Posted in MASA KULIAH, TRAINER ABG

TRAINER DIUSIR


 

 

Kenangan jaman kuliah … Tahun 1982.

 

Trainer pernah diusir … !!! 

Dua kali bahkan … !!!

And believe it or not …

Diusir oleh Orang yang sama … Aku masih ingat … namanya Bdn … !!! 

Diusir dari tempat yang sama … yaitu dari Laboratorium Kimia

 

Pengusiran Pertama …

Aku tingkat satu … masih tingkat persiapan bersama.  Aku baru pertamakalinya menjalani praktikum di kuliahan ini.  Si Bdn, Asisten dosen yang menjaga Lab kimia itu mengusirku.

Alasannya karena aku tidak siap dengan catatan untuk melakukan percobaan hari itu.  (padahal hanya kurang satu dua hal saja tuh …).  (sungguh over acting bener Doktorandus Bdn itu …).  Ya sudah … aku terpaksa memperbaharui catatan praktikumku di luar Lab…

 

Pengusiran Kedua …

Juga masih tingkat satu …

Ujian Semesteran … Praktikum Kimia I … Yang jaga juga Doktorandus Bdn itu …

Aku dipanggil masuk ruang praktikum … deg-degan sudah tentu …

Ujiannya adalah menimbang suatu zat tertentu dalam tabung Erlenmeyer …

Baru tiga menit aku didepan timbangan  … aku sudah disuruh angkat kaki dari ruang praktikum itu … diusir keluar ruangan …

Entah bagaimana nasib nilaiku waktu itu … jeblok mungkin …

 

Apa pasal ??? kok aku diusir … ???

Rupanya setelah tanya kiri kanan… kepada teman-temanku yang telah selesai ujian praktikum … Rupanya aku melakukan kesalahan …

Prosedur pertama awal menimbang tidak aku lakukan …

Yaitu memeriksa ”tilt” atau kalibrasi keseimbangan posisi dari timbangan itu sendiri … Waktu itu aku langsung menimbang tanpa memperhatikan bahwa timbangan itu sengaja dibuat agak miring oleh Doktorandus Bdn itu … aaarrrgghhh …

Ya sudah aku pasrah saja … Sedih ??? itu sudah pasti … harga diri hancur berkeping.

 

Yang jelas … mulai saat itu …

Aku benci sekali dengan yang namanya KIMIA …

Aku benci sekali dengan yang namanya Doktorandus Bdn ….

(sok banget itu orang … !!!)

 

Alhamdulillah …

Tahun kedua … aku berhasil mengucapkan Good Bye Chemistry …

Aku berhasil masuk jurusan yang tidak ada KIMIA nya babar blasss …

Dan tentu saja … tanpa oknum yang bernama Doktorandus Bdn itu … !!!

Ya … memang aku diusir itu karena mungkin aku alpa / lupa beberapa hal …

(Tapi masak iya sih … sangsinya pake ngusir segala ???)(plis deh …)

 

(Mas BDN … apa kabar mas … masih suka ngusir-ngusir orang ???)

(Sampeyan sepertinya cocok untuk jadi Sat-Pol PP …)

(Kompetensi Usir-ologynya lulus cum laude keknya …)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

38 thoughts on “TRAINER DIUSIR

  1. Itu namanya menunjukkan kekuasaan di dalam lab.
    Who’s the doktorandus and who’s the student😉 huahhahaha

    Yang penting sekarang bapak gak ngusir2 orang dari dalam ruangan training kan pak ? hihihi

  2. Komentar pertama dari Eka betul sekali …
    sebetulnya postingan ini adalah semacam “self warning”
    Jika aku sudah tau sakitnya di usir …
    Maka jangan pernah melakukannya pada Trainee-trainee …

    Mudah-mudahan aku tidak melakukan hal seperti ini …

    (kalaupun mesti mengeluarkan seorang Trainee dari ruang kelas … pasti ada cara lain yang lebih elegant …)(Bukan begitu ???)

  3. hahaha…
    bisa juga trainer diusir…kok tiba-tiba teringat pengalaman ini om…
    apakah Om teringat dengan pengalaman
    ::: pengusiran saat “coffe break” di Sing ge poh :::
    – sodara..sodara..aku saksinya lho-

  4. hahahahaha….
    kebijakan doktaranus Bdn itu TER-LA-LU !

    mungkin dirinya pernah diusir juga waktu di leb kimia dulu, makanya bertekad mo jadi asleb biar bisa ngusirin org juga *sok tauk!!*

  5. Nah nah nah …. Dhal… buka dong kartu sang trainer di singepoh hihihi

    Anyway, si BDN itu pasti ngiri sama kamu aja kok mas…
    mungkin cewek yang dia taksir, sukanya sama mas hehehe
    makanya dia sirik begitu, sengaja

    Cuman kasihan ya si Kimia jadi ngga disukai sama mas hehhe
    BUT, aku juga BENCI BANGET ama kimia. Meskipun bukan karena diusir…
    (Gara-gara gurunya cowok udah tua, pikun lagi hahaha, coba gurunya muda dan cakep kayak guru gambar itu… tanggung deh nilaiku 10 terus)

    Padahal bapakku, om-ku, sekelilingku semua bekerja berhubungan dgn kimia/guru kimia….

    EM

  6. Masya Allah,, Om Trainer yo pernah diusir tho ..??
    Aku pernah, Om,, hehee

    Iya ya Om, padahal kalo diomelin aja malah mungkin lebih “kena” sanksinya,, mbangani diusir malah kita bisa kabur😀

  7. Doktorandus Bdn berkuasa kali Om, sampe Om pun tak mampu tuk berbuat apa-2..😀
    Btw, saya juga gak suka kimia Om..sama sekali gak ada yg masuk ke otak..hehehe.. Padahal gurunya (perempuan, penting apa nyebutin jenis kelaminnya? hehehe..) baik banget tuh sama saya..

  8. Masih dendam toh rupanya… hiihihi…
    Beruntunglah dirimu, Om, sudah nggak dapet kimia sejak tahun kedua..
    Aku sampai lulus kuliah ga jauh2 dari kimia! ampuuuuuunnnn….😦

    ..tapi, psstt… ga pernah diusir! hihi

  9. pelajaran berharga nih pak, bahwa menjadi guru tidaklah boleh menggunakan pendekatan kekuasaan… akibatnya ya seperti itu… lihat akibat perlakuannya, Indonesia jadi kehilangan salah satu calon ahli kimia terkemuka… tapi untungnya sang murid tidak cepat patah arang, sehingga sekarang dia berhasil menjadi seorang trainer sejati…🙂

  10. Gw pas kelas satu SMA diajarin wali kelas gimana bersikap kalau kita diusir dari ruangan kelas. Jadi, kalau diantara kita ada yg diusir ya… tenang saja keluar melangkah dengan PD ke luar ruangan (ke kantin misalnya, makan :P) dan temen2 yang lain pun ga menganggapnya bersalah dan ga bikin dia malu, biasa aja lah. Soalnya, perlawanan apapun dari kita pasti ujung2nya kita tetep diusir juga. Malah emosi jadi semakin liar dan pitam naik. Ga sehat deh.

    Untungnya diriku ga pernah diusir tuh (seingetku ya…) tapi kalau pun nanti ada yg ngusir gw, ya cuwek aja keluar dengan PD. Hebat banget nih wali kelas gw.

  11. Bersyukur Bos dulu pernah diusir.
    Coba kalau dulu nggak diusir, pasti tidak ada motivasi terdalam yang membuatmu ingin membuktikan sesuatu kepada Doktorandus Bdn tadi.
    Berkat usirannya, dikau membenci kimia dan sukses jadi trainer.
    Coba kalau dulu suka kimia dan tidak diusir, jangan2 dikau masih nyungsep di lab kumuh itu.
    Ha ha ha…(lebay.com)

  12. Saya juga nggak ngerti dan nggak gitu seneng kimia sejak SMA, menjadi-jadi di tk. I karena dosennya galak. Makanya saya pilih jurusan yg nggak ada kimia-nya, tapi malah dapat istri orang kimia … hehehe🙂

  13. Saya juga pernah diusir Om, bukan di Lab Kimia, tapi di kumpulan orang-orang jelek. Kata mereka, orang yang nggak jelek harus pergi dari situ (*gubrak! tertimpa seember cat hitam*)😀 😀

  14. Om, aku malah kebalikannyaa.. seneng banget sama pelajaran kimia mungkin karena dulu guru yang ngajarnya ganteng yaa *looo kok hehehehehe:mrgreen: *

  15. komen sotoy nih, om, metode belajar dengan mengedepankan hukuman seperti itu memang banyak mudaratnya. dengan mengusir, pelajar justru kehilangan kesempatan belajar lebih lanjut. mudah-mudahan para pendidik sekarang lebih berorientasi kepada award daripada punishment untuk memotivasi anak didik mereka.

  16. Walah, kok ya akhirnya terusir beneran dari fak itu ya, Om? Hehehe…. sabar Om, gak usah dendam, mungkin hanya cara usir-mengusir itu yang Pak Asdos tau untuk menunjukkan powernya.Biar pada takuuuutt….

  17. Setuju dengan uni marshmallow, metode seperti itu akan de-motivating students. Apalagi siswa tidak tau dimana letak kesalahannya ujug-ujug diusir ajah. Harusnya diberi feedback yg membangun

  18. kalo saya sih ga pernah diusir om
    cuma waktu kuliah pernah kesiangan…
    pas masuk kelas, si dosen bilang : “tolong tutup pintunya ya, tapi dari luar…”
    tanpa basa basi saya langsung ikutin perintahnya…
    dan tanpa sadar setelah saya tutup pintu, kok saya ada di luar kelas ya??
    sambil senyum dan melambaikan tangan di dekat pintu si dosen bilang : “sampai jumpa minggu depan ya…”

  19. Mas, sy tertawa keras lagi. mata ngantuk jadi terbeliak.
    setiap baca artikel blog ini, sisakan senyum sepanjang jalan pulang.
    sy juga pernah diusir, justru sama guru agama,
    guru yg sayang sama sy. hanya krn 1 pertanyaan.
    lha wong ndak paham nanya kan lumrah toh.
    rupanya 1 pertanyaan tsb memang tabu dan tak ada jawabannya.

    Ada bingkisan untuk blog ini. ditengok ya Mas.
    di artikel tanggal 17 April 2009.
    (comment awal rangkap 2, tolong dihapus satu ya Mas).

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s