karsini # 4 : PERKENALKAN SAYA BLOG JUMPER


.
(saya sarankan,  bagi pembaca yang belum tau ujung pangkalnya, untuk membaca Postingan Pengantar ini  terlebih dahulu )


Ini edisi Karsini # 4.

Tulisan ini adalah Karya Penulis Tamu … 
Beliau berkenan menyambut tawaran saya untuk mengirim karyanya,  guna ditayangkan di Blog The Ordinarytrainer ini.

Ini tulisan yang menurut saya Bagus …  dan layak untuk kita renungkan bersama …

Simak Tulisan Berikut …

———-

 

Perkenalkan Saya Blog Jumper..

Saya sudah mengenal blog kurang lebih limatahun. Hanya semangat menulis seperti kotoran hanyut di kali, hilang timbul bersama arus. Kalau sedang semangat, bisa menulis 2 atau tiga posting sehari, “ngempanin” beberapa blog yang dibuat untuk mengakomodasi bakat aneh saya: Pembosan! Kalau sedang diserang malas akut, blog-blog tersebut bisa dianggurin berbulan-bulan. Jangankan masuk ke bagian administrasi, ditengok juga tidak. Bahkan kalau sampai di hack  orang mungkin  tidak akan tahu blog saya berganti pemilik. Untungnya kasus pembobolan password seperti yang terjadi di facebook jarang dijumpai di blog. Merasa aman saja sejauh ini meninggalkan blog selama  berbulan-bulan.

Adabanyak sebab mengapa  semangat menulis saya sering membeku. Setidaknya 4  alasan berikut bisa saja jadi pembenaran:

1.       Apa hebatnya? Terkadang  terpikir bahwa  saya takan lebih keren dari orang lain karena punya blog dan ditemukan di Google. Emang dua hal itu  bisa menaikan rating asap dapur saya? Nope!

2.       Apa untungnya? Blog saya kebanyakan berisi pemikiran tentang pengembangan diri. Untungnya apa sih mengobral cerita –cerita yang terjadi dalam hidup, harapan, mimpi-mimpi dan bagaimana hidup seharusnya itu dibagi  pada dunia?  Emang ada yang peduli? Errr..

3.       Takut tampak bodoh.Mutu tulisanmu berkaitan erat dengan kemampuan intelektualmu. Tak ada yang mengatakan itu, tapi saya sukses menemukan  rumus ini  untuk mencelakai diri sendiri. Maka dari pada terlihat bodoh mending tak usah menulis sama sekali.

4.       Tak dapat tanggapan. Saya manusia biasa, senang dihargai atas jasa yang dilakukan walau tak penting. Males deh membayangkan orang lain mendapat manfaat dari tulisan saya sementara mereka meninggalkan jejak saja enggan. Sebuah blog saya dengan domain nama sendiri saat ini  kurang lebih dapat 300 hits perhari. Mungkin tak besar tapi 300 hits tanpa sebijipun komentar, it’s horrible menurut saya mah!

Belakangan ketemu  konsep blog jumper. Tidak tahu dari mana asal-usulnya, tahu-tahu saya amat menikmati  berbagi pemikiran pada blog orang lain. Lebih menyenangkan lagi, biasanya, most of them,  melakukan kunjungan balik berkat link yang tertinggalkan ditempat mereka. Satu dua orang emang tak pernah begitu walau saya sudah berkali-kali berkomentar di blognya. Taka apalah, celebrity syndromekan memang bisa menjangkiti siapa saja.

Dari kegiatan blog walking itu akhirnya sadar bahwa menulis baik saja tidak cukup. Begitu juga menulis informatif. Blog Anda mungkin bisa mencerahkan umat manusia sedunia tapi jika hanya berkawan dengan mesin pencari , blog itu fungsinya cuma seperti brosur, dilemparkan setelah dibaca. Kebetulan saya tidak begitu suka pada monolog, lebih suka interaksi dua arah. Saya menyukai manusia, lebih senang dapat komentar pendek semacan  “nice posting” ketimbang  jejak membisu dari mesin-mesin pencari.

Dari kegiatan blog walking akhirnya juga tahu bahwa blog yang paling banyak dikomentari bukan blog yang paling hebat atau isi tulisannya sangat bermanfaat bagi orang lain. Dulu sebelum melakukannya  suka terheran pada diri sendiri, lah kok tulisan biasa-biasa saja, komentarnya  “bererot” seperti gerbong kereta Jabodetabek? Sementara sering saya temukan blog yang informatif dan ditulis dengan baik  sepi bak kuburan?

Oh rahasianya ternyata terletak pada sang pemilik blog. Setidaknya di dunia maya mereka terkesan sebagai manusia yang ramah. Nah ciri-ciri blog yang ramah dengan banyak penggemar menurut saya seperti ini:

1.       Sharing. Tujuan utama orang berinternet adalah mencari informasi. Blog yang tak enggan berbagi informasi gratis akan langsung dapat tempat di hati permisa. Mereka akan berkunjung berulang-ulang.

2.       Reputasi. Sekalipun ahli  disuatu bidang orang membutuhkan waktu membangunnya. Blogger yang cukup lama eksis, secara teratur mengudate blognya, tidak tergantikan dalam hal memperoleh kepercayaan dari sesame blogger.

3.       Pesilancar. Disamping cukup lama eksis mereka  adalah para juga adalah pesilancar antar komentar. Walau hanya beberapa baris mereka  tak segan meninggalkan buah pikir dari sebuah artikel yang telah dibaca. Entah menyemangati, menambahkan informasi, atau hanya sekedar guyon dilakukan dengan penuh kerelaan.

4.       Bersahabat.  Blooger sukses mengerti psikologi paling dasar dari umat manusia, setiap orang butuh dihargai. Jadi mereka tak pernah menulis  yang sifatnya ngajakin berantem seperti mengkritik. Pokoknya seperti halnya di dunia nyata mereka bersosialisasi apa adanya.

Setelah mengetahui blog walking memungkinkan kita dapat bermacam feedback menarik, saya semakin semangat menulis. Misalnya kala menulis tentang suatu tempat,jika kebetulan dibaca blogger yang berasal dari daerah tersebut , biasanya mereka akan menbambahkan informasi yang kurang sehingga tulisan terasa lebih bergizi. Begitu pula bila tak tahu nama pohon, benda-benda tertentu dan adat istiadat tertentu, blogger yang tahu tak segan memberi  pencerahan.

Jadi disinilah saya sekarang. Tak tertutup kemungkinan  akan saya tulis Blog Jumper dalam segmen Tentang Saya  suatu saat nanti. J

Salam,

——————–

KARYA SIAPA INI ???

.

STOP PRESS …
Saatnya saya untuk memperkenalkan Penulis Tamu Karsini #4 ini
Beliau adalah ibu EVI INDRAWANTO
Seorang Wiraswastawati
Ibu dari 2 orang anak lelaki yang sudah remaja
Salah satu blognya adalah JURNAL TRANSFORMASIKU
(tulisannya bagus … plus foto-foto orisinilnya pun keren …)

.

65 thoughts on “karsini # 4 : PERKENALKAN SAYA BLOG JUMPER

  1. Asliiii setuju bangettttt sama tulisan ini,,
    Jeritan hati semua blogger
    *20 jempol dah*
    Kerendahan hati penulis,, ramah,, dan gak pake topeng,, itu baru penulis yang baik,,
    Tapi inon udah baca 3 kali tulisannya tetep gak bisa nebak,,
    Calonnya ada 3
    Om necky,, soalnya juga senior kan
    Kang yayat,, pas bahas yg blog.com
    Terkakhir bli budiastawa :d gak tahu yg bener yang mana
    *tepok jidat*

  2. Tulisan dengan beberapa poin disertai penjelasannya. Biasanya ini dilakukan oleh tante Iyha bundosar. Tapi poin itu diberi angka? Bukan type beliau kayaknya. Saya menyasar bahwa ini adalah tulisan kang yayat arkasala.

  3. haha… misterius. mungkin saya tidak biasa berkunjung ke blog beliau ya…
    saya suka bener ni tulisan. sependapat dengan om.
    banyak blogger kambuhan sih..😀
    bli astawa tak pernah nampak, hanya akhir2 ni aja sih..😀

    salam

  4. Om NH, Mbok pertanyaannya digani…
    Jangan “Karya Siapa Ini” tapi “Tulisan Siapa Yg Nggak Begini”….😀
    Kalo pertanyaannya seperti yang kedua saya yakin semua pada bisa.😀
    Tapi kalau “Karsini”….
    Hmmmm….
    Susah Om.😀
    Mau njawab kalau salahnya jauh jadi malu
    Belum lagi kalau ternyata saya nggak kenal sama penulisnya
    Tambah malu lagi…
    Yg pasti penulisnya bukan wanita…
    Nggak mungkin 100%😀

  5. Untuk sejenak di awal tulisan membuat pembaca ter-demotivasi..tapi pada bagian akhir tulisan mampu Memotivasi kembali dengan semangat jumper-nya..

    Mohon maaf (lagi) sy belum bisa menebak juta..

    Salam,

  6. Ide tulisannya mantap sangat ini…
    Setuju 1000% dengan pemikiran si penulis…
    Jujur, saya kurang mengenali tulisan ini? apakah Masbro Hakim?

    Siapapun dia, yang jelas, setelah rahasianya terungkap, saya akan rajin berkunjung ke blognya deh, insya Allah…🙂

  7. Wah ketinggalan beberapa episode Karsini nih. Semua komen di atas merujuk blogger pria. Apakah ini karya Uni Evi ya? Hayo tebakan semakin ramai, bukannya makin mengerucut pada sedikit nama, malah semakin banyak alternatif seru. Sukses tuk yang punya gawe

      1. iya ini tampaknya uni Evi yang masih punya beberapa blog sampai sekarang, suka menulis tentang perjalanan dan adat istiadat di suatu daerah misal pas jalan ke Pontianak, dan pemerhati pohon2 juga.. he..he…
        seperti pohon …apa putih gitu yang dilihat di Lampung

        aih..kok sok yakin banget ya..

  8. Ehm…
    kayaknya mah tulisan Kang Ian deh…yang tinggal di Bogor…
    Tapi udah lama banget gak nge blog…
    Sejak istrinya hamil dan pindah ke Cirebon…

    Apdet nya suka angin anginan…
    Tapi blognya informatif banget…

    bener gak yah???

    Seru banget mainan begini deh Om…hihihi…

  9. yups., aku juga setuju dengan itu., aku juga punya blog yang satunya lagi yang dah lama umurnya., dengan pengunjung rata2 12k per hari namun jarang orang meninggalkan jejak mereka, aku juga kadang sepemikiran dengan sipenulin, merasa seperti abis manis sepah dibuang hehe.,
    blogku yang satu itu hampir sama nasibnya dengan blogku yang di anchor ini, karena blogku tujuannya share untuk kebutuhan banyak orang,
    namun aku dah memahami semua pengunjung., yang terutama pengunjung yang datang ke blog2ku adalah kebanyakannya pengunjung dari mesin pencari,

    beda dengan pengunjung hasil blogwalking yang suka meninggalkan jejak setelah membacanya.,

    namun banyak juga maksud dan tujuan pengunjung itu meninggalkan jejak.,
    apalagi sipengunjungnya adalah robot yang menyerang blog2 domain sendiri dengan do follow, pengunjung yang satu ini hanya meninggalkan jejak tanpa mengunjungi blog yang di tinggalkan jejaknya., aku yang sering kena pengunjung begini, tiap hari hampir beribu komentar tanpa pengunjung yang langsung ketangkap oleh software atau plugin yang dipasang diblogku.

  10. setuju banget sama tulisan ini om… Kita perlu menjalin komunikasi dengan pengunjung blog kita. Dan blogwalking itu sangat bermanfaat untuk menambah motivasi dan semangat sesama blogger dan sekaligus ngingetin untuk berkunjung balik ke blog kita hehe…. saya juga pernah beberapa kali berkunjung kesalah satu blog yang udah ninggalin komen tapi nggak pernah ditanggapin, jadinya males deh mampir kesana lagi, kayaknya yang punya blog cuma laporan aja, nggak mau interaksi hehe… btw saya nggk bisa jawab pertanyaannya nih…. kudu rajin blogwalking and nambah temen lagi nih biar lebih banyak kenal teman2 dunia blogger🙂

  11. haduh,,, kok saya gak bisa nebak ya Oom. ini karena tulisannya yang suangat sip,, suangat informatif, suangat memberi pencerahan,,
    *menyentil saya yang mulai loyo ber BW,, hiks…

    trims penulis,,, semoga saya kembali ketularan blogjumper,, ehehehhehe…
    salam kenal kalo belum kenal..🙂

  12. Sodara-sodara sekalian …
    Perkenalkan …
    Penulisa tamu yang karyanya saya tayangkan ini adalah …
    EVI INDRAWANTO

    Seorang Wiraswastawati
    Seorang ibu dengan dua orang anak laki-laki ganteng yang sudah Remaja
    Beliau (setau saya) mempunyai dua buah blog
    dan dua-duanya bertajuk JURNAL TRANSFORMASIKU
    yang pertama adalah JURNAL TRANSFORMASIKU
    dan yang kedua adalah website atas namanya sendiri

    Tulisan beliau ini keren kan ?

    salam saya

          1. Seratus untuk Inyiak atas tuduhannya yang menyenangkan. Tak tunggu janjimu diatas, sering2 mampir ke blogku, yg mana saja boleh. But dont forget to lieve your thouhgts🙂

    1. Terima kasih atas kesempatan yg diberikan kepadaku Om NH..Seru ternyata main tebak-tebakan. Tadinya aku sdh berpikir bahwa gak bakal ada yang bisa nebak itu tulisan siapa. Lah aku kan belum punya reputasi sebagai blogger, berhubung BW-nya baru akhir-akhir ini.

      Alhamdulillah tertebak sama Uda Vizon. Takjub juga.Beliau itu kan jarang komen di blogku, kok bisa nebak yah. Punya ilmu nujum kali hahaha…
      Terus diikuti Bundo yng punya ladang di Jiwa dan Mbak Prih…Oh rasanya keren deh

      Dari harap-harap cemas, akhirnya jadi ketawa deh..Lucu sangat, sampai2 saya kemarin perlu beberapa kali melongok ke sini hehehe..

  13. Meski untuk ketiga kalinya saya nda bisa menebak ( harusnya malu ya, tapi saya memang nda merasa bangga kok, hehehe ), tapi ketidakbisaan menebak saya kali ini saya maklumi sendiri karena saya memang belum kenal blogger yang satu ini. Terima kasih Om Nh yang telah membuka jalur silaturahim dengan cara yang cerdas seperti ini.

  14. Tulisan yang sangat bagus. Mbak Evi.

    Di awal penayangan games ini aku pikir bakalan nggak mungkin bisa nebak satupun karya kontestan di blog Om Trainer ini – soalnya dah minder duluan. Teman-temannya Om kan banyak. Sedangkan yang kukenal cuma segelintir. Tapi ternyata beberapa diantara pesertanya adalah blogger yang yang sudah kukenal.. he he..salah sangka.

    Salut banget sama Om Trainer nih. Sungguh seorang Trainer sejati. Kepikir untuk mentraining para blogger dengan caranya sendiri, agar lebih mengenal dan melakukan best practices dengan memperkenalkan tulisan-tulisan blogger lain baik yang sudah kita kenal maupun yang belum, sehingga kita bisa saling belajar, saling sharing dan saling mensupport satu sama lain. Salam hormat, Om..

    1. Terima kasih Mbak Dani..Main tebak-tebakan begini asyik juga, lumyan buat branding..Ide Om Trainer mirip word mouth of marketing ya..Ketuk tular hehehe..

  15. memang blog tanpa komentar itu bagai sayur tanpa garam ya om.. dan kalau pemikiran aku.. kalau kita gak punya komentar berarti kita gak punya temen.. klo kita gak punya temen di blog brti kita gak bisa kopdaran!! :p

  16. Dulu saya juga pernah ngelakuin itu, membuat tulisan baik hanya sekedar curhat, berita sampai artikel. tapi lama2 bosen juga. karena awal mula membuat blog tidak lain saya mengerjar google adsanse, namun karena memang ilmu masih belum mumpuni akhirnya terhenti di tengah jalan. Beberapa tahun kemudian baru menulis di blog lagi, dengan domain baru dan konsep baru, kali ini lebih ke blog jualan Konveksi Surabaya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s