Diposkan pada TRAINER ABG

MPPMB …


 

 

Sudah satu minggu ini ketika jalan menuju kantor aku melihat anak-anak sekolah berdandan aneh.  Pake Topi aneh, dikucir 7, pita warna-warni … pake tas karung goni … peneng nama dsb.  Hemmm ini pasti di maper nih … di ospek … or di plonco … dengan dalih Masa Perkenalan Siswa atau Masa Orientasi Siswa.

 

Ingatanku langsung lari ke masa awal aku kuliah di Bogor. Aku juga pernah mengalami masa di plonco seperti itu … tahun 1983 – an.  Namanya MPPMB … Masa Perkenalan & Perbekalan Mahasiswa Baru …

Kumis dicukur abis, seragam putih item, mesti cari barang-barang yang aneh-aneh.  Minta tanda tangan 100 senior.  Pake sepatu item yang harganya gak boleh lebih dari Rp 7500 aaarrgghhh (cari dimana coba kalo bukan di tukang loak) … Masih untung tidak digunduli.

 

Duduk terkantuk-kantuk … di lantai beralas koran … mendengarkan presentasi kakak senior … yang petantang petenteng … cari muka … nampang … dengan dalih pengenalan jurusan … ah itu mah bisa-bisa mereka saja … (Sebel sangat !!!)

 

Suruh cari semut … 4 pasang … dan harus laki perempuan … (adddooohh gimana coba..)

Kami waktu itu dipasang-pasangkan … sehingga kalau mau cari tanda tangan senior mesti berdua dengan pasangannya … Pasanganku kebetulan mahasiswi yang berasal dari Bogor … dan mempunyai tubuh Twiggy (tapi ”bening” hehehe) .. dan aku pun kurus pula … Habis lah kita di kata-katain oleh senior … kurang makan lah … kurang gizi lah dan lain sebagainya … Udah gitu kalau mau menghadap kakak senior .. masih harus joget – joget plus yel-yel dodol kampungan itu … (heran kenapa aku mau aja ya ngelakuinnya )(untung pasanganku ”Bening” … kalau tidak … sudah mati berdiri aku …).

 

Terus terang … MPPMB ku waktu itu tidak sekeras yang pernah aku bayangkan … tugasnya pun masih dalam kategori masuk akal … walaupun tetap saja merepotkan, menguras tenaga dan menyebalkan … (mungkin waktu itu pemerintah telah melarang Mapram – Perploncoan yang kelewat batas)

 

Yang jelas ini kenangan yang lumayan untuk diingat …

Masa dimana kita di press habis-habisan … dibentak-bentak atas nama pembinaan mental … dilecehkan harga diri kita habis-habisan … namun pada malam terakhir … kok anehnya bisa hilang dan lupa semua dendam kesumat yang tertahan didada … ah kurang ajar bener kakak senior … Kita jadi gak bisa bales yang kejam pada saat itu … walaupun kita dikasih kesempatan 15 menit buat balas dendam …

Tetap saja tidak ”tega” memperlakukan kakak senior ini semena-mena … Karena sebelumnya kita sudah di sayang-sayang dulu … dan sudah di ”ademkan” dulu …sebelum acara balas dendam itu … aaarrrgghh dikerjain … dikerjain …!!!

 

Ini sedikit foto kenang-kenangan saat itu …

 (oh iya … di foto itu ada … Direktur Bank Swasta, Direktur Bank Syariah, Atase perdagangan, Ekonom, Manager ini … manager itu … dan juga … seorang Trainer pasti… hehehe ).  Pertanyaannya … Bisakah anda mencari yang manakah si Trainer ituuuuhhhh …. !!!

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

47 tanggapan untuk “MPPMB …

  1. Gak kebayang sama sekali.. ops yang pasti gak ada trainer di atas. (gak ada key board khan)?

    nh18 to ibu rita …
    ada bu …
    walu pun gak ada keyboard juga
    hehehe

  2. Lala tau yang manaaaa… hehehehe… ^^ (biar yang laennya penasaran, kok saya bisa tau.. wakakakaka)

    eniwei,
    bicarain soal MPPMB itu… kebetulan pas saya kuliah dulu, fakultas sudah melarang adanya ospek yang aneh-anehan gitu. Meskipun seniornya tetep galak-galak sih.. *tapi nggak ngaruh, karena saya dan GangGila jauh lebih galak daripada mereka… wakakakaka*

    pas saya jadi senat, saya malah males jadi orang galak. Makanya banyak yang cinta sama saya… 🙂 Uhuuiii berondong gitttuuuhhhhh… ^^

    nh18 to Lala …
    Uuuhhh dasar …
    ternyata ganjen juga yah … (hehehe)
    Emang kamu tau yang mana yang aku ???
    Ah sok tau banget sih …

  3. Yang manis dan tersipu sipu itu sekang jadi nyonya NH yah om … tahun ’83, gubrakkk !!!

    nh18 to rindu …
    hehehe …
    yang tersipu-sipu sih dulu banyak …
    tapi bukan berarti semua jadi nyonya nh kaaan ..
    hehehe …

  4. Bos Nh yang main gitar, tapi bukan yang pake mike…
    Benar nggak, Bos?
    Btw, aku nggak pernah suka dengan kegiatan kayak gini…
    Tidak suka diospek, dan tidak suka mengospek orang…

    nh18 to abang …
    Ah si abang piling so gut …
    sip bener …
    hehehe …
    Ya kalo ospek yang seneng-seneng aja ya bang
    nggak pake ngepress-ngepressan …
    hai Bang

  5. Dari dulu sampe sekarang kok ospeknya nggak maju-maju ya….
    Sebel aku….
    Coba tuh diospek dijelaskan gimana buat blog?
    Terus, gimana buat proposal bisnis…
    Gimana buat bahan presentasi
    Gimana buat artikel…
    Gimana apalagi ya yang positif?
    Ohhh, gimana buat pertunjukan?

    nh18 to Abang …
    Kalem …
    Kalem bang …
    hehehe …

  6. Lala? Ganjen??
    Ketularan Om kaleeee.. hehehe…

    pssttt..
    Si Abang kok emosi gitu ya Om?
    Tanyain dooongg… ^^

    nh18 to Lala ..
    Ndak kebalik toh …
    aku ketularan ganjen dari kamu …
    Iya nih si abang esmosi jiwa ..
    Pasti pernah dikerjain deh ..
    (hai Bang … maap )

  7. Wah.. benernya saya gak terlalu senang. Tapi saya ambil sisi positifnya aja : lebih cepat kenal dengan junior dan junior juga bisa lebih cepat kenal senior. Benernya saya ikut agar bisa sebagai “pendingin”…

    Kalo yang lain bersikap panas, ya saya ngambil posisi sebagai ACnya pak 😀

    Jadi ingat ospek di semester 1 kemaren.. diakhiri dengan camp. Tapi pas tahun saya itu berakhir dengan aneh. Setelah di press habis-habisan, gelap-gelap, di tengah gunung, disuruh buka baju atas lagi…

    Disuruh masuk tenda… keluar lagi langsung duduk melingkar api unggun. Gak ada kesan harunya.

    Tapi paginya langsung ditutup dengan bersalam-salaman dengan senior…

    Dan… sekarang saya sedang menunggu maba 2008, gak sabar ketemu dengan mereka di medan ospek 🙂

    nh18 to agyl …
    huahaha … seru … seru …
    Anak tekhnik sih ya …
    Dik Agyl bagian ngademin …
    waaahh ini pasti jadi idaman yunior nih

  8. halo om:)
    memang seru sangat (ikut si om) pas lagi zaman ploncoan. dulu neng namanya bakti 2003. doh, tuwh senior memang nyebelin sangattttttt!
    karena suka protes dulu neng yang paling sering kena pentungan koran dikepala (untung tuh kepala dipakein helm bola plastik setengah)
    pergi ke kampus pagi2 buta, pake baju putih2 plus kaus kaki biru sebelah kanan dan merah sebelah kiri. pake tas plastik merah putih dengan tali dari sumbu kompor. sampe pitanya juga dari sumbu kompor o mai gottttttt!
    tapi mank seru om:) ngelatih mental n cara ngebentak orang, hehehe:)

    btw, rasa2nya neng tau nih yang mana si om, yang pegangin mike itu bukan ya?

    nh18 to neng ika …
    Nggak kebayang … nggak kebayang …
    Topi bola plastik … pita sumbu kompor …
    huahahaha (guling-guling sakit perut …)
    Pegangin Mike …??? mmmm tet tot …
    coba lagi … masih salah tuh
    hehehe

  9. Haaahhhaaaaaa ………inget itu jadi eneg , paling menyebalkan.
    dengan berkalungkan pete dan sikat gigi harus nyebur ke kolam anak paperta yg di belakang, ditonton orang buanyak. aduh gustiiii…… dan mulailah acara yg paling gila ;makan pete lalu gosok gigi, dg odol pete yg di makan itu sambil jalan ke arah cidangiang. I hate U but I love U,memories !

    **loh ngelantur sorry kang nh18**
    pokoknya kang nh yg paling guantung,pilih sendiri 🙂

    nh18 to pak Amin ..
    haha…
    Anak-anak F kejem juga ya Pak Mapernya … (eh F apa G ya ???)
    Pete ?? … gak kebayang … !!!

  10. Tentunya yang baju kuning yang lagi jongkok dan pura-pura pegang mike. Betulkah?

    nh18 to pak Rafki …
    bukan Pak … hehehe
    Itu Pak Bustanul Arifin …
    Sekarang Ekonom Indef yang suka nulis di Kompas
    Beliau Senior saya .. hehehe

  11. lapor….hadir mas untuk memberikan komentar.

    Hmmmm ospek ya… Di sastra jepang sendiri yang sadis mah jurit malamnya.
    Disuruh jalan sendiri-sendiri…serem bener… cuman kayaknya aku sadar deh ada yang ngikutin hihihi (entah senior ntah makhluk halus ). Ketemu pos di kuburan disuruh nyanyi kokoro no tomo…. makan bawang putih mentah (baru tahu ternyata pedes) abis itu dikasih gummy ….bener-bener mau muntah…. makanya aku ngga suka gummy dan ngga bakal belikan gummy utk Riku.

    Selama masih batas wajar sih ospek ok-ok saja untuk saku, karena dengan demikian mempererat persahabatan. Panitia juga harus bertanggung jawab kan. Aku sendiri terharu waktu meng-ospek yaitu karena aku sendiri yang harus melantik mhs baru dengan siram air ke kepala mereka….dan untuk yang cowok diceburin ke kolam renang… bayangkan pagi dini hari jam 4-5 an di Puncak….brrrr deh. Tapi mrk kok bisa lewatin dnegan kuat?

    kenangan yang tidak terlupakan yah….
    dan benar sampai saat ini saya hafal terus lagu “Sarijem”
    Kalau lala mau tahu syairnya gimana ….aku ajarin la…. soalanya kalo tulis di sini dibilang ngeres lagi….

    banzai mas NH

    nh18 to Emiko …
    haha … udah on len lagi nih si Ibu …
    Lagu “Sarijem” … aaahhh aku tau tuh …
    yang butuh hiburan itu kan ???
    yang suka tolak-tolakan … ??
    Aku tau keknya
    hihihihiii

  12. kalo aku nebak mas NH nya yang satu-satunya kelihatan pitak nya sambil duduk membelakangi….. pasti aku dijitak ya? hihihi.
    Mana ada orang simpen foto pitak doang heheheh.

    Hmmmm kayaknya sih bener tuh yang lagi….. (ntar aku bisikin deh mas…rahasia sama yang lain)

    nh18 to Emiko ..
    Ah sok tau nih …
    (eh kok tau ya .. kalo aku punya pitak ..)
    hihiihhihi

  13. hat trick ahhhh

    jadi skr mas sudah bisa membedakan semut jantan dan betina belum????

    nh18 to Emiko …
    udah …
    kalo semut jantan pake celana panjang
    kalo semut betina pake rok

  14. Om, Om…jadi keingetan ini nih.
    Kalau Om bilang, ganjennya Om ketularan saya…
    Trus EmiChan bilang, jorse-nya ketularan saya juga…
    lhah, hebat bener yah saya ini.. 🙂
    Sekarang tinggal nanya, si Abang Hery ketularan apa dari saya yaahhh…^^

    nh18 to Lala …
    Abang ketularan apa yaaa …
    hhhmmm … apa yaaa …

  15. hmmmm la,
    abang kali ntar ketularan romantisnya dr kamu…
    semoga

    “have a good day guys” jangan dibaca ala australians …good die ya

    nh18 to Emiko …
    Abang ketularan Romantis ???
    hhmm mungkin juga
    hehehe …

  16. Pak NH yang gitarnya coklat yah 🙂 *asaltebak*
    btw, sekolahnya dulu dideket Blok M Plaza kan, mau digusur tuh sama Jaksa Agung 😀

    nh18 to injul …
    hehehe … no comments
    agak jauh dari Blok M plaza sih …
    tapi sekitar-sekitar situ juga …
    mau di gusur ya ??? hhhmm …

  17. Waktu Opspek biasanya para seniornya jadi hero semua … beugh!!!
    Waktu pertama kali masuk, pertama kali juga naksir cewe he he he… dan senior-senior semuanya pada sok ingin membantu, cari muka dsb …
    Sedangkan yang co, semuanya dibikin ancur-ancuran, digudulin. Mana ada ce yg naksir coba???
    Tetapi sayangnya mereka gk berhasil ha ha ha… sebab sekarang ce itu sudah jadi istri saya sekarang.

    nh18 to harjon …
    swetujuh mas …
    banget … emang senior itu paling bisa …
    BTW … petani subsisten ya mas …
    menggarap lahan sendiri … (hehehe)

  18. wedew om ospek yaaa

    dl jaman kuliah jd mhs baru susah om…

    aku ngalami 3x ospek, pertama ospek universitas, abis tuh ospek fakultas dan yg paling kejammmm…ospek jurusan….alamak mana di tengah gunung…gelap2an…dibentak-2….diiringi hujan deras….tragissss om

    tp lumayan dpt gebetan abang senior qiqiqiqqqq

    nh18 to ven …
    gebetan ??? halah …
    teteup … hehehe

  19. itu adalah masa pembinaan kata mereka.

    nh18 to satria …
    ya begitulah …
    “pembinaan”

  20. wahahaha … jd inget juga … pernah diospek tp berkesempatan ngospek juga 😆

    nh18 to masmyumet
    heheh silahkan bernostalgiah …

  21. th 1983-an… 🙄 :mrgreen: seniorrrrrrr buangettt… hehehehehehehe…

    pas aku udah OPSPEK namanya… 😀 ga ada yg berat2 jugak… palingan cuma suruh bawa bawang 😀 keknya siy dijual itu sama si kakak2 angkatan setelah terkumpul banyak trus duitnya disumbangin keknya siy… 🙄 kalo ga salah inget…

    yah rata2 siy masi bertanggung jawab kok… kita juga ga disuruh dandan yg aneh2… cuma disuruh jalan jongkok aja paling pol…

    nh18 to carra
    syukurlah kalau begitu …
    emang sih jaman sekarang
    suruh bawa macem macem … teh, gula, buku, pakaian bekas
    layak pakai dsb –> untuk disumbangkan …
    sip

  22. Wah lulusannya keren2 pak..
    pasti gara2 ada trainer disitu 🙂

    nh18 to cak …
    kebalik …
    justru karena ada mereka aku jadi trainer
    huahahah … (piye to iki)

  23. Saya pikir ngomongin sejenis SNMPTN yg dulunya bernama SPMB, Sipenmaru, UMTPN, dll. Ternyata OSPEK toh (zaman saya namanya MPKMB)…
    Wah saya seneng banget kalo ngospek… (ngga suka di Ospek). Pengennya berperan serem, tapi gw ga bisa, ngga bisa sandiwara…

    nh18 to mangkumlot
    ya begitulah …
    MPPMB itu bentuk halus dari Ospek ..
    hehehe

  24. ah… :mrgreen: fotonya benar benar mengesankan pak…. benar benar jadul… jadul benar benaran … jadul yang sesungguhnya jadul… pokoknya jadul! :mrgreen:

    tebakan saya :mrgreen: … pak trainer itu yang membungkuk megang mikrophone disodorkan pada pemain gitar kuning ituh… secara pak trainer senang nyanyi jadi kira kira waktu itu pak trainer sedang nyanyi tapi gantian dengan gitarisnya :mrgreen: lagu apakah itu pak? :mrgreen:

    nh18 to sahat ..
    tet tot … salah …
    itu yang pegang mikrofon
    adalah ekonom indef terkenal yang suka nulis
    kolom ekonomi di halaman depan Kompas …
    senior saya … hehehe

  25. wah pas saya masuk kul dah ga ada ospek yg pake dandan aneh2 dan bawa ini itu….pasti om yang jongkok bawa mike kan? *mode super sok tau ON* 😀

    nh18 to indira …
    Tet tot ..
    coba lagi …
    masih salah … hehehe

  26. Aduh…yang mana nih ya? Clue-nya kurus… Tapi kurus semua. Jangan-jangan yang sedang memangku pipi dan dagunya, sebelah papan tulis sana… Hihi…

    nh18 to ratna …
    bukan bu … hehehe
    itu kecakepan …
    hehehe

  27. Foto Jarang (jaman sekarang) nya mana Pak?
    Eh Pak… 4 cewek yang berdiri itu ceritanya lagi ngapain?

    nh18 to ibu nin …
    lagi ngapain ya …
    lagi ndengerin kita kali …
    hehehe

  28. Om NH…. makacih ya.. dah masukin di MY favorite Nasyid.
    Gue bangets gicu loks….

    nh18 to teh Muti …
    Lho … udah dari dulu lagee …
    nggak liat ya …
    hehehe

  29. MPPMB?

    jadi inget waktu acara ospek jurusan dulu…

    gile.. untuk pertama kalinya g tidur seminggu ada! 😆

    yang paling berat, tugas nggambarnya ituh… 🙄

    nh18 to presty …
    Huahahaha …
    Tugas Nggambar ?? … yyyuuuukkk marreee …
    Tapi udah lewatkan semuanya …

  30. Pffhhh….jadi keinget masa-masa muda,
    yang masih culun, pula rambut dibelah samping, xixix…..
    Adanya cuma ding-dong, permen karet YOSAN (duh nyari N susah banget), makanan paling hebat anak mas, coklat jago, ah….memory yang indah.
    NH18 adalah sosok yang luar biasa yang pernah saya kenal, beliau sangat luar biasa dalam segala hal.
    He’s the best I’ve ever known

    nh18 to nkusuma
    heh ngapain kamu …
    hayo kerja lagi
    BTW .. NK adalah sosok mantan trainee yang badung tapi pinter
    (heheheh)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s