GIVE AWAY


.
Saya tidak tau asal mula penggunaan kata ini dari mana.  Dari blognya siapa.  Namun yang saya maksudkan disini adalah tentang kuis-lomba menulis-acara yang digagas oleh seorang narablog untuk memeriahkan moment-moment tertentu.  Acara tersebut menyediakan give away, tali asih atau hadiah bagi para pemenang yang terpilih.

Banyak narablog melakukan hal ini untuk memeriahkan ulang tahun blognya, atau dalam rangka memperingati saat-saat tertentu.  Tidak jarang banyak pula narablog yang mengadakan acara ini tanpa melihat momentum khusus apapun.  Pak De Cholik kita tercinta adalah salah satu diantaranya.  Beliau seringkali mengadakan kuis/give away yang menarik … tanpa memandang situasi khusus apapun.  Ikhtiar ini murni hanya didasari oleh keinginan beliau untuk meramaikan jagat perngeblogan dan menjalin tali silaturahmi yang gayeng antar blogger.  Sesuai dengan tagline blognya… Ngeblog sing enak, nanging gak sak enakeAcara tali asihnya Pak De yang menarik itu selalu saja bisa menjaring banyak peserta. Walaupun beliau sering sekali mengadakan acara ini … namun tetap saja … acara beliau itu selalu saja tetap ditunggu-tunggu dan disambut hangat oleh para pembaca.

Ada acara give away yang disambut hangat, ramai diikuti oleh banyak sekali peserta, … sukses … seperti acaranya Pak De (dan juga acara puisi HTML nya Pak Mars  atau Solitaire Pribadi Mandiri dari duet ImeldaNike).

Tetapi ada juga acara give away dari narablog yang lainnya … yang mungkin hanya diikuti oleh beberapa orang peserta saja.

Mengapa ada yang bisa banyak pesertanya ?  Mengapa ada yang sedikit ?

Menurut pendapat saya … ada beberapa hal yang membuat suatu perhelatan itu berpotensi sukses menjaring banyak peserta atau tidak …  Syarat itu kita sebut saja W.T.S.

.

W-ORO-WORO :
Ini kelihatannya sepele … namun saya rasa “woro-woro” ini sangat pentingMemberi tahu teman bahwa kita mengadakan acara Give away ini. Tidak ada salahnya ketika kita blog walking, kita memberikan komentar yang relevan dan diakhiri dengan undangan simple dan santun untuk mengikuti give away kita.  Dengan cara tersebut diharapkan teman yang lain juga bisa melihat perhelatan tersebut dan berkenan untuk ikut serta.  Getok tular.

.

T-HEMA :
Ya … ini syarat utama.  Jika thema yang dipilih unik, sederhana, menarik … tapi masih relevan, bersifat universal dan dimengerti banyak orang … saya rasa akan banyak disambar oleh narablog pembaca kita.  Banyak orang akan berbondong untuk menjadi kontestannya.

.

S-YARAT :
Tidak bisa dipungkiri, ketika kita mengadakan acara kuis dengan give away ini, kita menerapkan syarat-syarat tertentu untuk mengikutinya.
  Ini sah-sah sajadan memang seharusnya begitu.  Namun demikian perlu juga diingat, jangan sampai kita menerapkan syarat yang begitu merepotkan (calon) kontestan.  Harus link sana … link sini … link sinu … setiap kata tertentu dilink ke tulisan tertentu.  Sementara kata yang lain dilink ke tulisan yang lain.  Kata tertentu mesti dibold, untuk kata yang lain diitalic.  Pasang gambar ini … lalu pasang gambar itu … Sematkan lambang kuis di widget.  Jika sudah selesai diposting … mohon untuk melakukan ina inu nana nunu nini binti bla bla bla.  Dan seribu satu syarat caca marica hey hey lainnya.  Melintir.  Jika salah satu syarat yang puluhan itu tidak dilakukan … maka gugurlah kesempatannya untuk menjadi kontestan.  Sekali lagi … ini tidak salah … ini boleh-boleh saja … terserah yang memberikan give away bukan ? … Namun perlu juga sedikit kita mencoba menempatkan diri menjadi calon peserta.  Dan tanyakan pada diri sendiri … apakah syarat tersebut merepotkan atau tidak.  Apakah syaratnya “caca marica hey-hey” atau tidak ?

Saya rasa hanya tiga hal tersebutlah yang menentukan banyak atau sedikitnya peserta give away kita.

Kalo faktor HADIAH bagaimana Om ?
Menurut saya pribadi.  Besar-kecilnya hadiah … Mahal atau tidaknya suatu hadiah … itu sama sekali BUKAN faktor penentu keberhasilan suatu perhelatan give away.  Saya yakin calon kontestan, para narablog semua … berkenan untuk menjadi kontestan perhelatan give away kita … sama sekali tidak melihat hadiah.  Para narablog ingin menjadi kontestan … semata-mata ingin meramaikan perhelatan temannya … untuk mempererat silaturahmi dan juga untuk membuat kegiatan ngeblog ini menjadi kegiatan yang positif, hangat dan akrab.

Plus … tentu saja … kita jadi punya bahan postingan menarik untuk ditulis di blog kita.

Bukan begitu teman-teman ????

.

.

.

37 thoughts on “GIVE AWAY

  1. saya pernah ikut giveaway pesertanya 3 orang langsung menang hehehe itu enaknya kalau peserta sedikit.oops betul juga itu terjadi karena kurang woro-woro

  2. Give away kayaknya udah jadi istilah umum om. Vendor software juga sering ngadain give away untuk software mereka dalam rangka promosi. Saya juga pengen sih om, tapi mungkin nanti. Nunggu momen #eh…

    Mantap, pertimbangan2nya emang layak dipertimbangkan untuk ngadain give away. Nanti kalo give awaynya saya terlaksana, ikutan ya om… *ini seriusss…
    Hadiahnya? liat kondisi perekonomian dulu, nanti:mrgreen:

  3. Aku sih kalo ngga ada Nike waktu itu aku males buat Giveaway, karena repot. Mending kirim hadiah langsung ke komentator, krn si komentator itu adalah pembaca setia kita, bukan cuma tamu numpang lewat yang aktif cuma kalau ada GA hehehehe (Ada kan tuh blogger yang isinya semua GA😀 )

  4. Pertama, selamat dulu utk om Her yang menang di lomba blognya pakdhe.. Selamat yaaaaa…

    Kedua, sy setuju dg WTSnya.

    W — Rajin bw ternyata emang penting bgt.. semakin kita menambah pertemanan biasanya yg ikut GA kita juga semakin byk.

    T — Sy juga biasanya ikut GA lebih dulu liat temanya.. Walopun hadiahnya bikin ngiler tp kalo temanya gak sreg biasanya sy gak ikutan.. Kan menulis hrs dg hati juga.. ^^

    S — Setuju 1000% dah.. Kalo terlalu byk syarat malah bikin otak sy melintir duluan om.. Hahah..

  5. OOm..Selamat ya, menjadi salah satu JAwara di Kontesnya Pakdhe..

    Setuujuu Om..saam WTS nya
    Sebagai BAnci Kontes aku merasakan semua hal2 di atas..
    Mendingan mengikuti GA yang gampang aja, ga banyak persyaratan, sesuai sama tema, dan hati..

    Masalah hadiah, no sekian, yang penting turuut berpartisipasi,
    mari budayakan Motto banci Kontes
    Menang ga menang sing penting hepii..!!

    #lagi insyaf jadi banci Kontes Om, padahal banyak banget tuuh..,

  6. Saya setuju sekali dg WTS Om itu..
    Sebagai orang yg pernah menyelenggarakan give away, WTS memang menjadi penentu sukses tidaknya acara yg kita gelar..

    Dan satu lagi Om, berdasarkan pengalaman, sebelum menyelenggarakan GA sedapat mungkin kita bisa pastikan bahwa selama masa berlangsungnya GA, kita bisa selalu dalam keadaan aktif ngeblog. Sehingga kita bisa selalu update peserta dan merespon peserta yg mendaftar.

    Jangan kayak saya dulu. Ketika GA berlangsung, secara mendadak saya dapat tugas yg mengakibatkan aktifitas ngeblog jadi terhenti. Walhasil, banyak pendaftaran peserta yg direspon beberapa hari kemudian. Rasanya jadi gak enak dan terkesan tidak serius menyelenggarakan GA..

    Btw, selamat ya Om atas kemenangannya di kontes “Indonesia Bangkit” yg diselenggarakan Pakde

    1. Walah ini juga nyindir saya. Habis launching giveaway kok langsung ikutan go away dari blog. Hihi… Untung para pesertanya sabar-sabar nunggu konfirmasi keikutsertaan. Duh..duh…ternyata gk mudah ya bikin giveaway.

  7. 1. Manfaat menyelenggarakan/mengikuti kontes/kuis/GA sudah jelas yaitu sebagai sarana promosi blog secara online. Ini sesuai yang saya baca dari tutorial atau buku2 ttg blogging. Tentu ada juga manfaat lainnya : silaturahmi, update blog, dll.

    2. Setiap mengadakan kontes/kuis saya upayakan untuk diworo2kan di FB, Twitter,dll agar banyak pesertanya.

    3. Tema yang saya gelar hanya yang enteng2 saja, tetapi untuk Kontes Unggulan saya usahakan ada isinya misalnya : Indonesia Bangkit, Bela Negara, Kontes menulis peribahasa, kontes Iklan Indonesia Bersatu, Kontes Cerita Berhikmah,Kontes Muhasabah Akhir Tahun, dll.
    Kuis tebak model tentu bertujuan untuk lebih saling mengenal dan mengenalkan sesama blogger plus hepi2an

    4. Dalam kontes saya tak memberikan syarat yang njlimet, hanya satu link ~ itupun bertujuan agar juri bisa mengklik link kepada artikel peserta. Banner sifatnya tak wajib masang, juga tak harus mengumpulkan komentar terbanyak. Tujuan saya ya memang untuk hepi2.
    Sayapun mundur/ tak ikut jika ada kontes yang harus kelampirkan Surat Keterangan Tidak mampu dari pak RT segala ha ha ha ha.
    Lagian mosok mau ngasih hadiah saja kuisnya dipersulit….ha ha ha ha…

    5. Hadiah, sudah sering saya katakan bahwa ” tali asih bukanlah barang yang mewah2 atau atau wah wah tetapi sensasinya sungguh membuat anda terangah-engah “. Insya Allah buku sebagai jendela dunia senantiasa saya sertakan sebagai tali asih dalam kontes.

    6. Kontes juga sering membuat saya gembira dan tertawa ngakak karena komentar-komentar sahabat yang renyah,menggemaskan, misalnya ” Saya boleh ikut Pakde ?” atau ” Kapan ditutupnya, Pakde ?” atau ” Pakde jangan ditutup dulu ya saya nanti ikut “.
    Ach…saya tahu teman2 hanya menggoda saya. Mungkin mereka tak pernah mendengar lagu Beban Asmara (lagu jadul) yang syairnya :

    Janganlah aku digoda
    Janganlah aku dirayu
    Tak sanggup ku menahan
    Beban kasih asmara
    Beban kasih asmaraaaaaaaaaaaaaaa
    (lagunya siapa hayooooooooooooo……..)

    Sungguh, bersahabat dengan para blogger menjadikan hidup saya semakin berwarna-warni oom

    Matur nuwun artikelnya oom

    Salam hangat dari Surabaya
    (komentar kepanjangen yo babahno tah…)

  8. Saya pernah ikut Giveaway dua kali, dan Alhamdulillah dua-duanya menang, hkeke:mrgreen: Pernah ada rencana mau bikin Giveaway pas liburan pergantian tahun kemarin, tapi ga jadi gara-gara minder😦 Ntar pas ulangtahun blog saya, saya mau bikin Giveaway yang gede ah😀

  9. Bener banget WTS-nya. Saya pernah lihat kontes yg hadiahnya WAH, tapi S-nya seabrek, segambreng, sulit & melintir. Paling sebel lagi kalau (S)-nya itu harus dapat “Like” sebanyak2nya, atau ngumpulin poin sebanyak2nya. Hadew… pantesnya pengangguran yg ikutan kuis tsb. Hehehe…

    BTW, kuisnya Pakde memang paling asyik…

  10. setuju Om, giveaway ini sudah memeriahkan jagad maya selama ini.. khususnya kontes Pakde yang selalu rame itu.

    selamat sekali lagi ya Om..
    semua pemenang kontes Indonesia Bangkit kali ini keren..!

  11. Sepakat Om, kalo S-nya caca maricha hey hey aku lgsg skip aja, walopun sebetulnya temanya menarik dan ingin ikutan. Kalo tali asih mah bonus ya Om, toh rezeki ga akan tertukar *ga nyambung blas* hihihhi

  12. xixixixi… Oyen buanget dah *jare Pak Dhe : nggawe kontes kok ora niat babar blas to wuuuuk, iseh mending onok sing ndaftar…:mrgreen:

    yo wes engko tak promokke *wes telat kaleee Yeeennn… udah mo tutup baru diumumke…😛

    makasi Kek, salam senen😛

  13. kalau aku punya alasan lain..
    “penyelenggara GA nya”
    bukannya tengil atau apa, tapi saat pertama kali lihat pengumuman GA yang pertama kali aku baca siapa penyelenggara nya.. kalau temen deket aku ikutan ,,tapi kalau gak kenal aku males ikutan😀😀😀
    paling sebel kalau orang ngadain GA ,, tapi cuma buat ningkatin page rank😀

        1. huaaaaaaa bukannn bukann begitu pak de,,,
          benerann dehhh
          kalau yang di pak de aku gak ikutan bukan karena kita bukan temen deket,,
          tapi aku gak nemu terus inspirasinya,,atau gak keuber deadlinenyaaa…
          beneraaannnnnnnnnn
          suerrr dahh
          #pasang muka paling poloss
          beneraannnnnnnnnnnnnn

            1. ha…ha…ha..ha..ha..ha..ha.ha
              sibukk yaa sibukk
              tapi yakk ini jujur lo aku aja belum PEDE buat bikin give away.. takut gak ada yang ikut😀

      1. Belon … saya belum pernah mengadakan GA Pak Neck …
        Yang saya adakan adalah … Parade penulis tamu … dua kali malah …
        Dan Pak Neck berkenan ikut kedua-duanya

        Salam saya Pak Neck

  14. Saya pernah ikutan GA, dan Puji Tuhan dapat hadiahnya… meski tidak semua hadiahnya saya jadikan posting.. curang ya… agak-agak nggak enak juga sama penyelenggara GA, tidak tiap hari saya OL sih, Om… waktu itu pernah, ada kesempatan on line tapi utk nulis ttg hadiahnya udah nggak happening lagi..😦

    Oh ya Om… selamat ya atas kelulusan si Sulung Tyo.. smoga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi mendalami bidang yang diminatinya ya Om…

    SAlam hangat…

    NH (juga)😀

  15. ini ko ada judul GIVE AWAY disini om. pasti om Nh mau ngadain GA ya?😆
    idah si sudah beberapa kali ikut merayakan hajatan yang digelar teman berupa GA. Dari semua yang idah ikuti itu, baru satu yang lolos. (menang deh).🙂

  16. Alasan ikut GA bagi saya adalah uji nyali dengan kemampuan menulis yang masih cetek (pede aja…hehehe) menang syukur dan kalau kalah sudah sewajarnya khan. Terkadang GA itu merupakan inspirasi buat menulis di blog sewaktu sedang bingung cari ide. Alhamdulillah hingga sekarang cukup banyak ikut GA….tapi sekalipun ga pernah ngeliat jenis hadiahnya.
    Sumpah banget kalau syaratnya banyak ….saya lebih baik skip aja…mikirin syaratnya aja buat ga punya ide nulis….hahahaha

  17. aku termasuk jarang ikutan giveaway temen temen om.. soalnya thema yg diusung biasanya gak pas dengan aku.. hehehe.. daripada maksain nulis mending ua nunggu aja giliran tema yg bagus..

  18. Artinya giveaway si sebenernya hadiahnya itu hihi, kalau kebanyakan syarat namanya lomba bukan giveaway kudune😀
    Setujuuu, hadiah emang gak terlalu signifikan menjadi motivasi. Kalau temanya klop ya melu2 wae… tapi kalau tema gak klop, hadiah menarik juga kalo bisa ikutan hihi😀

  19. Saya beberapa kali hendak mengikuti lomba menulis, Om, entah feature di blog maupun cerpen yg syarat pengirimannya harus menyertakan hard copy yg dikirim ke email penyelenggara. Tapi lebih banyak mundur, mengingat syarat2nya yg enggak-enggak..Bayangin harus masang logo bersangukutan berbulan-bulan sebab sejak dimulai pengiriman tulisan sampai penilaiannya emang mereka sengaja lama sekali. Mending kalau hadiahnya bagus hehehe…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s