Posted in MUSIK

REJUVENASI LAGU ANAK INDONESIA


Pagi ini Pak De Cholik tercinta kita mengangkat topik yang menarik.  Tentang Lagu Anak-anak Indonesia

Tidak usahlah saya mengemukakan kembali, betapa kita semua prihatin dengan perkembangan lagu anak-anak Indonesia.  Banyak anak-anak Indonesia, … yang secara sadar atau tidak sadar.  Dipaksa atau tidak dipaksa …  menyanyikan lagu Dewasa.  Tidak jarang banyak orang tua yang hatinya bangga berbunga-bunga mendengar anaknya bisa sanggup menyanyikan lagu yang seharusnya bukan untuk dia.

Mohon dicatat … tidak selamanya lagu-lagu populer itu tabu untuk dinyanyikan oleh anak-anak.  Ada beberapa lagu yang dinyanyikan oleh group band/penyanyi dewasa yang saya rasa masih cocok untuk anak-anak.  Yang saya maksud disini adalah … jangan sampai anak-anak itu menyanyi lagu … yang syairnya jaaauuhhh melewati alam pikirannya.  Tentang cinta kepada lawan jenis (atau sesama jenis bahkan), patah hati, nafsu, selingkuh, dendam, sumpah serapah dan seribu satu thema ajaib lainnya.  Yang belum saatnya dimengerti oleh anak-anak.

Bagaimana caranya supaya anak-anak tergerak hatinya untuk menyanyikan Lagu yang seharusnya mereka nyanyikan ?.  Bagaimana caranya supaya orang tua juga ikut tergerak untuk mengajarkan (bahkan memaksa) anak-anaknya menyanyi lagu yang sesuai ?

Menurut saya ada salah satu cara … yaitu dengan Rejuvenasi Lagu Anak Indonesia
Rejuvenasi artinya adalah upaya untuk meremajakan kembali atau upaya untuk pemutakhiran kembali.  Pemutakhiran kembali lagu anak-anak klasik Indonesia.

Saya selalu mendengar lagu anak-anak Indonesia klasik itu disetel melalui spiker … oleh abang tukang odong-odong.  Ini awal yang baik.  Namun demikian … saya merasa kok lagunya itu-itu saja ya …  dan aransemen musiknya pun begitu-begitu saja … iramanya begitu-begitu saja … dan mohon maaf … musiknya lebih mirip musik senam pagi …

Untuk itu lah kita perlu REJUVENASI LAGU ANAK INDONESIA.  Lagu anak-anak Indonesia itu sebetulnya banyak sekali … dan bagus-bagus pula.  Baik nada maupun syairnya …

.

Bagaimana cara me- REJUVENASI LAGU ANAK INDONESIA ?

Berikut ada beberapa ide sederhana yang mungkin bisa di lakukan …

1. Aransemen
Bagaimana kalau Yovie Widianto, Aminoto Kosin, Ireng Maulana, Vicky Sianipar, Addie MS, Erwin Gutawa, Andi Rianto, Purwacaraka, Widya Kristianti, Oni (penata musik Indonesian Idol) … bahkan juga mungkin Ahmad Dhani, Rhoma Irama, dan jawara-jawara arranger lainnya, diajak untuk mengaransemen ulang lagu-lagu klasik anak-anak.  Tentu dengan cara dan taste mereka.  Terserah … bisa klasik pop, jazz, rock, bosas bahkan dangdut.  Dengan menggunakan teknologi musik digital yang ada.  Saya jamin lagu-lagu klasik macam balonku, desaku, pemandangan, pergi belajar, ruri abangku akan semakin indah dan up to date …  dan tidak membosankan.  Anak-anak akan semakin bergairah untuk menyanyikannya …  (Yang saya tau Almarhum Elfa Secioria pernah melakukan hal ini …)

.

2. Group Band
Kurang lebih sama dengan yang diatas,  Bagaimana kalau kita ajak Dewa, Slank, Gigi, Kotak, Ungu, D Masiv, Armada, The Virgin, J-Rock, Soneta group, Wali, Setia Band dan sebagainya menyanyikan Lagu Anak-anak klasik.  Bahkan kalau perlu libatkan juga Group Vokal … Cherry Belle, Smash, XO-IX, JKT 34 dan sebagainya.  Tidak usahlah mereka menciptakan lagu anak-anak baru.  Cukup dengan menyanyikan ulang lagu-lagu klasik anak-anak Indonesia yang ratusan itu.  Dampaknya pasti luar biasa.  Yang saya tau … Group Coklat dan juga Sheila On Seven pernah mencoba untuk melakukan hal ini.  Group Coklat dengan lagu-lagu perjuangannya dan Sheila On Seven dengan Ambilkan Bulan Bu.  Pasti seru sodara-sodara … mereka menyanyikan lagu anak-anak dengan cara mereka dengan taste mereka … dengan warna mereka… dengan gaya mereka.  Dan ini pasti akan ditiru oleh anak-anak.  Dan orang tua lebay pun akan memaksa anak-anaknya untuk meniru gaya para penyanyi tersebut.  Dan kali ini mudah-mudahan sih meniru lagu yang benar sudah tentu…

.

3. Media Televisi
Tak pelak lagi media yang satu ini tidak diragukan kemampuannya untuk menjangkau khalayak banyak.  Tidak diragukan lagi bagaimana kebisaannya untuk mempengaruhi massa penontonnya.  Akan sangat ideal sekali jika mereka menyediakan wadah acara khusus untuk ini.  Acara khusus apa ? … ya acara khusus untuk menayangkan musik karya Arranger tersebut diatas … dan juga penampilan para Group Band tersebut diatas.  Menampilkan acara yang full lagu anak-anak … di prime time untuk target audience anak-anak sudah tentu.  Sabtu ? Minggu ?

Melalui ketiga hal diatas … saya rasa Lagu Anak Indonesia akan kembali berkumandang … populer kembali

Tidak mudah memang … karena dibelakang mereka ada “Produser Musik” dan “Industri Musik” … Mereka yang selalu berhitung … dan selalu mengaitkan ini semua dengan pundi-pundi rupiah, rating, omset, pendapatan dan yang sejenisnya.  Namun … saya rasa jumlah anak-anak di Indonesia masih sangat banyak … Target market yang gemuk.  Dan saya rasa pula … produk-produk untuk anak-anak terkemuka juga tidak kalah banyaknya …  yang siap menjadi sponsor acara – acara tersebut.  (Saya yakin beberapa Marketing Manager dan juga Product Manager/Brand Manager produsen consumer goods tersebut …  mempunyai  konsern yang serupa dengan kita.  sebab mereka kan juga punya Anak-anak di rumah).

Its A Win-win solution …

Bisa nggak ya ???

Salam saya

.

.

Artikel  ini untuk menanggapi artikel BlogCamp berjudul “LAGU ANAK-ANAK INDONESIA”  tanggal 17 Juni 2012

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

36 thoughts on “REJUVENASI LAGU ANAK INDONESIA

  1. aku setuju dengan ide rejuvenasi itu om…

    curcol dikit, lagu yang aku pasang disini tidak banyak dikenal anak2 Indonesia.. malah sangat beken di malaysia.. bbrp link yg aku ikutin tyt yang ngupload lagu itu dan komen adalah warga malaysia.. betap mrk kagum dgn lagu2 ciptaan negeri kita.

    padahal lagu cipt melly guslow tsb sangatlah indah, terbukti ponakanku yg laki2 saja lgsg suka.. jadi yang kurang itu apa..? promosi..!!! lahan promosi besar2an hanya dikasih utk yang dianggap menguntungkan.

  2. Yakin deh..pasti hampir semuanya setuju dengan ulasan ini.. Yg ga setuju itu pasti yang ngga baca..hehe… Semoga sukses di kontesnya Pakdhe..🙂

  3. Waah setuju banget sama tulisannya Om..
    Kan udah ada Om, Sheila On Seven nyanyi in ambilankan Bulan bu dan artiis2 lain juga dengan aransemen yang baru menyanyikan lagu anak2..

  4. kereen banget idenya si Om nih… detail dan maka sense alias masuk akal,jadinya punya chance itu terwujudkan (inysa Allah)…

    BTW Om NH tau gak kalo grup rock NETRAL pernah ngebawain lagu anak2 yg judulnya DESAKU cipt Ibu Soed?? tentunya dgn gaya gahar bin sangar ala mereka… sumpah keren bgt om… nih saya kasih URL you tubenya…

    BTW (lagi) itu grup vocal namanya JKT48 bukan JKT 34 ooooommm…🙂

    1. Mengenai Desaku (ini karangan L Manik) yang dinyanyikan oleh Netral saya belum pernah mendengarnya terima kasih ya videonya

      Mengenai JKT 48 ? … lho sudah diganti toh … qiqiqiqiqiq

      Thanks ya

  5. Ketika Sherina dulu muncul dg lagu anak-anak dan aransemen musik yg tidak sederhana, antusiame masyarakat Indonesia sangat tinggi. Begitu juga ketika Tasya muncul dg lagu anak-anak klasik seperti Libur Tlah Tiba juga dg aransemen yg tidak sederhana, memperoleh respon yg sangat baik..

    Maka menurut saya, sebetulnya tidak ada alasan untuk tidak menyeriuskan penggarapan lagu anak-anak.. Ketiga usul Om di atas, adalah solusi yg sangat baik dan patut diamini oleh industri musik Indonesia.. Semoga mereka membaca tulisan ini dan meresponnya dg positif..

  6. Semoga akan segera ada kerjasama dari banyak pihak utnuk mewujudkannya. Sebab sebetulnya masyarakat amat menanti hal ini.
    Asalkan sbg orang tua tdk memaksakan (mengkarbit) anak2nya spy cepat terkenal walau tak mempunyai kemampuan yg baik dlm bernyanyi.

  7. tidak tau harus diawali dari mana ya om, karena band-band yang ada di Indonesia juga orientasinya sudah lain. Orientasi mereka sudah ke “proyek” bukan lagi “budaya”.🙂

    anak-anak kecil sekarang malah buat group band dan sengaja meniru band luar atau boy band.🙂
    for example: anakanaknya Om Dhani Ahmad.🙂

    Semoga mereka yang berkecipung di dunia musik bisa membuka kembali dan mempunyai niat untuk membuat atau me rejuvenasi lagu anak-anak.

    Salam Senyuum. .. ^_*

  8. ide bagus Om..
    tulisan Om ini seharusnya dimasukkan ke media massa nasional nih.. biar mereka2 para musisi dan orang2 gede yang punya power bisa baca dan mengambil langkah. ih beneran deh..

    1. Saya setuju dengan masukan dari Mbak Anna. Sebagai langkah awal untuk gagasan baik ini, Om Nh bisa posting ini di kompasiana, di sana pembacanya lebih beragam lagi.

  9. *baru balik dari ngintip yutub di tulisan PakDhe Cholik*

    Iya nih, Om.. Kapan ya artis anak-anak ini nyanyiin lagu anak-anak? Bener, nggak perlu nyiptain yang baru, selama masih mau nyanyiin ciptaan lama yang sudah ada, itu udah cukup.😀

  10. wah…referensi pengetahuan om NH ttg industro musik, te o pe yaaa.

    mmg miris dg perkembangan lagu skrg om…apalagi yg lagu “hamil duluan” yg srg bgd anak saya dengar dr bus sekolahnya. Masya Allah…..

  11. ada film anak2 yang baru Om, judulnya Ambilkan Bulan. Semua lagu2nya ciptaan Bp. AT. Mahmud dan di nyanyikan oleh beberapa band terkenal. Salah satunya cangcuters yang nyanyi lagu liburan tlah tiba. Saya lihat di acaranya Kick Andy seminggu yg lalu.

  12. setuji bangetom.. dan oeran media emang sangat penting.. ya seenggaknya jangan menayangkan acara lagu itu pas jam mainnya anak anak… jadi mereka gak jadi sengaja nontonnya..

  13. Salam kenal Mas, kebetulan kami memiliki inisiatif yang sama dengan ide tulisan di laman ini. Bisa di cek di kanal youtube kami, namanya tembangcilik, dimana kami mengaransemen ulang lagu anak klasik Indonesia secara akustik.

    Salah satu video kami.

    Salam

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s