FLUENCY


 

Fluency adalah tingkat kelancaran seseorang dalam mengeluarkan – melahirkan sebuah ide.  Termasuk ide tulisan.  Ada yang mengalir … ada yang terbata-bata …

Ada yang tergantung mood … dan ada juga yang stuck, alias nggak ngalir sama sekali.

 

Sebetulnya apa sih hambatan trainer ini dalam menulis di Blognya ???

Salah satu hambatan mengapa Trainer ini tidak “fluent” dalam menuliskan ide-idenya adalah karena perasaan Takut.  Takut kelihatan aneh-bodoh-konyol.  Takut Jelek.  Takut salah.  Ragu-ragu.  Ah nanti begini, ah nanti begitu, ah nanti apa kata orang, ah cemen amat sih.  Ah gitu aja kok ditulis, ah sepele amat … dan seterusnya …

 

Terus terang saja … kreatifitas menulis dan aliran ide-ku sering kali BUNTU dan TERHAMBAT, … JUSTRU ketika aku TERBEBANI fikiran untuk HARUS menulis sesuatu yang (seolah-olah) fenomenal, bagus, keren, bermutu, terlihat pandai dan smart !!!

 

So langkah berat pertamaku adalah melepaskan barrier – beban fikiran tersebut …

Menulis tanpa beban !!!.  Mencoba Jujur pada perasaanku sendiri …

 

Sehingga untuk menanggulangi hambatan tersebut maka …

Trainer ini sama sekali tidak peduli dengan Mutu Tulisan … yang penting tulisanku itu :

NGGAK BOONG, NGGAK NYONTEK dan NGGAK JOROK … !!!

 

So … Be Your Self … Biar jelek asal hasil karya sendiri !!!

 

Setuju ??!!

 

Karena pada hakikatnya manusia itu tidak boleh berhenti belajar … belajar dari kebaikan dan juga belajar dari yang salah … Belajar dari mana saja … kepada siapapun dia … sampai kapan pun !!!

 

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

34 tanggapan untuk “FLUENCY”

  1. Ah, si Om… Terinspirasi sama aku ya? Hehe.
    Eniwei,
    Aku emang takut nulis yang ga penting2. Kyk tulisanku yang barusan. Ah, pada akhirnya emang kita harus percaya diri dan jadi diri sendiri..

  2. theme yg bagus dan bersih (sebersih org nya 🙂 ).
    yg jadi beban saat menulis adalah pada saat memulai tulisan mas,
    walah bingung pokoke

  3. masa sih mas punya perasaan gini? Boong ahhh….
    Hmmm tapi kalau sudah punya penggemar banyak seorang artis biasanya memang mempunyai ketakutan seperti ini ya. Sekarang maunya jadi artis atau ngga? Kalau aku sih emang dari pertama masa bodo yah…ada orang mau baca sukur…ngga ya udah, krn blogku =catatanku. Inget lagunya Melly “Potret” Laguku Bahasaku…
    So…Blogku Bahasaku juga deh hihihi.
    C’mon Mas Trainer dan JeungLala… C’mon asunaros… (Kayaknya yang paling ‘cool’ cuman Bang Hery deh hihihi)
    Salam
    EM

  4. Wow…ganti themes. Kirain saya tadi nyasar…
    Duh…kok sama sih, Pak? Takut ini-itu. Kepikiran layak publish apa ngga-nya. Tengkyu Mr. Trainer. Sudah mengingatkan saya untuk selalu jadi diri-sendiri dengan syarat dan ketentuan yang berlaku 🙂

  5. setuju juga om…
    terkadang kalau mau nulis, takut ga dibaca ama orang atau dihina orang. tapi lama2 kalo mikir takut, ga bakal mulai2 d. justru manusia kan belajar dari kesalahan ya?? 🙂
    jadi biarkan jemari yang bermain, otak dipinggirin aja…(jadi yang mikir siapa ya?? :p) hehehehe

  6. Wahh kalau mikirin tulisan berkualitas, mungkin saya sudah berhenti ngeblog. Biarkan tulisan berkualitas adalah untuk konsumsi paper yang diuji dan dipresentasikan, dan juga dilandasi penelitian singkat…..

    Kalau nulis di blog santai aja….tulisanku juga ga bermutu, dan remeh temeh kok…..hahaha….

  7. Benar…!
    Pusing saya kalau harus nulis bagus dan serius di blog. Apalagi kerjaan gw di kantor nulis serius terus.Yang ringan2 aja lah plus sedikit narsis (banyak juga ga apa2 😛 )

  8. ganti theme, jadi semakin fresh… apalagi udah pake foto, jadi semakin macho… hehe…

    saya memang termasuk orang yg tergantung ama mood. tapi, semenjak “bergaul” dg penulis2 hebat di jagat blog, salah satunya Pak Nh, saya jadi mulai “musuhan” sama mood… 🙂

  9. tapi kok ya masih susah Pak?
    kadang kalo baca sendiri, ngerasa kayaknya nggak penting banget.
    Tapi, jujur ketika udah dibaca bin dikomentari orang, jadi bersemangat nulis lagi. hehehe

  10. Cool apanya nih, Ime-chan?
    Lo, kok jadi komen atas komen?
    Penting gak penting kan tergantung dari persepsi pembaca. Ada yang penting menurut kita, tak penting menurut orang.
    BAgiku, yang penting asyik-asyik aja…
    Kalau ada ide, langsung dituangkan, nggak takut dibilang jelek atau nggak mutu.
    Masa-masa itu sudah lewat.
    Tapi untuk menjadi buku memang belum lewat maqomnya…
    He he…

  11. i know its too late…
    but, please let me say this..

    happy ied mubarak 1429H

    taqabalallahu minna wa minkum
    taqabalallahu yaa kariim
    minal aidin wal faidzin…
    ^_^

    masih banyak kan stok maapnya?
    ^_^’

  12. kemengaliran…

    yang kita tulis berupa ide itu sebetulnya sudah tersedia di lauhul mahfudz. ketika kejernihan pikiran dan hati kita maksimal, maka receiver kita kuat. dan menghasilkan sinyal yang kuat untuk mengakses lauhul mahfudz.
    sehingga ide itu kemudian turun kepada pikiran kita dan menggerakan organ tubuh untuk menulis atau berbicara. bukankah ketika kita tiba2 punya ide, kita tidak pernah berpikir sebelumnya akan dapat ide itu. tapi “aha” tiba2 saja muncul.

    sehingga seorang yang bersih hati dan jernih pikiran akan semakin mudah menghasilkan kebijakan…
    betul ga?
    ah saya ingin banyak belajar sama bapak soal

    kemengaliran ini

  13. Om ku tersayang..

    kalo yessy .apapun yang mau yessy tulis..sebetulnya tidak ke

    apa nanti tanggepan orang
    bagusgak ya tulisannya
    nanti yang baca bakal kasih komen gak ya

    bukan itu Om..

    Yessy cuma ingin jujur dalam menulis..Dan menurut yessy..menulis dengan jujur..adalah menulis terbaik yang Yessy tau.

  14. WAhhhh, nyarisss ajahhh, saya berfikir saya salah masuk, pas baca lagi, bener kok, gak alah, hehehe… ternyata ganti chat rumah yahhh

    anyway, iya, saya juga suka gak peduli yang penting saya gak boong, ngak nipu orang, dan gak nyakitin org lain…

    gak penting???… So what gitu lohhh, hehehe

    ohya, satu algi… maap lahir batin yahhh pak NH

    salam hangat

    Silly

  15. salam kenal…

    iya betul sekali, memang sulit mengetikkan kalimat-kalimat yang ada di otak dan perasaan kita bagi orang yang ga biasa.. cuek saja lah ^_^

  16. bagi saya menulis itu hanyalah larutan pak..larutan dari apa yang ada dipikiran kit,,walaupun susah tapi itu semua tergantung dengan apa yang kita pikirkan & yang kita lewati dan rasakan..salam kenal…

  17. saya juga berusaha jujur dalam menulis mas, kalau buntu ya tulis saja sedang buntu, toh kebuntuan juga akhirnya jadi tulisan,,,, 😆

    ini luar biasa mas, pelajaran kejujuran dalam menulis.

    saya memang saluuut sama Panjenengan mas, menulis dengan gaya sendiri…yang keren abissss. bahasa yang mudah di pahami dan sering membuat saya ketawa inilah, saya sulit sekali menirunya. padahal saya suka gaya penulisan yang kayak begitu.

    terima kasih atas motivasinya mas Tariner,
    salam saya Mas…

  18. Nah itu dia om, moody dan perasaan takut gak bermutu itu yang membuat newbi seperti aku ini senantiasa tersendat dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan.
    Trims ya om atas link nya, sangat bermanfaat!

any comments sodara-sodara ?