Posted in ARTIKEL, NGEBLOG

CARA SEDERHANA, CINTA INDONESIA


.Banner-GA-BlogCamp-5-tahun
Beberapa waktu yang lalu Pak De Abdul Cholik, komandan Blogcamp menggelar sebuah kontes unggulan dengan tema : “Aku Dan Indonesia”.  Perhelatan ini digagas untuk memperingati lima tahun berdirinya Blogcamp Group.  Para peserta kontes diminta untuk menulis artikel tentang diri kita dan Indonesia.  Ini topik yang menarik, saya berkeinginan untuk mengikutinya.

Sebelum menulis, saya sempat beberapa hari berfikir.  Awalnya bingung juga.  Sesungguhnya ini sebuah topik yang sangat luas.  Ada banyak hal berkelebatan di benak saya.  Apakah saya bercerita mengenai kegiatan waktu sekolah dulu ?  Dimana hampir setiap hari Senin, selama dua belas tahun saya selalu bertugas sebagai petugas upacara.  Kadang bertindak sebagai pemimpin upacara, kadang pengerek bendera ataupun dirigen untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Bayangkan dua belas tahun jadi petugas upacara di hampir setiap hari Senin, sodara-sodara !  (Kurang merah putih apa coba !?).  Sempat pula terfikir untuk menulis beberapa kegiatan saya yang berkaitan dengan rasa kebangsaan saya sebagai warga negara Indonesia.  Pengalaman menggunaan produk asli buatan Indonesia, kegiatan pengabdian pada masyarakat, aktivitas pekerjaan sehari-hari sebagai trainer, taat membayar pajak, aktivitas sosial ataupun aktivitas-aktivitas kemasyarakatan yang pernah saya ikuti.  Pentas seni budaya ? Penataran P4 ? Pemilu ? Peringatan 17 Agustus ? Ah rasanya terlalu umum jika saya bercerita tentang hal-hal tersebut.

Saya lebih suka hal-hal kecil dan sederhana saja.  Hal-hal yang walaupun kecil dan sederhana, saya rasa masih juga bisa disebut sebagai aktivitas Cinta Indonesia.  Jadi … sebut saja … ini adalah “Cara Sederhana Cinta Indonesia”, menurut sudut pandang seorang @nh18.

Sesungguhnya ada banyak hal kecil dan sederhana bisa diangkat, namun perkenankan saya untuk kali ini mengangkat TIGA hal saja.

Mari kita mulai.

1. KBBI

KBBI adalah singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mengapa saya angkat hal tersebut ?  Karena hal ini sangat penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari saya sebagai “trainer” ataupun sebagai “blogger”.  Saya dituntut untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Ok … baiklah … saya mengaku ! bahwa sering kali saya mempergunakan bahasa (dan tanda baca) sesuka hati.  Semau saya.  Ini karena saya tidak ingin kehilangan ciri khas “celetukan-celetukan” saya.  Namun demikian merujuk kepada KBBI, saya rasa merupakan hal yang juga harus senantiasa kita lakukan.  Ini bahasa persatuan kita.  Kita harus mempergunakannya dengan bijak.  Untuk hal-hal yang bersifat resmi kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Kita harus mempelajari kosa kata baku yang baru dan mengerti artinya.  Kita pun juga harus mempelajari ejaan-ejaan yang benar untuk menuliskan kata-kata tertentu dalam bahasa Indonesia.  Kitalah yang wajib menjunjung tinggi, melestarikan (dan juga kalau bisa) mengembangkan bahasa persatuan kita ini.   Jadi, jika kita ingin menulis suatu artikel di blog, reportase atau membuat tulisan resmi apapun dalam bahasa Indonesia, sebaiknya kita semua merujuk pada KBBI.  Paling tidak kita memperhatikan ejaan dan penulisan yang benar.  KBBI itu sesungguhnya dengan mudah kita bisa dapatkan di situs-situs resmi.  Orang Inggris bilang “It is just a click away”.  Jaraknya cuma se-klik-an

Merujuk KBBI : Inilah cara sederhana, cinta bahasa Indonesia

KBBI
sumber http://kbbi.web.id/cinta

.

2. KOTAK SAMPAH

Ini juga hal yang sangat sederhana, tapi (ironisnya) sering kali kita lupa.  Pernahkah anda melihat penumpang sebuah mobil mewah, yang dengan pongahnya melempar sampah ke jalanan secara semena-mena.  Saya pribadi paling benci melihat hal ini.  Ada berbagai macam barang dibuang orang.  Botol plastik air mineral, kaleng minuman, kulit pisang, kulit jeruk, puntung rokok, tissue, bahkan tongkol jagung segala rupa pernah saya lihat dibuang orang dari kendaraannya.  Baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.  Baik mobil pribadi maupun kendaraan umum.  Melihat hal tersebut, agar saya tidak meniru hal yang kurang baik itu, maka saya berketetapan untuk menyediakan kotak sampah di dalam kendaraan saya.  Ini kotak sampah yang murah meriah.  Kotak sampah tersebut sengaja saya letakkan di bawah kemudi.  Ini sekaligus menjadi peringatan bagi saya pribadi untuk tidak membuang sampah seenaknya.  Hal tersebut juga saya terapkan untuk siapa saja yang menaiki kendaraan saya.  Kalau sampai mereka membuang sesuatu ke jalan dari mobil saya ? Bisa panjang urusannya ! Malu brouw !!! (hah).  Saya selalu menekankan kepada mereka kalau mau buang sesuatu, mohon buang pada tempatnya.  Atau sampahnya kasih saya saja biar saya buang di kotak sampah pribadi saya ini.  Kalau anda pengendara roda dua, mungkin anda bisa menyediakan kantong plastik.  Walaupun pengendara roda dua jarang yang berkendara sambil makan.  Namun kalaupun terpaksa ingin membuang sampah, saya rasa kalau pengendara roda dua lebih mudah untuk menangani hal ini.  Karena sewaktu-waktu mereka bisa minggir dan membuang sampahnya ke bak-bak sampah di pinggir jalan.    Jadi kesimpulannya, sediakanlah kotak sampah atau kantong sampah di kendaraan anda.

Menyediakan tempat sampah : Inilah cara sederhana, cinta bumi Indonesia

maaf, abaikan mobil yang belum di cuci🙂

.

3. LAGU

Saya suka musik, baik itu mendengarkan maupun memainkan musik.  Semua lagu yang mempunyai struktur yang baik, bernada harmonis dan syairnya bagus, saya paling suka.  Baik itu lagu berbahasa Indonesia maupun lagu asing. Baik itu lagu dewasa maupun lagu anak-anak.  Baik itu lagu masa kini maupun lagu jaman dulu.

Beberapa permainan musik saya, sempat saya unggah di “You Tube” dan juga ditayangkan di blog pribadi saya. Namun demikian, jika anda perhatikan selama ini di blog the ordinary trainer, saya hanya mengunggah video permainan piano yang memainkan lagu Indonesia saja. Catat HANYA lagu Indonesia saja. Baik itu lagu anak-anak, lagu daerah maupun lagu pop. Sepertinya berlebihan ya ?  Tapi inilah cara saya mencintai Indonesia

Memainkan lagu Indonesia : Inilah cara sederhana, cinta budaya Indonesia.

Ini salah satunya : Indonesia Pusaka (Ismail Marzuki)

 

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Sampai akhir menutup mata

 ….

Jadi demikianlah …

Ada banyak hal bisa kita lakukan untuk mengejawantahkan kecintaan kita pada negeri ini.  Ketiga hal diatas hanyalah sedikit saja contoh.  Tak usahlah bicara yang muluk-muluk.  Tak usahlah bicara yang tinggi-tinggi.  Kita mulai saja dengan hal-hal kecil.  Hal-hal yang sederhana yang bisa kita lakukan kapanpun kita mau dengan mudahnya.

Cara Sederhana, Cinta Indonesia

Salam saya

.71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Aku dan Indonesia

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

38 thoughts on “CARA SEDERHANA, CINTA INDONESIA

  1. Iya om paling sebel liat orang buang sampah sembarangan ya om… Saya juga sedia tong sampah di mobil..

    Tentang KBBI… Yg jadi concern sekarang adalah anak-anak yg banyak gak bisa ngomong Indo padahal tinggal di Indo. Sedih ya. Salah satu anak temen saya yg jelas2 org Indo dan tinggal di Indo sekarang malah ngambil pelajaran bhs Indo di sekolahnya sebagai second language. Haryana pelicans Coba… Kaco kan ya… :p

    Tp ini masih jadi PR juga buat kita berhubung anak2 kita juga rada Kaco bahasa Indo nya. Lagi berusaha keras nih kalo ngomong di rumah harus pake bahasa Indo. Jangan sampe anak anak lupa…

  2. KBBI, kotak sampah, dan lagu..benar-benar cara yang sederhana..namun bermakna luarbiasa dalam mewujudkan akan kecintaan kepada Indonesia….
    selamat berlomba…semoga sukses selalu…salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan

  3. Cara sederhana, tapi tidak sesederhana maknanya yah, Om. poin pertama yang paling saya junjung, mulai beraling dan belajar menggunakan Bahasa Indonesia baku. musik jadi sahabat setia Om, yah, hhehe. sukses untuk GAnya, Om🙂

  4. Cara sederhana yang sarat makna, Om…
    Sangat setuju dengan ketiga poin di atas, terutama tentang berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya suka geregetan kalau membimbing skripsi mahasiswa. Bahasa Indonesia mereka memprihatinkan. Barangkali karena terpengaruh dengan bahasa gaol ala pesbuk, tidak sedikit dari mereka yg menuangkan bahasa gaol itu dalam skripsi…😀

    Sukses buat perhelatannya Pakde ya Om..
    Saya belum setor nih..🙂

  5. Iya Om, KBBI penting bgt, meski setiap generani pasti adaaaa aja ‘bahasa gaul’nya, tapi sepertinya bahasa alay sekarang ini parah bgt >_<

  6. Sederhana sekali, tetapi kalau kita melihat keseriusan menerapkannya, ini bukanlah hal sederhana. Teori boleh sederhana, tapi penerapannya butuh usaha ekstra!
    Hidup Indonesia! Salam Mystupidtheory!

  7. Yang bikin kesel adalah ada mobil keren harga ratusan juta tiba2 buka jendela dan buang sampah dijalan tanpa rasa bersalah. Macam orang nggak berpendidikan aja..
    Aku juga punya tong sampah dimobil om..kmn2 bawa plastik jd kl belum nemu tong sampah kumpulin diplastik.. cara sederhanaku mencintai Indonesia ^-^

  8. Cara2 sederhana namun sangat mengena! Jempool buat Pak her… daan, tos dulu utk Indonesia Pusaka..🙂
    Semoga berjaya di kontesnya Pakde…

  9. Misfokus. Liat video om Her malah keinget Papah. Beneran om, kalau lagi main piano gitu, gayanya mirip puol. Om Her seumuran dengan Papah saya kayaknya ya? Hehehe. Anyway, poin no 2 itu saya setuju banget. Memang menyediakan tempat sampah di mobil penting supaya nggak nyampah sembarangan. Sip markosip Om!🙂 Salam hangat dari Jogja ya untuk keluarga.

  10. Banyak yang bisa dilakukan dalam menyatakan cinta kepada Indonesia ya, Om. Dari yang rumit sampai yang sederhana. Saya suka ide menyanyi itu, Om, disamping menambah kecintaan pada tanah air juga membantu kita melihat Indonesia lewat bunyi yang menarik🙂

  11. Soal KBBI, saya cinta mati sama kamus itu, Om. Kalau nggak ada kamus itu, saya bakal susah makan. Wong kerjaan saya hampir tiap hari buka kamus itu je. Kalau salah ejaan, saya bisa kena jewer. Hehe…

  12. KKBI nano-nano:

    Bangunlah Indonesia (agar menjadi) Raya…
    Dengan cara yang kita bisa (kalo bisa orisinil) melalui proses yg baik (hehe.. umum banget ‘yg’-nya).

    Salam setengahx2 jari om🙂

  13. tong sampahnya persis punya saya juga di mobil om.. hehehe😀
    saya setujuuu bangettt… kalau nggak nemu tong sampah saat jalan-jalan, lebih baik masuk tas dulu itu sampah..😀

    sukses dgn kontesnya Om..

  14. KBBI menata apa yang keluar dari rasa kata, kotak sampah mewakili karsa dan lagu penanda cipta. Lah Cipta, Rasa dan Karsa yang khas Cinta Indonesia.
    Luar biasa… Salam saya, Dhimas

  15. Saya juga paling benci melihat orang membuang sampah dari mobilnya Om. Baik dari kendaraan umum spt bis kota/metro mini/mikrolet maupun dr kendaraan pribadi.
    Ingin rasanya MENAMPAR dan MEMAKI mereka, mo bilang bahwa mereka tidak bermoral, seperti orang yg tidak berpendidikan dsb.

    Saking kesalnya😦

  16. Simpel tapi sangat dalam maknanya. Setuju sekali dengan pendapat Om NHer.
    Mohon maaf Om, sedikit koreksi untuk penulisan kata “aktifitas” itu jika akan disesuaikan dengan KBBI yang benar adalah “aktivitas”. Not F for Fanta, but V for Victor.🙂 saya pecinta KBBI juga Oom, mohon maaf jika kurang berkenan😀

    1. Wah terima kasih sekali atas koreksinya yaaa …
      kata dasarnya memang “aktif” dan tercatat juga di KBBI. Namun kalau menjadi kata benda, ternyata tulisannya menjadi “aktivitas”
      akan saya revisi
      Salam saya

  17. Assalammu’alaikum Om Trainer.. Senang mengetahui Om Trainer aktif nge-blog. Apa kabar, Om? Masih ingat ga yah sama saya? hehehe..

    Maaf saya kemarin sempat lama vakum, sekarang sudah kembali nge-blog lagi dengan penuh semangat.

    Cara sederhana cinta Indonesia-nya keren banget, Om..

    Selamat berpuasa ya Om! Mohon maaf lahir batin🙂

    Sukses selalu, Om Trainer!

    salam,
    Tante Gizi 😀

  18. Betul tuh pak, kalau liat di indo, sampah nya luar binasa…

    ht tp://www.master138.com/” rel=”dofollow” rel=”nofollow”>Master138

  19. sebagai pengendara motor, eykeh ada tong sampah, tuh di bawah stang, ada lubang🙂
    Dan paling benci, mobil mewah ntu membuang plastik or tissue, dan pernah ke muke gwe bo😦

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s