Posted in PERASAANKU HARI INI

TENGIL


(postingan ini terinspirasi dari komentar Imelda di Blognya Uda Vizon, di tulisan yang ini )

.

Pernah tau istilah Tengil … ?

Saya agak sulit mendefinisikan arti dari istilah Tengil ini …
Yang jelas perilaku Tengil ini sangat menyebalkan …

Ilustrasinya kurang lebih begini …
Pernahkah anda mendapat telfon dari seseorang … namun dia tidak menyebutkan namanya secara langsung … Dan dengan sok terkenalnya dia bilang …
“Hayoooo … dari siapa ini hayoo …”
(Sok-sok Cool …)
(Sok-sok Misterius …)

“Ayoo tebak … saya ini temen SMP kamu lhoo …””
“Kenal aku apa nggak … ???”
“Aaahhh sombong kamu”, nggak ngenalin aku  … ???”
“Pokoknya kamu pasti kenal deehh …”
“Hayoooo dong tebak … masak nyerah … ”
“Yaaahh … saya yakin kok kamu pasti tau saya … ”
“Ina .. inu .. ita … itu …” (panjang lebar … seolah nggak ada ujungnya)

dan seterusnya … dan seterusnya … dan seterusnya … berkepanjangan …
Menghabiskan waktu saja … cengar-cengir untuk membicarakan sesuatu hal yang tidak perlu …
Catat … Hanya sekedar untuk menebak … Telpon dari siapa ini …

Sebetulnya maksudnya mungkin ingin bercanda … bergurau …
Tetapi entah mengapa saya paling sebal jika ada teman yang “muter-muter” seperti ini hanya untuk memperkenalkan siapa dirinya … yang telah menelpon kita itu … (apa lagi jika berlarut-larut … kelamaan).

Mungkin dengan begitu … mereka (the “Tengilers” itu) sedang menikmati “Sensasi” … mengetahui bahwa ada Teman di seberang telfon yang sedang berfikir keras memikirkan tentang siapa dirinya …

Tapi ini sungguh TENGIL sangat !

Dan seperti yang telah dikemukakan dalam Postingan Uda Vizon …
Hal ini justru kadang kala dimanfaatkan untuk menipu … untuk kepentingan-kepentingan yang tidak bertanggung jawab … (please baca postingan Uda Vizon ya …)

And Yes Indeed … Ini diawali dengan Sapaan TENGIL …
“Hayooo … ini dari sapa hayoo … ayo dong coba tebak … ???”

Maaf Sodara-sodara … Ini pendapat pribadi … (dan saya bisa salah )
Bagaimana dengan pendapat Anda ?
Apakah pembaca terganggu dengan Telfon dengan sapaan awalan …
“Hayooo tebak … ini dari siapa ?”

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

91 thoughts on “TENGIL

  1. meskipun aku paling hafal suara orang, suara orang amat bergantung pada media yang dipakai juga.

    Nah, kalau blogger yang kita kenalnya cuma lewat tulisan? mana bisa nebak suaranya? Kecuali dia menyebutkan hints tertentu.

    si Tengil ini biasanya dekil ngga mas? hihihi

    EM

    1. eh mas, aku cari di KBBI, tenyata tengil itu Bahasa Indonesia baku loh… (kupikir bahasa gaulnya anak 80-an hehehe)

      te·ngil a menyebalkan (tt sikap dan kelakuan): sudah malas — pula, membuat orang bertambah benci padanya;

  2. hahaha… iya benar, istilah “tengil” buat orang yang begitu pas banget, Om…
    aku jadi punya ide nih..
    nanti kalau ada yang nelpon dengan acara tebak-tebakan begini, aku bakal balas dengan jawaban kayak gini: “hayooo… coba tebak, kamu lagi nelpon siapa…?”, hahaha…. tengil dilawan tengil….😀

  3. hmmmm….
    mau komentar apa yaaaah…
    hayoooo Om… tebak aku mau komentar apa….
    ah… apa hayooo Om… enaknya komentarku….

    haiiiiizzzzz….
    masa’ nyerah Om… >,<

    *disantet ma Om NH hihihihi*

  4. paling ga suka digituin pah
    aku kan terkenal jutek kalo ditelpon belom tau siapa, biasanya diawali dengan
    “Halo, siapa ini?” *judes*
    “temen sma” jawabnya
    “temen smaku banyak ini siapa?” *masih judes*
    “nggi, ini benny judes kali kaw” jawab yang di sana
    “hahhaha benny thoo koq baru nelpon sekarang sih?” *nada manja*

    demikian papah
    salam saya

  5. “Hayooo … ini dari sapa hayoo … ayo dong coba tebak … ???”
    “Ooo, haiii, ini kamu yaa? Apa kabar?”
    “Emang siapa ini , coba tebak?”
    “Hayah, aku gak bakal lupa ma suaramu laaa. Piye kabare?”
    “Baik, siyy. Emang kamu masih inget aku?”
    “Masih laah, di mana kamu sekarang?”
    “Di Jakarta. Emang aku siapa?”
    “Lhaaa, kok malah nanya?? Coba liat dulu KTP mu sana!”

  6. “Hallo?”
    “Siapa nih,” tanya om NH
    “Ahh masak sih om lupa sama suara ku?”
    “Iya, siapa nih, “kata om NH lagi
    “Sombong nih om, gitu aja pura-pura nggak kenal lagi..”

    Gobraak…om NH menutup telepon sambil gemes…..hehehe….

  7. Ah, kalo ada yang tengil seperti itu, biasanya saya ancam: kalo dalam hitungan ketiga ga nyebutin namanya langsung saya tutup (tidak lupa dengan nada galak). Beberapa ada yang ‘menyerah’, beberapa ada yang benar-benar saya tutup dan tidak diangkat2 lagi telponnya hingga ia sms meminta maaf, hehe…😀

  8. kadang suka ada yang kaya gitu. nyebelin..
    biasanya langsung di skak mat gini..
    “maaf y ini siapa,jangan rese dech,kerjaan gw banyak bukan cuma ngeladenin telpon gak penting doang..”
    kalau emang temen..biasanya akan minta maaf dan langsung jelasin siapa dia
    kalau orang rese..pasti ketawa…ketwa..
    aku matiin aja..kalau penting pasti dia tlpon lagi..🙂

    salam hangat dari bulan..

    1. Ya …
      Kalau penting biasanya dia akan telpon lagi
      dan kata-kata pertama adalah …
      Eh … ini gua nih … Gua Fulan … dst …

      Salam saya Put Moon

  9. spakaT om! gak sukaa bangeedh dech..

    aku pernah ngalamin om,malam2 tlp berdering,nomer gak kenal, aku tanya ini siapa?
    malah ngajakin tebak tebakkan persis yg om tulis.
    malah lebih lengkap,cowo yg paling cakep,4 huruf masa lupa.

    gubraakss!! pede amaat neeh orang,aku langsung matiin ajah hpnya.
    tlp lagi gak tak angkat ampe berkali2,akhirnya hp bener bener aku bunuh😀

    kok ya bisa gitu loch,nyuruh nebak,HADUCH…haduuch…
    TENGIL tuenan!

  10. Waaahh… saya sebal banget sama telpon yang kaya gitu..

    Biasanya kalo udah mulai disuruh tebak2an, saya langsung sahut: “Siapa ya?”

    Kalo dia kasi clue yang memang cuma kami yang tahu, dan memang suaranya saya kenal, dan memang maksudnya untuk surprise, saya biasa tebak dan langsung tepat

    Tapi kalo telponnya mulai bertele2 dan cuma niat iseng, saya langsungn judesin dengan bertanya: “Siapa ya?”

    “Siapa ya?”

    “Siapa ya?”

    Sampai si tengil akhirnya mengaku kalo dia cuma iseng, dan telpon pun saya tutup.. hehe

    Kalo sms yang berbunyi seperti itu biasanya tidak saya balas.. (jutek mode: on)

  11. tengil sama usil beda gak si om..?

    ketika seseorang menelepon saya malam2 pas mata mengantuk
    *halo apa kabar?*
    *eh baik, btw ni siapa ya. Nomornya gak kesimpan di hp*
    *hahaha, kerjain ah.. coba tebak siapa*
    *yee.. beneran ini gak tau.. kamu siapa sih*
    *hayo masak kamu lupa*
    *hmm… bentar ya, kuterawang dulu*

    trus ditinggal tidur…. *pengalaman*
    hehehe

    1. Pak Cahyo …
      Iya pak jika untuk becandaan …
      dan kita sudah kenal betul siapa yang menelpon
      mungkin ok-ok saja
      tapi kalau dari teman yang jarang atau baru pertama kali telpon
      wah ini rada mengganggu nih

      salam saya Pak Cahyo

  12. Kalau saya tergantung mood. Kalau sedang lowong waktu, tidak sedang kerja dan ingin becanda, ya diladeni. Sekalian untuk mengeruk pulsa dia sebanyak-banyaknya (kan ceritanya dia yang nelpon. heeehee).

    Tapi kalau lagi sibuk atau sedang istirahat, langsung matiin ajah!🙂

  13. tengil kalau nggak keterlaluan masih bisa dirayakan om dengan ketawa-ketawa sesudahnya, tapi kalau sudah keterlaluan pengin muntah saja rasanya sebab jadinya bukan lagi tengil tapi “tengik” kali om🙂

  14. Aku pernah ngocol seperti itu, tapi hasilnya aku ditagih utang😡
    ceritanya dia nelpon dan gak ngenalkan diri langsung maen tembak dan nebak-nebak. dasar aku, ngocol tak sambut ngocol. Ujung-ujungnya aku ditagih uang berdasarkan nomer HP yang aku pake (aku dulu beli kartu HP second karena yang baru masih mahal) padahal nomer itu sudah aku pake lebih dari 3 bulan😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  15. Selain telepon, saya juga paling sebel kalau ketemu teman yang sudah lama nggak jumpa (dan saya lupa siapa dia), lalu dia main tebak-tebakan siapa dirinya. Yang seperti ini kan mempermalukan saya, iya nggak Om? Jadi kelihatan kalau saya ini pelupa, nggak perhatian pada teman lama, dan lain-lain …😦

    Kalau saya jumpa seseorang, dan dari gelagatnya dia lupa siapa saya, maka saya akan segera memperkenalkan diri. Celakanya, lebih sering saya yang lupa daripada orang yang lupa …

    Tapi kalau ketemu Om, nggak bakalan lupa deh. Jangan khawatir Om …😀

  16. Saya juga pernah di tengili oleh suara ibu-ibu yang bolak-balik hoya-hayo……
    Karena saya lagi sibuk maka saya jawab agak sing sing so ” kalau nggak ngaku tak sun lho “.
    Eeh…wanita itu menjawab ” Ih dik Cholik kok sekarang jadi nefsongan gitu sih ”
    Masya Allah……beliau bekas isteri bos mas….kami sekeluarga memang dekat dengan beliau.
    ampyunnnn deh…buru-buru saya minta maaf sambil membayangkan seandainya……seandainya…..ha ha ha ha…
    ( ini rahasia untuk kita berdua saja ya Oom)

    Makanya ibu2 jangan suka bilang “hayooo..siapa hayoooo…..”, entar kalau ada setan lewat dan ngajak saya jalan2 kan repot.

    salam hangat dari Surabaya

  17. Doohh.. om enha sensitif juga ya.. Itu kan bukti kalo yang “tengil” itu perhatian sama om…
    Oya, selamat berpuasa ya om.. Semoga di 10 terakhir kita semakin lebih baik.. Amin…

  18. paling kesel kalau ada yang telpon, halo ini siap..?? yang nelfon siapa yang nanya siapa….

    lah ini siapa .. saya tanya.. malah dia balik tanya… ya ini siapa..??
    tengillllllllllll

  19. Wah, kalau lagi sibuk bekerja lalu menerima telepon yg seperti itu, bakalan jengkel buangettt!!! Mending langsung tutup aja.

    Tapi kalo misalkan lagi santai, yah dilayanin dulu nggak pa2 lah… Asal jangan keterlaluan aja… Maksudnya muter2nya jangan terlalu lama, hehe….🙂

    Salam hangat dari saya

  20. Sangat sangat terganggu, apalagi karena sy sendiri pernah mengalami juga. Malah mungkin bisa dibilang agak nggak sabaran, karena saya langsung tutup telponnya, hehehe.. Baru setelah itu dia telpon balik dan protes kenapa saya tutup. Lha, salah sendiri ngomong muter2 ga karuan… hehehehe…

  21. denuzz juga sering nerima telpon misteri yang seperti ituu …
    dan tanpa pikir panjang langsung deh denuzz tutup telepon …
    denuzz juga gak suka orang seperti ini … kalo dalam bahasa palembang, orang seperti ini adalah orang yang “ENYEK-ENYEK” …(E dibaca seperti membaca ‘Edan’) …
    hahaha …

  22. Aaah sungguh-sungguh menyebalkan orang seperti ini….dalam hati saya sebetulnya mau memutuskan hubungan telepon itu, tapi kadang-kadang ga tega….
    Terima kasih Pak, selamat malam….(23.56 WIB)

  23. Saya menyebut laki2 seperti itu Masteng! Mas-mas tengil…😆
    Sudah pasti karna saya perempuan Om, jadi penelepon tengil kebanyakan laki2.. dan kalau saya tanya dua kali tidak mengaku, Cklek..!! tutup telpon and Goodbye!!😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s