COMPLAINT


hari ini hat trick 3 tulisan … (bekal untuk libur kejepit besok)

1. DELAPAN DELAPAN … (tentang SPT, …  kewajibanku )
2. DAVID FOSTER … (tentang Musik,  … kegemaranku)
3. COMPLAINT … (tentang Training, … pekerjaanku)

Dan ini adalah tulisanku mengenai COMPLAINT

 

Keluhan peserta training …

Pernahkah Trainer dan Timnya menerima komplain atau keluhan dari Para peserta ???

 

Ow sering sodara-sodara … !!! 

Berikut aku sampaikan 3 macam keluhan yang sering kami terima.  Ketika mengadakan Training … Khususnya jika diadakan di suatu ruangan di Hotel Berbintang.

 

Complaint #1  (Dingin versus Panas)

AC sodara-sodara.  Suhu udara yang terlalu dingin.  Komplain ini sering sekali muncul.  Kenapa ??? sebab pada umumnya publik training ku berasal dari Departemen Marketing.  Yang namanya Marketing pekerjaannya (hampir) selalu berada di lapangan … baik untuk melakukan aktifitas marketing komunikasi … atau melakukan pengamatan di pasar … 

So … bisa dimengerti mengapa Mereka banyak yang kedinginan … Dan akibatnya … mereka sering mondar-mandir … ke WC … beser …

 

Taaappiiiii …

Kalau AC nya di kecilkan … suhu dihangatkan … akan ada pula yang komplain … pengap, gerah, sumuk lah dsb … dan komplain ini biasanya datang dari peserta yang dari HO … yang biasa dingin itu).  (hehehe serba salah ya …???)

 

—–

 

Complaint #2 (International versus Traditional)

Makanan … snack … kue …

Hotel berbintang biasa menyajikan kue-kue internasional … pie, pastry dan yang sejenisnya … Dasar lidah melayu … banyak yang tidak cocok dengan makanan di Hotel … Entah ”eneg” … mahteh … atau mungkin rasanya yang agak aneh di lidah mereka …

Itu sebabnya kami sedapat mungkin memilih makanan – snack tradisional Indonesia … jajan pasar dan sejenisnya.  (kalau perlu Gorengan dari pinggir jalan… ini justru laku)

 

But …

Ini juga kadang dikomplain oleh beberapa peserta yang lain … ada komentar … Aaahhh kalo cuma gorengan atau kue kayak gini mah … aku tiap hari makan … pilih dong kue – snack internasional yang kita belum pernah makan … atau yang nggak ada di kota asal kita, sekali-sekali kita kan pingin ngerasain kayak boss boss bule juga).  (Lho ya … salah lagiiiiii ….)

 

—-

 

Complaint #3 (Resort versus City Central)

Lokasi hotel … ?

Ini dilematis sodara-sodara … disatu sisi … kita ingin mereka berkonsentrasi penuh pada materi training yang kita bawakan … Sehingga lokasi hotel dipilih yang terpencil.  Tetapi disisi lain … mereka para peserta juga manusia biasa … mereka sekali-sekali perlu berjalan-jalan keluar hotel … melihat object-object dikota tempat mereka training.  Atau sekedar mencari angin … cari makanan khas di Kota setempat … Or as simple as … jalan-jalan di pusat keramaian, atau landmark kota … sekalian cuci mata …

 

(Sebaliknya …

kalau aku memilih Hotel  di tengah Kota … di pusat keramaian … akan ada juga yang komplain … wah pak NH … hotelnya berisik … rame … kita kurang konsentrasi nih jadinya.  Trainernya pun juga kadang komplain … peserta banyak yang kurang fokus … Pagi datang telat … karena malamnya pada dugem … (Hehehe … bingungkan …)(Di kasih resort yang jauh dari keramaian salah … di tempatkan di tengah kota … pun juga salah …)

 

 

Aku … juga Anin (Training Executiveku) dan Rere (Sekretaris) sudah kenyang dengan tiga jenis komplain dilematis tersebut … lain orang … lain pula maunya …

Yang jelas kepuasan (sebagian besar) peserta selalu merupakan prioritas kami …

 

Kita tidak akan pernah bisa memuaskan semua pihak secara 100 %. 

Diperlukan kompromi dan kebesaran hati masing-masing pihak … demi tujuan bersama …

 

Dan ini lah seninya mengelola training internal di sebuah perusahaan yang mempunyai karyawan dari seluruh Indonesia … dari berbagai jenis latar belakang…  dengan seribu satu macam kemauan …

(yang kadang-kadang ajaib itu …)

 

 

Trainer tetap (berusaha) tersenyum …

🙂

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

32 tanggapan untuk “COMPLAINT”

  1. bisa ngebayangin ribetnya ngurus training deh….

    dan benar mas…tidak bisa 100% puas semua, karena manusia itu memang berbeda-beda kan?

    Sama juga dengan blogging lah, tidak bisa tulisan disukai 100% oleh yang baca. hehehe… yang penting usaha aja deh…

    selamat libur!

    EM

  2. Betul Om…kita tidak akan pernah bisa memuaskan semua pihak. Jangankan semua pihak Om…kadang 1 pihak saja tidak bisa dipuaskan 100%, apalagi jika orangnya memang punya kecenderungan bersikap negatif.
    Di bidang jasa yang terkadang hasilnya ‘intangible’/tidak terukur dan banyak kali bersandar pada hukum relativitas, kerja sama benar – benar bergantung pada sikap konstruktif kedua belah pihak.
    Tapi Om, kalau menurut nadin, selama complain bukan soal fasilitas dan servicenya, itu artinya kerja timnya Om sebenarnya sudah sukses! 3 kategori complain yang diatas kan murni karena selera dan preferensi pribadi Om…He….(upaya menghibur……hihi….)

  3. Keinginan tiap individu emang beda2..
    Ribet juga ngeladenin semua keinginan org..

    Kalo ma tulisan Om Trainer aku ga khan complain deh 😀

  4. kalo ngajar.. anak SD biasa na protes na waktu nge dikte..
    kalo kecepetan bilang g bs ngikutin..
    kalo dipelanin..
    bilang na.. kelamaan bikin ngantuk hehe..

    tp ada yg aneh.. waktu diajak belajar diluar kelas.. g protes sie.. cuman guru laen ada yg bilang anak2 g konsen.. tp og waktu di test.. nilai na malah bagus2 yak
    *lah.. og malah curhat hihi

  5. emang yg namanya manusia itu berbeda…juga maunya….salammm dr ngawiii aku dah ketemu mba ratih …aku sampaikan salamnya…hehehehe soalnya deket rumah

  6. kalau saya ngadain kursus / training pesertanya jarang tuh yg komplen, sudah bisa keluar dari rutinitas dan beban sehari-hari di kantor masing-masing saja mereka sudah seneng sekali …

  7. Emang susah kok ya om mengakomodasi kepentingan banyak orang
    Padahal om pasti sudah mensurvei market yang ditraining ya…
    Misal kalo banyak mbak2nya, dikasiy hotel yang deket pasar aja…
    (mau training atau mau belanja siy….hehehe)

  8. Benar om.. perlu berbesar hati menghadapi complain yang beraneka itu. Tapi pasti juga menuntut kita tetap merespon complain itu dengan tindakan.
    Menurutmu puak?.. umm.. anu.. mmm… :mrgreen:

  9. Jangan lihat repotnya Om
    Lihat deh om hasil dari perjuangan om….temen2 yang om training. Sukses semua kan?
    Besok2 pakai headphone aja om biar kupingnya ketutup. hi hi hi

  10. Om..

    Aku suka banget kata-katamu yang nggak bisa memuaskan semua pihak 100 persen itu… Karena setiap kepala beda keinginan, repot aja kalo semuanya musti dipuaskan.. Pasti akan banyak benturan-benturan keinginan dan malah tidak akan selesai2…

  11. Bos, Cirendeu banjir…
    Ciputat Raya juga kena…
    Terjebak macet kah dikau tadi pagi?

    nh18 to Abang …
    Noup ..
    Lancar Bang ..
    Memang di jembatan Pasar Jum’at agak tersendat sikit
    karena banyak orang yang nonton
    banjir bandang jebolan situ gintung itu …
    But … ini jam 6.30
    Nggak tau juga setelahnya
    setelah orang pada dapet berita …
    bisa jadi makin macet itu …
    Salam saya

  12. Walah, repot bangets yaa. Mestinya yang gak tahan dingin bawa jaket, makanan sediakan dua jenis bule dan ndeso, trus tempaat mmmm, cari di perbatasan kota dan ndeso he…he… tambah mumets….

  13. salut dech, bs sabar ngadepin berbagai karakter, watak org2 …
    mmm… menyatukan itu mmg g mungkin, tp menyelaraskannya itu patsi bisa…
    semngat!
    hehe
    lama tak berkunjung, ah..akhirnya bs bersua lg…

    -sarahtidaksendiri-

  14. Saya tersenyum membaca ini…karena pekerjaan yang saya lakukan selama ini juga seperti itu…yahh seperti itulah, mengurus manusia yang kepuasannya berbeda-beda.
    Yang penting tetap tersenyum ya…

  15. kalo ditraining saya milih:
    1. dingin…. kalo memang kedinginan pan pake jaket napa…
    2. International…. perbaikan gizi pak .. hehehe…
    3. city central… lha training kan sampingan… fokusnya ya jalan jalan .. 🙂

  16. iya iya…AC yg terlalu dingin malah gak bikin konsen belajar
    boro2 konsen yg ada malah rasnaya pengen cepet2 keluar ruangan 😀

    Masalah makanan…aku paling suka bagian ini om…apalagi kalo makan besarnya adalah prasmana…nyummy…dijamin setelah lunch akan ngeliat trainernya kunang2 😀
    huhahahahahahah

  17. AC ga masalah asal jgn dingin2 bgt, makanan lokal n internasional monggo aja, hotel ga masalah yang penting kasure empuk dan toiletnya bersih….jadi kapan trainingnya buat saya om? 😀

  18. Ha ha ha !
    Bener banget complainnya 😉

    Biasanya saya complaint kalo abis training gak ada kongkow2 serunya pak, trus tadi pas training jayus, gak ad joke, and trainernya kurang senyum (mungkin lagi berantem sama istri dirumah) hehhehehe

  19. Ungkapan lain ladang lain belalang, ternyata memang benar adanya ya, Om. Tapi betul, mungkin di situlah seninya. Tak terbayangkan jika semua yang disuguhkan diterima begitu saja. Tak ada percikannya sama sekali. Mungkin terasa datar.

    Suka sekali dengan paragraf penutupnya. Di situ mungkin intinya:
    …ini lah seninya mengelola training internal di sebuah perusahaan yang mempunyai karyawan dari seluruh Indonesia … dari berbagai jenis latar belakang… dengan seribu satu macam kemauan …

    Great!

  20. dikelompok-in aja pesertanya biar nga bingung pak, yg kantro ama yg katro….yg hedon ama yg hedon 🙂
    ato kl nga, ksh polling sebelum di training……hihihihihhi
    (biat anin ama rere jd tambah kerjaannya :D)

  21. pastinya, om, kita tidak bisa memuaskan semua pihak.
    om trainer kan bukan alat pemuas.
    dan lagi, pro kontra pasti tetap dijumpai di setiap situasi.
    sebagai trainer profesional yang sudah malang-melintang di ladang ini sejak lama, om trainer pasti sudah punya senjata jitu buat menghadapinya.
    dibagi dong, om…

any comments sodara-sodara ?