(Lagi) Tekhnik Menulis CV 2 !!!


.

LAGI MASALAH CV / SURAT LAMARAN … yaitu tentang …

BAHASA TULISAN …?

  • Tidak selalu CV dalam Bahasa Inggris itu dipertimbangkan. Jika kita berhasil menuliskannya dengan baik dan jelas akan bisa menjadi nilai lebih. Apapun Bahasanya.
  • Kecuali kalau diminta untuk menggunakan Bahasa Inggris maka lakukanlah dengan bahasa Inggris
  • Buat yang ringkas tetapi menyeluruh menggambarkan diri anda …
  • Tebalkan / garis bawahi hal-hal yang penting … !!!
  • Untuk jabatan tertentu (marketing, creative team dsb) … CV yang unik, kreatif dan orisinil akan sangat dipertimbangkan …

FOTO … ?
Kagak ngaruh bouw … !!! Kecuali kalo perusahaan tersebut sedang cari SPG atau audisi model iklan – bintang film itu pasti pakai FOTO … bahkan dengan berbagai macam pose malah. ($%^*()
(Bedoa saja : Mudah-mudahan foto anda tidak dipajang di ruang pantry para driver)

PENGALAMAN KERJA …

  • Untuk Posisi Management Trainee biasanya Pengalaman Bekerja sama sekali tidak dilihat. Mengapa demikian ??? Agar lebih mudah “Dibina” dan “Dibentuk” … So do not worry.
  • Sebaliknya jika kita mempunyai banyak pengalaman kerja tetapi dalam masa kerja yang sebentar-sebentar pun bisa dianggap kutu loncat. So jangan jadi kutu loncat ya …

ALAMAT-NO CONTACT :

  • Tulis yang Jelas, sajikan beberapa alternatif. Make sure telfon selalu available. Dan kalo nitip/numpang nomer Om atau Saudara atau Rumah Kost … make sure yang dititipin tau
  • Kalo baru dihubungi saja sudah menimbulkan masalah dan bikin BT –> jangan harap CV anda diteruskan … !!!
  • Jangan sok sibuk, (kayak direktur aja luh …). Maksud saya sebaiknya jangan sampai anda berkata … “Aduh maaf tanggal segitu akyu nggak bisa, akyu mesti ke dokter gigi, atau “maap mesti nganter Mamah arisan nih” , “MMM mau ada urusan tuuuhhh”, “Aduh itu jadwal ike Manicure ama Pedicure … bisa nggak di rubah … ??? dsb … !!!
  • Plis usahakan bisa. Pendek kata … Untuk tahap awal ini … Jangan Merepotkan !!! Jangan Belagu … !!!

ALAMAT E MAIL … ???
Nah ini … kalau bisa buat alamat e mail yang sedikit serius dan profesional … jangan buat email aneh-aneh yang sok Cool seperti nama anak-anak ABG warnet itu … !!! Cemen tau nggak sih !!!
Nggak akan ada ruginya deh bikin yang serius … Toh banyak e mail yang gratisan kan … ?

LAMPIRAN …
Jangan melampirkan sesuatu yang tidak diminta … ini akan merepotkan staff rekrutment. KECUALI memang dokumen itu diminta secara spesifik oleh perusahaan …
Saat ini mungkin TIDAK atau BELUM perlu untuk melampirkan …
o Surat keterangan berkelakuan baik
o Kertas bersegel / materai
o Fotocopy KTP
o Surat keterangan sehat
o Kartu Kuning ?
o Kartu Keluarga
o Akte Kelahiran
o Ijazah kursus montir, komputer, bahasa, menjahit, bon A-B …
o Surat Referensi Kerja …
o Piagam penghargaan … (kecuali yang berskala Nasional)

Tetapi simpan semua dokumen tersebut dalam satu File Holder … yang akan anda bawa nanti ketika mengikuti proses seleksi selanjutnya …

OK ???

Kalau anda berhasil lolos dari tahap seleksi Paper Screen / CV … maka proses selanjutnya bisanya adalah … WRITTEN TEST… tes tertulis …

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

3 tanggapan untuk “(Lagi) Tekhnik Menulis CV 2 !!!”

  1. Mengenai alamat email, aku malah sering pake yang tidak resmi: ipk4cumlaude $ yahoo . com. Dan lucunya, interviewernya baru tau pas wawancara.
    “Emailmu ipk4cumlaude?” dengan mimik yg penasaran
    “Iya”
    “Oohhh” dengan raut muka yang malu karena terlalu penasaran.

    Bagus ga sih kalo gitu?

    nh18 to ipk4cumlaude …
    Huahahaha … komentarku … No Comments !!!
    (tetep masih cekikikan …)(ente ade-ade aje nih …)

any comments sodara-sodara ?