ALERGI


.

Saya tidak mempunyai latar belakang pendidikan ataupun pengetahuan yang cukup di bidang kesehatan.

Namun kali ini saya mau menulis sedikit mengenai ALERGI

Pengertian awam saya tentang alergi adalah … reaksi badan yang tidak semestinya ketika indera kita mengkonsumsi, bersentuhan, dikenai, atau kemasukan suatu zat tertentu.  Bisa karena cuaca tertentu, bisa pula berupa makanan, minuman atau obat yang kita konsumsi.

Saya pernah bercerita bahwa saya ini alergi PENISILIN (dan juga mungkin turunan-turunannya).  Dulu waktu saya kelas 3 – 4 SD saya pernah luka di kaki karena tertusuk beling.  Lalu saya berobat ke Dokter dan disuntik PENISILIN oleh dokter.  Sontak badan saya bereaksi. kuping saya berdenging, kepala saya pusing, serasa berputar, mata berkunang-kunang, keluar keringat dingin  … lalu pingsan.  Untung waktu itu langsung segera diberi obat penawar.  Sehingga saya bisa siuman kembali.

Dengan udara berdebu, Suhu Panas / Dingin ?
Alhamdulillah, saya tidak alergi terhadap suhu.  Ada kawan saya yang kalau dia kedinginan maka sekujur tubuhnya akan bentol-bentol.  Saya tidak tau apa ini disebabkan oleh suhu atau hal yang lain.  Namun setiap kali ada di tempat yang berudara dingin langsung gatal-gatal.  Debu pun demikian … ada beberapa teman yang langsung bersin-bersin dan juga gatal-gatal jika disekitarnya penuh debu,

Lalu bagaimana halnya dengan makanan ?
Duluuuu sekali … saya ini alergi dengan Udang dan makanan laut.  Jika saya makan udang, maka beberapa jam kemudian kulit saya pasti memerah … mruntus-mruntus … timbul gelembung-gelembung kecil mirip keringet buntet yang rasanya gatal sekali.  Terutama di bagian sela-sela jari tangan.

Namun Alhamdulillah … kondisi itu tidak terjadi lagi ketika saya beranjak remaja dan dewasa.  Sekarang saya oke-oke saja makan Udang, Seafood dan yang sejenisnya.  Sudah tidak alergi lagi.  Setahu saya … saya tidak alergi terhadap makanan apapun …

(Kecuali … makanan yang keras-keras tentunya …)(aaahhh itu mah bukan alergi Om …)(Itu sih namanya … emang giginya udah nggak kuat lagi …)

.

Sekarang saya mau tanya sama pembaca semuanya …
Apakah anda semua mempunyai Alergi terhadap makanan/obat/kondisi udara tertentu ???
Bagaimana menanggulanginya ?
Boleh sharing ?

Salam saya

.

.

.

44 thoughts on “ALERGI

  1. aku alergi AC om, kalo udah kelamaan kena AC, badan langsung gatel2. pernah paling parah pas 3hari berturut2 ga lepas dari AC ujung2nya bengkak seluruh tubuh dari ujung ke ujung plus demam, 3hari baru sembuh. ga tau knp bisa gitu.

    btw, pa kabar om.. *kedip2

  2. Alhamdulillah Om, saya tidak punya alergi pada obat, makanan maupun udara. Jadi, saya tidak tahu bagaimana mengatasi alergi..

    Kalau adik saya, alergi udara dingin. Maka, acara pulang kampunf ke Bukittinggi baginya adalah sebuah siksaan tersendiri. Kalau sudah dingin, maka dia akan bersin-bersin dan lama-lama bisa demam. Untuk mengatasinya, paling dia menghangatkan tubuhnya dg pakaian tebal atau mengoleskan minyam angin ke tubuhnya. Meski tidak menghilangkan sama sekali, namun hal tersebut lumayan membantu..

  3. saya juga gak punya alergi makanan atau obat om, setidaknya sejauh ini nggak ada, alhamdulillah…

    Kalau boleh menambahkan informasi, ada reaksi alergi obat yang sangat hebat yang bisa menyebabkan sekujur badan melepuh. Namanya Steven Johnson Syndrome. Reaksi alergi ini harus segera ditangani secara medik, ini emergency.

    Bwt, stelah saya pikir2 om, ternyata saya ada alerginya juga. Alergi kesombongan dan kebohongan *eh, g masuk ya..❓:mrgreen:

  4. aku alergi dingin, om.. [aneh ya tinggal di daerah dingin kok alergi :P]
    mulai dari bersin gak brenti, sampe bentol2..

    caranya dgn meningkatkan daya tahan tubuh.. banyak makan sayur dan segala yang mengandung kalsium. biasanya gak bentol2 lagi.

    smoga om sekeluarga sehat selalu,

  5. Oooom, apa kabar? he he
    Aku sedikit alergi debu, pasti bersin2. Pas kecil pernah alergi dingin/panas yg terlalu ekstrim, pasti mimisan. Pernah jg alergi udang, bibir pasti jontor kalo biz makan yg ada udangnya, tapi entah sejak kapan biasa lagi. Skrg sepertinya bebas alergi Om hihihihi

  6. Alhamdulillah kalo saya ngga pernah alergi apa-apa…mudah2an seterusnya seperti ini….aamiin…tapi tetangga saya ada tuch yang alergi debu…setiap kali beberes rumah…pasti dech bersin2 terus…….

  7. waahhh om ternyata punya alergi juga ya.. !! saya alergi ikan asin klo udah makan ikan asin suka gatal gatal di bgian leher !! hoopss malah curhat xixixixxi !! tp wlaupun punya alergi semangat terus dong !!

  8. alhamdulillah saya tidak ada alergi
    Tapi PDA (Perempuan Desir Angin) punya alergi logam dan plast (tensoplast, handyplast) Ketika tangannya dibalut jam tangan atau diplester pakai tensoplast, dalam waktu 3 jam kulitnya meradang, bengkak. Dan besoknya berair. Bisanya sembuh kalau kulit itu mengelupas … saya sampai kasihan

  9. kalau aku alergi obat penicilin dan mextason,Mas
    pernah dapat antibiotik yg mmng biasanya mengandung penicilin itu,
    langsung sekujur tubuh bengkak2 , pusing dan mual …
    lantas diberikan penawarnya ( gak tau apa, disuntikkan oleh dokter)
    jadi, sekarang aku selalu bawa2 itu penneng dgn tulisan alergi kedua obat tsb
    ( mirip yg dilakukan oleh orang2 diabetes)
    salam

  10. Alhamdulillah saya tak alergi apapun.
    Namun sekarang sudah menjaga diri agar tak ugal-ugalan dalam mengkonsumsi makanan. Jika ingin makan gulai kepala kakap ya makan satu saja,kalau makan gulai tunjang ya secukupnya saja.
    Salam hangat dari Surabaya

  11. alhamdulilah om saya tidak punya alergi terhadap makanan,obat,kondisi udara. atau apapun

    mungkin saya kalau ga punya uang, itu baru alergi, bisa-bisa ntar kelaparan ga makan,.. hehehehehehehe,.,.,.,.,.,.,.,.,

  12. Kami sekeluarga (mama + ber4saudara kecuali papa) alergi debu (namanya house dust), jadi tidak bisa pakai karpet, tirai yang bludru, harus pakai AC dan tidak boleh pelihara kucing.
    Sejak SD kelas 3 sudah ke dokter alergi dan disuntik alergen, sampai SMP. Hasilnya? Mendingan saja. Semenjak pindah ke Tokyo, berkurang jauh, mungkin karena di sini kering udaranya.

    Untung aku tidak alergi di kulit spt adikku yang tidak bisa pakai perhiasan non emas 22 karat. Kulitku badak sepertinya.

    Soal makanan aku hanya alergi buah-buahan : rambutan, manggis dan durian.

    Oh ya satu lagi: aku alergi cowok snobbish, sok tahu dan sok cakep😀

  13. aku alergi kerang & telur ikan…. padahal kadang2 pengen nekat nyobain juga , tapi mual & mulas2 yg selalu menyerang membuatku menyerah..hiks..

  14. Waktu di SMP, saya alergi Udang dan telur Om. Tapi setelah ketemu dengan obat tradisional (ketumbar dan kunyit yang digonseng) sampai sekarang sudah tidak ada lagi Om….:)

  15. alergi ya Om…
    entahlah ini namanya alergi atau bukan ya Om..
    Tapi aku tuh SETIAP pagi selalu bersin berkali kali dan ingusan gituh Om…
    Trus kalo keluar rumah harus pake jaket…

    Katanya mah alergi dingin sih…
    Tapi gak pernah diapa apain sih Om…
    *Untung ke Korea nya bukan musim dingin yah…hihihi…*

  16. Saya alerginya bukan makanan sih (so far belum ada), tapi alergi dengan debu…
    Kadang saking parnonya, kena debu sedikit langsung sinusnya kambuh, dan terus2an bersin….

  17. dulu pernah panas dingin dan hidung meler tidak sembuh-sembuh, dikira kena demam. Setelah di periksa, ternyata alergi dengan lapisan kulit yang mengelupas (waktu itu ada keluarga yang sedang terkena penyakit kulit).

  18. sy alergi thd debu.. bisa gatel2 sampe merah2 kulitnya.. Anak sy yg bungsu juga alergi debu, tp larinya d ke asma.. Penanggulangannya adlh minimalkan debu di rumah.. Kl udah gatel2 biasanya sy kasih bedak gatel aja..

  19. saya mempunyai alergi pada udara dingin, padahal saya berasal dari kota dingin Malang, kalau kena udara dingin saya batuk-batuk kecil terus, tetapi tidak terjadi dikota seperti Surabaya dan sekarang saya di Balikpapan, solusinya tidur lebih cepat kalo pulang kampung🙂

  20. kalo saya tuh allergi debu, asap rokok dan udara dingin. Kalo tiba waktunya ikutan bersih2 rumah, maka udah bisa dipastikan saya akan bersin2 sepanjang hari deh. Cara mengatasinya ya tutup hidung dan mulut dengan masker jika tetap harus ikutan bersih2. Cara paling ampuh sebenarnya hanya satu sih Om, tinggalkan rumah saat dibersihkan, dan kemballi setelah rumah bersih dan kinclong. hehehe.

    Kalo asap rokok, cara mengatasinya ya jauhi aja orang yang sedang merokok atau hindari the smoking area.

    Nah kalo allergi dingin, kambuhnya hanya kalo tiba2 saya terbangun tengah malam, dan terasa dingin banget suhu kamar, langsung deh bersin2 sp pagi. Cara mengatasinya harus hangatkan hidung pake selimut, begitu terasa hangat, sembuh deh. Hehe..

    Gitu deh Oom ceritanya tentang allergi yang saya alami…🙂

  21. Saya alergi debu dan asap2an spt rokok dan knalpot mobil Om.. Jd sy emang jarang bgt naik kendaraan umum.. Krn bisa tiba2 sesak nafas.. Ditambah keturunan asma pula…😦
    Klo kemana2 sy masih bawa inhaler blm bs lepas dr itu😦

    Btw… Nanggapin dokter yg suntik penisilin itu Om… Wah ketika itu mgkn blm bnyk penilitian seputar alergi thd antibiotik kali y…. Kalo skrg sblm injeksi kan pastinya tes alergi dlu…🙂

  22. ah! saya juga dulu alergi udang!
    jadi pas makan udang, bibir saya langsung kering, gatal, dan akhirnya pecah-pecah…😦

  23. Dulu alergi bau sambal yg sdg dimasak. Bersin g brenti sp hidung merah gosong. Akhirnya blajar masakan Padang yg sarat sambal. Hasilnya bisa masak se-enak RM tsb. (hehe, syapa lg mo puji slain diri sndr. Tp bener koq jd pinter masak).
    Masih ada lg … alergi debu. Budget tisu sbulan lumayan abott. Bersin sp dada skt. Akhirnya kurangi jatah tisu scra drastis (biar g ktergantungan ‘ma kertas yg gampang robek tsb), sering beres2 (tp pakai masker). Alhasil, skrg g prl lg bli tisu. Sdh lumayan tahan banting. Tp g tahan dbanting.

  24. Saya alergi pakai perhiasan selain emas, Om. Bukan sok-sok an. Emang kenyataannya begitu. Kadang pengen juga pake anting-anting, kalung, gelang dari perak atau emas putih atau dari bahan lain yang modelnya cantik-cantik itu. Tapi habis itu pasti langsung timbul bintik2 merah dan gatal-gatal kayak kurap. Kan nggak lucu kalo lehernya kurapan, Om..hihi.. Apa kata dunia?? Parahnya lagi, beli perhiasan emas malah nggak sanggup..😀 Jadilah diriku polos tanpa perhiasan..hahahaha…

  25. Kompas.com – Reaksi yang timbul setelah mengasup makanan tertentu adalah hal yang wajar, tetapi kebanyakan disebabkan oleh intoleransi makanan daripada karena alergi. Kendati demikian gejalanya hampir sama sehingga orang sering salah mengidentifikasinya.

  26. ternyata om kena alergi juga iyah🙂
    saya juga punya penyakit alergi debu , kalu tiap kena debu suka bentol tiba” gatal” banget , saya dlu pernah diperiksa dan di suntik setalah di suntik gak alergi lagi..🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s