SCENT


.

Scent itu artinya Aroma, bau-bauan dan yang sejenisnya …
Sumbernya bisa berasal dari macam-macam.

Salah satu sumber yang ingin saya bahas disini adalah … Aroma yang berasal dari diri kita.
Bau-bauan (asli) yang berasal dari Tubuh kita …

Ini diluar … “Pis” – “Pup” dan “Dhut” ya … (Tiga pengeluaran natural biologis itu tidak termasuk)

Pada hakikatnya ada tiga macam Aroma atau Bau yang keluar dari Tubuh kita …

1. Bau Ketiak …
Ah ini khas sekali sodara-sodara … Terutama jika kita banyak beraktifitas … banyak mengeluarkan keringat … dan celakanya tidak sempat mandi dua hari terakhir …
Terbayang bukan aroma cuka dan bawang putihnya ?

Cara penanggulangan hal ini adalah tidak lain dan tidak bukan dengan selalu menjaga kebersihan badan dan mandi dengan teratur.  Saya dengar ada banyak juga yang meminum ramuan jamu untuk menetralisi atau mengurangi aroma tubuh ini agar menjadi lebih harum.
Banyak pula yang memakai wangi-wangian.  Dan kalaupun anda suka wangi-wangian … harap dipilih wangi-wangian … yang tidak “berlawanan” dengan aroma tubuh kita.
Contohnya saya … Saya kalau pakai parfum terkenal dan mahal (yang suka ada tulisan pour l’homme nya itu …) … suka nggak cocok … aroma tubuh saya “tidak sejalan” dengan wangi parfum tersebut … baunya malah menjadi “mbulek” ndak keruan.  (kecut-kecut gemanaaa getoh)

.

2. Bau Mulut
Nah yang kedua ini juga khas … “Abab” yang keluar dari mulut kita ini juga sering kali menimbulkan bau yang kurang sedap.  Hal ini tentu saja berpotensi mengganggu lawan bicara kita.  Sehingga tidak heran jika … ekspresi wajah lawan bicara kita ini bisa berubah 1001 kali … kadang manyun kadang nyengir … kadang menyeringai … kadang melongo … sesuai dengan “kadar aroma” yang tersemprot ke mukanya … 🙂

Cara penanggulangannya … ?
Tentu saja dengan cara menjaga kesehatan mulut berikut perabotan didalamnya (Gigi – Lidah dsb) dan juga rongga kerongkongan dengan baik.  Sikat Gigi dan atau kumur-kumur teratur.  Menjaga makanan.  Kalau perlu sekali-sekala “ngemut” permen pedes yang semerbak harum mewangi …
(Bundo Dentist – Kak Monda … mungkin bisa menambahkan ?)

.

3. Bau Kaki
Yang ketiga … ini juga super duper mengganggu kalau tidak segera ditanggulangi …
Bau yang keluar dari kaki … apa lagi setelah beraktifitas olahraga diluar … dan memakai sepatu tertutup … dalam waktu yang lama … Ahaaaaa … mantap kan aromanya ???
Banyak juga orang yang menyebutkan aroma ini … Bau Jempol …  Mungkin para pembaca pernah mengalamai serangan Bau Jempol ini … Bau ini akan terasa sekali terutama pada situasi tertentu … entah itu pertemuan atau acara lain … dimana kita diwajibkan untuk masing-masing membuka sepatu … (beuh … itu mantap bener baunya …)

Cara penanggulangannya … ?
Tentu saja selalu menjaga kebersihan Kaki dan Sepatu yang kita pakai … Selalu menggosok dan membersihkan sela-sela jari kaki, kuku, tumit dan sebagainya agar kuman-kuman yang menyebabkan Bau tersebut itu hilang.
Kemudian sepatu yang kita pakai tersebut, disimpan sebaik-baiknya di ruang yang kering.  Dan diberi bahan penyerap kelembaban (i.e silica Gel), kamper ataupun bubuk kopi.  Ini efektif untuk mengurangi bau kaki.  BTW dulu saya sering lihat penyemprot / deodoran untuk bagian dalam sepatu …. dijual di supermarket … namun sekarang saya sudah jarang lihat.

Alhamdulillah untuk Bau Ketiak dan Bau Mulut … sudah bisa saya jinakkan …

Namun terus terang saja … Saya pribadi masih sangat sulit untuk menghilangkan bau yang ke tiga … Yaitu Bau kaki … Segala macam daya upaya telah saya kerahkan untuk menghilangkan bau ini … Tapi tetap saja … kadang-kadang bau kaki … bau jempol atau bau kaos kaki ini sulit sekali dicegahnya … Bau ini tetap saja muncul tiba-tiba … mengganggu sangat …
Mengurangi ke”gorjes”an … ke”eiylekhan”an dan ke”khalan”an ekeh weiceh …

Nah … Sodara-sodara …
Menurut pengalaman anda pribadi …
Manakah diantara ketiga macam SCENT itu yang paling sering anda pribadi temui ?
Yang paling susah menghandelnya ?
Boleh sharing ?

*dasar trainer iseng …
Segala hal beginian, macem bau-bauan begini dibahas juga …*
(gak mutu babar blass)

 

 
 

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

81 tanggapan untuk “SCENT”

    1. *geli dhewe baca komentar nya om enha sendiri…
      kadang lucu yah kalo kita ngomen tulisan sendiri itu. rasanya gimanna gitu. besok nyobain ah…

      bau paling ga enak itu bau ketek. mengganggu banget. orang diem aja udah kecium bau keteknya (iyah, ketiak). kalau bau mulut kan nungguin orang ngomong, kalau bau kaki, nungguin orang buka alas kaki dulu. ya ga sih?

      1. Waw …
        suatu analisa yang tajam …
        Bau ketiak itu sangat mengganggu … walaupun tidak melakukan apa-apa …
        so … mandilah dengan teratur …

        salam saya Is

  1. satu bau lagi Om… bau apek rambut yg udah lama gk kramas… ato yg pake minyak cem-ceman gitu.. kadang baunya jg aduhai… apalagi kalo lama pakai topi dipanasan… trus dibuka… cukup “eksotis” baunya

    utk obat semprot sepatu, yg dijual “bebas” emang skr jarang dijumpai.. tp kalo model2 MLM gitu kayaknya masih ada deh…

    salam saya,

    NB: kedua kah??

  2. Bau ketiak sudah teratasi dengan deodorant, Bau mulut teratasi terutama dengan membersihkan juga lidah selain gigi.. 🙂 Bau kaki? wah, sejak kuliah saya ga pernah lagi pake kaos kaki kecuali kalo aerobik dan fitnes, duluuu… dan baunya masih cukup layak kok Om.. :mrgreen:

    menjemur sepatu dan memberinya bubuk kopi di bagian dalam sepatu cukup mengurangi bau,.. saya sudah mencobanya.. 🙂

  3. bau umum seperti itu lebih baik tanpa bantuan pemanipulasi aroma, om..
    Untuk bau kaki (aku nyebutnya bau sepatu) ditanggulangi dengan cara mengeringkan kaki (benar2 kering) sebelum memakai sepatu. Dan cara lain sebagai tambahan seperti kata mbak Nandini itu.

  4. Bundo rasa penjelasan dr Om NH tentang penanggulangan yang nomer dua sudah cukup lengkap.

    sedikit saran bundo, permen pedesnya ganti dgn permen karet juga rajin mengunyah sayur dan buah.. mujarab deh hilangin bau mulut.

    BM bisa disebabkan oleh : gigi berlubang, sisa akar gigi (solusi dengan menambal dan mencabut gigi yang tidak sehat)
    selain itu BM juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, misal asam lambung yg meningkat (solusinya makan yg teratur, hilangin dulu gastritisnya)

    **kpd Drg senior, mba Monda.. mohon tambahan 😛

    1. Permen Karet ? … waduh untuk kasus saya … saya nyerah …
      Why ?
      You know lah … ekeh kan pake gigi palsu weiceh

      Sayuran dan buah-buahan … ini patut di coba … dan dilaksanakan …

      salam saya Bundo Dentist

  5. oya Om aku klo gak mandi dua hari, gak bau bawang putih tuh.. justru jadi wangi kalio mengundang selera untuk dihidangkan.. xixixi

    bau kaki, hmm.. aku gak pernah pake kaos kaki
    dan sesampainya di puskes selalu bersendal ria
    (si Om mana mungkin training pake sendal?) 😛

    1. Ya begitulah Bundo …
      dan celakanya saya hobby banget pake sepatu Kets …

      Mengenai Kalio …?
      No comments …
      Sepertinya kok yummy banget …

      hehehe

      Salam saya Bundo

    1. Bener banget …
      bukan saya alergi …
      bisa jadi percampuran bau deodoran dan bau ketiak kita
      menghasilkan bau yang lebih … idih dibanding bau ketiak yang asli

      so berhati-hatilah memilih deodorant
      hehehe

      salam saya Yul

  6. Huahahaha, bau cuka dan bawang putih ? Gimana rasanya tuh ya 😀
    Alhamdulillah, belum pernah kena 3 bau itu, tapi sering banget nemuin bau kaki, terutama dulu waktu kerja 😀

    Kok nggak dibahas bau jengkol dan pete ? 😀

  7. wakakak…kocak om :p
    alhamdulillah saya tidak terganggu dengan bau kaki,,
    cuman kalo bau ketiak ma mulut wajarlah namanya juga manusia heheheh…
    obatnya ya parfum ma gosok gigi…

  8. Istri saya malah suka kalau bau alami itu tetap ada, jadi lebih gampang ditengarai saya sudah pulang atau belum…
    Dan saya pernah menulis, mestinya bau manusia itu menjadi bagian identitas dalam KTP selain golongan darah…
    One man one bau… Begitu saya menyebutnya.
    Namanya badan ya musti bau badan, namanya kaki ya musti bau kaki…
    Kalau sate kok nggak bau sate, kira2 yg beli malah ragu…
    Menghilangkan bau badan sama dengan bunuh diri…

    Sebagai tambahan, bau badan kita adalah identitas paling dasar dan paling pertama sebelum nama dan alamat. Bukankah bau badan itu sudah ada sejak kita lahir?.

    Kelebihan dari bau badan adalah bisa dideteksi secara elektronik maupun manual. Dengan sensor semacam infra red atau pelacak suhu, saya yakin bau badan seseorang bisa diidentifikasi dan bisa dipilah. Saya juga yakin, walau sepintas sama, tapi bau badan manusia adalah unik, one men one “bau”

    Jadi menurut hemat saya, deteksi via Bau Badan jauh lebih akurat dibanding sidik jari. Tes Bau Badan bisa disejajarkan dengan Tes DNA, tapi dengan biaya yang jauh lebih murah dan prosedurnya tidak rumit.

    Sangat dimungkinkan di suatu waktu dicantumkan di KTP, sehingga di bawah nama dan alamat ada bau badan yang isinya mungkin penguk, apek, sengak, sengur, sengir, kecut atau nyegrak…

    Yang namanya mulut ya bau mulut, yg namanya ketiak ya bau ketiak dan yang namanya kaki pastilah bau kaki…

    Kalau kaki kok bau bunga lavender malah nggilani, koyo sundel bolong Om…

  9. BM udah dijawab bundo kan, aku nggak nambahin lg deh. Kl bau jempol rendam kaki di air garam hangat atau foot bath. Kasih bedak khusus kaki. Kaus kaki ganti tiap hari pakai yg bhnnya bisa nyerap dan sepatu nggak usah kulit kaleee..paling gampang foot spa ke salon aja deh oom…he..he..

  10. mau ngakak dulu baca komennya MM 😀 😀 😀

    Kalau aku biasanya terserang bau kaki ketika pakai sepatu baru dari kulit, solusi nya sepatunya dikasih bubuk kopi dulu, dijemur, baru deh dipakai, dijamin si bau kaki yg merasuk sukma itu,pasti raib dan tdk kembali lagi . 🙂
    kalau bau mulut sih, insyaallah dgn rajin sikat gigi dan kontrol tiap 6 bln sekali ke dokter gigi, insyaallah, gak ada problem 🙂
    salam

  11. untuk ketiga bau itu Alhamdulilah no problem, tapi kalo hari minggu…malas ngapa-ngapain bolos mandi pagi, kasihan deh kalo namu ke rumahku…BB…bau badan semerbak…he…he…

  12. Om, apa kakinya suka berkeringat?

    Kayaknya bau kaki itu terjadi kalo kakinya lembab.
    Dulu pernah sekali wkt saya mengalami juga, dan saya perhatiin karena wkt itu saya suka pake sepatu tanpa kaos kaki! Setelah saya pake kaos kaki (selalu ya), bau kaki nya ilang om.

    Trus kaos kaki juga jgn dipake lebih dari sekali. Sekali pake lgsg cuci.

    Cobain deh om, harusnya bau kaki bisa hilang.

    1. Betul Om …
      Saran Om Arman ini patut di coba …
      Usahakan kaki supaya kering …

      dan ini harus disiplin dan rajin … (disinilah mungkin masalah saya …)(heheheheh)

      Salam saya Om

  13. paling nggak betah ama bau2an no 1 dan 2 Om…
    waloooo ada cowok cuakeeeep tapi kalo sudah mengandung bau2an itu wah…
    langsung jejingkrakan dan ilfil dech >,<

    kalo yang nomer 3, selama kaki tidak dibiarkan lembab terlalu lama sepertinya bisa diatasi Om… dan sekarang kan juga banyak bedak untuk kaki Om… 😉

  14. Dulu ibu menganjurkan makan botok dari daun beluntas, agar badan berbau harus,…cuma sekarang susah cari daun beluntas ini. Bahkan dikampungku, pagar tanaman beluntas udah berganti dengan pagar temok atau besi.

    Bau jempol? Waduhh…saya malah tak pernah tahu. Mungkin karena kaki cewek lebih terbuka ya, walau pake sepatu tertutup tapi kan tanpa pake kaos (kecuali jika lagi pakai sepatu sport)

    1. Betulbu …
      Daun beluntas sudah jarang saya temu
      satu lagi yang berkhasiat katanya adalah daun kemangi bu …
      entah benar entah tidak …

      salam saya Bu EDratna

  15. Hiiiyyy…. cuman mbaca tapi kok ngebayanginnya marai huweekkss….
    Soalnya dulu saya pernah punya temen kantor yang gak usah ngomong, gak usah buka baju, gak usah buka sepatu aja udah bau lho 😦

    1. Benar Muam …
      Tetapi beda …
      Bau mulutnya orang berpuasa itu berbeda dengan bau mulutnya orang yang tidak pernah sikat gigi …
      hehehe

      salam saya Muamar

    1. Hahaha …
      Ya begitu lah …
      tetapi untung saja … OB di kantor saya semua tidak ber BB
      Paling poll itu bau minyak angin …
      PPO … cap kapak dan yang sejenisnya

      Salam saya Clara

  16. ternyata kita punya permasalahan yang sama, Om; bau jempol… huahaha… 😀

    konon katanya bau jempol itu disebabkan keringat yang berlebih di kaki kita. keringat tersebut menandai kalau ada persoalan di jantung kita. oleh karenanya, solusi yang baik adalah menjaga kesehatan jantung dengan cara berolahraga yang rutin dan makanan yang berlemak rendah… (ini saran untuk diri saya sendiri, dan masih sulit untuk melakoninya, hahaha…)

    salam dari sesama “bau jempol” 😉

    1. Huahahaha …
      Toss dulu aaahhh …
      Iya benar Uda …
      Keringat yang berlebihan di kaki … menyebabkan kaki kita basah
      akibatnya lembab … dan bereaksi dengan kaoskaki dan sepatu kita
      jadilah aroma yang khas

      hehehe

      salam saya

  17. geli … pengen ketawa … dan ilpil juga neh sama om … hehehe
    jujur nih .. yang jadi masalah denuzz skarang mah masalah bau kwetiak …
    denuzz sndiri aja gak tahan …
    huh …

    salam akrab dari burung hantu…

  18. mo kasih tips buat BB aja deh om (mo nyebut ‘bau ketiak’ kok kayanya ga enak, eh tapi dah kesebut tuh, hihihi…)

    coba pake bedak Herocyn deh. Kalo emang baunya parah, ya pake aja yg banyak. atau mungkin bisa sukses juga buat di kaki? coba aja Om tabur di kaki sebelum pake kaos kaki dan sepatu

  19. Ketika masih dalam status siswa di lingkungan serdadu , bau kaki memang agak merangsang sukma karena pakai sepatu lars dan jarang dibuka kecuali selesai dinas. Maklum agak ribet soal tali-menali sepatu lars, apalgi jika kecepatan bergerak diutamakan. Tetapi karena satu Resimen baunya seragam (maksudnya baunya sama2 bikin semaputnya) akhirnya tak terlalu saling menganggu. Mungkin para dosan juga gak doyan makan setelah selesai memberi kuliah kepada kami yang tingkat satu.

    Setelah dinas dan bisa dandan saya harus sering mengeringkan kaki sebelum memakai kaos kaki dan sepatu. lebih sip lagi jika kaki di bedaki dengan purol atau bedak apa itu namanya. Kaki juga harus sering disabun, dibasuh, tapi jangan di setrika.

    Apa yang di katakan Guskar ada benarnya :

    1. Slilit itu kan baunya sedep, apalagi kalau slilit daging. Anehnya, kita masih ingin menciumnya sebelum slilit itu kita senthilkan ke tembok..plox.

    2. Teman saya juga ada yang punya kebiasaan kayak Guskar, kalau habis nggosok kaki, langsung tangannya mampir ke hidung lho. Habis itu matanya mlirik2, tinggal putihnya doank……untung mulutnya nggak pake ngeses-ngeses….

    Oh ya, di BlogCamp sudah saya pasang smell detector di header, sidebar dan footer. Pengunjung yang nyata-nyata mempunyai aroma menyengat pada tiga titik yang Oom sebutkan dijamin tak bisa masuk ke BlogCamp dengan leluasa. Akismet akan bertindak.

    salam hangat dari Surabaya

    1. Hahaha …
      Saya bisa membayangkan Ndan …
      Sepatu lars dari kulit yang full tertutup
      Kegiatan latihan yang menguras tenaga
      pasti membuat aroma yang dihasilkan lebih mak nyuss …

      Dan mengenai kebiasaan seperti yang ditulis Mas Gus itu …
      hehehe … saya pun demikian
      ojo kuatir …
      ini sudah jadi kebiasaan umum rupanya …
      njijii … tapi nikmat sangat

      Salam saya Pak De

    1. Jangan ditahan-tahan Pak De …
      Aku yo urakan jeh …
      so … klop sudah ..
      yang penting jujur pada diri sendiri kan Pak De ?
      hehehe

      Salam saya Pak De

  20. Wah… jadi ingat dulu saya n teman pernah menggosipin teman lain yang bau jempol kakinya hampir bikin pingsan. Kok ya yang punya diri tenang2 aja… 😦
    Salahnya kami, kok nggak memberi saran sama dia, malahan digosipin 😦

  21. Saat kita berwudhu membersihkan kaki, sebenernya kita diminta untuk membersihkan sela-sela jari kaki, bukan tumit.. karena kotoran justru banyak ngumpet dan nempel di sela-sela jari kaki. Tapi kayaknya kebanyakan malah membersihkan tumit..

    Postingan khas Om NH nih.. 🙂

  22. Hhahahahaa…. saya ketawa lepas, setiap baca tulisan om… 😀 *kebiasaan ngakak dulu baru komen*

    kalo bau badan, emang “bawaan” om, ada yang type-nya bau badannya gak santer, nah kalo yang santer emang kudu banyak trick, salah satunya rajin mandi… hahahahah…saya sihs ejauh ini pake deodorant dah cukup, sekali gak pake, pasti “gelisah” sendiri…

    Katanya bau mulut ma bau nafas beda lho om… bau mulut, tergantung kesehatan mulut, kalo nafas tergantung apa yang kita makan, makanya orang bule bilang nafas kita bawa bawang…lha kita bawang lovers sih..LOL seberap bersihnya mulut, kalo makan bawa, yo podho ae rek! 😀

    Kalo bau kaki, saya jarang om… ntah kenapa… mungkin saya orangnya suka rada milih kaos kaki, bukan sombong ya, kaos kaki yang banyak katunnya, lebih gak cepet bikin kaki keringetan dan bau. so, saya mending beli kaos kaki agak mahal, dripada yang 10 ribu 3 tapi baunya gak karuan…hahahahah…
    kata temen, merendam kaki dengan air garam hangat juga bisa membunuh bakteri di kaki…saya belum pernah nyoba… 🙂

    *demikian tips dari saya, jiaaaaaahhhhhhhhhhh

any comments sodara-sodara ?