Posted in PERASAANKU HARI INI

LEBARAN INI


.
10 September 2010

Hari Idul Fitri Sodara-sodara

Seperti layaknya keluarga-keluarga yang lain, Trainer juga mempunyai acara tradisi. Tradisinya sih biasa saja … berkunjung kerumah Bapak Ibu di Patal Senayan.

Namun …
Lebaran kali ini terasa lain …
Tahun ini kami lebaran tidak komplit.  Keluarga Adik saya tidak berlebaran di Jakarta tahun ini.  Dan seingat saya … ini adalah kali pertama … Kami berlebaran tanpa kehadiran keluarga Adik saya.

Sedikit cerita …
Kami ini hanya dua bersaudara … Saya anak sulung.  Dan Adik saya (perempuan) anak bungsu.  Ya … Dia adalah satu-satunya saudara kandung yang saya punya di dunia ini.  Nama kami pun diciptakan hampir sama.  Saya NaHer sementara dia NiHer …

Para pembaca sekalian tentu bisa menduga bagaimana kedekatan emosional diantara kami berdua … Walaupun kami tidak setiap hari sms an atau telpon-telponan … Tidak juga setiap minggu atau bahkan tidak setiap bulan bertemu fisik … namun hanya Tuhan dan kami sendirilah yang tahu bagaimana indahnya bentuk hubungan kakak-adik versi NH bersaudara ini bekerja …

Adik saya juga sudah berkeluarga dan dikaruniai 2 orang putra.  (so … cucu bapak ibu itu semuanya Laki-laki … 5 orang).

Tahun ini Adik saya berlebaran di Semarang.  Karena Suaminya relatif baru dipindah tugaskan kesana.  Dan atas pertimbangan beberapa hal … maka mereka memutuskan untuk berlebaran disana saja.  Tidak pulang ke Jakarta.  By the way Suami adik saya ini orang tuanya sebetulnya juga bermukim di Jakarta.  Jadi Keluarga Besan Bapak Ibu saya ini pun tahun ini berlebaran tanpa kehadiran mereka.

Tapi meskipun tahun ini Lebaran tanpa kehadiran adik saya …
Kami tetap mendoakan semoga mereka baik-baik saja disana … tetap berbahagia walaupun tidak berada ditengah keluarga … Panggilan tugaslah yang membuat kondisi ini terjadi.

So Sis …
Sekalipun saya sedih, berlebaran tanpa kehadiran kalian
Namun saya percaya … ALLAH akan selalu melindungi kalian sekeluarga ..

Selamat Idul Fitri ya Sis …
Mohon Maaf Lahir Bathin …

Take care ya Sis …
Baik-baik di Semarang …

With lots of love …
From your (only) Bro …

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

33 thoughts on “LEBARAN INI

  1. Minal Aidin wal faizin.
    Kalau di keluarga saya, untuk pertama kalinya setelah semua anaknya menikah, lebaran lengkap 5 anak dgn cucu2nya.
    Biasanya, ada aja yang lebaran diluar Jakarta.
    Rasanya memang beda🙂

  2. kalo saya ndak pernah mudik lebaran saya sama keluarga di rumah saja om, sama family dekat2 juga sih ada abis itu menikmati libur lebaran dengan tidur tidur tidur #eh

  3. Idul Fitri memang umum menjadi ajang pertemuan antar saudara, bila ada yang tak hadir sangat terasa kehilangannya.
    Di tempatku yang menjadi tradisi lebaran disamping silaturahmi juga diadakan “Arisan Keluarga”..

    (be happy, you are not alone)

  4. kalo hari raya emang paling enak ngumpul semuanya ya…😀
    tapi emang kadang kala gak bisa semua ngumpul… yah mau gak mau ya… yang penting tetep saling mendoakan…🙂

  5. klo jumlah keluarga cuma sedikit, jadinya gitu ya Om.. hhehe.. ( ikut ngerasain sedih dan rindu Om ma tante NH..🙂 ) …

    hampir sama dengan keluarga alm suami Om, cuma 5 bersaudara dan bapak-ibu mertua sudah tidak ada, kebetulan juga ibu mertua anak tunggal… jd klo lebaran ya cm kumpul 5 saudara itu .. klo salah satu ga ada.. rasanya jd lebih sepi…

    *semoga tante NH baik-baik di semarang.. salam saya ya Om..

  6. Lebaran memang kesempatan utk bertemu dan berkumpul dgn semua kerabat.
    sangat terasa kurangnya bila ada yang sampai tdk hadir ya Mas Enha, apalagi adik tercinta .
    semoga adik Mas Enha dan keluarga selalu sehat selama idhul fitri ini , amin
    Aku dan keluarga ikut menemani Mas Enha di hari lebaran ini🙂
    salam

  7. Alhamdulillah, meski tak bersama tapi keluarga kami tinggal berdekatan hingga memudahkan dalam bersilaturahmi. Titip doa dan salam buat adiknya ya, semoga mereka baik2 saja. Amien..
    Salam saya pak.. .

  8. Saya dan keluarga di pamulang berlebaran ke rumah adiknya mama dan seluruh keluarga yg muslim pak NH. Menyenangkan menikmati keberagaman ini.

  9. Om NH,
    Tahun ini saya seperti adik Om, NiHer. Saya tahun ini tidak pulang ke Medan, dan ini pertama kalinya. Dan saya sedih, karena sama spt Om NH, saya jg hanya dua bersaudara, abang saya 1 di Medan.
    Jadi saya rasa NiHer juga sama sedihnya krn tak bisa kumpul keluarga saat lebaran.

    Semoga semua ibadah kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah, dan amal kita mendapat balasan yg setimpal. Semoga msh bs bertemu dgn ramadhan tahun depan. Amin.
    Minal aidin walfaidzin. Maaf lahir batin.

  10. met lebaran om..
    mohon maaf lahir bathin

    sepi ya om kalau bersaudara cuma 2 orang, sama banget..
    sil juga cuma 2 bersaudara, kalau satu ga ada pasti serasa sepi..
    moga adiknya om selalu sehat ya..

  11. Sekedar berkunjung dan ingin mengucapkan minal aidin wal faidzin…
    semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang fitrah dan meraih kemenangan…Amin

    Mohon maaf Lahir dan Bathin

  12. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
    “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkum
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.

  13. Seandainya kakak saya hidup tentu saya juga punya Sis dan keponakan2. Mungkin dia juga lebaran di Jombang sehingga lebaran di rumah emak akan meriah.

    Tapi Alhamdulillah saya sekarang punya banyak saudara karena Ipung 5 bersaudara. Juga banyak saudara lainnya yaitu Oom nh, Guskar, Pak Mars, dr. Adel, mbak Lily, dll.

    Selamat Idul Fitri Oom
    Maaf lahir dan batin.

    salam hangat dari Jombang

  14. Panggilan tugas terkadang tak memungkinkan semua keluarga berkumpul
    Setelah adik menikah, punya keluarga sendiri, apalagi setelah mantu…maka sulit untuk bisa bertemu di hari Idul Fitri
    Dan kali ini…saya Lebaran berdua dengan suami….mengenang masa silam…saat masih awal pernikahan.

    Semoga, Lebaran tetap merupakan sarana berkumpul teman, saudara walau tak lengkap, dan sarana saling memaafkan…

  15. kan kumpul endak musti di hari lebaran pak? Pastilah ada momen laen yang bisa berkumpul komplit dengan semua keluarga..Di keluarga, saya 5 bersaudara, memang kami sangat sangat mengusahakan agar setiap hari natal kami bisa kumpul, tapi yaaaaa kadang abang sulung saya endak bisa dateng karena musti tetap bertugas. Saya yang berlima saja bisa merasakan spektrum haru yang sangat kental ketika satu diantara kami endak nongol, apalagi panjenengan yang cuman berdua..saya sangat bisa mengerti endak enaknya :p

  16. Senang sih bisa berlebaran bareng keluarga, tapi saya keseringan lebaran di tempat kerja…
    Alhamdulillah tahun ini bisa ngambil cuti, jadi bisa jalan2 bareng keluarga berlebaran ria deh…😀

  17. Om… keluarga besar saya di Duri, sejak beberapa tahun terakhir, juga tidak komplit dalam setiap lebaran. Penyebabnya adalah saya sendiri, yang jauh di perantauan. Sangat ingin hati ini pulang dan berkumpul bersama mereka, tapi apa daya, tak ada kuasa saya untuk pulang pas di saat lebaran ini… Luar biasa sedihnya Om… tapi, semua menjadi ringan lantaran hati yang ikhlas.. toh, kebersamaan bukanlah karena pertemuan, tapi sesungguhnya karena bersatunya hati…
    *lho… kok jadi saya yang curhat?*

  18. wah…ternyata kita senasib..
    keluarga mama dan papa saya juga gak pernah merasakan lebaran dengan lengkap..
    karena mama saya cuma berempat, dua di padang dan dua di jakarta, rutinitas,kesibukan masing-masing bikin keluarga mama yang berempat gak pernah lebaran bareng..
    keluarga papa juga begitu 7 bersaudara terpencar dibeberapa propinsi..
    jadilah kami lebaran hanya dengan keluarga yang sama-sama tinggal di satu kota saja..
    kadang iri kalau liat orang lain yang keluarga besarnya kumpul semua..🙂🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s