Posted in MUSIK

INI LAGU APA ?


.
Mohon maaf … Trainer nanya melulu …
Dipostingan sebelumnya saya bertanya … Kemana ?
Sekarang saya bertanya … Ini Lagu Apa ?

Jika berkenan mohon para pembaca terlebih dahulu mendengarkan lagu di bawah ini …

Sedikit background mengenai Lagu ini …
Saya tidak tau apa judul sebenarnya dari lagu ini …
Saya juga tidak tau syair lengkap lagu ini …

Lalu kok bisa memainkannya ?
Ya … memory saya berhasil mengumpulkan nada-nada lagu ini … karena kadang kalau lagi iseng saya suka rengeng-rengeng menyenandungkan lagu ini.

Dari mana Trainer mengenal lagu ini ?
Ini lagu sudah lama sekali saya kenal nadanya. 
Yaitu sejak jaman saya SMA.   Dulu ketika saya SMA, sering sekali diadakan lomba Vokal Group.  Lomba menyanyikan lagu-lagu daerah (istilahnya Folk Song Festival).  Lagu daerah dinyanyikan baik untuk lagu wajib maupun sebagai lagu pilihannya.  Saya dengar hampir di setiap kota besar selalu ada lomba ini.  Baik lomba antar SMP, antar SMA maupun antar Perguruan Tinggi.  Marak sekali sodara-sodara.

Tidak berhenti sampai disitu saja …
Setiap minggu, ada satu acara rutin di Televisi Republik Indonesia yang menyajikan pertunjukan khusus lagu-lagu daerah.  Jadi Group-group Vokal … baik itu yang berasal dari SMA atau Universitas atau Umum, secara bergantian, bergiliran mengisi acara tersebut.  Dan para murid SMA dan Mahasiswa tersebut seolah berlomba menyajikan kreatifitas yang terbaik.  Gengsi sekolah sangat dipertaruhkan disini.  Mereka pasti tidak mau tampil ala kadarnya.   Itu sebabnya mereka akan membuat aransemen lagu daerah dan juga penampilan mereka sebagus mungkin.  Berlatih keras siang dan malam.  Merancang kostum dengan nuansa daerah, mengarang koreo atau gerak untuk menambah indahnya penampilan mereka.  Karena ini akan ditonton oleh jutaan permirsa.

Sebuah “kompetisi”, persaingan ajang unjuk kreatifitas tak tertulis yang sangat positif sekali dampaknya.

Dan asal tau saja …
Banyak musisi dan juga penyanyi kondang, mengawali kariernya dari penampilan Vokal Group di TVRI tersebut.

Jujur … Trainer merindukan masa-masa itu.  Amat sangat !
Suatu masa dimana LAGU-LAGU DAERAH mendapat tempat yang terhormat di hati Masyarakat Indonesia.  Juga di hati para Pemuda-pemudinya.

Dua Puluh Delapan Oktober memang masih beberapa hari lagi …
Namun tidak ada salahnya jika saya pribadi menyerukan …

Sudah saatnya LAGU-LAGU DAERAH asli Indonesia diangkat kembali. 
Sudah saatnya Pemuda – Pemudi Indonesia menyanyikan lagu daerah negeri sendiri
Dengan nuansa yang lebih kini
Lewat kreatifitas yang tinggi

Kalau bukan kita … ?
Siapa lagi … ?
Kalau tidak sekarang …?
Kapan lagi … ?

Back to the Song …
Ada yang tau lagu ini ? Lagu dari daerah mana ?

And as usual …
This is not for commercials
This is specially played for my Indonesia

LAGU APA NIH ? by nh18
.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

39 thoughts on “INI LAGU APA ?

  1. blang!

    soal lagu daerah, kalo teman2 disini mencoba untuk melakukan aransemen ulang lagu2 darah yg dulu2 pernah populer, dibuat menjadi Hip Hop dan reggae, selain aransemen, mereka membuat lagu2 baru dengan mencoba mengeskplorasi budaya maluku untuk membuat hal2 baru dengan filosofi lama…

    dan rupanya ini berhasil, setidaknya bagi generasi muda untuk lebih mencintai daerahnya masing2🙂

    Salam kenal.

  2. Rasanya pernah dengar nadanya, pak….
    Apa lagu dari daerah kalimantan atau dari Sumatera bagian selatan, ya ???
    Lampung ato apa gitu….
    hm..hm…
    *masih mikir*

  3. Ntar malam deh kl udah di rumah baru bisa dengar. Setuju lagu daerah musti dipopulerkan lg, banyak org muda yg udah nggak tau. Btw bukan anakukang atau ati raja kan?

    1. The track is currently not available,
      jadi belum bisa denger nih oom,

      apa lagu dari vocal groupnya Dian PP kl nggak salah namanya Rurehe VG (kan satu generasi nih kita oom), sering diulang2 soalnya kan lagunya sunda dan Jazzy geeetuuu, aku suka gumamin lagu ini judul juga lupa

      ntarlah kucoba2 balik dan dengar lagi

  4. wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    inyiaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk
    maaf cucu mu tidak tahu….
    sama…
    (*aku tidak bisa membantu mu..
    tapi lagunya keren….

    selain narcis mania

    inyiak ku adalah musisi mania..

  5. lagunya indah sangat,, tapi saya juga tak tau lagu apa itu Oom.. (ini menunjukkan kalo generasi muda memang sudah asing dengan lagu daerahnya sendiri ya Oom… hikss..)
    benar, ayo kita lestarikan lagu2 dan kesenian daerah kita..

  6. Nostalgia, jaman TVRI kala itu memang saat itu bermunculan vocal group yang tampil hampir setiap sore atau malam.

    Mirip dengan jaman sekarang, bermunculan group2 band dengan nama macam2.Lama-lama akan berguguran satu demi satu.
    Kalah sama oom Yon yang masih setia mengibarkan bendera Koes Plus.
    Saya gak tahu juga lagu apa itu Oom karena laptop saya gak bisa muter lagu itu.

    Salam hangat dari Jombang

  7. sepertinya denuzz familiar dengan lagu ini. tapi ingatan itu terkikis sudah …
    biasanya lagu-lagu dngan nada seperti ini lebih ke melayu ya … ya kalo gak lagu daerah di sumatera ya di kalimantan …
    ehm … jadi penasaran …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s