Posted in PERTUNJUKAN HARI INI

BAJU SAMA


.

Entah awalnya bagaimana, saya jadi teringat beberapa kejadian yang berkaitan dengan Baju sama ini.

Ya … Memakai baju yang sama di suatu undangan acara pesta … entah Ulang Tahun atau Perkawinan atau di situasi apapun …

(Ini bukan karena harus memakai seragam lho ya … Panitia, keluarga atau among tamu memang biasanya memakai baju “sarimbit” yang sama).  (Ini juga bukan karena sengaja satu gank berpakaian sama biar kompakan …)

Kita justru datang sebagai tamu undangan biasa.  Tetapi ya itu tadi … kok ndilalah … mak bedunduk … ada salah satu tamu yang lainnya … yang memakai baju yang sama persis dengan apa yang kita kenakan.

.

Bagaimana perasaan anda ?
Jika kita lelaki mungkin tidak begitu ambil pusing … tidak begitu menjadi masalah. 
Yang biasanya sedikit bermasalah adalah … wanita.

Saya ingat ketika saya muda, jaman SMA dan Kuliah dulu … beberapa kali saya menemui di suatu perayaan acara,  ada dua orang teman wanita yang kebetulan berpakaian sama.  Dan mereka tidak janjian kompakan atau yang semacamnya.  Model dan warnanya persis sama … ukurannya saja yang kadang agak berbeda.  Kelihatan sekali mereka menjadi sangat canggung satu sama lain.  Malu pada peserta pesta yang lain.  Tidak jarang saya juga nguping rumpian diantara teman-teman … “Eh liat deh … si Ita sama si Novi bajunya sama tuh … ” dst … dst …

Kalau saya amati lebih lanjut … si Ita atau Novi atau siapalah namanya yang pernah saya lihat berbaju sama itu,  biasanya berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja.  Keluarga sederhana.  Mungkin mereka membeli Baju pesta di kotak obral yang sama … atau di counter discount yang sama, atau dari Departement Store yang sama.

Saya suka kasihan jika mendapati kejadian yang seperti ini.  Apalagi jika tidak sengaja mendengar kasak-kusuk sesama khalayak yang hadir … yang mencibir, menertawakan dan membicarakan hal tersebut (walaupun tidak secara vulgar berkata didepan yang bersangkutan).

Sekali lagi … kelihatan sekali betapa mereka yang berbaju sama tersebut merasa jengah dan tidak comfortable di pesta tersebut.  Kalau bisa dilipat … mungkin mereka sudah melipat dalam-dalam wajah mereka kedalam tas.  Maklum ABG.

.

Ini adalah pengamatan saya saja …
Bagaimana menurut pengalaman dan pengamatan para pembaca sekalian … ??
Pernahkah mengalami atau melihat situasi seperti yang saya sebutkan diatas …???
Secara kebetulan mengenakan baju yang sama … di suatu undangan pesta atau perayaan … Padahal tidak sedang janjian kompakan dan memang tidak sedang dalam kondisi harus memakai seragam …

Benarkah merasa Malu ? Rikuh ? Jengah ?
Sebenarnya apa sih yang dirasakan ?
Boleh sharing pendapat nggak ?

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

66 thoughts on “BAJU SAMA

  1. belum pernah om. hampir sama pernah, kemeja ijo lumut buat kuliah, padahal yang makai itu sohib saya di kelas, duduk sebelahan, terus ada yg ngatain: jiahhh, kompak ni ye… hahaha…saya sih cuek! Yang bikin kita jengah itu karena omongan orang, jadi harusnya tutup telinga, pede aja, seperti tidak terjadi apa-apa..hahahahhaha….

  2. he..he..
    Waktu itu…kasus yang Put temui bukan baju, pak…
    tapi hal yang lain…-kebendaaan juga, sih…. Secara tidak sengaja, Put melihat seseorang yang memiliki benda yang sama dengan teman dekat…Tapi reaksi kita…sih..cuek aja..dan tidak perlu repot untuk memberitahu si dia bahwa..barang yang dia punyai ternyata kembaran dengan yang lain…😀

  3. Saya sendiri merasa belum pernah, tapi pernah melihat orang lain mengalaminya.
    Bukan sesama baju, tapi baju dengan taplak meja.
    Dalam sebuah acara, pas tiba makan bersama, ada tamu berbaju batik yang motifnya sama dengan taplak meja yg dipakai disitu…
    Dan sudah bisa ditebak, wajah orang itu merah padam…

  4. hahah sil juga pernah, tapi alhamdulillah sama dengan teman deket, padahal ga janjian.
    Biasanya kita sering bilang gini “Sehati sih” hehe…(ngeles)

  5. hehe.. pernah Om.. emang sih berasa malu.. apalagi kalo yang bajunya sama itu bukan temen deket saya.. kenal tapi gak akrab gitu lho.. ato orang yang sama sekali gak kenal..maluuu bgt.

    tapi kalo baju samaan, dengan temen yang udah deket ama saya sih.. paling cuma ketawa ketiwi Om.. *pernah juga*

  6. Teman perempuan saya pernah ngalami ini Om. Yang ketiban apes justru saya. Ceritanya kita kan rombongan kecil ke acara resepsi nikahnya temen. Nah, berangkatnya dia saya bonceng. Pas sadar kalau bajunya kembaran dengan tamu lain (cewek juga), dia merengek minta pulang duluan. Terpaksa saya anterin. Terpaksa juga jadi pendengar setia sepanjang perjalanan, hehe..

  7. dulu waktu kecil pernah…
    sering malah..
    kan kalau anak kecil biasanya bajunya musiman…dan selalu samaan..
    trus pas ABG juga pernah…
    biasanya diledekin gini..
    “anak panti ya lo, baju bisa samaan gitu..”
    untung saya orang nya sebodo teingan..biarin aja yang penting nyaman..
    sebisa mungkin saya lebih pilih beli baju yang gak ada yang nyamain…
    jangan yang modelnya ada dimana-mana.. beli yang rada mahalan tapi cuma terbatas yang pakai..🙂

  8. aku pernah ngalamin waktu ke pesta pernikahan, pakai baju kembaran dengan tamu lain, Mas Enha.
    aku sih biasa aja, gak pakai malu………
    kembaranku malahan yg senyum2 gak jelas gituh……
    salam

  9. Pernah seperti itu memang bikin “gak enak hati” dech.. kebetulan kenal pula dengan orang yang pake baju sama itu. but, “tombo isin” kamipun kompak bilang: “maklum anak panti asuhan”…😀
    (untuk sepatu pernah kembaran dengan sepatu om Kyaine)😛

  10. biasanya yang suka samaan baju ya wanita. Untuk pesta atau acara resmi saya gak beli ke butik tapi mendesain dan jahit ke penjahit langganan biar gak ngalamin hal memalukan tapi bisa comportable dan pede ama baju yang dipakai.

  11. Saya sering samaan dengan orang juga Om. Masalahnya memang yang namanya pakaian, kalau masih buatan pabrik ya pastilah resiko ketemu orang dgn baju yg sama itu ada.

    Saya beli dress Zara, memang di kantor ga ada yg sama, tapi ternyata dress itu dipakai sama artis… teman saya lihat wkt si artis masuk majalah dgn dress itu hahahaa… mungkin kalau dia tahu saya pakai dress itu, dia langsung lungsurkan dressnya itu kali ya.

    Batik juga begitu Om. Kalau saya beli Batik Keris, saya akan menghindari jalan di mall kayak Grand Indonesia or Plz Indonesia saat jam makan siang weekday, soalnya bisa papasan dgn cew2 yg jg beli pake Batik Keris. Kec saya jalan ke ITC baru ga akan ketemu kembaran. Bulan lalu saya ketemu tuh ama cew, sama2 pk dress batik keris, tp beda warna. Saya cuek saja, dia yg tengsin apalagi temannya nunjuk2 ke saya. Mgkn dia malu. Padahal cuek saja saya mah, mikirnya ya… berarti selera kita sama bagusnya…🙂

  12. hehehe..kalo aku sih cuek aja deh om…
    tp ya pastinya kaget n rada2 gimana …

    Rada2 gimananya justru karena saya merasa ga enak sama yg bajunya kembaran sama saya. Karena bisa aja dia ga cuek seperti saya. (Rata2 memang malu), kalo dia cuek juga sih ya ga masalah.

    Apalagi di pesta om…pernah tuh di sekolahan ada ortu yg bajunya sama persis, tp kita kebetulan makenya pas ga barengan, cuman ya hbs itu dia ga pernah lagi pake baju itu….hehehe…saya sih sampe sekarang ya masih sering dipake, wonmg baju saya ya cuman itu2 doang…

  13. Selamat Siang Om Trainer….

    He he he
    Jadi pemerhati fashion juga ya Om…
    *sedang mengingat-ingat….

    Hm, pernah kayanya sih…cuman karena saat itu bedanya aku tambahin aksesoris yang bikinnggak kelihatan persis jd cuek aja, malah aku samperin tuh yang ngembarin sambil nanya ” eh, kita sehati yah…baju kita sama, ha ha ha. Btw, dapat di mana?dapat harga berapa? ” jadi dah kita bergossip..heeeeeeee

  14. Saya sih belum pernah mengalaminya oom. Tapi jika saya mengalami ya cuek bebek saja, apalagi jika baju itu polos tentu akan ada kemungkinan sama dengan yang dipakai orang lain. Demikian pula jika memakai lounge suit , baju koko dan batik mungkin akan banyak menemui kesamaan.
    Ipung juga belum pernah mengalaminya sih kayaknya. Jika pernah paling saya hanya bilang ” eh bajumu kembaran sama si Rima Melati tuh “, gitu saja.

    salam hangat dari Surabaya

  15. aku pernah dulu pah tapi kebetulan baju yang kupake itu adalah poloshirt bermerk terkenal pada jamanku dulu persis sama warna ijo gitu dan kita berdua jadi malah ketawa dan foto2 pula
    mungkin karena merknya itu apa ya jadi gak malu?
    kalopun ada yang samaan ma aku bajunya kayanya biasa ajalah kalo kenal ya malah seneng kalo gak kenal pasti aku senyumin dan aku samperin hehehee

  16. rasanya malu banged om..
    kalu punya baju ganti pasti langsung ganti..

    pengennya langsung pulang…

    duuch maluu pisanlah pokoknya..
    *kalu pas bawa jaket masih bisa diselamatkan ditutupi langsung pake jaket tapi teutep mukanya merah merona *nyengir

  17. aku pernah ngalamin pas jaman kuliah pakdhe. waktu itu aku dibuatin atasan sama ibuku motif kotak2 (lagi tren critanya). ga taunya temen sekelas juga dibuatin mamahnya dengan motif yang sama plek (tapi dia rok/bawahan bukan atasan). untungnya pas kita sama2 pake baju itu, kita ngambil mata kuliah yang beda, jadi ga malu2 banget, hahahahahhaa……

  18. Kalau di pesta sih belum pernah Om.. tapi kalau di cafe pernah. Kaosku sama dgn seorang cewek, sama model dan warnanya. plek ketiplek… aku cuek aja nerusin blogwalking. Cewek itu yang agak nggak nyaman, bolak-balik nyuri pandang dan rada gelisah gitu diantara teman-temennya… padahal cuek aja lagi…

  19. hehehehe saya pernah pak ketika pas lagi bt dirumah terus makan pecel lele, nah saat itu saya pake baju loreng perpaduan orange ma krem eh ga tahunya si akang pelayannya itu pake baju dengan corak yang sama hahahahahaha untungnya saya kebantu dengan jaket yang saya kenakan jadi walau pas makan pecel lele badan sudah keringetan terpaksa saya kenakan tuh jaket maklum takutnya pas dibuka semua pelayannya pada ketawa hahahaha

    selain itu dalam waktu yang sama ada juga yang makan suami istri dengan kaus yang sama yaitu biru, kebayang kan 2 orang dengan baju yang sama ada dua pasang lagi hahahahaha

    yang jelas saya malu …malu-malu kucing …kekekek

  20. cepat-cepat kabur daripada kepergok orang yg pake baju sama, atau nyempil disudut-sudut tutupin pake tas kek selendang kek, syukur-syukur bawa jaket biar agak nyamar2 dikit, pake tutup kepala biar muka ngga kelihatan, biar baju sama tapi orang ngga ngehkan siapa yang pakai?…he..he…

  21. Kalau kembaran pake kaos saya malah sangat sering Om, terutama kaos khas Jogja itu…
    Sikap saya? ya biasa saja… mau bagaimana lagi…
    Kalau perempuan memang cenderung malu jika menghadapi kejadian itu ya Om. Barangkali karena mereka lebih peka soal perasaan ketimbang laki-laki…

  22. kalau saya cuek aja om,malah kalau perlu kita banggain berdua kalau baju yg kita pakai emang bagus (kalau gratisan sih ya berarti karena gratisnya hehehehe😀 )

  23. Saya belum pernah ngalami Om. Tapi kalaupun ngalamin, kayaknya sih … tergantung jenis bajunya. Kalau bajunya beli di keranjang obralan, mungkin malu juga, karena ketahuan beli obral (padahal bisa jadi belinya waktu keluar pertama dan belum diobral). Tapi kalau bajunya mahal, biar sama juga nggak malu lah … Kan berarti sama-sama berkelas … hahaha😀

  24. hihihi..jadi inget kejadian dulu itu..kembaran baju ama orang lain di suatu acara..utk menghilangkan rasa malu ya cuek aja lah..berusaha cuek dan PD aja..hehehe..pdhal malu juga..tapi yg penting cara kita membawa diri, tetap tenang dan nyaman..orang lain juga ga akan terlalu memperhatikan🙂

  25. Nah, ini kayak iklan di tipi itu, kalo baju kita sama ama tamu lain di suatu pesta, rasanya maluuuuuuu banget…😦

    Tapi, saya ga bisa komen apa2, karena saya sendiri belum pernah mengalami ini.🙂

  26. Hahaha…emang agak lucu sih
    rasanya gimanaaaa gitu
    tapi untunglah sy belum pernah dan mudah2an gak akan pernah
    kalo teman sy pernah ngalami, dia benar2 mati gaya, bawaannya pengen cepat kabur aja, hahaha…

  27. Ada yang bisik-bisik ya? Waduhh…padahal saya suka beli baju jadi juga…dan kalau ada yang sama, jika teman dekat, malah jadi ketawa-ketawa berdua..kalau orang lain, cukup mengangguk dan tersenyum….hehehehe….ketahuan kalau tak pedulian ya?

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s