Posted in ARTIKEL

RING TONE


.
Tentang Nada dering telfon genggam.
Ada suatu masa, saat dimana HP menggejala, terlebih lagi disaat teknologi true tone suara yang lebih kaya …  Para pemakai HP berlomba menggunakan ring tone yang beraneka macam. Entah untuk penanda panggilan masuk … maupun penanda masuknya layanan pesan singkat (sms).

Jika dikelompokkan … nada dering yang sering digunakan masa itu bisa saya kategorikan menjadi tiga jenis :

.

1. Basic :
Saya sebut Basic karena memang nada yang digunakan adalah yang by default ada di dalam perangkat telpon genggam tersebut.  Kring … tilulilulit … dan sebagainya … plus beberapa bunyi-bunyi standart lainnya.  Termasuk signature tone dari pabrikan, produsen HP tersebut.

.

2. Music :
Sejak teknologi true tone muncul, banyak pengguna HP yang menggunakan musik sebagai nada deringnya.  Musik kegemarannya.  Lagu yang dinyanyikan oleh artis kesayangannya.  Genre yang menjadi identitasnya.  Ada klasik, rock, pop, jazz bahkan dangdut !!!.
(lima menit lagiiiiiiiii … ah ah ah )

.

3. Other Voices :
Suara-suara lain.  Ini dulu juga sering digunakan oleh para pengguna HP.  Khususnya mereka yang kepingin beda dengan yang lainnya.  Ada suara nada Kokok Ayam, Suara Anjing, Kodok, Suara tawa bayi, Teriakan Nenek Lampir, rekaman suara anaknya, Sirene, sampai suara orang dengan logat-logat daerah tertentu … (yang terkenal adalah yang logat Madura … Cak … sms cak … Cak sms cak … ).  Dan banyak lagi suara-suara unik yang lainnya.  (pembaca mungkin tau jenis suara-suara yang lain ?)

Jenis ringtone yang ke tiga, Other Voices ini dulu sangat sering sekali kita dengar.  Sangat ngetrend di Indonesia.  Namun demikian … dengan berjalannya waktu … dimana era sudah berubah … perangkat HP menjadi semakin tergeser oleh perangkat gadget gepeng dan bertuts banyak itu.  Suara aneh-aneh sudah sangat jarang kita temui.  Kalaupun ada satu dua orang yang masih menggunakannya … maka orang-orang disekitarnya pasti akan memandang dengan mencibir … seraya berkata dalam hati … “Ih norak bener sih …”

Nada dering menurut hemat saya … sekarang kembali lagi ke suara yang “Basic”.  Back to basic.  Or as simple as … “Ping”

Saya bertanya kepada para pembaca sekalian ?
Apa nada dering perangkat HP atau gadget gepeng anda ?
Ketika menerima panggilan … maupun saat pesan masuk ?

Apa masih pakai dering berjenis “Other Voices” ?
(jika ya … maka tolong lihat kiri kanan … siapa tau ada yang berbisik … “ .. ….. ….. … “
(qiqiqiqi)

.

Salam saya

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

20 thoughts on “RING TONE

  1. Aku sih make yang original untuk SMS, pakai morse … .- … (bacanya: tit tit tit, tit tiiit, tit tit tit).
    Jadi inget saat sholat jamaah dan ada yang lupa mematikan HP / mensilent kan HP. Dan pada pertengahan sholat terdengar orang nyannyi ” lima menit lagi ah… ah… ah…..” sampai habis😡

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  2. Saya pakai basic untuk semua fasilitas di BB saya Om, kecuali untuk nada panggil, saya pakai lagu Musikal Laskar Pelangi. Bagus sekali musiknya soalnya..
    Dan ada nada panggil khusus, yakni dari istri tercinta, yakni Sepanjang Hidup dari Maher Zain. Om sudah dengar kan di postingan saya berjudul “Teflon tujuh belas tahun?”, hehe..🙂

    1. Oya.. kalau untuk alarm, saya pakai ring tone suaranya Upin Ipin yang bunyinya kayak gini: “Assalamu’alaikum… Tuk o Atuk…”. Alarm itu selalu saya pasang untuk bangun subuh. Karena suara Upin Ipin itu cukup bersemangat, membuat saya pun bangun dengan semangat..🙂

  3. Saya pake nada dering lagu favorite. Biasanya sih yg nadanya kalem2 aja. Biar gak heboh hehe… Kalo sms nada standard. Kdg suka jg sih dgr nada dering orang yg lucu2. Bikin senyum2 Xixi.. Ohya asal nada deringnya jgn terlalu berisik dan berulang2 yah. Pnh tuh dgr nada dering suara anaknya temen berceloteh. Ealaah kok berisik yah jadinya, pas jam kantor lg. Mana gak diangkat2 jd ngulang2 terus. Mengganggu konsentrasi. Pnh jg dgr nada dering hp driver dirumah, suara wanita bilang ‘Halo sayang.. Angkat dong…’ Eh saya dgrnya jd risih. Si driver jg risih sendiri buru2 dia matikan.Lagiaann…menurut sy kalopun mau ‘other voices’ sebaiknya pilih yg gak terlalu personal. Biar org gak risih n keganggu hehe 🙂

  4. kl gak yang basic, biasanya sy suka yg lagu.. Tp utk lagi sy biasanya suka yg model theme song gitu (skrg lagi pk lagunya dora emon)

    Kl utk SMS udah lama sy silent.. Abis berisik sm sms2 gak jelas om🙂

  5. Kalau saya sih biasa nya pakai lagu favorit buat nada telephone…..nada nya…. lagu korea…🙂 *hiah*
    kalau buat pesan sih yang basic aja… kalau ke panjangan pakai lagu mah suka rusuh ngebuka sms nya…hahahahaha

  6. kalo saya pake lagu Om…
    khusus suami, saya pake lagunya Tangga yang ‘Hebat’… hihihi…
    kalo untuk penelpon yang lain, tentu saja lagu yang berbeda…

    dan 2 lagu itu udah gak ganti selama bertahun2. 🙂

  7. Nada dering maupun sms pakai yg basic, tapi bukan yg ‘ping’ itu, hehe…
    Paling sebel kalau dengar nada dering (apapun) yg di stel kenceng, udah gitu gak segera di respon… huft😦

  8. Dari dulu nada dering sms di hp saya selau basic, tapi nada dering panggilan telpon…ehm, lagu yang ada di memori telpon dan sudah diseleksi amat ketat oleh saya dan Risa, biar kesannya nggak ‘pasaran’ gitu…😀

  9. aku pake yg basic om.. secara sekarang membuang semua music non original (hasil download atau copy dr cd bajakan) dari hp dan laptop.. karena males ngutak atik yg dr cd originalnya untuk dicopy ke hp.. jadilah gak ada lagu satupun di hp aku.. hehehehehe..

  10. emang bnyk mcm ksukaan orang..tp sy sndri lbh ska pke ring tone yg simple ,.kring..kring . . Krn di Hp sya ringtone kringnya aga krg bgs jd sya download ringtone kring telepon jadul atau telepon rumah..lbh enjoy jga PD😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s