLUNTEERING

KID 2 : TENTANG UPACARA


(Judul lengkapnya adalah Kelas Inspirasi Depok 2 : Tentang Upacara hari Senin)

Seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya, beberapa waktu yang lalu saya mendaftar kembali menjadi relawan pengajar di program Kelas Inspirasi.  Kali ini saya mengajar di SDN Depok 5.  Kondisi SDN Depok 5 bisa anda lihat di postingan ini.

Kini saatnya saya bercerita mengenai Hari Inspirasi.  The D Day.

20 Oktober 2014
Hari ini, hari Senin.  Sekaligus bertepatan dengan hari pelantikan Presiden Republik Indonesia dan dilanjutkan dengan perayaan syukuran Pesta Rakyat di sepanjang jalan protokol Jakarta.  Kami menyambut Presiden baru tersebut dengan cara kami sendiri, yaitu menjadi relawan pengajar di SDN Depok 5 ini. 🙂

Agenda pertama hari ini adalah … mengikuti apel upacara hari Senin.

Kisahnya kita mulai dari koridor ini.  Koridor tempat kami berdiri mengikuti upacara ! 🙂

KID9
koridor itu … (photo by @nh18)

Bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai negeri atau guru SD pasti upacara hari Senin adalah merupakan hal yang (sangat) biasa. Namun tidak bagi saya pribadi.  Hal ini adalah hal yang luar biasa.  Sebuah nostalgia yang manis.  Ada suatu masa dimana setiap hari Senin saya selalu menjadi petugas upacara di sekolah.  Sejak kelas 5 SD saya sudah menjadi petugas upacara.  Terus berlanjut sampai saya kelas 3 SMA.  Jabatan saya berganti-ganti.  Kadang sebagai komandan regu, komandan upacara, kadang pengerek bendera, pembaca Pancasila, pembaca Pembukaan UUD 45 sampai menjadi dirigen memimpin lagu Indonesia Raya.

Mengikuti upacara kemarin, bagaikan membuka kembali lembaran album kenangan ketika saya sekolah dulu.  Kami para relawan berdiri di depan, berjajar bersama para guru.  (Ya … di koridor itu tadi … )

Upacara6
para guru (photo by Frick, Kel 12, KID2)

 

Upacara4
Para Guru dan Relawan KI (photo by Frick, Kel 12 KID2)

Menurut pendapat saya, anak-anak SDN Depok 5 ini relatif tinggi disiplinnya. Ketika barisan disiapkan, satu dua kali para guru ada yang memberikan pengarahan kepada anak didiknya untuk menjaga ketertiban dan agar selalu khidmad mengikuti upacara. Dan anak-anak patuh (atau takut mungkin) 🙂

Ini foto persiapan mengikuti upacara

Upacara1
persiapan upacara (photo by @nh18)

Dan ini kurang lebih situasi ketika upacara …

Upacara2
berbaris rapi, yang terlambat menunggu di luar gerbang (photo by Frick, Kel 12, KID2)

 

Upacara3
pengibaran bendera (photo by Frick, Kel 12, KID2)

 

Upacara7
petugas pembaca pembukaan UUD 45 (photo by @nh18)

Sempat terjadi insiden. Ketika upacara tengah berlangsung. Komandan upacara, seorang siswi, tiba-tiba saja limbung.  Hal ini segera diketahui oleh salah seorang pemimpin kelas yang tepat berdiri di belakangnya.  Siswi tersebut pingsan hampir terjatuh, untung saja salah satu guru ada yang sigap, berlari, menangkap dan memapahnya ke ruang UKS.  Dan hebatnya, salah satu dari siswa petugas upacara ada yang segera bergegas menggantikan kedudukan siswi tersebut sebagai komandan upacara.  Upacara tetap diteruskan.  Dan dia memimpin upacara tersebut sampai selesai.  Saya salut.  Ternyata anak-anak memang sudah disiapkan untuk menghadapi segala sesuatu hal yang mungkin saja terjadi.  Mereka siaga dengan petugas pengganti.

Khusus pada upacara kali ini ada agenda tambahan, yaitu sambutan dari perwakilan relawan pengajar Kelas Inspirasi yang bertugas di SDN Depok 5 … (ihik … uhuk … )(nasib menjadi yang paling tua ya gini ini … )(hahaha)

Upacara5
(photo by Frick, Kel 12, KID 2)

Assalamu’alaikum warochmatullahi wabarokatuh …
Selamat pagi anak-anaaaakkkkk … !!!
Sudah sarapan semuaaaaaaa … ???

(and the fun time begin … !!!)

.

Salam saya,

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

.

Cerita masih akan terus berlanjut …
Postingan yang akan datang … kisahnya akan saya mulai dari gambar yang satu ini …
Perhatikan gadis kecil berbaju putih-putih …

Upacara8

.

eng ing eng … (halah)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

34 thoughts on “KID 2 : TENTANG UPACARA

    1. Setiap waktu bisa mendaftar Injul …
      Namun tempatnya berbeda-beda …ada jadwalnya sendiri-sendiri.
      Kita boleh memilih di kota mana kita akan mengajar. Tentu untuk alasan operasional kita pilih yang dekat dengan domisili kita
      Info lebih lanjut mungkin bisa dilihat di website resminya.
      http://www.kelasinspirasi.org

      Salam saya Injul

  1. Upcara bendera merupakan salah satu cara untuk menanamkan kecintaan dan kebanggaan kepada tanah air. Jangan sampai upacara seperti ini hilang atau dilaksanakan secara asal-asalan
    Mantap kegiatannya Om
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Td pas liat judulnya, aku pikir barengan sm tmn ku krn dia jg dpt yg di depok, tp ternyata bkn di SD ini hihihi

    Seru yah Om NH, saya segera menyusul hihihi

  3. Upacara bendera setiap Senin pagi ini banyak manfaatnya dalam menanamkan dasar-dasar disiplin dan cinta tanah air.
    Masih ada yang pingsang juga sekarang kalau upacara ya Om.

    1. Iya …
      Mungkin karena dia belum sarapan …
      Tapi beberapa saat kemudian … Yang bersangkutan sudah sehat kembali dan mengikuti program kelas inspirasi ini dengan gembira …
      Terima kasih telah berkenan datang dan berkomentar disini yaa …

  4. Menjadi petugas upacara? Selama SD, saya kerap diberi tugas tersebut, Om.. Tapi setelah di pesantren, tidak pernah lagi. Soalnya, upacara hanya dilakukan setahun sekali, hehe..

    Semakin asyik kegiatannya kayaknya..
    Jadi penasaran dengan anak perempuan berbaju putih-putih itu..🙂

  5. Baca postingan ini juga jadi inget masa-masa sekolah SD sampai SMA yang masih pake upacara. Jaman SD masih sering, cuma waktu SMP dan SMA selalu lari ke pasukan PASKI sekolah Om untuk jadi petugas.
    Penasaran sama si gadis berbaju putih itu deh..

  6. dasar om enha….pinter banget bikin orang jadi penasaran…hehehehe. Ayolah om…ada apa dengan si baju putih?? telat masuk sekolah terus dihukum yah? (orang kepo yang sok tahu…hehehehehe)

  7. Untung sekolah ini anak2nya cukup disiplin. Dan untung pengawas yang datang sidak bukan Om Nh, kalo Om Nh waduh … kayaknya biar debu sekalipun gak akan lepas dari pengamatan … detil sekali hehehe

  8. Untung sekolah ini anak2nya cukup disiplin. Dan untung pengawas yang datang sidak bukan Om Nh, kalo Om Nh waduh … kayaknya biar debu sekalipun gak akan lepas dari pengamatan … detil banget hehehe

  9. Jadi inegt jaman sekolah dulu. Sama Om, sering jadi petugas upacara dengan jabatan yang berganti-ganti, tapiiiiiii ada satu jabatan yang aku nggak berani ambil yaitu pengibar bendera, kenapa? takut benderanya kebalik hahaha🙂

  10. kangeeen upacaraaaa……saya jadi penasaran pengen denger sambutan dari perwakilan para relawan, uhuuuk :)…tapi bener Om, saya sempet mengajar anak-anak kursus bahasa Inggris waktu mengajar di LB-LIA…rasanya fuuuuun bangeeet dan seruuu abis…beneran, pulang ke Indonesia, semoga diberi kesempatan dan kesehatan untuk ikutan kelas inspirasi🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s