Posted in ARTIKEL, RELIGI, TRAVELLING

TIPS DARI BLOGGER


.
Tentu semua sahabat sepakat bahwa melalui aktifitas blogging, baik menulis postingan maupun melakukan blog walking, kita semua bisa mendapatkan informasi, pengetahuan dan tips-tips yang menarik.  Termasuk informasi, pengetahuan dan tips tentang serba serbi beribadah ke Tanah Suci.  Baik ber-umrah maupun ber-haji.

Pada tanggal 26 Juni – 4 Juli 2013 kemarin, Alhamdulillah kami sekeluarga diizinkan bertamu ke rumah ALLAH di Tanah Suci. 

umrah1

Kami berusaha sebaik mungkin untuk mempersiapkan perjalanan ini.  Termasuk membaca referensi-referensi.  Boleh percaya boleh tidak … saya mendapatkan beberapa tips praktis yang jitu justru dari para Blogger.  Tanpa mengecilkan arti yang lain, perkenankan saya menyebutkan dua Blogger yang memberikan informasi dan tips yang sangat berguna …

Tips dan informasi tersebut adalah …

1.   Botol Semprot dari Mechta

Botol semprot … Ya … ini memang hal yang sederhana.  Namun sangat besar maknanya.  Mechta pernah menulis mengenai seorang kawan yang merekomendasikannya untuk membawa semprotan air.  Semprotan air untuk wajah ketika Mechta menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.  (Ini tulisan Mechta yang saya maksud).  Bentuknya seperti botol parfum aerosol biasa.  Terbuat dari plastik. Ada yang berkapasitas 50 cc, 80 cc atau yang 100 cc.  Botol tersebut akan kita isi dengan air.  Dan air itulah yang kita semprot-semprotkan.  Bulan Juni adalah bulan yang sangat panas di Madinah dan Mekkah, sehingga untuk mempertahankan kelembaban wajah kami, saya dan keluarga masing-masing membawa semprotan ini.  Dan ini jitu banget.  Botol tersebut bahkan kami isi dengan air Zam-zam yang banyak tersedia belimpah di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram.  Segar sekali efek yang dihasilkan oleh botol semprot tersebut.  Sejuk lahir bathin.  Hal ini membuat ibadah kita sangat nyaman ditengah cuaca musim panas yang sangat terik dan menyengat.

Singkat kata … saya tidak rugi membawa benda kecil namun hebat gunanya ini.  Saya lihat di group kami, tidak ada jamaah lain yang membawa botol semprot ini.  Dalam hati mereka sepertinya akan berkata … “Besok-besok kalau kesini lagi … saya akan bawa botol seperti yang dibawa Om-om ganteng itu aahhh … “ (hahaha)

 

2.  Artikel dari Pakies

Ini juga hal yang sangat sederhana.  Pak Ies pernah menulis tentang serba-serbi, perilaku unik para jamaah Haji maupun Umrah selama di Tanah Suci. Yang mana beberapa tindakan tersebut cenderung berlebihan.  Bid’ah.  (Ini tulisan Pakies yang saya maksud)

Artikel yang diturunkan oleh pak Is itu sengaja saya print dan saya bawa ke tanah suci untuk dibaca.  Gunanya adalah agar kami tidak terjebak pada perilaku berlebihan, cenderung bid’ah, tidak ada dasar hukumnya dan tidak pada tempatnya tersebut.

Setelah saya perhatikan satu-per satu yang di tulis disana … memang benar … saya melihat satu dua jemaah ada yang melakukan seperti apa yang dituliskan oleh pak is di dalam Artikel tersebut.  Tindakan di Makam Ibrahim, di Jabal Rahmah, Dinding Ka’bah dan sebagainya.  Mengenai benar atau tidaknya tindakan tersebut … saya tidak berani berkomentar. 

Jadi demikianlah …

Hal-hal tersebut diatas memang …

Bukan tausiah yang berbusa-busa
Bukan petuah yang bejuta-juta
Bukan doktrin yang berupa-rupa

Hanya sebuah botol semprot dan sebuah artikel sederhana …
Namun bagi saya pribadi … kedua hal tersebut sangat berguna bagi perjalanan spiritual kami di Tanah Suci.
Agar nyaman lahir dan nyaman bathin.

Terima kasih Mechta
Terima kasih Pak Ies

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

53 thoughts on “TIPS DARI BLOGGER

  1. Tiga hal, Om🙂

    Pertama, saya ucapkan selamat atas perjalanan Umrah Om Nh sekeluarga. Semoga perjalanannya penuh keberkahan ya Om..

    Kedua, tulisan Om ini semakin memperkuat alasan kita untuk tetap ngeblog. Sebab, berbagi pengalaman melalui blog, sekecil apapun itu, ternyata bisa berdampak besar bagi orang lain.

    Ketiga.. Jujur Om, beberapa hari yang lalu, saya sempat ingin kirim sms atau pesan lewat FB ke Om. Sebab, saya melihat Om cukup lama absen di jagad maya. Saya khawatir ada apa-apa dg Om. Tapi, tiba-tiba terpikir oleh saya, jangan-jangan Om Nh sedang pergi umrah sekeluarga. Soalnya Om pernah menulis tentang pengurusan pasport. Maka, saya urung menghubungi dan menunggu hingga beberapa saat. Dan rupanya saya benar, kemarin di FB sudah beredar foto orang ganteng mateng dengan eiylekhan sangat berpose di depan masjidil haram..🙂

    Semoga saya bisa juga merasakan nikmatnya ibadah di tanah suci umat Islam tersebut..

    salam,
    http://www.hardivizon.com

    1. salam kenal om , sebelumnya saya ucapkan selamat atas Umrohnya . Jadi nambah wawasan saya tentang pengalaman om ibadah ke tanah suci ….

      ht.tp://www.karsamudika.com

  2. Masya Alloh, jd Om gak ada kabar ini umroh..

    Semoga di terima Ibadahnya ya Om…

    setau saya Om cuma keluar kota, itu pun dr Blog Pakde ketika mengadakan kopdar di Cikini.

    Salam hormat saya Om.

  3. Alhamdulilah, semoga perjalanan Om Nih ke Tanah Suci memberikan banyak kemanfaatan untuk kehidupan di dunia dan akhirat

    Duh saya jadi merinding loh Pak atas tulisan ini.

  4. selamat ya om, ikut bahagia membayangkan satu keluarga bersama di baitullah.
    Subhanallah..

    #tetep minta ditampilkan pose close up john cusack plontos..😛

  5. Setelah membaca kedua tulisan mereka diatas, Mbak Mechta dan Pak Is, sejak itu saya sudah mewanti-wanti dan. mengingat-ingat kalau suatu saya pergi kesana, saya harus hapal. Jadi.. walaupun hingga sekarang saya belum tau akan bisa kesana kapan, tapi tips Mbak Mechta dan Pak Is sudah menjadi bahan masukan dan bahan cerita ke teman dan tetangga yang akan berangkat kesana..

  6. Selamat kagem Pak Her dan keluarga yang telah selesai menunaikan ibadah umroh….. dan alhamdulillah bila tips (yg asalnya dari mba Dee itu) bisa berguna… *terharu…

  7. Alhamdulillaah. .
    Selamat ya, Om. . .

    Betapa senangnya bisa ibadah umroh bersama keluarga. Bisa juga tips dari Mba Mechta dan Pak Is diteruskan ke sahbat yang mau umroh.

  8. Alhamdulilah ya Om sudah bertamu ke Baitullah, kalo denger orang kesana itu terbit rasa haru ini, berasa dipelupuk mata dan dalam hati panggilkan aku ya Allah panggilkan aku untuk pergi mengunjungi rumahMu

  9. oohh yang kemaren urus paspor anakanak untuk umroh sekeluarga toh.. selamat ya om sudah mampir bersama keluarga ke rumah tuhan..
    soal botol semprot iya sangat berguna, itu bukde ku pernah bilang juga.. jadi botol semprot yang sudah terpakai suka digilir kalu ada yang mo umroh dan berhaji..
    dan iya soal prilaku yang bidaah itu.. bercermin diri..

  10. Selamat melaksanakan ibadah umrah kepada Om dena keluarga.
    Info yang Om dapatkan kemudian ditulis kembali, disertai dengan pengalaman sendiri sungguh merupakan informasi yang sangat berharga buat kita semua Om. Terus terang saya baru mendengar tips jitu ini…
    Terima kasih Om🙂

  11. Alhamdulillahj, ikut senang dan bahagia dengan perjalanan om ke Tanah Suci. Semoga mabrur dan ijabah segala doa.
    Buku tentang ibadah haji dan umroh sudah banyak di toko buku.
    Justeru pengalaman di lapangan yang diperlukan ya om
    Kesabaran memang diuji di sana.
    Jadi ingin ke sana lagi.
    Salam hangat dari Surabaya

  12. alhamdulillah, bisa menginjakkan kaki di tanah suci tuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq,
    sebuah tips dari sahabat blogger sungguh bermakna dan smoga menjadi amalan ibadah bagi pemberi tips dan bagi pelaksana tips,,,,salam🙂

  13. wah…banyak manfaatnya lah dengan blogging karena pengalaman pribadi sangat dibutuhkan untuk melakukan sesuatu yg belum pernah kita jalankan sebelumnya.
    selamat ya om enha…senang banget bisa umroh sekeluarga…..

  14. Ngeblog memang banyak gunanya, walau akhir-akhir ini saya agak tersendat-sendat.
    Namun banyak hal yang saya peroleh dari ngeblog, pertemanan seperti saudara….

    Selamat ibadah umrah ya om NH…
    Semoga mendapat berkah dan kebaikan dari sana
    (kapan ya saya bisa kesana lagi?)

  15. saya baru tahu info tentang tips botol semprot itu, om. hmm, andai nanti bisa berkesempatan untuk berkunjung ke tanah haramNya, pasti botol semprot langsung masuk daftar barang yang harus dibawa. selamat kembali ke tanah air, om. semoga peningkatan iman dan ibadan selama berada di tanah suci kemaren tetap terjaga sampai nanti.🙂

  16. Alhamdulillaah……selamat ya Mas eNHa , semoga perjalanan spiritual ke rumahNYA membawa barokah dunia akhirat buat Mas eNHa dan keluarga , aamiin
    ( jadi tambah rindu ingin berkunung lagi kje Baitullah)

    Saya juga mohon maaf lahir dan bathin atas segala khilaf dalam memasuki bulan suci ramadhan ini,
    semoga kita semua mendapat ampunan dan barokah nikmat dalam Ramadhan, aamiin

    salam

  17. semoga perjalanan ke tanah suci membawa berkah ya Om..🙂

    makasih sudah merangkum berbagai tips itu disini Om, insya Allah saya ingat-ingat kalau nanti ada jalan bisa kesana..😀

  18. Selamat ya Dhimas dan kelg tuk perjalanan spiritual ke rumahNya
    Membawa berkah dalam setiap langkah kaki keluarga
    Dan manisnya merangkum sharing artikel tips sahabat blogger.
    Salam kami tuk keluarga.

  19. Alhamdulillah, bs umrah sekeluarga ya Om, pasti bahagia sekali….tips datri bloggernya membantu sekali ya untuk perjalanan umrahnya…

    “Besok-besok insya allah kalau diberi kesempatan kesini … saya akan bawa botol seperti yang dibawa Om-om ganteng itu aahhh … “ (he he he he he he)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s