Posted in TRAVELLING

BALIK HARI


.
Mulanya saya ingin memberi judul “Nglajo”.  Tapi sepertinya kurang pas.  Nglajo adalah suatu kondisi dimana seseorang harus bepergian rutin pulang balik dari rumah ke tempat kerjanya, yang relatif jauh.  Contoh : Rumah di Bogor tapi kerjanya di Jakarta.  Jarak Bogor – Jakarta relatif jauh dan cukup memakan tenaga untuk pergi / pulang setiap hari.  Namun di sisi lain … mau indekos di Jakarta, biayanya mahal.  Akhirnya diputuskan untuk “nglajo” saja setiap hari bolak balik Jakarta – Bogor walaupun jauh, dengan konsekuensi badan capek.

Nah kalau “Balik Hari” itu apa Om ?
Kalau balik hari itu adalah istilah yang dipergunakan sementara kalangan, untuk menggambarkan seseorang yang melakukan perjalanan ke kota lainnya dalam waktu satu hari bolak-balik.  Namun tidak rutin setiap hari.  Hanya sekali sekala saja kalau ada keperluan penting yang mendadak.

Seingat saya … saya sudah beberapa kali melakukan perjalanan “Balik Hari” ini.  Pergi pagi … pulang sore.  Saya pernah melakukan perjalanan balik hari diantaranya … Jakarta – Pekanbaru – Jakarta.  Beberapa kali rute Jakarta – Surabaya – Jakarta.  Pernah pula Jakarta – Semarang – Jakarta.  Semua saya lakukan dalam satu hari.  Pergi subuh, pulang sampe rumah lagi Isya.  Hal ini dimungkinkan karena kebetulan jadwal penerbangan pesawat ke/dari kota-kota tersebut relatif banyak.

Tentu saja saya melakukan ini karena tuntutan pekerjaan.

Seperti contohnya hari ini … 4 September 2012
Kembali saya melakukan perjalanan “Balik Hari”.  Kemana ?  … Ke Bali … !!!
Mungkin beberapa pembaca ada yang gumun … “Halah … Om … Om … ke Bali kok “balik hari” siiihh !!!”  Mbok ya o … di extend … diperpanjang sampai keesokan harinya gitu … ? agar bisa sejenak jalan-jalan dulu … Bali gitu loh … !!!”

Maunya sih begitu … tapi namanya juga perjalanan ABIDIN … (atas biaya dinas) maka saya harus menaati apa yang diinstruksikan kepada saya.  Instruksinya balik hari … ya saya akan melakukannya.  Karena memang saya besok pagi juga kebetulan ada meeting yang lain di Jakarta.

Ibarat kata … perjalanan hari ini adalah bagaikan …

“… cuma numpang pipis doang di Bali … “ (hahaha … keren kan ???)

Bagaimana dengan teman-teman ?
Pernah melakukan perjalanan “balik-hari” ke kota lain yang relatif jauh ini ?
… numpang pipis di kota lain … ?
Atau … sarapannya dimanaaaa … pup nya di manaaaa !!!
(hah what did I say ?)

Salam saya

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

48 thoughts on “BALIK HARI

  1. entah pengalaman saya ini dibilang balik hari atau tidak ya om, waktu itu saya sempat keluar dari pekerjaan saya dan tinggal dicikampek. saya interview di cikarang lalu pulang kebekasi naik bis diperjalanan saya ditelp teman minta tolong sesuatu yang mengharuskan saya balik ke bekasi lagi , saya sanggupi sorenya saya pulang lagi kecikampek. halah pusing ya mondar mandir kalau ini judulnya🙂

  2. balik hari =pulang hari?
    Kalau itu sih mayan sering, dan kalau Jkt-Bandung aci, waktu mudik kemarin aku pulang hari Jkt-Bandung 2 kali. Dan kurasa keluargaku sering juga pulang hari Jkt-Singapore. Untuk orang Jepang hal ini amat sering dilakukan. Tapi kalau naik pesawat masih mending karena paling berada di pesawat 1-2 jam, yang aku alami naik mobil one waynya 5 jam hihihi.

  3. dulu lumayan sering seperti itu om… keliling keliling indonesia kalau ada training produk baru.. sampe cape pulang hari… tapi menarik khan itu… jd mau mengulangnya lagi nih setelah membaca tulisan om.

  4. paling jauh pernahnya dari SF ke LA om. waktu interview kerjaan. berhubung dibayarin pesawat dan taxi nya, jadi ya udah dateng buat interview doang trus pulang lagi. hahaha.

  5. wkt masih kerja tuh om sy selalu “nglajo”. Rumah di Bekasi, kantor di Tangerang.. Tiap hari lwt Jakarta.. Jd tiap hari 3 propinsi di lewatin.. Hehhe…

    Kl yg pulang hari kayaknya sy pernah deh waktu di tugasin ke Pekanbaru..😀

    1. Waaaaa …
      kebayang …
      kebayang macetnyaaaa …
      3 propinsi jeh …
      Dan saya rasa … ini masih banyak terjadi nih .,.. Barat ke timur … timur ke barat …

  6. Balik Hari..baru tahu ada istilah ini Om. Kalau saya pernah beberapa kali tapi julah total waktunya lbh dr 24 jam karena perjalanan darat jd lama di perjalanannya. Kalau ada tugas ke Surabaya, seringnya ya langsung balik ke Banyuwangi begitu acara selesai..jd pagi tiba di sby, sore langsung balik lagi. #termasuk kategori balik hari kan?

  7. Hanya orang-orang yang staminanya prima saja yang bisa seperti itu, numpang pipis di pulau dewata🙂

    Hehehe, saya pernah dengar tuh Om istilah nglajo. Tapi di sini jarang ada yang ngomong gitu.

    Wah, di postingan ini banyak istilah, ada istilah ABIDIN juga, hehe.. kereeen..

  8. Saya sendiri balik hari antara Garut-Bandung-Garut xixixix ke bilang dekt sihh tapii masih sama kaya BAlik harikan om ??😀
    klo sampe jauh2 gtu belum pernah ..🙂

  9. aku pernah ke Makasar, pagi berangkat, trus meeting, trus sore udah balik lagi ke Jakarta.. hahahahahaha… berasa penting banget deh!:mrgreen:

    Tapi sempet kopdar juga sih sama temen-temen di sana sebelum pulang ke Jakarta😆

  10. Aku sih seringnya msh di kalsel juga misalnya dr banjarmasin ke daerah hulu sungai, jarak tempuh sekitar 4-5 jam…naik motor sih dulu jaman masih kuliah, kalo skrg mah udah gk sanggup capek banget dan itu istilahnya cuman numpang pipis emang bener tuh om saking sebentarnya😀 kalo kata aping sih pantatnya belom panas dibawa duduk eh udah balik pergi lagi hahahaa

  11. Pernah beberapa kali, Om. Tapi bukan kerjaan. Jakarta-Tasikmalaya-Jakarta nganterin teman yang sakit parah (epake ditilang pula, lgh..). Trus Jakarta-Cirebon-Jakarta juga nganterin teman yang sakit. Jakarta-Semarang-Jakarta eh tapi yang itu udah lebih dari 24 jam, sih. Tapi ya emang selesai urusan langsung pulang. Kalo Jakarta-Bandung-Jakarta mah seriiiiiiing…

  12. bukannya ngelaju ya om? dari kata “laju”

    balik hari sering om, SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) acara rapat dari Pwkto-Smrang ato Pwkto-Jogja berangkat jm4 pagi pulang sampe rmh bisa sampe jm 10 malem. perjalanan makan waktu skitar 5jam pake mobil kntor. (gak ada bandara di Pwkto😥 )

  13. Oh ya Om, tulisan ini mengingatkan saya beberapa tahun yang lalu pernah dalam waktu dua bulan berturut-turut sebanyak 3 kali Jakarta – Bali – Jakarta, pergi pesawat pertama (subuh) pulang pesawat terakhir (isya)…. 🙂

  14. Kayaknya saya belum pernah “balik hari” sebagaimana dicontohkan di atas, dalam pengertian “pada hari yang sama “. Tapi saya pernah ke Cimahi, datang sudah malam, dan pagi-pagi buta saya kembali ke Surabaya. Mengapa ? Karena harus mengambil usb yang ketinggalan dan burn artikel ke CD tak berjalan dengan baik.

    Itu memang berlainan hari, tapi hanya sekejap tidur lalu ngacir, trus sorenya ngacir lagi ke Cimahi.

    Abidin, hampir sebagian besar perjalanan saya naik montor muluk karena abidin.

    Salam hangat dari Surabaya

  15. hehe, saya juga pernah balik hari. pagi dari jogja berangkat ke pontianak, dan sudah nyampai rumah lagi pada waktu menjelang shalat isya’🙂

  16. Kalau di daerah asal saya namanya “COLIK” Om…
    Bukan nama PakDhe lho ya😀
    Mbacanya kayak “Colek” tapi ini pakai huruf “i”
    Nah kalau di Kendal, pulang hari itu disebutnya “Tulak”

  17. oommmm… buat iri deh balik hari ke bali..

    kalau aku dulu pernah pas jaldin.disuruh balik ke pontianak dr bandung karena ada waktu kosong sehari kerja.. tapi akunya gak mau dong.. jd ngadep ke bos kecil biar dikasih libur.. hihihi..

  18. pernah.. perjalanan pertama keluar negeri,,
    jakarta – singapur,, pergi penerbangan paling pagi, pulang paling malem…
    gak pake jalan-jalan , mau extend kebentur SOP😀😀😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s