HUKUMAN


.

Lanjutan tulisan mengenai Permainan Kartu – Card Game kemarin

Melihat komentar yang masuk, saya terinspirasi untuk membuat postingan ini.  Banyak teman-teman yang menulis mengenai hukuman yang dikenakan pada mereka yang kalah dalam permainan kartu.  Sebetulnya bukan main kartu saja, ini juga berlaku untuk permainan gaple.  juga permainan karambol …

Sebelum bermain … kita semua biasanya mempunyai kesepakatan.  Agar permainannya seru … maka yang kalah harus menerima hukuman.  Dan hebatnya … dulu itu kita sangat konsekuen dengan aturan ini … masing-masing menjunjung tinggi kesepakatan ini.  Gentleman Agreement.  (padahal ndak pake Materai lho …🙂 )

Paling tidak ada 3 macam hukuman yang pernah saya tau …

.

1. BERDIRI – JONGKOK
Bagi mereka yang kalah di putaran sebelumnya … maka yang bersangkutan harus berdiri selama permainan berlangsung.  Ada pula yang menerapkan kebijakan jongkok.  Yang lain bisa tetap ongkang-ongkang di kursi.  Jika dia berhasil menang di putaran ini maka hukuman berdiri / jongkok tersebut dicabut.  Namun jika kalah lagi … Ya … terpaksa tetap berdiri lagi.  Sampai dia menang.  Baru boleh duduk … (ini pegel chuyy …)

.

2.  BEDAK – ARENG – LIPSTIK
Hukuman ini juga sangat populer.  Terutama ketika kita sedang camping, gathering atau meeting diluar kota.  Hukuman  ini sanggup membuat kita terpingkal-pingkal.  Caranya mudah saja … Jika kalah … Muka akan dicoreng.  Entah dengan Bedak atau Areng atau Lipstick.  Ada yang setiap peserta mencoret.  Ada pula yang hanya sekali saja.  (ini memalukan chuyy …)

.

3.  JEPITAN JEMURAN
Ini paling menyakitkan …  pedes.
Yang kalah maka hidung atau kupingnya akan di jepit dengan jepitan jemuran.  Yang terbuat dari plastik itu.  Saya lupa apakah ini bergilir atau kumulatif.  Yang jelas … selesai main kartu, domino atau karambol.   Hidung, Telinga bahkan pipi, memerah semua … (ini pedes chuyy …)

Jadi begitulah hukuman yang biasa kita terapkan di permainan kartu, domino maupun karambol …
Permainan sosialisasi untuk mengakrabkan antar teman …
Kita senang … mereka senang … semua senang …

Tak ada yang rugi materi  …
Tak ada transaksi dana …
Tak ada dendam membara …

Yang ada hanya … Kegembiraan …

(rindu suasana itu …)

.

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.Ada lagi jenis hukuman yang lain nggak ???
(selain … yang kalah mentraktir bakso …)(hehehe)

.

28 thoughts on “HUKUMAN

  1. wah pasti sakit sekali kalau pakai jepitan jamur, karena akan menyumbat peredaran darah. di tempat saya biasanya pakai bedak atau tepung kanji jadi gak sakit. hukuman dalam permainan ini memang membuat kegembiraan tapi tetap serius bermain.

  2. Traktir Mie ayam Om….
    Main kartu ini favorit Hani, untuk ngehabisin waktu aja…hukumannya sih selain yang Om sebutin di sana kami ada yg kalah pakai Helm! Dan helm-nya gak kepalang tanggung, helm full face😀

  3. Saya pernah menerapkan hukuman “pakai helm” Om…
    Bukan helm yang nyaman tapi helm cakil yang baunya bukan alang kepalang karena bekas dipakai orang gondrong yang rambutnya selalu pakai minyak rambut…
    Baunya sangat menyengat dan kepala rasanya gatal + panas…

  4. Kayaknya kalo main kartu aku paling sering kena hukuman dicoret bedak deh om.. apalagi kalo bedaknya dibasahin dulu biar makin nempel. Udah gitu pada tegaan kan, biar kata sekali tarikan, sengaja dibikin panjaaaaaaaaang sampe seluruh muka.. huhuhu

  5. Salam kenal om… artikel yang menggelitik. Namun tersirat kerinduan yang mendalam akan masa lalu yang indah ya om, coba aja reuni an om, bisa dipinggir pantai atau pinggir hutan ( hii…atut..), yang pasti waktu itu terus berjalan, namun kenangan itu tetap abadi…:)

  6. hihi, inilah yg membuatku malas ikutan permainan 2 itu, Om, paling sering kalah dan menuai coretan di wajah, atau kebagian jongkok. Nah kalo dijepit dengan jepitan jemuran, aku langsung ga mau ikutan deh, hehe. Sakit soalnya.😀

  7. Masih di zaman kuliah itu Om, hukuman main kartu salah satunya adalah minum, air putih biasa, di gelas yg besar. Yg kalah harus minum dalam satu kali tegukan (sebisa mungkin ya hehe). Pokoknya kalo kalah terus kembuuuuung deh hihihihihi

  8. hukuman justru malah bikin kebersamaan makin tambah seru, Om

    Untung sy dan keluarga besar masih suka bikin permainan kl lg kumpul. Monopoly, kartu, ular tangga, dll. Tp yg paling simpel emang kartu. Bawanya juga tinggal dikantongin😀

    Ah, jd kangen pengen kumpul keluarga lagi🙂

  9. Saya dan teman suka pke bedak dikasih air, Om. biar lengketnya kuat, gak gampang ilang. Trus nyoretnya juga suka-suka misalnya dibikin bulatan di mata.
    Nah klo jepitan rambut semua pemainnya ikut njepit, klo ada 3 orang, jepitannya ya 3.

  10. Agaknya hukuman coreng moreng pakai bedak atau tepung inilah yang ditiru oleh beberapa stasiun tivi dalam acara mereka “yang katanya komedi” itu ya Om.. Kalau dalam permainan ini, tentunya hukuman coreng moreng itu jadi mengasyikkan, tapi kalau dalam acara di tivi, kok rasanya menjadi tidak lucu ya..?

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s