ELEGANT NARCISM


 –

Elegant Narcism … atau biasa saya terjemahkan bebas menjadi … Cara Narcis yang elekhan … !!!

Pengertian narcism sendiri menurut pendapat saya sudah agak bergeser dari pengertian yang sebenarnya.  Narcism sebetulnya adalah sebuah sifat yang terlalu mencintai diri sendiri secara kelewat batas.  Kalau tidak salah kata narcism ini diambil dari cerita rakyat Yunani.  Seorang pemuda bernama narcisus yang terlalu mencintai wajahnya yang tampan.  Sehingga pagi siang sore malam dia selalu berkaca di suatu kolam sampai akhirnya dia lupa makan-lupa minum karena terlalu sibuk mengagumi dirinya sendiri.  Dan dia meninggal di pinggir kolam tersebut secara tragis.  Meninggal karena sibuk bercermin.

Sementara ungkapan gaul Narcis, kini agak dibelok artikan menjadi sebuah perilaku yang sering memajang foto diri sendiri secara berlebihan, entah itu dipergaulan nyata maupun di pergaulan Maya.  So jika ada Blog atau FB yang banyak memajang foto diri maka kita akan menyebut … ”iiihhh narcis bener sih ini orang …” dst dsb …

Pada hakikatnya setiap orang mempunyai kebutuhan untuk mengungkapkan self esteem dan/atau self eksistensinya … setiap orang mempunyai hasrat (entah sedikit atau banyak) untuk mencoba eksis di pergaulannya.  Entah maya entah nyata …  Dan ini sah-sah saja asal takarannya pas …  Yes … the key is … asal ”takarannya pas”

Bagi kami-kami ini … yang sudah cukup ”berumur” ini … harus berfikir dua tiga kali untuk berbuat narcis … (kami ??? elu kaleee …). 
Adalah suatu tantangan tersendiri bagi kami untuk menakar takaran yang pas … !!!. 
Takaran yang pas untuk usia kami.  Batas mana yang pantas … batas mana yang lebay.

Kami tidak mungkin memajang foto ”alay” kami dengan pose “manyun” dari angle agak keatas yang sangat populer itu.  Kami pun tidak mungkin memajang foto tingkah kami umpel-umpelan di photobox sambil melotot, melet-melet, mata juling, jungkir balik dan sebagainya …  Apa kata dunia coba ???

So … kami, blogger yang sudah berumur ini dituntut harus punya cara yang ”pas” untuk menuntaskan pemenuhan hasrat narcis kami … sebuah cara yang saya selalu sebut sebagai … Cara Narcis yang Elekhan

— 

Lalu mengapa saya ujug-ujug membahas hal ini … ???
Sejatinya …
Ini adalah sebuah usaha pembenaran sodara-sodara !!! …
Akal-akalan agar para pembaca semua tidak menyebut saya Narcis.  🙂 🙂

Sebetulnya saya hanya ingin memajang foto Kopdar saya kemarin.  Saya hanya ingin menceritakan pada khalayak … bahwa pada tanggal 3 April 2010 kemarin … saya sangat berbahagia, karena bertemu dengan blogger-blogger istimewa.  Yup … saya kopdar dengan Uda Vizon, Himawan Pridityo … dan juga dengan Sang Kyaineblog a.k.a Mas Gus. 

Dengan Uda Vizon ini kali ketiga saya bertemu.  Dengan Himawan Pridityo ini baru kali yang pertama.
Khusus mengenai Kyaine a.k.a Mas Guskar, … ini juga kali yang pertama saya bertemu beliau.

Akhirnya saya berhasil juga bertemu dengan Kyaine himself … pemilik blog yang saya kagumi.  Seorang Nara Blog kreatif … dengan beribu hikmah … Dari blognya saya bisa berkenalan dengan blogger-blogger keren lainnya.  Blog Mas Gus bisa dikatakan sebagai Blog Hub … tempat berhimpunnya lingkaran blogger-blogger keren jagat maya.  Dan Mas Gus … dengan caranya sendiri …selalu berusaha ”mengenal” para narablog pengunjungnya … Sebuah sifat yang sangat saya pujikan … membuat Ngeblog itu TIDAK hanya sekedar ajang hahahihi asal lewat tanpa makna …

Mas Gus mempunyai cara ”pendekatan personal” yang sangat baik kepada rekan-rekan mayanya.  Meskipun hampir semua belum bertemu secara nyata …

Hanya sedikit orang yang pernah bertemu nyata dengan sang Kyaine …
Dan saya beruntung termasuk salah satu diantaranya …

Ini foto di TKPnya …

Dan ini adalah atas kebaikan Himawan yang telah rela motret kami … 

.

Narcis Kah ?
Ya … ini narcis …
Tapi ini … “Narcis yang Elekhan …”
Narcis khas blogger berumur … !!!

(wait … perasaan yang kelihatan yang sudah berumur cuma satu deh … ???)

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

89 tanggapan untuk “ELEGANT NARCISM”

  1. Rasanya kuis di LJ lebih pas bila berpatokan pada foto yang ini.

    **dan aku ngga rela klo ada yang bilang Om NH kelihatan berumur.

  2. and yes… MY NAME IS ELEKHAN…. hahaha… 😀

    Om, foto yang bertiga itu sebetulnya sudah tidak ada masalah, tapi kok kita teledor ya? itu lho… yang di atas meja… seharusnya dibersihkan dulu, biar khalayak tidak tahu kalau blogger berumur makannya banyak, hahaha… 🙂

    Wahai para penghuni jagat maya, tahukah Anda, apa yang dimakan Om Nh kemarin? 😉

    1. Ups …
      iya ya … mustinya dibersihkan dahulu …
      diganti memajang lap top atawa gadget yang lain …
      biar dikira serius ya ? hehehe

      🙂 🙂 🙂

    1. kemarin itu, ada terungkap asal mula panggilan “Om” kepada pak NH ini. mskpn beliau akhirnya pasrah saja dipanggil dng sebutan Om itu 😛
      sebutan yg elekhan
      **saya bahagia sekali bertemu teman2 yg luar biasa itu. asli, dijamin mutunya.

  3. saya ikutan kuis di LJ..
    tapi kayaknya bakaL kaLah deh..
    soaLnya saya beLum kenaL ma yang di foto itu..
    baru kenaL ma Kyaine.. 😀

    saLam kenaL dari PurbaLinga…

  4. meskpn kata pak NH saya mempunyai cara ”pendekatan personal” yang sangat baik kepada rekan-rekan maya, tetapi untuk mengungkap jati diri bundo dentist itu susah sekali.
    **lha sekarang, kok dia dengan jahilnya membuat kuis dengan objek penderita tiga aktor yg kopdar kemarin.

  5. Fotonya yang diambil HP bagus…
    demikianlah kalau bapak-bapak berkumpul, tidak mau kalah dengan ibu-ibu

    tumben ngga ada kalimat
    This is the beauty of blogging …
    hehhee

    EM

  6. oh, getu yah narsis yang elegan…baru tahu Oyen…
    hmm, harus banyak berguru neh dengan para blogger yang senior 🙂

  7. wa-wah-wah… jadi iri deh buat yg udah kopdar… 😛 padahal dhila sama om trainer klo diliat2 dari jarak dan kesempatan, mudah bgt ketemu ya… tapi kok kayaknya belum bisa kopdar sm yg punya blog ini… heheh

  8. si om ketemu lagi dengan uda vizon..
    ya…ya…ya…
    ternyata seperti itulah foto narcis yang elekhan itu…

    jadi pengen nyoba deh…heheh

  9. om Nh memaparkan kenarcisan ini dengan sangat elekhan…. !! ruarr biasa… !!

    yes, saya kagum pada Anda bertiga… ( dengan mas himawan salam kenal ya.. 🙂 ).. jujur… tulisan2 ketiga seleb di atas membuat saya ( dan sebagian besar blogger lainnya ) kangen hingga selalu ingin balik membuka halaman blog nya.. ada banyak ilmu, baik tersirat dan tersurat, yang saya temukan di sana… sip..sip.. tetaplah menjadi inspirasi buat kita semua ya…

    yes indeed.. this is the beauty of blogging… !!

      1. narsis yg udah parah lia,hehehe… yg kek di iklan rokok itu deh keknya antara narsis kronis dan udah akut sekaligus juga pengen exist berat 😀

        btw si om joget lho :mrgreen:

        oh ya om theme baru nih yeeee ,mangstab ah pake baju baru blognya 😛

  10. gyak gyak gyaaakkk!!! paragraf ke 6 itu om, soal foto ala alay itu… hihihi, rasa2nya patut dicoba sama om NH. saya mohon om, saya pengen liat om NH foto manyun dg angle kamera tampak atas, trus sama pose melet2 sok imut gitu rame2 sama temen2 seumur… saya mohon om… SAYA MOHOOOOOOONNNNN!!!! *bersimpuh di lantai sambil nangis darah*

      1. Ide yang sangat brilian…!!!
        Patut didukung..
        Ayo Om… batasan??… batasan cuma selebar frame koq.. 😀

    1. Hahaha Toss ama pak Indra aahhhh …
      At least saya tak sendirian …
      forever young ? yaaa gitu deh …
      kebawa ama trainee-trainee nih pak …

  11. waduh, sayang sekali koneksi saya ga mampu loding foto narcis-nya 😀
    komentar saya sama dengan mba EM, tumben ga muncul istilah “this is the beauty of blogging”
    padahal saya suka sekali kata itu.

    *berdoa dan berharap bisa kopdar dengan om nh

  12. benar Om…terkadang kita teramat narsis dikala ada momen-momen tertentu dan untuk hal ini, saya rasa narsis Om NH, Kang Gus, Uda Vizon & Om HP bisa dikatakan sebuah narsis Elegan bukan ‘elekhan’ :mrgreen: dan bisa dikatakan juga sebuah memorabelia untuk Anda dan juga peserta yang hadir di kopdar hari itu.

    well..senang rasanya JIKA saja saya memiliki kesempatan untuk bisa menyapa blogger-blogger kawakan seperti Om NH, Kang Gus dan lainnya sungguh akan menjadi sebuah kenangan yang tidak akan dilupakan 😀

    salam hangat

    1. Terima Kasih kang Hariez …
      Ya betul ini bisa jadi memorabilia yang manis bagi kami
      Suatu saat ingin juga saya bertemu dengan Kang Hariez
      Di kedai Mie Janda ???
      (saya ingin juga merasakan Mie legendaris khas Kang Achoey itu …)
      hehehehe

      salam saya

  13. Wahhh seandainya bisa ketemu dengan para narsis elegan diatas 😀 …
    gayanya lia jd gimana ya… gak boleh manyun, gak boleh megang pipi … tapi tersenyum manis memancarkan aura wibawa…:) … kalo dah gitu bisa ikutan gabung kan pak… 🙂 heheheh

    Keren lah photonya…

      1. dulu om,sekarang udah males hehehehe 😀

        tapi kalo saya bukan alay (anak layangan) ,saya itu hankam dulunya kok alias hanak kampung hehehehe :mrgreen:

  14. Wahhh..kalau saya paling senang masang foto di blog.
    Kan lebih baik dikatakan narsis daripada dibilang minder.
    Lihat blog saya di Plesiran mas, full foto saya semua ( lha iyalah..namanya juga saya bintang filmnya)
    Mengapa kadang saya banyak memasang foto: untuk memberi semangat kepada yg muda2 bahwa tua bukan harus loyo tetapi tetap semangat.

    Ada kok blog yg kita nggak tahu siapa pemiliknya. Lha…mengapa bersembunyi sih..
    kita bertamu tapi nggak tahu pemiliknya..yaaaa…pulang saja deh.

    Salam hangat dari Plesiran- tempat untuk mempromosikan wisata daerah anda.

    1. Setuju Pak De ..
      Rada merengut juga kalo menemukan Blog tetapi tidak mencantumkan jati dirinya

      mengenai Wisata Daerah ?
      Sedang dicari nih Pak De …

      Salam saya

  15. Sekarang saya baru tahu kalau panjenengan sendilah yang memang penganut narcism, buktinya di sidebar kanan ada widget They Said itu foto siapa yng paling banyak ? Ha ha ha ha ha nh18 kan.
    Itu memang sengaja diatur begitu atau nggak tahu caranya agar pemilik blog tidak selalu mejeng disitu ha ha ha ha…hayoooooo ngaku sebelum saya laporkan ke Guntur.

    Kalau mau lihat yang benar2 mejeng gagah, panjenengan pirsani BlogCamp-saat ini 12 foto para jagoan disana.
    Salam hangat dari BlogCamp-tempat mejeng para jagoan.

    1. Hahahhaa …
      Ampun pak De … ampun …

      BTW mengenai Superman Show …
      Saya sudah memasukkan Vote saya pak de …
      (dan saya ketawa ngakak melihat foto-foto mereka …)
      (elekhan atau tidak itu nomer dua … yang penting meriah … gayeng … guyub ya Pak De …)

  16. Oom,

    Benar sekali. Ini memang cara narsis yang elegant hihihih…. cool memang gayanya, gak kek abege yang kalau foto-foto pasti aneh2 ekspresinya, yang alis diangkat, inilah itulah…

    Sip deh….. jangan lupa invite2 dong om… huhh.. somse ya.

  17. narciss kan ndak memandang umur ya pak, lha wong dalam diri setiap orang masih terdapat jiwa anak-anak.

    walau tua tap masih berjiwa muda.. so energik dan semangat

  18. dari blog bundo, langsung ke sini. mencocokkan gambar di atas dengan gambar Tommy Lee Jones dari om gugel. tau deh jawabannya, tapi sayang di blog bundo, komennya udah di tutup:(

    salam kenal om NH..

  19. Wahh om-om ini memang narsis kok…hehehe….
    Tapi nggak apa-apa ..tanpa dimuat kan kita nggak tahu yang mana om NH yang terkenal itu…

    Dan kapan nih om kita ketemuan, biar bisa narsis bareng?

  20. Oalah, mbahas narsis elekhan, UUUP..ujung-ujungnya upload poto…hihihi….
    mbok ya saya tuh diajak2 kalo ketemuan model beginian…

  21. ternyata kalem-kalem semua .. berposenya juga elekhan he he …
    Jadi kenal Pak NH dan menjadi tahu sosok. Saya setuju … narcis yang elekhan 🙂

  22. Ping-balik: Padeblogan Kyaine

any comments sodara-sodara ?