Posted in GUEST WRITER

karsini # 31 : RASA BAHASA PARA KARSINIER


.

Ini tulisan karsini yang dikirim oleh sahabat lama saya.
Tulisan bapak yang satu ini sangat khas dan saya pujikan.

Saya merasa senang beliau berkenan mengirimkan karyanya ke tempat saya
Simak tulisan yang satu ini …
Ada yang tau … Tulisan milik siapa ini ???

————

RASA BAHASA PARA KARSINIER

Entah bagaimana enaknya menyebut para pecinta dan penikmat artikel Karsini hasil olah cipta-karsa Om Trainer ini. Bolehlah,sementara saya menyebutnya sebagai Karsinier. Membaca dan mencermati dua puluh lebih tulisan karya sabahat Narablog yang dimuat di Blog Om Trainer sangat mengasyikan, terutama menikmati rasa bahasa yang disajikan dalam tulisan-tulisan tersebut.

Sejatinya, membaca tulisan orang lain adalah proses pembelajaran dalam tulis-menulis. Dulu, waktu pertama kali belajar menulis, prinsip saya adalah asal tulis saja dulu, nanti tinggal permak sana-sini. Bahasa yang kurang pas, diganti dengan yang enak dibaca. Kalimat terlalu muter-muter ya tinggal pangkas. Nanti lama-lama kita akan memahami rasa bahasa yang enak dan nikmat itu seperti apa. Dan di Karsini saya jadi lebih mengenal rasa bahasa masing-masing Narablog.

Mungkin saking penginnya menebak karya siapa tulisan itu, pembaca lupa mengomentari materi yang disajikan oleh penulis. He..he… ya nggak apa-apa wong di akhir artikel Om Trainer memberikan pertanyaan: karya siapa ini? Sungguh, tulisan yang ditampilkan nyiamik semuanya. Banyak terselip kalimat-kalimat ajaib yang memberikan inspirasi kepada kita.

Tak apa apabila kita salah menebak karya siapa tulisan itu, namun sesungguhnya Om Trainer mengajak kita untuk lebih mengenal tulisan sahabat Narablog lain dengan cara membaca tulisan milik mereka yang lain yang – tentu saja – disajikan di blog mereka masing-masing.

Sebenarnya apa yang membuat rasa bahasa sebuah tulisan itu enak dan nikmat? Bagaimana pun praktik adalah upaya terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik pula. Meskipun kita kaya pengalaman atawa ratusan buku telah kita khatamkan, namun jika kita tak pernah praktik menulis jangan harap akan dapat menghasilkan tulisan yang mempunyai rasa bahasa yang enak dan nikmat itu.

Karsinier, ucapkan terima kasih kepada Om Trainer yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk ‘unjuk-diri’ memperkenalkan tulisan kita kepada Narablog yang lain dan mengenal lebih jauh rasa bahasa tulisan sahabat Narablog lain. Tak perlu kita minder dengan karya sendiri, karena masing-masing kita mempunyai ciri khas yang orang lain (mungkin) tak punya.

Tapi, kalau rasa bahasa tulisan kita masih sedikit kasinên pripun, Om? Tambahkan sedikit gula, dijamin akan berasa gurih!

———————-

 

KARYA SIAPA INI … ???

.

STOP PRESS

Seperti yang sudah anda duga semua …
Penulis postingan ini adalah …
Yang punya Rasa Bahasa seperti ini adalah AGUS SUKARNO SURYATMOJO

alias Guskar
alias Kyaine
alias pemilik blog Padeblogan …

Tulisan beliau sangat khas …
Paparan Beliau pun sangat khas

Sekarang Mas Gus tinggal dan bekerja di KARAWANG

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

59 thoughts on “karsini # 31 : RASA BAHASA PARA KARSINIER

                1. Kalau Kang Alam, punya rasa cinta pada pelestarian alam, Ngai..

                  @kakaakin: Ngai itu lagi bikin puisi, judulnya: setentang hewan dan tumbuh-tumbuhan

    1. Rasa bahasa itu hampir sama dengan selera berbusana ya Om?
      Kita bebas menentukan model dan warna pakaian kita, yang itu kemudian menjadi ciri khas kita. Namun, aturan dan norma harus tetap dijaga, agar diri kita tetap mulia..🙂

      1. Seingat saya, orang inilah yang mempopulerkan istilah “narablog”, istilah yang sangat khas dan punya rasa bahasa selera tinggi..🙂

        Saya rindu sekali dengan orang ini. Namun, setiap kali berkunjung ke rumahnya, pintunya masih saja tertutup. Sehingga, saya hanya bisa melihatnya tanpa bisa berbincang dengannya..
        *mendadak lebay*😀

  1. Penulisnya kayaknya kenal saya Om…
    Kalaupun nggak kenal, minimal dia tau saya Om…
    Knapa?
    Karena yg nulis ini tau kalo saya sukanya nebak dowang tanpa ngomentari materi tulisannya.
    Tapi mau gimana lagi, lha Om NH nanya2 melulu, ini karya siapa alias Karya Siapa Ini…

  2. halah..saya bolak-balik kopdar sama beliau kok
    kapan ya bisa guyon lagi kayak dulu

    Menulis, menurut saya, merupakan ilmu dan seni, mirip dengan kepemimpinan yang juga merupakan “art and science”.
    Orang yang suka humor, biasanya akan ngejowantah dalam tulisan-tulisannya. Simak karya emha Ainun Najib, Arswendo Atmowiloto, dll.
    Saya suka karya mereka karena bahasanya enak, renyah, judulnyapun sip dan kaya sentuhan humor namun isinya penuh makna.

    salam hangat dari Surabaya

  3. setelah ditelisik dari atas ke bawah,
    narablog ini adl favoritnya para blogger lawas.

    tak terbantahkan lagi,
    ini Mas Alam Endah..!!!

    #eMak Ngai sll bilang bhw mas Alam paling jaya di masanya.

  4. sekalinya beliau mau komen di tempatku rasanya senang banget he..he..
    pintu tertutup, tak apalah, soalnya kadang mau komen juga nggat tau apa yang mau ditulis saking takjub sama isi tulisannya, he..he..

  5. kalau ngelihat komentar2 yang lain dan blog yang ditutup komennya saya ikutan nebak Pak Guskar ini….

    Setuju..tulisan yang gurih tentu melalui praktik berulang2..sampai bisa menulis dengan pas….

  6. Omm Nhh mau tanyaaa…
    boleh engga ngirim artikel ke Om Nh??? terus kalau mau ngirim ke e-mail om Nh aja? email nya om Nh apa?

    jadi pengen ngirim artikel nihh..😀
    boleh engga Om??
    🙂

    salam hangat Om..

  7. ah, aroma-aromanya beliau yang berkunjung ke Jogja… dengan lokasi pertemuan dengan beberapa narablog yang sakplinthengan dari rumah saya.. dan sayang berjuta sayang, saya telat tau…😥😥

  8. Berminggu-minggu saya nda silaturahim di sini, nda menyapa sahabat karsinier. banyak hal penting yang terlewatkan, bahkan mampirnya saya siang ini pun belum bisa berlama-lama.

    salam hangat untuk sahabat karsinier semua, terutama juga untuk Om Nh dan keluarga. Insya Allah, saya akan benahi kembali silaturahim ini segera setelah bisa blogwalking dengan leluasa

  9. SODARA-SODARA SEKALIAN …

    Seperti yang sudah anda duga semua …
    Rasa Bahasa seperti ini … adalah totally milik
    AGUS SUKARNO SURYATMOJO

    alias Guskar
    alias Kyaine
    alias pemilik blog Padeblogan …

    Tulisan beliau sangat khas …
    Paparan Beliau pun sangat khas

    Sekarang Mas Gus tinggal dan bekerja di KARAWANG

    Salam saya

    1. Terima kasih Om sudah memuat tulisannya Mas Guskar alias Kyaine di sini..
      Setidaknya bisa melepas kerinduan pada sosok sahabat lama kita itu..
      Dan semoga, beliau berkenan meluangkan waktu barang sejenak, untuk sekedar bercuap-cuap di kolom komentar ini…🙂

        1. @mbahKung:

          sudah ke tekape,
          keknya itu sama sekali bukan cerita ttg pak Guskar deh
          pemeran utamanya disitu jason Mars
          coba deh mbahkung teliti lagi dengan hati yang jujur.

  10. selamat pagi pak NH terima kasih sudah menayangkan tulisan saya untuk meramaikan KARSINI.
    senang rasanya membaca komeng2 yang ya ada, serasa bernostalgia bersama Sharukh Khan (foto beliau di persimpangan malioboro dan sarkem yg fenomenal itu), John Cusack (minggu lalu rasa kangen saya terobati dengan nonton film 2012 si salah satu tipi …. hmm… gaya yang ini memang sangat mirip).
    meskipun dng cara “membaca tanpa berisik” saya masih membaca dan menyimak tulisan2 sahabat Narablog Sepuh (xixixi…) seperti Pak Kumendan, Ibu Sri Sumarah, Kakang Jason Mars, Mas Alamendah (maaf… boleh kan saya sebutkan di sini?!!), Kang Getolmoto, Ibu Jangankuatir, Mpu Sunggingprabangkara, Ibu Pecintamuseum, dan masih banyak lagi.
    Mencuplik kalimat ajaib milik Pakde Cholik: Sungguh, bersahabat dengan Anda menjadikan hidup saya semakin berwarna-warni.
    Tabik.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s