Posted in ARTIKEL

BREAKFAST


.

Sarapan ? Makan Pagi.

Saya relatif orang yang biasa sarapan sebelum memulai aktifitas kerja.  Kalau belum sarapan rasanya kok lemes ya ? … entah mengapa

Kalau boleh saya bercerita mengenai menu sarapan pagi saya … maka jenis makanan yang biasa saya makan … bisa saya kelompokkan menjadi TIGA jenis …

1.  JAJANAN KLASIK
Yang saya maksud dengan jajanan klasik adalah Jenis makanan yang biasanya dijual orang pada Pagi Hari …
Ya … BUBUR AYAM, … KETOPRAK – GADO-GADO, … NASI UDUK atau … KETUPAT SAYUR.

Saya biasa mampir ke tukang jualan tersebut jika berangkat ke kantor … Jika waktunya masih memungkinkan saya akan eksekusi di tempat … jika waktunya mepet saya akan bungkus dan bawa ke kantor … makan di kantor.

Saya punya langganan Bubur Ayam itu di Senopati, atau di Parkiran Kantor.  Ketoprak/Gado-gado itu di ujung jalan Tulodong Bawah.  Nasi Uduk di Koperasi Kantor dan Ketupat sayur itu di Jln Ciranjang.  Semuanya on the way ke kantor …

2. ROTI
Tipe kedua sarapan saya adalah … again … sesuatu yang sangat konvensional … Roti tawar – plus mentega isi Meses … Kadang pakai selai kacang yang crunchy.  Kalo ini makannya di Rumah.

3. GORENGAN
Sebetulnya ini tidak sehat … tetapi ya namanya juga lapar di pagi hari … apa aja juga disikat.  Saya tidak punya preferensi khusus … Tukang gorengan mana yang biasa saya tuju.  Tapi biasanya sih, saya beli gorengan di sepanjang jalan alternatif di dalam Perumahan Pondok Indah … banyak gorengan yang enak … salah satunya adalah Singkong “Mekrok” … Itu lho singkong yang direbus dulu … (campur santan dan garam kalau tidak salah …) … baru kemudian di Goreng …  Singkongnya akan “Merekah” … dan ini gurih dan uenak sekali weiceh …

So demikianlah menu sarapan saya

Dan sepertinya …
Ini polanya berurutan … Maksudnya … Awal Bulan Sarapan Nomer Satu (dompet uang jajan masih tebel) … Tengah Bulan Sarapan Roti Tawar (nebeng sarapannya anak-anak) … dan Akhir bulan … saya sarapan Gorengan … (ngabisin recehan uang jajan saya … )(kepingan-kepingan coin terakhir bulan itu …) (hahahaha).

FYI … Uang jajan ekeh per bulan … dijatah cyiin !!!

Bagaimana dengan menu sarapan anda ?
Ada menu favorit ?

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

61 thoughts on “BREAKFAST

  1. Karena sekeluarga semua terbiasa dengan nasi, maka saya selalu bangun pagi2 untuk sholat subuh kemudian “gluthekan” di dapur.. bikin sarapan sak krempyeng.. entah tempe tahu goreng, sambal bawang dan sayur bening bayam atau oseng podomoro bahkan pecel.. pokoknya cukup paling tidak untuk pagi itu saja. Teh manis panas, susu dan jeruk nipis hangat pun wajib terhidang..

    menu favorit saya? smoothies cappucino/coklat dicampur oatmeal.. *iya, makanan saya memang aneh*😆😆

  2. ngakak dulu akh, baca tulisan terakhir FYI nya😀😀😀
    jadi kesindir, krn aku juga selalu menjatahi suami😀😀😀

    paling suka kalau sarapan oatmeal (jadul banget yaak) heheehe………
    dan gorengan yg di perumahan pondok indah itu, singkong merekahnya memang menggoda sukma banget Mas🙂
    salam

  3. Saya kalau pagi makan lengkap…sarapan bisa roti, nasi, plus minum susu segelas dan teh segelas. Jam 5.30 wib meja makan telah sedia….jadi memang pagi jarang jajan karena telah disiapkan. Bagaimana jika mesti keluar kota dan berangkat pagi jam 4? Si mbak tetap menyediakan, minimal roti dan susu coklat panas segelas.

    Kalau tak sarapan, di kantor langsung banyak kegiatan, kadang langsung rapat, jadi bisa pusing. Kecuali ad undangan breakfast meeting, kalau ini sih rapat plus makan enak.

  4. ha…ha…ha..ha.
    suka sama bagian yang FYI nya..
    aku juga suka menjatah diri sendiri untuk bagian jajan..
    tapi dasar manusia gak konsisten tetap aja..gagal.. (^_^)

    dari kecil kita selalu dibiasain sarapan,,,
    dan menunya pasti..
    Nasi pakai Lauk,,serta Teh Talua..(*coba tanya bunda inyiak,,teh talua artinya apa..minuman khas orang padang..😀😀😀

  5. kalau saya sarapan seadanya om….. ada nasi ya sarapannasi..

    tapi paling spesial di dekat kost saya adalah adaseorang ibu yang menjual bubur dengan harga Rp 1.000,00 mantap dah… sudah kenyang

    1. hari gini masih ada bubur seribu perak???
      coba dong dibikinkan reviewnya
      terus di foto biar ga pensaran hehehe
      soale di Jakarta pasti butuh 3000-6000 untuk semangkok bubur😀

  6. Ternyata,,
    Trainer juga di training jajanan bulanan sama ibunya anak-anaknya,,,
    hidup Ibu Anak-anak🙂,, Salam ya Om..
    Sarapannya saya lebih banyak yang nomer 1 ,,

  7. Sarapan ala-ala bule, pak…

    Roti plus selai…soalnya kalo sarapan berat-berat mestilah di kampus…Biasanya pun, baru sarapan berat sejenis nasi goreng dan teman-temannya…kalo sudah lapar berat di pagi hari..he..he…😀

  8. sy gk begitu rajin sarapan..
    Tapi akhir2 ini entah kenapa sy jadi wajib sarapan.. kalo gk sarapan jam 10 sdh kebingungan.. laper bo’..😀

    sarapan sy nasi sayur di warung makan deket kost, menu wajib ‘tempe goreng tepung’ & teh anget. Ibu’nya gk perlu nanya lagi: minumnya apa? karna udah apal. Langsung aja kasih teh anget. Hehe…
    Kalo berangkatnya kesiangan, habis absen sarapan di warung burjo dkt kantor (haduh, ketahuan kabur di jam kerja buat sarapan :D). Tapi kalo kerjaan lagi banyak, cukup beli nasi bungkus di koperasi kantor (kalo ada, kalo gk ada ya P*p Mie lah…😀 )
    Begitulah Om, akhir2 kemarin cerita ttg sarapan sy… Hehe…

    Uang jajan sy juga dijatah Om. Dijatah sm sy sendiri…😀

  9. Kalo sempet masak nasi + lauk minimalis buat sarapan Om, coz suami emang harus sarapan (kalo saya ga masak biasanya beliau sarapan nasduk). Kalo saya mah angin2an, kalo ada makanan ya sarapan, kalo ngga ya nunggu snack di kantor aj jam 10-an hihihi…

    Om…jatah jajannya minta ditambahin ajaaaa *kompor dot com*

  10. hihihihhi… ternyata kalo udah nikah, tetep dijatah juga ya om,,hihihihi…

    aku always sarapan, berhubung dulu waktu kuliah sebelah menyebelah warteg, biasanya pake orek tempe plus telur, hihihihi.. kalo bosen ya paling ketoprak atau uduk..

    sekarang apa kata mamah aja..😛
    eh, dulu aku pikir waktu chat, om gak suka sarapan, ternyata salah sangka. heheheh… *jadi malu

  11. kalo disini bukan nasi uduk Om, tapi nasi kuning, kalo lagi bulan muda belinya yg di dalam kota, kalo udah bulan tua masuk ke dalam kampung Rp.3000 bungkus mayan buat ganjel perut.

  12. saya mengharuskan diri sarapan pakai nasi om. Entah itu nasi kuning, nasi uduk atau nasi campur. Kalau hanya sarapan roti atau makan gorengan pasti jam 9 pagi sudah lemes dan pusing. Kecuali malemnya pulang jam 1 malem trus makan malam, paginya sarapan roti bolehlah

  13. Syukurlah, saya udah biasa sejak kuliah bikin sarapan sendiri.😀
    Buat saya, sarapan itu penting. Sangat penting untuk menjaga bobot badan saya. CUkup lah ama nasi dan telur. Satu atau dua telur didadar ato ceplok, tambah sedikit taburan merica, udah cukup buat saya.🙂 Kalo lagi ada bakwan, saya tambahin bakwan rebus.🙂

    SArapan gorengan?? That’s a big no no. Say no to ‘gorengan’!😀

  14. Menu sarapan favorit saya belum masuk list, Om..
    Saya paling suka sama Bubur Kacang Ijo..
    Soalnya deket kantor ada yang jual, ringan di perut karena kalo berat-berat malah enggak nyaman sarapannya..

  15. Klo saya paling sering, sarapan konvensional Om. Secangkir teh, setangkup roti tawar isi mentega dan meses. Tapi jam 9 atau 10 harus diisi lagi dengan 2 potong “malkist crackers”, kadang-kadang ada gorengan, tapi alhamdulillah saya tak tergoda

  16. Saya juga tipe orang yg harus sarapan. Kalo gak sarapan mah bisa pingsan kali. Hahaha.

    Lebih ekstrimnya, dulu, saya harus sarapan dulu di rumah. Gak bs keluar rumah kalo belum makan. Skrg sih masih bisa walaupun jarang. Tetep rata2 saya sarapan dulu di rumah sebelum keluar.

    Jenis sarapan saya:

    1. Nasi. Ini terutama pas dulu masih kecil, di sby, pas kita tinggal ama kakek nenek. Kakek nenek saya itu kalo pagi hari ya menu makanannya sama kayak siang dan malam. Jd selalu ada nasi dan sekitar 5-6 lauk pauk. Huahahaha. Jd selalu makan besar. Pas udh di jkt sih kita udh gak begitu, tp tetep saya sering juga sarapan nasi, paling pake kuah baso.

    2. Sosis. Ini sebenernya sarapan favorit saya! Hahaha. Pas udah gede, dan lanjut pas udh married, paling suka sarapan sosis, either pake nasi atau mie goreng (mie sedap).

    3. Mie instant. Kalo yg ini paling seminggu sekali. Kalo tiap hari, diomelin esther. Huahahaha.

    4. Roti. Saya ini bukan penggemar roti. Indo tulen dah, bisanya makan nasi atau kalo gak ya mie. Jd dulu di indo, ampir gak pernah sarapan roti. Nah sejak disini, mau gak mau, sarapannya lebih sering roti. Kayak om, rotinya pake mentega dan coklat meses. Kadang pake selai. Soalnya kalo pagi mau masak nasi ya gak keburu ya plus ribet. Jadi paling gampang dan cepet ya bikin roti.

    5. Apel dan yogurt. Sempet waktu itu karena lagi kelebihan berat badan, jd kalo sarapan makannya apel danyogurt. Enak juga lho.🙂

    6. Sausage mcmuffin nya mc donald’s. Kalo yg ini sih kadang kalo weekend kita suka bfast di mcdonalds. Kebetulan pas di sebrang rumah doang. Hehe. Gitu juga kalo kita lg mau keluar kota dan jalan pagi2, ya kita lgsg drive thru aja mc donalds trus sarapan di mobil.

    Wah panjang bgt ya cerita sarapan saya… :p

  17. soal uang bulanan dijatah saya malah khusus menjatah buat diri saya soalnya saya tukang jajan😀😀
    sarapan saya dua kali pagi-pagi sekali mesti biskuit atau roti dengan kopi , baru jam 9 pagi saat diluar rumah saya bisa pilih : kupat tahu, ketropak, lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk yang nasi-nasi gitu… dengan air putih tentunya😀

  18. Kalau saya paling rutin pastinya sarapan nasi…
    Karena jarak rumah sampai tempat kerja juman beberapa ratus meter, maka sarapannya fleksibel.
    Jam 7 berangkat, masuk kelas sebentar trus saya pulang sarapan.
    Kalau bosan nasi, saya lebih suka ketan, entah pakai srundeng maupun kelapa parut.

  19. Kalau sarapan dirumah sepertinya roti sama selai kacang jadi menu andalan setiap hari, kalau terlalu berat malah bikin perut tidak nyaman.

  20. sarapan ku/
    pancake doooonggg
    (huahahahahha.. satu kali sebulan nek gak males),
    tapi lebih seringnya adalah arem-arem di kampus.
    kalau gak kuliah pagi, gak sarapan, soalnya bangun nya siang
    hihihihihihi
    ya ampyuunn.. ternayta aku dan trainer eylekhaan ini sama-sama di jatah toh duit jajan nya😀

  21. Semenjak…mau hidup lebih sehat….saya sarapan roti hampir setiap hari…padahal bubur ayam di kantor cukup maknyuss. …tapi kalau week end sarapannya bisa nasi uduk, lontong sayur ataupun mie instant….

  22. Sejak dulu hingga kini sarapan andalan saya adalah nasi goreng oom.
    Selingannya : bubur ayam, nasi biasa.
    Jajanan sebagai sarapan saya dapatkan waktu STM dan kos dirumah family. Gak nendang blas.

    Salam hangat sehangat gorengan dari Surabaya

  23. Terima Kasih pak Trainer untuk kehadirannya di 1rst anniversary rumah maya saya, silahkan cinderamata diambil disana untuk dibawa pulang, salam hangat, I love You Friends sudah menceriakan hari saya

  24. saya pagi saran nasi karena masak sendiri, sampe disekolah saya selalu sarapan Roti Tawar..

    2 Kali sarapan, makanya badan sak gede ini

    hahahahaa

    itu aja deh polanya pak Trainer

  25. Hhhaa..sarapan nya tergantung tanggal ya om..

    Kalo aku dan keluarga dah kebiasaan sarapan tuh pasti makan nasi,kalo males masak tinggal ke gerobak depan naskun ato nasi uduk..
    Ahh..makanan sarapan Om di atas mah favorit pisan apalagi gorengan hmm bala-bala,gehu,sampeu waahh,tapi buat cemilan setelah sarapan *ketauan rakusnya*

  26. berhubung saya masih nebeng ortu jadi ya sarapan seadanya yang ada di meja makan hehe.. seringnya sih nasi dan teh manis.. kalo gak ya roti ma susu coklat..

    eh Om saya pengen banget tuh sarapan yang no.3 hehe kan saya suka makanan yang dari singkong:mrgreen: dibikin apapun tetep suka😀

  27. Nah soal sarapan ini yg jadi masalah om….dulu waktu aku masih sendiri…biasa kalo sarapan beli nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam ato jajanan pasar kayak risol, donat, pastel, putu mayang dan sejenisnya. Nahh setelah menikah, suami ngga biasa dgn sarapan aku itu. Apalagi dulu sebelum menikah dia lama tinggal di Jogja, setelah pindah ke jkt kostnya di daerah Bintaro, disana ngga ada tuch yg jual nasi uduk…..Sementara kalo ditempat aku…..setiap 100meter bejibun yg jualan nasi uduk, jadi tinggal tergantung selera mo beli dimana……Suami maunya sarapan soto ayam…lah kalo menurut aku itu mah makan besar bukan sarapan hehehe……Jadi sampai sekarang itu jadi masalah serius buat aku. Jadi seringnya suami sarapan pake mie instan hehehe……

  28. Kalo aku sarapan waktu masih sekolah dulu selalu nasi soalnya mamah dirumah mewajibkan nasi..
    Setelah bekerja dan kost, sarapan serampangan seadanya yang jualan di kantor hampir gak pernah makan dikosant karena males masak, tapi yang sering sama kantin depan kantor pesan mie instan+telor+ sawi plus rawit (sangat tidak disarankan untuk diikuti karena berujung sakit maag, tapi rasanya nikmat banget he..he..)
    Dan sekarang setelah nikah dan punya anak aku ngikuti kebiasaan mamah ku dulu mewajibkan orang rumah makan nasi saat sarapan…

  29. “FYI … Uang jajan ekeh per bulan … dijatah cyiin !!!”
    Hihahahahah! ya ampun oom..! ada2 aja deeh… hhihihi!😆

    Huuu maaf ya Oom saya baru sempet main main lagi kesini, pas main lagi kesini baru sadar, saya kangen sama candaan ala Oom Enhaa.. jadi sedih, maaf ya Oom.. 😦

  30. eh? paragraph terakhir nya itu lho … *jadi ga enak nih ngejatahin suami setiap keluar rumah* tapi apa daya, emang begitu toh aturannya😛

    Sarapan buat saya seketemunya dan sesempatnya, tidak bagus memang, apalagi sekarang diwajibkan oleh dokter untuk sarapan setiap pagi, no excuse😀
    Alhasil, yang paling sering adalah nasi uduk, yang banyak berjualan di sekitar rumah. Buryam favorit saya, tapi jarang dapat karena tergantung kesediaan suami nganterin ke buryam favorit😀

  31. sarapan ya?

    waduh…sarapan ku adalah menghabiskan sisa sarapan nya anak anak…hihihi…
    kok aku kayak gembel yak?

    yang gampang2 aja Om…
    goreng nugget, sosis, ceplok telor, atau apapun itu yang lagi ada di kulkas…

    kalo lagi insyaf kadang bikin nasi goreng sih Om🙂

  32. om, tau ga? *ga tau lah, kan blm dikasih tau. hehehee
    “breakfast” kalo di temen2 aku tuh bukan sarapan beneran, tp adalah nonton “film” yg begitu. ihh sampe ada grupnya segala. aku sih ga ikutan lah yaaaww. hahaha
    makanya tadi pas liat judul ini, jd inget temen2 aku yg itu. hahhaha *jangan ditiru
    *OOT nih kayaknya. maap😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s