Posted in ARTIKEL, PERTUNJUKAN HARI INI, RENUNGAN

SAHUR


 

Hal ini mungkin sudah banyak yang membahas.  Sudah banyak pula yang berkomentar.  Entah di media massa ataupun ceramah-ceramah agama.

 

 Trainer ingin bicara mengenai acara-acara tayangan televisi sebagai teman makan Sahur para pemirsa.

 

Tanpa bermaksud untuk sok-sok alim … sok-sok suci atau sok-sok serius …

Jika aku perhatikan acara-acara yang ditayangkan pada saat jam Sahur itu kok sepertinya agak bagemanaaaa gituh … Ndak pas … dan sangat tidak pada tempatnya …

Bahkan pun jika ini ditayangkan bukan pada bulan Ramadhan … tontonan tersebut sepertinya juga tetap kurang memenuhi kaidah-kaidah untuk dikatakan sebagai tontonan yang baik …

 

Ada banyak ragam acara …

Tetapi sebagian besar adalah berupa Banyolan … Komedi … yang disisipi dengan Quiz.

(mmm sebetulnya bukan Quiz itu … karena pertanyaannya cemen-remeh-temeh… dan jawabannya multiple choice yang sangat gampang untuk ditebak …).

 

Banyolan dan komedinya pun rata-rata serupa … Slap-Stick … Slap Stick” yang kasar bahkan.

Model-model melecehkan fisik orang lain … melakukan aksi yang kasar dan sarkastis … (bahkan kepada wanita sekalipun) … mencoreng-moreng muka … menghancur-hancurkan properti yang terbuat dari stereofoam … memelorotkan celana … belum lagi yang rebutan bicara … masing-masing sibuk dengan gayanya sendiri-sendiri … cengangas-cengenges … sibuk dengan kehebohannya sendiri … (aduuuhhhh …)

 

Oh iya tak lupa pula dibumbui dengan … perilaku lelaki yang kewanita-wanitaan … dan juga sok-sok latah (biar ngetrend mungkin) … dan sebagainya …

 

Namun demikian … ditengah gegap gempita acara Sahur yang seperti itu …

Ada satu dua acara yang patut diacungi jempol … Diantaranya adalah sebuah talkshow dan juga sebuah Sinetron Religi.  Kedua acara tersebut menurut trainer sangat menarik.  Ditayangkan di dua TV Swasta.

 

Trainer tidak menafikan … tidak menyangkal … bahwa salah satu unsur penting untuk membuat menariknya suatu tontonan adalah … humor …  (Karena terus terang saja … agak BT juga kalau melihat tontonan yang serius … manyun terus)

 

Acara menarik yang aku maksudkan adalah Tafsir Al-Misbah (oleh Quraish Shihab) dan juga Sinetron Religi “Para Pencari Tuhan 3” (oleh Deddy Mizwar).  Acara-acara tersebut menurutkutelah berhasil menyajikan tontonan yang baik … bermutu … sarat makna … namun tidak melupakan unsur hiburannya …

 

 

Ini pendapat pribadi !!!

 

Bagaimana menurut anda ?

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

21 thoughts on “SAHUR

  1. Setuju Om trainer, saya juga kurang suka nonton acara sahur dan menjelang buka yang menurut saya kurang pas. Yang menurut saya masih ok adalah sinetron religi “Para Pencari Tuhan 3″ (oleh Deddy Mizwar), sinetron ini dari bbrp thn yang lalu juga sdh ada dan tetap kena di hati saya & kel.

    Saya lebih memilih mematikan tv jika acaranya saya anggap nggak ok. Lebih baik nyetel DVC pengajian or sejenisnya dech, biar anak2 lebih merasakan bulan Ramadhan lebih kental religi-nya dibanding bulan yang lain.

    Gimana om Trainer puasanya lancarkan ?. Selamat meningkatkan ibadah Om 🙂 🙂 🙂
    See you 🙂

    Best regard,
    Bintang

    to Bintang
    Alhamdulillah so far so good …
    (eh tapi nggak tau juga ya …)

  2. wahhh kok ngga ada tayangan itu di televisiku ya?

    (ohhh …adanya NHK1,3 TV Asahi, TBS, TV Tokyo, TV Nihon, dan disney channel😀 )

    Selamat sahur dan selamat buka …tergantung jam berapa deh bacanya.

    to EM
    Thanks ya Mbak 🙂
    (jjaahhh naik Bus nih …)
    (dibaca jam 13.30 WIB …)
    Sudah Sahur … Tetapi belum Buka …
    hehehe

    EM

  3. TVnya dipanteng aja di SCTV dan Metro pas sahur, Bos.
    Kalau aku sih bangunnya jam 4, jadi nggak sempat nonton. He he…Abis makan, udah langsung imsak dan subuh, jadi nggak banyak nonton tv…

    to Abang
    Hahaha si Abang ini …
    Tapi iya juga ya … lebih enak begitu …

  4. Saya suka PPT Om.. dari sejak keluar pertama kali thn 2007 lalu.

    to kang duddy
    iya kang …
    ini udah serial yang ke 3 tapi tetep aja gregetnya masih ada
    idenya nggak abis-abis

  5. saya paling tak suka
    acara sahur yang dipandu
    ruben onsu dan olga…
    btw, kl sinetronnya Deddy
    Mizwar…emang udah
    jaminan mutu abanganda…..

    to bro
    aku nggak nyebut nama artisnya lho ya …
    hahaha
    (padahal saya sependapat dengan bro)

  6. Para Pencari Tuhan Om, top habis..kadang sampe lupa sdh mau imsak.hehe

    to iwan
    tapi nggak lupa sahur kan wan ?
    crebon gimana wan ?
    rame bulan puasanya ?

  7. PPT dibuat memang untuk mendidik para pemirsanya. maka tak ayal langsung merebut hati pemirsa sejak pertama kali dibuat. Saya rasa PPT menjadi pilihan terbaik saat sahur.

    to adipati
    setuju mas
    mendidik tetapi tidak menggurui dan tidak jaim …
    sewajarnya saja

  8. ehm….karena gak pernah nonton tv…jadi gak ikutan bilang apa2 deh, tapi , sahur ntar jadi pengen liat sinetron dan quraish shihab yang om bilang…hehehehe….

    salam om!!!

    to bu rhainy
    ditanggung nggak kuciwa deh bu
    sumpah …

  9. setuju Om, kalo aku dari 3 tahun yang lalu selalu sahur n buka dengan tontonan PPT ^^ semoga ada PPT 3,4,5 dst amien

    to olvy
    yup betul banget …
    amin

  10. Setuju Om, saya selalu mengikuti Tafsir Al Misbah. Pak Quraisy Syihab sangat pandai menafsirkan ayat-ayat Al Qur’an, sehingga Al Qur’an menjadi ‘hidup’, bukan sekedar sederetan ayat yang dogmatis.

  11. Ga pernah kelewat PPT jilid 3 om..hehe..seru..
    Kecuali nanti kalo ga sahur atau kemaren pas ada bola..
    Huw..udah manteng aja gitu acara bola..
    Nonton acara lain agak males hihi..ya sama kaya kata om tadi😀

  12. betul pak Enha…..saya dengan suami baru saja rasanan.
    Ini acara sahur kok nyebelin,nggak mutu begitu…apa gak ada yang lebih baik ya ?
    Apa kita sudah dianggap nggak bisa belajar dan nonton yang baik baik ya..Memelas tenan.

  13. Terima kasih diingatkan kalau ada acara TV yg masih layak tonton terutama di bulan puasa ini, maklum saya biasanya TV hanya untuk penanda waktu sudah bedug adzan atau sudah imsak apa belum (dari pada harus lihat jadwal) … hehehe🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s